Pantai Pulo Manuk

Pantai Pulo Manuk

Alamat: Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393, Indonesia

(4.4/5) Baca ulasan

Pantai Pulo Manuk Sawarna dahulu merupakan pulau yang mempunyai banyak jenis burung yang acap kali menyinggahi pulau tersebut. Sampai sekarang orang pun menyebut tempat ini sebagai Pulo Manuk. Di pantai ini juga banyak sekali spesies monyet yang berkeliaran. Pemandangan dan keunikannya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang berdatangan terutama di akhir pekan.

Pantai yang banyak dijadikan tujuan liburan ini terletak di Kecamatan Bayah atau lebih detailnya di desa Sawarna. Oleh karena itu pantai Pulo Manuk ini masuk ke kawasan pantai Sawarna Banten. Jaraknya sekitar 40 kilometer jika anda berangkat dari Pelabuhan Ratu. Pantai ini banyak dikunjungi salah satunya karena memiliki sajian pesona alam yang unik, menyejukkan, dan membuat liburan sangat menyenangkan.

Harga Tiket Masuk

Berapa harga tiket untuk masuk ke pantai Pulo manuk ini? Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,-/orang saja. Dengan harga terjangkau, berbagai kegiatan seru liburan dapat dilakukan seperti bermain pasir ataupun menikmati panorama serta memanfaatkan wahan wisata di sana. Fasilitas pantai juga lengkap, anda pun dijamin tak akan bosan dengan spot foto yang ditawarkan di pantai yang masih alami ini.

Rute

Untuk rute pun sangat mudah. Tersedia berbagai rute alternatif yang bisa dipilih seperti rute dari timur, barat, juga rute dari kota Bandung. Di rute timur, perjalanan berawal dari Jakarta. Selanjutnya ke Cibadak, kemudian Cikidang atau kota Cijeruk. Rute tersebut sama-sama berujung ke daerah Pelabuhan Ratu. Jika sudah tiba di Pelabuhan Ratu, selanjutnya anda pergi menuju ke daerah Cisolok untuk selanjutnya tiba di Sawarna.

Kemudian anda bisa memilih perjalanan dari Barat. Perjalanan juga dimulai dari Jakarta. Anda kemudian pergi ke Pandeglang. Samapi di sana lalu anda menuju ke daerah Saketi sampai tiba di daerah  Malingping. Dari Malingping ini, anda ke kecamatan Bayah serta langsung menuju ke desa Sawarna. Atau anda bisa memilih ke Rangkasbitung. Kemudian ke Gunung Kencana dan ikuti jalur untuk tiba langsung ke Sawarna.

Di jalur Barat tadi terdapat alternatif lainnya yaitu mengikuti rute Jakarta menuju ke kota Cilegon. Dari Cilegon ini, anda bisa lanjutkan perjalanan ke Anyer. Selanjutnya, di Anyer anda arahkan kendaraan anda menuju Labuan dan mengikuti jalur ke desa Sawarna Banten.

Selain rute-rte di atas, anda yang dari Bandung bisa menggunakan rute yang satu ini. Dimulai dari titik pertama yaitu di kota Bandung, silakan anda arahkan kendaraan menuju ke Cianjur terlebih dahulu. Kemudian berangkatlah menuju kota Sukabumi. Dari Sukabumi selanjutnya segera lanjutkan perjalanan melewati daerah Cibadak hingga tiba Pelabuhan Ratu dan Cisolok. Dari sini anda segera tiba di Sawarna.

Obyek Wisata

Pasti anda bertanya-tanya mengapa harus ke tempat wisata Pantai Pulo Manuk Sawarna ini? alasannya tak lain karena di pantai khas Banten ini anda akan menemukan macam-macam obyek wisata alam, yang pastinya berbeda dengan pantai lain. Apa saja obyek wisata yang ada di pantai Pulo Manuk Sawarna? Berikut informasinya.

1. Pemandangan Eksotis ala Pantai Pulo Manuk

Pemandangan Pantai Pulo Manuk

Pantai eksotis menjadi pilihan utama para traveller dalam memilih tujuan tempat wisata, salah satunya pantai di Banten bernama pantai Pulo Manuk Sawarna ini. Kawasan pantai Sawarna memang menyajikan pilihan tempat wisata alam dengan cora keindahan yang berbeda-beda dan unik satu sama lain. Tentunya akan memberikan momen liburan yang menyenangkan hati.

2. Berkemah Seru di Pantai

Berkemah seru di pantai Pulo Manuk Sawarna ini tentu akan menambah kebahagiaan liburan. Anda akan disuguhi pemandangan lautan yang khas, pasir putih yang sangat bersih, keindahan horizon laut yang biru, dan hijaunya tumbuh-tumbuhan di sekitar pantai Pulo Manuk Sawarna ini. apalagi jika anda mengajak teman sehingga berkemah di pantai pun lebih seru dan ramai sambil menikmati api unggun saat malam hari.

3. Spot Foto Melimpah

Mengabadikan momen liburan bahagia adalah wajib hukumnya agar bisa dikenang dan di-upload di media sosial. Di pantai Pulo Manuk Sawarna ini tentu anda tidak kehabisan spot foto cantik dan unik. Hal ini disebabkan karena pantai di kawasan pantai Sawarna ini menyajikan alam yang menajubkan apalagi saat di waktu matahari terbit.

4. Kegiatan Menyusuri Pantai

Wisata Pantai Pulo Manuk

Pantai Pulo Manuk Sawarna adalah salah satu pantai karang yang bersih. Jika anda menyusuri bibir pantai anda akan melihat pasir putih yang masih alami kebersihannya juga karang-karang yang menghiasi bibir pantai tersebut. Tempat ini pun tak jarang dijadikan spot foto pre wedding maupun foto biasa bagi para pengunjung baik dari kota Banten ataupun dari luar kota tersebut.

5. Sunset Pulo Manuk

Pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Pulau Burung ini juga menghadirkan pemandangan eksotis di sore hari yaitu berupa matahari terbenam atau sunset. Anda akan dibuat takjub dengan sunset Pulo Manuk ini karena pemandangan berpadu dengan indahnya ombak pantai, pulau karang, bahkan perahu-perahu nelayan yang akan berlayar.

Keindahan alam pantai Pulo Manusk dan keseruan obyek maupun wahana wisata alam di dalamnya memang sangat membuat penasaran untuk dikunjungi. Pantai ini sangat direkomendasikan untuk anda yang sedang mencari tempat berlibur. Apalagi akses yang mudah ditambah dengan rute yang tidak membuat anda tersesat. Oleh karena itu jangan ragu untuk mengunjunginya bersama orang tercinta.

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Pulo Manuk

  1. Banyak sampah di pinggir pantainya.. perlu tempat sampah besar, kesadaran penduduk/pengunjung dan harus ada petugas kebersihan/pasukan orange

    11 Juni 2018, 21:25 WIB

  2. Pantainya bagus dan indah, tapi agak semrawut. Sampah dimana-mana. Kebersihannya kurang diperhatikan.

    19 Juni 2018, 02:33 WIB

  3. Bagus skli… Saya suka tempatnya… Cuma tmpat parkirnya kurang rapih… Lebih bagus lagi klo saung2nya di banyakin…

    21 Juni 2018, 07:00 WIB

  4. Tempat indah pemandanganya ga cuma alam tetapi juga ketika malam gemerlap lampu pabrik semen indah jadi menambah nuasa alami gtu. Apalagi duduk di gazebo yang di sediakan sambil ditemani kopi wih mantep dah. Saya sudah 2x bermalam di sana membawa tenda… Untuk penjaga pulau manuk juga ramah mau care sama pengunjung. Dan di sini klo bermalam di tenda saya rasa tempat ini paling aman di banding pantai sekitarya… Untuk jajanan di warung harga hampir sama kaya di warung warung sekitar rumah kita…

    22 Juni 2018, 08:34 WIB

  5. Suasananya nyaman dan menyenangkan. Lautan biru dan hamparan pasir putih serta keindahan pemandangan sungguh menenangkan hati. Wajib dikunjungi.

    26 Juni 2018, 03:05 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Pulo Manuk

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *