Pantai Akkarena

Pantai Akkarena

Desa Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90225, Indonesia.

25 Ulasan

Berada di Makassar kurang lengkap jika tidak mengunjungi objek wisatanya. Kota yang dijuluki sebagai kota metropolitan dari timur ini ternyata memiliki objek wisata yang begitu menarik lho. Salah satu objek wisata tersebut yaitu objek wisata pantai.

Apabila Anda mencari rekomendasi pantai di Makassar, biasanya akan menemukan Pantai Losari. Tetapi, ternyata Makassar masih memiliki beragam tempat wisata yang cukup menarik dan wajib dikunjungi yaitu Pantai Akkarena.

Pantai Akkarena saat ini menjadi tujuan para wisatawan karena memiliki panorama alam yang indah dan memiliki berbagai objek wisata yang bisa Anda temukan. Lalu apa saja sih daya tarik tersebut? Simak ulasan berikut ya.

Sejarah Pantai Akkarena

Pantai Akkarena Makassar

Sejarah nama Pantai Akkarena memang cukup unik. Dahulu sebelum menjadi nama Akkarena, nama objek wisata ini adalah Tanjung Bunga. Salah satu perusahaan asal Sulawesi selatan datang dan mengambil alih pengelolaan wisata ini.

Tanjung Bunga ini terkenal dengan dipenuhi rawa. Kemudian, perusahaan tersebut mengajukan reklamasi dan di bangunlah fasilitas tambahan selain itu juga membangun beberapa perumahan beserta jalan raya.

Pengelolaan baru ini pun menjadikan Tanjung Bunga memiliki banyak perubahan. Sebelum adanya perubahan tersebut, Tanjung Bunga merupakan kawasan yang kurang terawat bahkan memang tidak terawat. Namun, berjalannya waktu menjadikan kawasan ini lebih terawat dan sangat bersih.

Untuk mendukung daya tarik wisata, tak cukup hanya itu saja. Pengelola juga membangun berbagai restoran, cafe, bahkan resort. Selain itu, nama tanjung bunga pun mengalami perubahan dengan maksud agar lebih dikenal dengan wajah yang baru. 

Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya ditetapkanlah sebuah nama baru yang disematkan di kawasan ini yaitu bernama Akkarena. Pantai Akkarena dibuka untuk umum sejak tahun 1998 dengan luas 10 hektar.

Tahukah anda mengapa pantinini diberi nama pantai akkarena? Jawabanya yaitu Nama Akkarena berasal dari bahasa Makassar yang berarti bermain, mengingat kawasan tersebut adalah tempat bermain bagi para wisatawan.

Saat ini, Pantai Akkarena tidak hanya menawarkan keindahan pantai. Wisatawan yang berkunjung menikmati berbagai aktivitas bahkan terdapat juga watersport. Karena perubahan tersebut menjadikan kawasan ini lebih unggul dibandingkan Pantai Losari.

Harga Tiket Masuk Pantai Akkarena

Pantai Akkarena Sulawesi Selatan

Karena pantai ini sudah dikelola dengan rapi, maka wisatawan yang datang ke pantai ini akan dikenakan tiket masuk. Tiket masuk ini berlaku bagi semua wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Namun, terdapat perbedaan tiket masuk pada hari hari tertentu. Pada saat weekday harga tiket masuk Rp 10.000 sedangkan weekend atau hari besar lainnya di patok dengan Rp 15.000. Tiket masuk ini tidak diberlakukan bagi anak-anak dibawah 5 tahun, alias gratis.

Pantai Akkarena ini ternyata dilengkapi dengan keamanan yang ketat, sehingga jika Anda berlibur di pantai ini akan lebih merasa aman. Terdapat 2 pintu akses, yaitu pintu masuk dan pintu keluar dengan pos penjagaan.

Perlu diingat adalah untuk menyimpan tiket masuk yang didapat dari pintu masuk, karena nantinya tiket masuk tersebut akan ditanyakan oleh petugas di pintu keluar.

Rute Menuju Pantai Akkarena

Lokasi Pantai Akkarena

Objek Wisata Pantai Akkarena terletak di Jalan Tanjung Bunga, Desa Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Akses yang digunakan untuk menuju Pantai Akkarena cukuplah mudah, dikarenakan berada di kawasan Tanjung Bunga. Tepatnya berada di seberang GTC Mall.

Pantai ini berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat Kota Makassar, dan dapat ditempuh hanya dengan waktu berkisar antara 8 menit saja. Sangat dekat bukan?

Objek Wisata Pantai Akkarena

Beberapa hal dan aktivitas yang bisa Anda temukan di kawasan Pantai Akkarena yaitu:

1. Bermain di Taman

Rute Ke Pantai Akkarena

Pantai Akkarena dilengkapi dengan taman dengan luas kurang lebih 450 meter persegi. Taman ini terletak di area bibir pantai.

Uniknya, taman ini dibuat dengan gaya desain bangunan yang elegan seperti di Mediterania. Di taman ini Anda bisa bersantai menikmati keindahan dan juga udara segar.

Taman ini juga sudah dilengkapi dengan sound system untuk kegiatan lain atau untuk menginformasikan sesuatu, terdapat juga layar LCD untuk menampilkan berbagai hiburan bagi pengunjung pada saat tertentu.

2. Berenang

Di ujung pantai telah dibangun pemecah gelombang yang berguna untuk melindungi ombak besar yang datang. Sehingga, kawasan Pantai Akkarena memiliki ombak yang gelombang yang tidak begitu besar.

Hal ini bisa dijadikan oleh wisatawan untuk bisa melakukan aktivitas di pantai ini dengan bermain air dan berenang. Jadi jangan lupa bawa baju ganti ya, karena Anda dapat berenang di pantai ini dengan rasa aman dan nynyaman

3. Wahana air

Htm Pantai Akkarena

Bermaksud meningkatkan pengunjung dan wisatawan maka Pantai Akkarena juga dilengkapi dengan berbagai wahana air seperti olahraga air.

Bagi Anda yang menyukai adrenalin, ketika di pantai ini dapat mencoba permainan air seperti jetski, banana boat, maupun speed boat ataupun kano yang sudah tersedia. 

Jika anda kurang berani menaiki wahana tersebut, Anda juga dapat menyusuri wilayah perairan Pantai Akkarena, dengan menyewa perahu yang bisa digunakan untuk berkeliling wilayah sekitar pantai. Tak perlu khawatir, karena perahu ini pun cukup aman dengan penjaga yang ramah.

4. Memancing

Jika Anda memiliki hobi memancing, sebaiknya membawa juga peralatan pancing untuk mencoba sensasi memancing di pantai ini. Selain menyewa kapal untuk berkeliling menikmati perairan, Anda juga bisa menggunakan perahu yang disewa untuk memancing.

Dengan menaiki perahu, akan membawa Anda menuju ke spot mancing. Hal ini menjadi salah satu daya tarik para pemancing.

5. Dermaga

Perahu wisata akan bersandar di sekitar dermaga yang ada di kawasan pantai ini. Dermaga ini menyajikan keindahan sebagai landmark.

Dermaga ini biasa disebut dengan Dermaga cinta yang memiliki panjang sekitar 150 meter dengan lebar 5 meter yang berdiri kokoh. Menariknya, dermaga ini disertai dengan dekorasi warna-warni yang begitu unik.

Pada malam hari pun tetap terlihat indah. Dikarenakan dermaga ini dilengkapi dengan penambahan aksesori berupa lampu. Hal ini menjadikan kesan damai yang romantis.

6. Menikmati Sunset

Harga Tiket Pantai Akkarena

Sunset merupakan salah satu daya tarik utama wisata pantai. Dan ternyata, di pantai Akkarena ini pun bisa dijadikan tempat sunset favorit lho.

Hal ini terlihat dari mulai banyaknya wisatawan yang datang ketika senja tiba untuk menikmati sunset. Jika cuaca cerah, maka akan terlihat langit yang berganti warna menjadi semu kemerahan disertai pantulan sinar matahari yang mulai tenggelam di lautan. Pastinya menghadirkan indahnya suasana senja menjadi romantis dan hangat.

7. Wisata Malam

Tak terasa menikmati sunset menjadikan lupa bahwa hari mulai gelap. Namun tak perlu resah, karena pada malam hari, Pantai Akkarena memberikan nuansa keindahan yang berbeda dengan berbagai kerlip lampu.

Kawasan pantai ini banyak dengan lampu hias dan lampu sorot. Rasanya pun akan merasa teduh dengan hembusan sumilir angin malam pantai yang menambah kesejukan.

8. Camping

Aktivitas lain yang juga ditawarkan di wisata Pantai Akkarena adalah camping.  Biasanya camping ini pada waktu tertentu dengan tema  Camping Beach Party yang ditawarkan pada musim liburan panjang salah satunya akhir tahun.

Namun, sebaiknya Anda mendaftar dahulu ya ke bagian pengelola, agar dapat melakukan camping pada waktu tersebut dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti pesta kembang api, api unggun, festival kuliner dan juga hiburan berupa Dj performance.

9. Event

Pantai Akkarena juga bisa digunakan sebagai tempat suatu acara tertentu. Mulai dari festival musik hingga momen perayaan malam pergantian tahun.

Event lain yang menjadi daya tarik yaitu adanya festival layang-layang.Kegiatan ini sudah masuk dalam agenda event Dinas Pariwisata kota Makassar pada setiap tahun.

Meskipun demikian, para pengunjung dari anak-anak hingga orang dewasa baik berasal dari kota Makassar ataupun sekitarnya selalu menunggu acara ini. Festival ini menampilkan jenis layang-layang dengan berbagai bentuk, bahkan hingga layang-layang yang cukup besar seperti dengan bentuk naga terbang.

Fasilitas Pantai Akkarena

Fastilitas Pantai Akkarena

Berbagai dinas terkait menjadi pengelola wisata ini. Sehingga berbagai fasilitas pendukung sudah tersedia tentunya dengan kenyamanan dan keamanan pengunjung. Fasilitas tersebut seperti:

1. Tempat Penyewaan Peralatan

Nah bagi Anda yang ingin bermain air namun tidak membawa pelampung maka anda bisa mengunjungi tempat persewaan peralatan di kawasan pantai ini.

Persewaan barang-barang yang tersedia pantai seperti ban untuk berenang dan juga pelampung. Anda bisa menyewa peralatan ini dengan sesuai kebutuhan.

2. Kamar Mandi

Setelah lelah bermain air, Anda bisa melakukan bilas. Di pantai ini sudah tersedia kamar mandi serta tempat bilas bagi para wisatawan tentunya dengan kebersihan yang terjaga. Sehingga cukup nyaman digunakan.

3. Ruang Meeting

Di pantai ini juga terdapat fasilitas yang menonjol daripada pantai lainnya. Dikarenakan pantai ini memiliki ruang meeting dalam pilihan ukuran besar dan kecil.

Jika Anda ingin melakukan meeting di tempat yang berbeda, ruang meeting ini bisa menjadi salah satu pilihan lho. Pastinya dengan kelengkapan pendukung dan nyaman.

4. Area Parkir

Pantai ini memiliki fasilitas area parkir layaknya objek wisata lainnya. Sehingga para wisatawan tidak perlu kebingungan menaruh kendaraan dan dipastikan akan aman.

5. Tempat Duduk dan Mushola

Berada di kawasan pantai ini, Anda akan menemukan tempat duduk untuk para pengunjung, cukup nyaman jika digunakan untuk sekedar menikmati pemandangan.

Selain itu, terdapat pula fasilitas untuk beribadah berupa mushola. Mushola ini pun kondisinya rapi dan juga terawat.

Sangatlah menarik dan unik bukan? Yap, Pantai Akkarena ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Meskipun terdapat pos penjagaan, namun pantai ini tetap dibuka setiap harinya.

Itulah ulasan mengenai Pantai Akkarena, semoga menjadi menambah informasi terkait pilihan liburan Anda ketika di kota Makassar ya.

Jangan lupa juga jika berada di Pantai Akkarena, sempatkan waktu untuk berkunjung ke Pantai Losari ya, pasti menambah liburan Anda begitu asik.

25 Ulasan untuk Pantai Akkarena, Makasar. Sulawesi Selatan

  1. Tempat yang bagus, indah. Terutama saat matahari mulai terbenam. Hanya saja ada sedikit sampah di sekitarnya. Tapi tempat nya benar benar indah. Saya sarankan jika ada mau pergi kesana, pergilah pada pukul 4 atau 5 sore. disaat matahari mulai tenggelam. Itu benar benar indah

  2. 1 juli 2018 saya dan keluarga piknik ke Pantai Akkarena. Sampai di sana agak di bawah ekspektasi sebenarnya. Pantainya banyak sampah plastik, pasirnya hitam dan kalo tertiup angin pasirnya beterbangan, jadi hati2 jangan sampai kelilipan. Tiket masuknya Rp.15rb per orang (di atas 5thn). Parkir Mobil Rp.10rb. Tapi anak2 saya sepertinya cukup menikmati bermain pasir di sana. Yang cukup merepotkan klo mau ke toilet yg cukup jauh dari pantai. Ada baiknya disediakan toilet2 portable dekat pantai. Oh ya, di menara lifeguard tidak ada personel yg standby padahal di pantai banyak anak2 yg main air.

  3. Banyak sampah… Ga bagus buat maen air… Buat foto2 lumayan lah untuk ukuran kota Makassar walau lebih bagus Losari..

  4. Jika bukan hari libur disini sepi, tidak ada resto. Airnya tenang, tidak ada ombak karena di lautnya dibikin benteng pemecahan ombak. Tidak berasa deburan ombaknya. Cocoknya hanya untuk anak kecil. Harus lebih dikembangkan lebih baik karena tidak banyak perubahan sejak pembukaan lokasi wisata ini.

  5. Jika bukan hari libur disini sepi, tidak ada resto. Airnya tenang, tidak ada ombak karena di lautnya dibikin benteng pemecahan ombak. Tidak berasa deburan ombaknya. Cocoknya hanya untuk anak kecil. Harus lebih dikembangkan lebih baik karena tidak banyak perubahan sejak pembukaan lokasi wisata ini.

  6. Ramai pengunjung, tapi sayangnya uang masuknya mahal Rp.15.000/org anak kecilpun diminta bayaran. . Fasilitas yg diberikan pun biasa2 saja.. Kamar mandi tdk ada airnya.. Tdak disediakan tempat duduk/tikar, jadi harus menyewa lagi.

  7. Terlalu mahal tiket masuk.nya..tolong tingkat kebersihan nya..saya melihat ada pengunjung yg buang pempers anak nya di pantai..paantai kotor. .tolong di.lasih papan bicara biar patai selalu bersij

  8. Tempat yg tepat buat sekedar menghilangkan penat, atau sekadar menikmati sunset. Fasilitas cukup lengkap..

  9. Kalo siang, panasnya lumayan sekali lah ya, mungkin karna memang pantai. Ada gazebo, tapi berbayar. Tidak boleh membawa makanan dari luar. Wahananya masih kurang, keren kali kalo ada banana boat atau perahu bebek yah. Ada foodcourt, mushollah, toilet. Kalo malam cantik, mirip-mirip Bali, di bagian cafe yg outdoor (lupa namanya).

  10. Mantap tempatnya kita nongki2 disana sambil dengar lagu serta bisa kita sumbang lagu juga….cuma agak panas tp kalo kita ke jembatannya justru disana banyak angin….silahkan kunjungi dan langsung saksikan terutama hr sabtu dan minggu asyik deh….

  11. Pantai Akkarena adalah pantai yang terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Pantai Akkarena biasanya dijadikan pilihan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga di hari libur sebagai sarana bersantai, bermain, atau berolahraga.

  12. Sebenarnya tempat yg bagus utk menikmati wisata tetapi pengelolaan sarana dan prasarana minim sekali jd terkesan agak kotor dan tidak menarik

  13. Banyak aturan… ga boleh main drone, klo main bayar 500rb. Tanjung bira yg bagus aja bebas.

  14. Untuk biaya masuk per orang 10.000 klau hari libur 15.000..tempat nya nyaman dan udara sejuk sekali enak sekali klau sore2 kesini.. untuk kebersihan nya kurang dan penyewaan gazebo beda dari biaya masuk

  15. Salah satu objek wisata pantai hiburan di Makassar.. Meskipun pantainya bukan pasir putih, tapi ada banyak hiburan disini. . Ada outbond, ada cafe zona nyaman ala2 di bali alias sofa busa pinggir pantai, ada pula jembatan cinta yg didekor sedemikian rupa biar instgramble. Untuk yg mau minum atau makan juga ada deretan tempat makan dengan hrga terjangkau. . . Oh iya, ada gazebo juga yang bisa disewa perjam bagi pengunjung yg datang ramai2 dan ingin main air di pantai.. . HTM 10.000 u/orang dewasa. 5.000 u/anak anak. Ada lagi tiket masuk kendaraan yah, klo nda salah 10.000 u/roda 4

  16. Pantai yg tdk terlalu jauh dr kota. Tepat di depan mall GTC. Di dalam sangat luas dan penuh permainan anak2 maupun orang dewasa, juga ada lapangan buat main bola,jogging,main sepeda,layangan,danau buat mancing,taman buat rekreasi keluarga ,juga ada restoran …jual air kelapa jg cemilan kecil2an. Ada playground buat anak2.cantik buat foto2. Permainan mobil2an buat anak2 jg ada loh !! 😊

  17. Harus membayar tiket masuk, fasilitas sudah lumayan nyaman dengan berbagai menu makanan tersedia, selain itu ada beberapa gazebo yang bisa disewakan jika piknik bersama keluarga. . Tempat yang tepat untuk menikmati senja.

  18. pantainya bagus dan cukup bersih trus ada petugas pantainya pula,jadi main air bersama keluar lebih nyaman (ada petugas pantai).

  19. Ini adalah salah satu tempat wisata pantai ynag ad adi kota makassar… banyak tempatt foto foton bos kuu

  20. Pantainya bersih, pelayanan yang bagus di cafe nya. Di sana juga ada live music, pengunjung bisa menyumbangkan lagu, jadi wisatawan yang suka menyanyi, ini sangat cocok untuk anda menunjukan kemampuan anda dan membuat orang terkagum. . Tapi saya sarankan jangan terlalu lama di bagian bawah caffe zona nyaman kalau angin sedang kencang , karena bisa saja debu debu dn pasir masuk ke mata, telinga dan hidung… Yang paling penting adalah kesehatan, jangan sampai liburan anda membuat timbulnya banyak penyalkit.

  21. Salah satu tempat Rekomended buat teman-teman penikmat senja,
    Meskipun berbeda dengan Pantai Losari Yang Free, untuk tempat ini tiket masuknya 15 Rb Per Orang, ditambah parkir 5 rb per motor.

    Laut nya pun lumayan bersih, ombaknya relatif kecil karena ada pemecah ombak Di sekitaran pantai, mungkin juga efek pulau reklamasi di sekitar sana.

    Nikmat sih, ditemani live musik sambil melihat senja, tempatnya juga cukup Instagramable.
    Menu makanannya pun cukup variatif.
    Bisa jadi rekomendasi untuk sekedar bercengkarama dengan keluarga.

  22. Gak seperti Pantai Losari yg gak dipungut biaya retribusi, Pantai ini setiap yg masuk dipungut biaya yg besarbya tergantung hr biasa / weekend.

    Lokasi pantai ini gak jauh dr Pantai Losari, ya sekitar 15-20 menit motoran. Lokasi parkir cukup luas. Di sekitar area pantai s/d bibir pantai sudah dibuat semacam gazebo2.

    Pantai ini termasuk pantai berpasir, dan bila geser beberapa ratus meter ke selatan akan ada tumpukan2 karang yg ditata di sepanjang tepi pantai sbg penahan ombak.

    Ada satu spot dr pantai ini yg paling menarik buat ak, yaitu semacam tanjung (agak kecil tapi panjang, yg banyak orang nyebut “Tanjung Bunga”) yg berada di sisi selatan pantai ini & sangat cocok buat liat sunset. Tapi bila bermain di tanjung ini ya perlu hati2 ya dengan ombak / air pasang yg siapa tau tiba2 datang.

  23. Tempatnya bagus,romantis dan sangat strategis untuk melihat matahari terbenam, terdapat penjual minuman dingin di lingkungan ini dengan harga yang cukup terjangkau sehingga membuat nyaman pengunjung. Seara keseluruhan tempat ini sangat cocok untuk tempat berlibur, karena kita dapat bermain air bahkan berenang di sini. Sayangnya kebersihan pantai agak kurang terjaga ( hal ini juga di karenakan pengunjung yang seenaknya membuang sampah sembarangan ). Tapi secara keseluruhan, tempat ini sangat cocok untuk di jadikan referensi liburan

  24. Tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu sore, pemandangannya sangat indah, terawat, permainan untuk anak juga banyak, banyak Cafe dengan beragam makanan ringan dan berat harga terjangkau.. Banyak Spot foto, sering juga dijadikan tempat foto Prewedding karena memang pemandangannya indah. Harga tiket masuk juga murah, tapi gazebonya berbayar 50.000 – 100.000.

  25. Salah satu pantai yg lumayan bagus dan sdh dikelola secara profesional. Tempatnya lumayan bersih, walaupun masih ada bekas sampah makanan berserakan. Di pantai ini ada 2 menara buat life guard, ada penyewaan kapal speed boat, banana boat. Ada gazebo2 yg disewakan, harga mulai 200rb-300rb. Dipantai ini bosa melihat pantai yg ada disampingnya yg hanya dibatasi dg pagar (Pantai Anging Mamiri). Ada cafe2 di pinggir pantai yg masuk di lokasi dg nama Zona Nyaman, menyediakan live music. Ada warung2 yg menyediakan makanan dg harga terjangkau. Pasirnya hitam, ombak tidak besar krn diberi pembatas ombak buatan memakai batu2 yg ditumpuk berjajar di sepanjang garis pantai Akkarena. Sehingga anak2 yg mau main air sangat aman sekali, mengingat ombaknya sdh hampir tidak ada. Banyak kaum millenial yg kesini utk foto2 krn banyak spot instagramablenya.
    Tiket masuk hr biasa 10rb, weekend 15rb. Parkir mobil 10rb. Posisi pintu masuknya di depan GTC Mall.

Tinggalkan Balasan