Pantai Karanggongso

9x dibaca

Nama Pantai Karanggongso
Lokasi Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66382, Indonesia
Ulasan (4.2 / 5)

Pariwisata yang ada di Jawa Timur khususnya wisata laut kini telah berkembang dengan banyaknya Pantai baru yang bermunculan. Salah satu Pantai yang ada di Jawa Timur yaitu Pantai Karanggongso yang berlokasi di Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Pantai ini menjadi salah satu Pantai di Trenggalek yang paling terkenal dan ramai dikunjungi turis lokal maupun turis asing.

Pantai ini berjarak 38 kilo meter dari pusat kota Trenggalek dengan waktu tempuh sekitar satu jam lebih beberapa menit saja. Pantai Karanggongso adalah Pantai dengan warna Pasir Putih yang bersih dan warna laut yang membiru indah. Tak heran karena keindahannya, pengunjung Pantai ini selalu bertambah dan terus bermunculan setiap harinya.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Karanggongso

Nama lain dari Pantai ini yaitu Pantai Pasir Putih dan sangat terkenal di kalangan warga Jawa Timur dan warga lainnya. Nama Pantai Pasir Putih dapat Anda gunakan bila warga sekitar tak mengenali nama Pantai Karanggongso. Harga tiket masuk yang dikenakan disini yaitu Rp 10.000 untuk satu orang dewasa dan Rp 8.000 untuk anak-anak.

Selain itu, dikenakan biaya Parkir sebesar Rp 2000 untuk kendaraan beroda dua dan Rp 5.000 rupiah untuk kendaraan roda empat. Tarif yang dipatok akan berubah bila memasuki musim liburan seperti liburan anak sekolah atau hari besar lainnya. Bila Anda berkunjung secara rombongan, bus dapat tetap masuk dengan membayar biaya parkir berkisar Rp 25.000 sampai Rp 35.000.

Fasilitas yang ada di Pantai ini sama dengan Pantai pada umumnya yaitu seperti kamar mandi dan wisata kuliner. Selain itu, disini juga banyak terdapat kios pedagang yang menjajakan aneka makanan dan minuman bagi semua pengunjung yang datang. Kamar mandi yang ada di Pantai ini terbuka selama 24 jam tanpa jeda karena disini juga sering digunakan untuk berkemah.

Acara berkemah atau ngecamp biasa dilakukan oleh segerombol komunitas dan disini diizinkan untuk menyelenggarakan acara kemah. Petugas mengatakan bila Anda bebas datang kemari kapan saja bila ingin berkemah, bisa mulai dari siang atau malam hari. Tempatnya yang nyaman dan pemandangannya yang indah memang menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pengunjungnya.

Terkait masalah akses jalan disini tak perlu dicemaskan karena kondisi jalan untuk sampai ke Pantai ini sangat baik. Bahkan bus dengan ukuran besar pun dapat melewatinya hingga sampai di parkiran kawasan Pantai Karanggongso itu sendiri. Kondisi jalan tidak begitu menanjak, walau memang ada tanjakan di beberapa titik lokasi, namun tidak membahayakan.

Rute Menuju Pantai Karanggongso

Jarak Pantai dari pusat kota Trenggalek yaitu sekitar 38 kilo meter dengan waktu tempuh normal kurang lebih satu jam perjalanan. Bila keadaan jalanan sepi mungkin waktu tempuh dapat dipersingkat dengan 45 menit perjalanan saja. Rutenya yaitu dari Jalan Nasional III teruslah berjalan lurus ke depan, lalu berbelok ke kanan menuju Jalan Gandusari.

Saat itu Anda telah memasuki kawasan Dusun Tanggung, lalu belok ke kanan menuju Jalan Raya Kedung. Setelah itu berbeloklah ke kiri kemudian belok ke kanan menuju Jalan Sudirman yang ditandai dengan adanya suatu sekolah dasar. Setelah menemui pertigaan yang besar belok ke arah kanan menuju Jalan Raya Bandung – Prigi.

Kemudian berbelok ke arah kanan menuju arah Jalan Raya Pantai Tasikmadu dan ini menandakan Anda hampir tiba di Pantai Karanggongso. Pantai disini sebenarnya satu wilayah yang terdapat beberapa pantai salah satunya ialah Pantai Karanggongso. Pantai Karanggongso berada di pucuk timur atau Pantai terakhir kedua dalam satu kawasan tersebut dengan pemandangan yang menawan.

Objek Wisata di Pantai Karnggongso

1. Tempat berenang

Ombak di Pantai ini ramah bersahabat sehingga bila Anda berlibur disini tidak diberlakukan larangan berenang untuk siapa pun. Anda diizinkan berenang dengan menjaga keselamatan diri sendiri dan orang sekitar Anda. Bila tidak bisa berenang, namun tetap ingin main air, Anda dapat menyewa ban yang disediakan oleh pedagang dengan harga terjangkau.

2. Naik Perahu

Objek wisata yang ada di Pantai Karanggongso yaitu persewaan perahu dengan harga yang relatif murah. Perahu ini dapat disewa dengan biaya per orang atau dapat juga disewa per satu perahu, namun dengan harga yang berbeda. Anda akan diajak berkeliling lokasi sekitar Pantai Karanggongso dengan perahu dan ditemani orang-orang tersayang yang turut serta.

3. Wisata Kuliner

Pantai Karanggongso masih satu kawasan dengan Pantai Prigi yang merupakan Pantai nelayan dan terkenal dengan ikan. Karena masih satu kawasan, di Karanggongso dijual aneka olahan ikan khususnya ikan asap yang menggugah selera. Tak hanya itu saja, aneka makanan dan minuman ringan juga dapat Anda beli melalui pedagang yang berjualan di sekitar Pantai.


Airul Halo, nama saya Airul. Seorang internet marketer yang hobi traveling. Melalui Pantanesia.com ini, saya ingin berbagai lokasi-lokasi wisata pantai menarik yang pernah dan ingin saya kunjungi.

5 ulasan untuk Pantai Karanggongso

  1. bagus, sebaiknya dateng pas hari biasa supaya tidak terlalu ramai.. jika ingin berkunjung sebaiknya perhatikan juga siklus air pasang laut. Jika membawa anak anak sebaiknya sewaktu air surut sehingga anak anak bisa bermain di tepian, karena saat siklus pasang ombaknya cukup besar

  2. Akses jalan menuju lokasi sudah beraspal, anda tinggal mengikuti peta maupun petunjuk jalan yg ada. Harga makanan maupun minuman murah. Padirnya putih dengan ombak yg sangat aman untuk anak kecil.

  3. Lumayan , akhirnya bisa ajak orang tua kesini , setelah sekian lama nggak pulang kampung. Bagus pantainya , banyak pilihan tinggal mai ke pantai yang mana.. masing2 punya cirikas sendiri. Pulang dari sini jangan lupa beli ikan asap buat oleh oleh

  4. pantai berpasir putih bersih. lengkap dengan mainan air, perahu banana boat persewaan ban. pulangnya bisa beli oleh oleh ikan bakar, gurita, cumi cumi

  5. Pantainya memiliki pasir yang berwarna putih. Terdapat banyak penyewaan perahu dan bisa berkeliling ke pulau pulau terdekat. Jalan kesini aksesnya sangat mudah. Banyak kamar mand dan pedagang jadi tidak perlu khawatir. Banyak penginapan yang viewnya langsung menghadap pantai, jadi kalo pas sore bisa liat sunset. Keren sekali pokoknya dan sangat recomended. Oh iya tiket masuknya kalau hari biasa per orangnya kena Rp. 7.500 dan hari libur libur per orang Rp. 10.000 dan dikenai biaya parkir Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *