Pantai Pelang

9x dibaca

Nama Pantai Pelang
Lokasi Wonocoyo, Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66364, Indonesia
Ulasan (4.2 / 5)

Kata Trenggalek mungkin belum banyak dikenal masyarakat, sebenarnya Trenggalek adalah nama suatu kota yang ada di Provinsi Jawa Timur. Walau belum begitu dikenal, objek wisata yang ada di kota ini sangat membantu perkembangan pariwisata yang ada di Jawa Timur. Salah satu objek wisata yang menarik perhatian adalah wisata Pantai yaitu Pantai Pelang.

Pantai Pelang adalah salah satu dari sekian banyak Pantai yang ada di Kota Trenggalek tepatnya berlokasi di Wonocoyo, Kecamatan Panggul. Pantai ini memiliki panorama yang indah dan lingkungan yang masih sangat asri berpadu dengan angin yang sejuk. Tak hanya di Pantainya saja, pemandangan yang indah juga sudah terlihat sejak melakukan perjalanan ke Pantai Pelang.

Harga Tiket Masuk di Pantai Pelang

Harga tiket yang dipatok di Pantai Pelang relatif murah dengan biaya Rp 8000 per orang pada hari biasa atau weekdays. Tarif yang berbeda beraku untuk hari libur seperti weekend dan juga hari libur nasional yang diberlakukan. Tarif pada hari libur yaitu Rp 10.000 per orang, selain tiket masuk ditambah pula dengan biaya parkir pada umumnya.

Pemerintah Kota Trenggalek telah melakukan pengembangan pariwisata sehingga fasilitas yang ada di Pantai Pelang cukup memadai. Diantaranya yaitu terdapat kamar mandi, toilet dan juga rumah makan serta warung penjual makan dan minuman ringan. Bila Anda akan menggunakan kamar mandi atau toilet dikenakan biaya tertentu yang pastinya tidak mahal hanya dengan Rp 2.000 saja.

Rumah makan yang ada di sekitar Pantai menyediakan aneka makanan khususnya makanan dengan menu utama hewan laut. Ciri khas yang ada di Pantai Kota Trenggalek yaitu rumah makannya menyajikan menu ikan asap yang lezat. Anda dapat langsung menikmati menu laut yang disediakan warung sekitar setelah lelah bermain air di Pantai.

Kondisi jalan menuju Pantai Pelang sebenarnya sudah sangat baik dengan jalanan yang beraspal, namun medan yang dilalui memang terjal. Jalan yang harus dilalui berkelok-kelok dan terkadang ada tanjakan yang curam sehingga sangat dianjurkan untuk berhati-hati. Jalan menuju Pantai sudah dapat dilewati oleh kendaraan roda empat walau jalan yang ada tidak begitu luas.

Rute Menuju Pantai Pelang

Jarak Pantai Pelang dari pusat kota cukup jauh yaitu sekitar lima puluh kilo meter dengan waktu tempuh hampir dua jam. Rute yang harus Anda tempuh yaitu ikuti Jalan Raya Jarakan – Karangan sejauh lima kilo meter lalu belok ke kiri. Saat itu Anda masih berada di jalan yang sama lalu terus lanjutkan perjalanan sejauh dua belas kilo meter.

Sebelumnya, Anda akan melewati Jalan Dongko – Karangan, saat itulah jalan yang berkelok mulai muncul dan harus dilewati. Jalan yang ada tak hanya berkelok saja, namun juga banyak tanjakan maupun turunan yang curam. Terus lanjutkan perjalanan Anda sejauh delapan kilo meter kemudian belok ke kiri menuju Jalan Panglima Sudirman yang masih daerah Dongko.

Lanjutkan perjalanan Anda sejauh satu kilo meter lalu akan menemui sebuah kantor pos, setelah itu berbelok ke arah kanan. Saat itu Anda telah berada di Jalan Panggul – Dongko lalu ikuti belokan untuk memasuki Jalan Raya Dongko – Kampak. Teruskan perjalanan sejauh delapan belas kilo meter untuk menuju ke arah Jalan Waluhtowo.

Terus berjalan sejauh dua kilo meter lalu belok ke arah kiri menuju Jalan Diponegoro dan saat menemui pertigaan belok kanan. Saat itu Anda telah berada di Jalan MT. Haryono, ikuti arus jalan sejauh satu kilo meter lalu belok ke kiri. Anda telah berada di Jalan Pantai Pelang lalu melanjutkan perjalanan sejauh tiga kilo meter saja untuk sampai di Pantai Pelang.

Objek Wisata di Pantai Pelang

1. Air terjun

Objek wisata yang paling terkenal di Pantai Pelang yaitu air terjun yang berada sekitar 300 meter dari pesisir Pantai. Air terjun ini kerap dikunjungi pengunjung untuk sekedar bermain air bila ombak sedang pasang. Untuk sampai di air terjun, Anda hanya perlu berjalan kaki melewati jalan setapak yang ada di pesisir Pantai.

2. Spot berenang

Pantai Pelang dapat dijadikan tempat untuk berenang ketika keadaan ombak saat Anda datang sedang tenang. Namun, bila Anda datang saat keadaan ombak besar dan menggulung sebaiknya hentikan niat untuk berenang terutama bagi anak kecil. Bila keadaan mendukung, Anda dapat berenang di sekitar area Pantai dengan menjaga keselamatan pribadi dan kerabat.

3. Spot berfoto

Di Pantai yang berada di barat Trenggalek ini terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan lokasi parkir dengan bibir Pantai. Dari jembatan ini akan terlihat pemandangan Pantai yang mengesankan sehingga Anda dapat berfoto disini. Jembatan ini biasa digunakan oleh para pengunjung yang tidak ingin melewati muara kecil karena dapat membasahi sekitar  tubuh.

4. Spot sunset

Pantai Pelang berada di barat kota Trenggalek sehingga cocok dijadikan pilihan utama spot untuk menikmati matahari tenggelam. Anda dapat datang ke Pantai ini sebelum waktu sunset tiba dan jangan lupa mengabadikan momen tersebut. Anda dapat memotret saat-saat matahari mulai pergi dan petang tiba menggunakan kamera atau samrtphone yang Anda miliki.

5. Hutan pinus

Objek wisata lain yang ada di Pelang yaitu hutan pinus, hutan ini berada di jalanan menuju Pantai. Anda dapat berhenti sejenak di hutan pinus untuk menikmati segarnya udara hutan yang asri sembari berfoto. Hutan ini berada di sekitar jalan yang akan Anda lalui menuju Pantai Pelang dengan panorama pinus hijau tinggi menjulang.


Airul Halo, nama saya Airul. Seorang internet marketer yang hobi traveling. Melalui Pantanesia.com ini, saya ingin berbagai lokasi-lokasi wisata pantai menarik yang pernah dan ingin saya kunjungi.

5 ulasan untuk Pantai Pelang

  1. – Akses untuk menuju ke sana lebih baik menggunakan jalur kota, jalur kompas lebih cepat 20km namun jalanan naik-turun dengan tikungan tajam. Tidak disarankan jika perjalanan saat subuh atau malam hari (rawan kecelakaan). – Biaya masuk terjangkau. – Terdapat air terjun, pantai, dan kolam renang anak. Pantai masih bersih dan air terjun bisa untuk mandi-mandi. – Terdapat stan makanan untuk menjual snack, mie instan. Jangan lupa sekalian mampir ke penangkaran penyunya di sekitar sana

  2. Mantap… Tempat spot foto yg bagus. Tempatnya bersih meski ombak agak besar dan ada pelakat dilarang berenang. Namun tempat bagus buat foto2 disana juga disuguhin air terjun yg kita2 berjarak 150-200meteran dari bibir pantai.

  3. Perjalanan yang lumayan butuh perjuangan karna petunjuk jalannya sedikit meski nyasar-nyasar tp semua kebayar setelah lihat pantainya yang bener-bener bagus banget, air terjunnya juga, dan penjualnya juga ramah-ramah. cocok banget buat yang kurang vitamin sea😅

  4. Jauh bgt…sinyal telkomsel gak bagus…hawa panas tiket perorang rp.7500…kalo tidak pas mampir lewat gak ada rencana kesana.

  5. Pantai yang pemandangannya sangat indah ditambah adanya air terjun di dekat pantai yang sangat segar menambah keindahan wisata pantai pelang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *