Pantai Ngetun

Alamat: Sureng, Purwodadi, Tepus, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia

(4.8/5) Baca ulasan

Pantai Ngetun berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini sebenarnya mempunyai nama asli Ngitun yang berasal dari bahasa daerah setempat yang berarti mengintip. Namun karena sudah menjadi kebiasaan warga setempat mengucapkannya menjadi Ngetun.

Pantai Ngetun merupakan pantai yang relatif kecil dan masih sangat alami. Oleh sebab itu, masih belum banyak orang yang mengetahui keberadaannya dan seluk beluknya. Padahal pantai ini mempunyai daya tarik khusus bagi pengunjung dengan menyuguhkan banyak pemandangan alam.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngetun

Untuk masuk ke Pantai Ngetun tidak perlu membayar tiket masuk ataupun biaya retribusi atau gratis. Hal itu disebabkan pemerintah setempat belum melakukan pengelolaan secara maksimal untuk pantai ini sebagai destinasi wisata. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir motor sebesar Rp 3.000 dan Rp 5.000 untuk mobil.

Sekitar pantai Ngetun sudah tersedia beberapa fasilitas untuk kebutuhan pengunjung seperti area parkir, toilet, warung, hingga musholla. Jadi, pengunjung tidak perlu khawatir jika berlama-lama di pantai Ngetun karena akan tetap bisa makan di dekat pantai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngetun

Adapun rute yang bisa ditempuh menuju pantai Ngetun jika dimulai dari kota Yogyakarta adalah melewati Wonosari – jalan menuju Baron – Pertigaan Mulo – Tepus belok kiri atau ambil arah timur – Kecamatan Tepus – Pulang Sawal atau Indrayanti – Pok Tunggal – Pantai Seruni dan baru sampai ke Pantai Ngetun.

Untuk menuju Pantai Ngetun, orang sering menggunakan patokan SDN Gembuk. Jika dari pusat kota Yogyakarta rutenya melalui ringroad Jl Wonosari – Piyungan – Patuk atau Bukit Bintang – Sambipitu – Gading atau lapangan terbang kemudian menuju arah Wonosari – Siono – kota Wonosari – permpatan Baleharjo – Mijahan – Semanu – Pasar Minggu – Cuwelo – Giri Panggung – Ngawar-awar – pertigaan Balong ambil jalan kanan menuju Purwodadi – Ndakbong – Gesing – SDN Gembuk dan selalu ikuti jalan kecil beraspal – pantai Ngetun.

Obyek Wisata di Pantai Ngetun

1. Cocok untuk Memancing

Di laut pantai ini banyak sekali biota laut yang mudah ditemui seperti ikan, lobster hingga penyu. Oleh sebab itu sangat cocok untuk dijadikan tempat memancing termasuk bagi pengunjung. Banyak warga sekitar juga yang sering memancing lobster disekitar pantai ini seperti dari atas bukit maupun di tepi pantai.

2. Ada Banyak Penyu

Pantai Ngetun ternyata merupakan tempat penyu mendarat dan bertelur. Hal itu dikarenakan pantai ini masih relatif sepi dan aman untuk aktifitas penyu. Pemandangan inilah yang jarang ditemui di pantai lainnya, sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk pantai ini.

Pengunjung juga akan banyak menemukan banyak binatang laut lainnya yang khas di pantai Ngetun seperti ubur-ubur, kalomang, dan sebagainya. Seolah di pantai ini terdapat aquarium alami yang menyuguhkan banyak pemandangan terkait binatang laut. Jadi, pengunjung bisa mengajak anak-anak untuk melihat bagaimana penyu bertelur dan semacamnya.

3. Pemandangan Dua Bukit di samping Pantai

Pantai Ngetun mempunyai pasir yang putih ditambah pula dengan pemandangan dua bukit yang mengapit pantai ini. Hal ini menjadikan pantai Ngetun terlihat masih sangat alami dan menambah pesona keindahan pantai.

Kedua bukit di samping pantai tersebut sering digunakan warga sebagai tempat memancing lobster dan sebagainya. Mengingat banyak lobster yang suka bersembunyi di balik maupun sekitar batuan bukit. Selain itu bukit tersebut juga bisa menjadi backroun swafoto pengunjung maupun objek foto itu sendiri.

4. Pemandangan Sunrise dan Sunset

Ketika menjelang malam pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan sunset yang membuat langit di atas lautan terlihat kekuningan dan jingga. Sementara itu, pada pagi hari matahari muncul dan terlihat dari pantai dengan jelas dan menambah keindahan pantai, dimana pasir pantai tampak lebih putih karena terpancar sinar matahari.Hal itu pastinya bisa menjadi objek foto bagi pengunjung, khususnya yang menyukai dunia fotografi.

5. Sambutan Kicauan Burung

Ketika pengunjung sampai di pentai Ngetun akan disambut dengan suara kicauan burung yang berada di pepohonan sekitar pantai. Hal itu menambah suasana pantai sangat damai. Pengunjung juga bisa berteduh dari sinar matahari di bawah pohon yang berada di dekat pantai, sebab di sana belum tersedia gubuk atau semacamnya sebagai tempat bersantai untuk pengunjung.

6. Pemandangan Laut Biru

Lautan di pantai Ngetun terlihat kebiruan alami. Hal itu dikarenakan pantai ini memang steril dari berbagai sampah atau limbah dari penduduk, jadi keasliannya masih terjaga dengan baik. Laut yang biru ditambah dengan kondisi warna pasir yang putih dan bersih membuat pantai ini terlihat sangat mempesona dan tepat sekali untuk dijadikan backround foto.

Ketika air laut sedang surut, akan terlihat karang-karang kecil yang menghiasi bibir laut. Beberapa ikan kecil sedang menyangkut di balik dan sekitar karang. Selain itu juga ada tanaman laut seperti ganggang dan semacamnya menghiasi karang kecil tersebut. Hal itu menambah nilai eksotis pada pantai Ngetun. Jadi, sayang sekali jika di lewatkan.

7. Cocok untuk Camping

Ada pengunjung yang melakukan camping di pantai ini baik bersama teman atau keluarga. Pastinya camping dilakukan dengan tetap menjaga kebersihan pantai.Namun pengunjung harus membawa peralatan dan kebutuhan camping sendiri dari rumah karena di sana tidak menyediakannya.

8. Puncak Watu Bangku dan Watu Gentong

Pengunjung bisa memanfaatkan bukit di samping pantai untuk melihat pemandangan pantai dan laut secara keseluruhan. Puncak bukit yang ada tersebut bernama Watu Bangku dan Watu Gentong, dimana puncak Watu Bangku ini lebih tinggi. Di sana sering dijadikan sebagai spot melihat pemandangan laut dan pantai Ngetun yang indah dan alami.

Demikian adalah sedikit ulasan tentang pantai Ngetun yang bisa menjadi solusi wisata alam Anda. Wisata pantai Ngetun ini sangat murah banyak daya tariknya, sehingga bisa dijangkau oleh setiap kalangan baik pegawai, pelajar, dan lain sebagainya.

9 Ulasan dari Pengunjung Pantai Ngetun

  1. Tepat pada tanggal 4 Juli 2018, saya bersama teman-teman saya mengunjungi pantai yang masih alami dan private ini. Belum banyak orang yang tau dan tertarik pada pantai ini. Mengingat jalan menuju pantai ini lumayan membingungkan dan butuh perjuangangan. Jalan menuju pantai ini beberapa sudah di cor semen, tapi beberapa lagi sangat terjal dengan bebatuan yang besar dan tajam. Tidak saya sarankan untuk membawa mobil, apalagi bis 😂. Tempat camping di pantai ngetun enak, banyak pepohonan jadi kalo datang siang gak kepanasan. Malam hari juga cocok untuk hunting foto Milky Way. Tidak ada biaya retribusi untuk masuk, ada persewaan tenda, ada kamar mandi yang banyak, ada warung dan warga sekitar. Ada juga yang jual kayu bakar dan bak untuk membuat api unggun. Saran bagi para pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga sopan santun, karena di bukit pantai ngetun ada makam nya mbah (sesepuh).

    5 Juli 2018, 09:58 WIB

  2. Akses jalan nya belum memadai untuk mobil, untuk sepeda motor pun sangat berbahaya karena jalan masih bebatuan, jika ingin camping harus waspada karena bibir pantainya sangat sempit jika pasang air laut nya bisa sampai di pembatas warung padahal itu sudah dibuat tinggi. tapi jika ingin cari tempat yg belum banyak terakses orang disinilah tempatnya

    2 Agustus 2018, 20:55 WIB

  3. Kesini itu tanggal 7 maret… Dan ga nyesel kalo kesini lagi.. gilla sih ini pantainya… 👍👍👍👍👍 Bisa dibilang prifat juga kalo dateng pas hari biasa… Baguuus ba-nget-nget… . Aku saranin niat kalian yg ke pantai ini lebih baik pake mobil yg bisa area bebatuan… Karna jalan anaknya aaaa luar biasa… Tapi ketika sampai…. Beuh 👍👍👍👍👍

    12 Agustus 2018, 00:15 WIB

  4. Assalamu’alaikum…. . Pantai Ngetun, Gunung Kidul… Kesini tanggal 13 Juli 2018 lalu.. Pantai yang masih jarang banget yang pada dateng kesana… Menuju pantainya, memasuki perkampungan dengan jalan yang sudah lumayan bagus, dan cukup untuk papasan 2 mobil (tapi kl papasan, mobil yg 1 harus berhenti dl yaaa.. Hehehe..). Semakin mendekati pantai, akses jalan berbatu dengan semen yang tepat untuk pas ban mobil. Semakin mendekati pantai lagi, jalan hanya bebatuan yang tidak rata. . . di pantai ini ada 2 tempat parkir; parkitran atas dan bawah. Karena kita camping, biar deket menaik-turunkan equipment, jd kita pilih parkiran bawah, yang juga terdapat warung, toilet, dan kamar mandi. Parkiran bawah cukup luas dan teduh.. . Pantai Ngetun mempunyai bibir pantai yang tidak begitu luas dan tidak pula panjang. ombaknya juga tidak terlalu besar karena tepecah karang dan bebatuan.. Pantainya bersih, pasirnya putih, dan belum begitu banyak orang yang datang. Ada sih, tapi datangnya silih berganti. Mungkin karena akses jalan menuju pantai yang belum mulus.. . Bisa buat camping, dan enaknya lagi tempatnya teduh karena banyak pepohonan. Dan cukup nyaman camping disini karena fasilitasnya juga cukup lengkaplah..Sudah ada musholanya juga yang agak naik ke bukitnya. Di bukit (katanya) ada spot untuk mancing juga. . . Over all, pantainya indah banget just like a private beach karena belum banyak yang datang kemari, jadi bisa menikmati keindahan Pantai Ngitun. . . Semoga membantu dan menambah referensi yaa…. Jajannya dikurangi, ditabung buat dolan ke Pantai Ngetun… Liat kalender, cari tanggal merah berderet-deret… Calling kawan-kawan atau keluarga, dan bersiap liburan menikmati indahnya Pantai Ngetun…. . Maaf kl fotonya kurang sip yaa.. Karena kita diasna cuma numpang tidur aja, pas foto” juga “nyambi” masak nasi, jd kurang fokus dan kurang mengexplore..

    17 Agustus 2018, 23:31 WIB

  5. Tgl 1 September 2018 jam 23.00 kami mulai masuk jalan menuju Pantai Ngitun dengan mobil model sedan, jalan cukup lumayan bagus meskipun sempit utk bersimpangan, jalan yg butuh nyali 500 meter sebelum lokasi, suasana sangat sepi dan bagus utk camping kebetulan ada rombongan, . Bayar 10.000 per tenda . Fasilitas cukup lengkap. Kalau kesini wajib naik ke puncak watu bangku. Pemandangannya wow banget. Dipuncak ada bendera merah putih. Deburan ombaknya menguji nyali dari atas bukit. #Indoneisiaituindah

    1 September 2018, 18:49 WIB

  6. Private camp~. Lokasinya cukup jauh belum terjamah. •Akses ke lokasi. Susah jalannya sudah cukup baik namun pas mendekati pantai mulai rusak, . Masih sepi serasa milik pribadi. •Retribusi . cuma parkir semalam Rp5000. •fasilitas -mushola. -kamar mandi. -warung. -listrik. Fasilitasnya sudah terbilang lengkap untuk pantai sepi ini, beneran sepi banget

    7 September 2018, 18:21 WIB

  7. Masih asri , pasir masih bagus banyak batuan laut kecil, kerang dll yang bagus spot pantai kalo foto pake Action Cam ma spot foto bukit bangku di samping ya . . . Cuman butuh perjuangan sangat pake banget untuk mencapai lokasi pantai ini tapi kalo udah liat pemandanganya lewat atas bukit bangku kebayar sudah sejauh mata memandang hamparan laut biru di tambah pantai ya air ya kalo di lihat dari atas ada biru gradasi hijau keren .. . Dari atas sampai bawah banyak tempat penitipan motor dan warung . Tersedia juga Toilet dan mushola .

    11 September 2018, 06:05 WIB

  8. kalo kesini jgn lupa cek kondisi ban sama rem.. mendingan pake mobil. kalo motor usahain jgn yg matic.. . . jalan yg di cor udah lumayan jauh.. . bener” berasa kek pantai sendiri.. . . sepi banget..

    11 September 2018, 16:29 WIB

  9. Surga kecil yang tersembunyi.. Hembusan angin dan deburan ombak akan memanjakan kita setelah perjalanan panjang menuju pantai.. Semua terbayar lunas setelah sampai di Pantai Ngetun.. Untuk melihat pantai secara keseluruhan kita bisa naik ke bukit yang ada di samping pantai..

    9 Oktober 2018, 06:20 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Ngetun

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *