Pantai Karanggongso

Alamat: Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66382, Indonesia

(4.5/5) Baca ulasan

Pariwisata yang ada di Jawa Timur khususnya wisata laut kini telah berkembang dengan banyaknya Pantai baru yang bermunculan. Salah satu Pantai yang ada di Jawa Timur yaitu Pantai Karanggongso yang berlokasi di Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Pantai ini menjadi salah satu Pantai di Trenggalek yang paling terkenal dan ramai dikunjungi turis lokal maupun turis asing.

Pantai ini berjarak 38 kilo meter dari pusat kota Trenggalek dengan waktu tempuh sekitar satu jam lebih beberapa menit saja. Pantai Karanggongso adalah Pantai dengan warna Pasir Putih yang bersih dan warna laut yang membiru indah. Tak heran karena keindahannya, pengunjung Pantai ini selalu bertambah dan terus bermunculan setiap harinya.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Karanggongso

Nama lain dari Pantai ini yaitu Pantai Pasir Putih dan sangat terkenal di kalangan warga Jawa Timur dan warga lainnya. Nama Pantai Pasir Putih dapat Anda gunakan bila warga sekitar tak mengenali nama Pantai Karanggongso. Harga tiket masuk yang dikenakan disini yaitu Rp 10.000 untuk satu orang dewasa dan Rp 8.000 untuk anak-anak.

Selain itu, dikenakan biaya Parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan beroda dua dan Rp 5.000 rupiah untuk kendaraan roda empat. Tarif yang dipatok akan berubah bila memasuki musim liburan seperti liburan anak sekolah atau hari besar lainnya. Bila Anda berkunjung secara rombongan, bus dapat tetap masuk dengan membayar biaya parkir berkisar Rp 25.000 sampai Rp 35.000.

Fasilitas yang ada di Pantai ini sama dengan Pantai pada umumnya yaitu seperti kamar mandi dan wisata kuliner. Selain itu, disini juga banyak terdapat kios pedagang yang menjajakan aneka makanan dan minuman bagi semua pengunjung yang datang. Kamar mandi yang ada di Pantai ini terbuka selama 24 jam tanpa jeda karena disini juga sering digunakan untuk berkemah.

Acara berkemah atau ngecamp biasa dilakukan oleh segerombol komunitas dan disini diizinkan untuk menyelenggarakan acara kemah. Petugas mengatakan bila Anda bebas datang kemari kapan saja bila ingin berkemah, bisa mulai dari siang atau malam hari. Tempatnya yang nyaman dan pemandangannya yang indah memang menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pengunjungnya.

Terkait masalah akses jalan disini tak perlu dicemaskan karena kondisi jalan untuk sampai ke Pantai ini sangat baik. Bahkan bus dengan ukuran besar pun dapat melewatinya hingga sampai di parkiran kawasan Pantai Karanggongso itu sendiri. Kondisi jalan tidak begitu menanjak, walau memang ada tanjakan di beberapa titik lokasi, namun tidak membahayakan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Karanggongso

Jarak Pantai dari pusat kota Trenggalek yaitu sekitar 38 kilo meter dengan waktu tempuh normal kurang lebih satu jam perjalanan. Bila keadaan jalanan sepi mungkin waktu tempuh dapat dipersingkat dengan 45 menit perjalanan saja. Rutenya yaitu dari Jalan Nasional III teruslah berjalan lurus ke depan, lalu berbelok ke kanan menuju Jalan Gandusari.

Saat itu Anda telah memasuki kawasan Dusun Tanggung, lalu belok ke kanan menuju Jalan Raya Kedung. Setelah itu berbeloklah ke kiri kemudian belok ke kanan menuju Jalan Sudirman yang ditandai dengan adanya suatu sekolah dasar. Setelah menemui pertigaan yang besar belok ke arah kanan menuju Jalan Raya Bandung – Prigi.

Kemudian berbelok ke arah kanan menuju arah Jalan Raya Pantai Tasikmadu dan ini menandakan Anda hampir tiba di Pantai Karanggongso. Pantai disini sebenarnya satu wilayah yang terdapat beberapa pantai salah satunya ialah Pantai Karanggongso. Pantai Karanggongso berada di pucuk timur atau Pantai terakhir kedua dalam satu kawasan tersebut dengan pemandangan yang menawan.

Obyek Wisata di Pantai Karanggongso

1. Tempat Berenang

Ombak di Pantai ini ramah bersahabat sehingga bila Anda berlibur disini tidak diberlakukan larangan berenang untuk siapa pun. Anda diizinkan berenang dengan menjaga keselamatan diri sendiri dan orang sekitar Anda. Bila tidak bisa berenang, namun tetap ingin main air, Anda dapat menyewa ban yang disediakan oleh pedagang dengan harga terjangkau.

2. Naik Perahu

Objek wisata yang ada di Pantai Karanggongso yaitu persewaan perahu dengan harga yang relatif murah. Perahu ini dapat disewa dengan biaya per orang atau dapat juga disewa per satu perahu, namun dengan harga yang berbeda. Anda akan diajak berkeliling lokasi sekitar Pantai Karanggongso dengan perahu dan ditemani orang-orang tersayang yang turut serta.

3. Wisata Kuliner

Pantai Karanggongso masih satu kawasan dengan Pantai Prigi yang merupakan Pantai nelayan dan terkenal dengan ikan. Karena masih satu kawasan, di Karanggongso dijual aneka olahan ikan khususnya ikan asap yang menggugah selera. Tak hanya itu saja, aneka makanan dan minuman ringan juga dapat Anda beli melalui pedagang yang berjualan di sekitar Pantai.

13 Ulasan dari Pengunjung Pantai Karanggongso

  1. Lumayan , akhirnya bisa ajak orang tua kesini , setelah sekian lama nggak pulang kampung. Bagus pantainya , banyak pilihan tinggal mai ke pantai yang mana.. masing2 punya cirikas sendiri. Pulang dari sini jangan lupa beli ikan asap buat oleh oleh

    29 April 2018, 04:03 WIB

  2. Pantainya memiliki pasir yang berwarna putih. Terdapat banyak penyewaan perahu dan bisa berkeliling ke pulau pulau terdekat. Jalan kesini aksesnya sangat mudah. Banyak kamar mand dan pedagang jadi tidak perlu khawatir. Banyak penginapan yang viewnya langsung menghadap pantai, jadi kalo pas sore bisa liat sunset. Keren sekali pokoknya dan sangat recomended. Oh iya tiket masuknya kalau hari biasa per orangnya kena Rp. 7.500 dan hari libur libur per orang Rp. 10.000 dan dikenai biaya parkir Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua

    16 Mei 2018, 17:24 WIB

  3. Jalan ke pantainya udah bagus (pakai jalan wisata ya,bukan jalan pintaa,hi hi hi). Cuman pas di pantainya tuh ada beberapa tempat yang masih banyak sampah bahkan banyak lalat..(maaf banget jadi ngasih bintang 3). Lautnya jernih,aku sukak.. Karena biota lautnya masih keliatan gitu lhoh dari atas kapal,so kalo mau kelilingpun gak akan rugi.. Kalian bisa keliling pakai kapal seharga 10k per orang (tapi kalau ada yang nawarin diatas itu,ada baiknya ditawar dulu..pengalaman..hehehe) dan kalo kalian naik kapan WAJIB nanya :. * kapalnya muter kemana aja. ** boleh gak berhenti di satu spot tujuan tadi untuk foto2 (aku sih maksa boleh karena sayang banget kalo sampe ga foto hehehe). *** harganya 10k dipastikam lagi dan anak kecil ga usah bayar hehehe. . Semoga membantu yaw… Yuk kesini tapi kudu jaga ekosistemnya dengan jaga kebersihan pantai..

    23 Mei 2018, 07:27 WIB

  4. Pantainya gak banyak sampah . Pasirnya pun juga bersih . Ombaknya gak terlalu besar. Indah . Tempat pun strategis . Ada beberapa tempat yang buat foto itu bakalan bagus . Cocok buat liburan

    6 Juni 2018, 05:11 WIB

  5. Pasir putihnya bersih.. Tersedia permainan banana boat (per/orang Rp.25.000,-) , donat boat, dan perahu (trip sampai rumah apung… bisa renang di tengah laut 👍👌)

    13 Juni 2018, 02:32 WIB

  6. Pantainya cukup baguus, ada paket tour keliling pantai dengan harga yang cukup murah (bisa ditawar personal).

    2 Juli 2018, 04:16 WIB

  7. Pantai disini cukup menarik untuk watersport banan boat dan rolling doughnut, Sudah ada penginapan terdekat dengan pantai. Namun sayangnyna di bibir pantai kotor dan kurang terawat namun untuk pemandangannya di laut bagus sekali.

    22 Agustus 2018, 19:21 WIB

  8. Penginapan nya enak, nyaman, bersih, tenang. Tapi sayang kalo buat transit doank harga nya sama kyk nginep sharian..😖😖. Pengen nyobain hasil tangkapan nelayan yg fresh & langsung dimasak, tapi kmaren gal sempat karna buru2. Penasaran pengen coba gurita bakar nya 🐙 kyk nya manteb 👌. 3 mggu yg lalu HTM nya kalo gak salah 5ribu/org.

    3 September 2018, 23:29 WIB

  9. Satu kata untuk pantai ini yaitu waw…bibir pantainya landai dan pasirnya putih,juga deburan ombaknya tidak terlalu kencang, sangat cocok untuk bersantai sambil bermain air laut, persewaan ban untuk sekedar bermain, persewaan perahu juga ada, bahkan sewa tikar untuk duduk2 dipantai juga tersedia. Tempatnya juga rindang dengan pohon2 kelapa…penjaga pantai juga ada jadi untuk keamanan terjamin. Disebelah utara berjajar warung2 makan dengan berbagai menu laut ada ikan asap, ayam goreng, kelapa muda dll, tentunya sangat terjangkau. Toilet air tawar juga tersedia dengan tentu tidak gratis. Banana boat disebelah barat jika kita menginginkan sedikit tantangan. Untuk spot foto juga tidak kalah indahnya, saran untuk foto lbh baik di sore hari saat matahari mulai redup atau jika siang gunakan filter uv. Rugi jika tidak mencoba keindahan bumi indonesia di belahan selatan pulau jawa

    5 September 2018, 07:57 WIB

  10. Ombaknya ga terlalu ganas,dikelilingi pulau. Banyak jenis ikan asap/bakar.. Pinggir pantai teduh banyak pohon-pohon. Sewa perahu keliling pulau mulai 200rb -850rb. Ada banana boat juga.

    21 Oktober 2018, 15:26 WIB

  11. Karanggongso Beach merupakan pantai dengan pasir putih. Hindari kesini haru sabtu dan minggu. Pada hari tersebut sangat ramai pengunjung jadi tidak bisa menikmati pantai. Pengunjung bisa menyewa perahu yang muat beberapa orang. Dengan perahu ini, pengunjung diajak keliling laut lepas, dengan melewati beberapa objek wisata, seperti gua merah, jembatan luna maya, bebeara pantai, melewati bawah jembatan mangrov, dll. Bisa juga kesini sore hari saat matahari akan tenggelam. Saat pantai surut juga merupakan pemandangan yang lain. Pengunjung bisa menikmati karang karang berlumut dengan air laut yang bening. Kalau kesini Jangan lupa membeli ikan asap. Rasanya benar-benar yummy.. Cobain deh

    26 Oktober 2018, 11:21 WIB

  12. Satu hal yang bener2 buat kangen dari pantai ini adalah kuliner ikan dan cumi asapnya. Duduk d tepi pantai menikmati lembayung sunset dengan desiran angin sambil menyantap legitnya ikan asap tu rasanya cozy banget! Kalau brkunjung k pantai ini, prefer beli ikan asap juga deh…. Kagak nyesel.

    30 Oktober 2018, 18:23 WIB

  13. Keindahan pantai yg luar biasa..tmpat yg enak utk menikmati waktu santai brsama klrga..bs sewa tikar d sni..hrga trjangkau..utk naik speed boat hrs pandai2 menawar hrga..

    1 November 2018, 04:15 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Karanggongso

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *