Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang

Patu, Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54173, Indonesia

10 Ulasan

Saat berkunjung ke Purworejo, Anda bisa menikmati pemandangan laut luas Pantai Jatimalang yang indah dan asri. Selain itu, para wisatawan juga dapat menyantap hidangan yang disajikan.

Purworejo menjadi salah satu tempat wisata yang memiliki keindahan dari tempatnya yang eksotis dan menarik. Perlu diketahui juga, Pantai ini memiliki spot snorkeling yang bagus dengan aksen batu karang.

Tak hanya itu, keindahannya juga bisa dilihat dari beragam biota laut yang indah, sehingga menjadi pantai favorit para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Purworejo.

Pasir hitam di pantai ini membuat pantai terlihat makin eksotis. Saat berkunjung ke Pantai Jatimalang, Anda juga akan melihat Patung Dewaruci sebagai salah satu ikon baru disana.

Pantai Jatimalang Purworejo

Pantai Jatimalang, Purworejo memiliki garis pantai yang panjang dengan ombak besar membuat nuansa pantainya menarik untuk dikunjungi wisatawan, selain itu terdapat pohon cemara laut yang indah untuk dijadikan sebagai spot foto.

Pantai Jatimalang Purworejo

Pantai Jatimalang berada di sebelah selatan Kabupaten Purworejo. Lokasi tepatnya di Patu, Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Pantai Jatimalang ini memiliki daya tarik sebagai salah satu pantai indah di Purworejo. Namun, perbedaannya dapat dilihat dari keindahan yang spot petualangan yang terpancar sehingga banyak wisatawan muda yang tertarik mengunjungi pantai hitz satu ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Jatimalang

Daftar Harga Tiket Masuk Pantai Jatimalang Purworejo sangatlah terjangkau sehingga tak perlu budget besar saat berlibur kesana.

HariBiaya
Weekday (Senin sampai Jumat)Rp 3000
Weekend (Sabtu dan Minggu)Rp 5000

Untuk biaya parkir biasanya hanya berkisar Rp 2000 untuk motor, sedangkan kendaraan mobil Rp 5000.

Pantai Jatimalang di buka 24 jam. Jadi Anda dapat kapan saja datang ke pantai ini. Bahkan Anda dapat berkemah di sekitar pantai ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Jatimalang

Lokasi Pantai Jatimalang

Jika kalian ingin menuju ke pantai ini ada beberapa rute yang bisa kalian gunakan, tak perlu khawatir untuk sampai ke lokasi akses jalannya mudah.

Anda hanya membutuhkan waktu berkendara kurang lebih setengah jam dari pusat kota Purworejo, berikut ini rute yang bisa ditempuh.

1. Rute Purworejo

Dari arah Purworejo kota, Wonosobo, dan sekitarnya menuju ke pantai Jatimalang cukup mudah untuk diakses. Jika dari arah Wonosobo atau Purworejo kota bisa mengambil rute jalan menuju arah Kutoarjo.

Para wisatawan bisa lewat samping atau selatan stasiun kutoarjo kemudian lurus terus menuju arah pantai, lalu wisatawan akan sampai di Jalan Deandles.

Silahkan, lurus terus setelah ketemu jalan deandles maka para wisatawan sudah dapat melihat Gapura pantai Jatimalang.

2. Rute Yogyakarta

Berikutnya, rute dari arah Pantai Yogyakarta menuju pantai Jatimalang bisa melalui Jalan Wates ke Purworejo. Ikuti jalan lurus terus sampai Anda menjumpai adanya gardu bertuliskan selamat datang Purworejo.

Apabila sudah menjumpai adanya gardu tersebut maka wisatawan bisa ambil jalan belok kiri di pertigaan yang ada pos polisi-nya. Setelah itu, Anda bisa lurus melewati jembatan Congot, ambil jalan lurus sampai melewati Jalan Deandles.

Ikuti terus jalan lurus, di kiri jalan para wisatawan akan menjumpai adanya tulisan Gerbang Pantai Jatimalang.

3. Rute Dari Kebumen

Anda juga bisa sampai di Pantai Jatimalang melewati rute dari arah Kebumen. Akses jalannya bisa lewat Pantai Petanahan kemudian menuju ke Jalan Deandles dari arah Purworejo kemudian lurus saja sampai menjumpai adanya Gerbang tulisan Pantai Jatimalang.

Obyek Wisata Pantai Jatimalang

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan obyek Pantai Jatimalang? berikut beberapa spot dan wahana yang akan para wisatawan nikmati saat  berkunjung kesana.

1. Panorama Alam yang Indah

Wisata Pantai Jatimalang Purworejo

Salah satu daya tarik yang sangat indah di Pantai Jatimalang yaitu pemandangan serta panorama alamnya yang sangat asri, bersih, dan udaranya yang sejuk. Pantai ini memiliki pasir pantai berwarna putih bersih.

Sebagai salah satu pantai yang besar seluas garis pantainya, spot di pantai ini diperindah oleh pasir yang berwarna gelap agak hitam.

Tak hanya itu, yang membuat para wisatawan merasa betah saat berlibur di Pantai Jatimalang yaitu penduduknya yang ramah sehingga membuat wisatawan tidak merasa asing di tempat itu.

2. Warna Air Laut yang Bersih dan Jernih

Wisata Pantai Jatimalang

Meskipun warna pasir-nya agak hitam dan gelap, tetapi Pantai Jatimalang mempunyai warna air laut yang bersih dan jernih loh sehingga sangat enak dipandang.

Tak hanya itu, keindahan pantainya juga dilihat dari warna air lautnya yang memiliki warna biru dan hijau toska yang amat eksotis saat dijadikan sebagai spot foto karena hasilnya sangat eksotis.

3. Spot Snorkeling

Snorkeling Di Pantai Jatimalang

Tak semua pantai mempunyai objek untuk Snorkeling, menjadi salah satu keunggulan-nya Pantai Jatimalang memiliki spot snorkeling yang wajib untuk dicoba karena biota laut-nya sangatlah indah.

Cocok dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga atau pasangan yang suka berpetualang. Tak perlu khawatir, di pantai ini fasilitas snorkeling yang sudah cukup lengkap.

4. Keindahan Batu Karang

Saat para wisatawan berkunjung ke Pantai Jatimalang lalu mencoba spot snorkeling maka akan melihat keindahan batu karang yang sangat indah. Tentunya, bisa dijadikan sebagai spot foto kekinian yang Instagramable.

5. Ombak yang Besar

Kecantikan Pantai Jatimalang juga terlihat dari deburan ombak yang besar, lokasinya yang berada di selatan Pulau Jawa memiliki karakteristik ombak-nya yang besar.

Tentu saja, bagi para petualang pantai dengan ombak besar ini justru menjadi spot yang menyenangkan dan memacu adrenalin.

Ombak-nya yang besar juga menghasilkan suara deburan yang cukup enak didengar, sehingga dapat membuat para wisatawan merasa lebih rileks.

6. Berselancar

Surfing Di Pantai Jatimalang Purworejo

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Pantai Jatimalang memiliki ombak yang besar sehingga dapat dijadikan sebagai spot untuk berselancar yang sangat memacu adrenalin.

Tak heran banyak wisatawan dari luar daerah yang ingin mengunjungi Pantai Jatimalang, Purworejo hanya untuk berselancar ataupun snorkeling.

Sudah banyak wisatawan yang melakukan snorkeling di Pantai Jatimalang tetapi aman melakukannya, meskipun ombak-nya besar.

 Fasilitas di Pantai Jatimalang

Dibandingkan dengan sederet pantai lainnya di Yogyakarta, Pantai Jatimalang belum mempunyai fasilitas yang mewah. Silahkan simak fasilitas yang tersedia di Pantai ini.

1. Kolam Renang

Di Pantai Jatimalang terdapat kolam renang air tawar yang bisa jadi wahana anak-anak untuk bermain. Jadi, saat ombak besar wisatawan dilarang untuk berenang di pantai tetapi sudah disediakan kolam renang untuk berenang.

2. Toilet dan Kamar Mandi

Di pantai ini sudah terdapat beberapa toilet dan kamar mandi yang dapat digunakan untuk membilas tubuh setelah berenang atau bermain pasir di laut.

Dengan adanya toilet dan kamar mandi ini, pengunjung pantai akan merasa nyaman dan tenang setelah bermain di pantai.

3. Mushola

Di sekitar kawasan pantai ini juga sudah dibangun mushola sebagai tempat beribadah. Jadi bagi para pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah sholat tidak perlu bingung mencari tempat untuk sholat.

4. Warung Makan

Tentunya, di pantai ini sudah tersedia warung makan sebagai salah satu tempat untuk mencicipi kuliner khas di Pantai Jatimalang.

Lokasinya berada dekat dengan TPI atau Tempat Pelelangan Ikan yang menyediakan makanan seafood khas daerah Purworejo.

Di sana para wisatawan dapat memesan beberapa menu makan yang terbuat dari daging ikan hiu yang tidak akan ditemukan di pantai lainnya.

5. Area Parkir

Pantai Jatimalang ini sudah menjadi perhatian oleh pemerintah daerah Purworejo. Di sekitar pantai sudah dibangun area parkir yang luas untuk menampung sepeda motor, mobil atau bus dari para pengunjung.

6. Tempat Penginapan

Selanjutnya, fasilitas yang ada di sekitar Pantai Jatimalang yaitu adanya tempat penginapan yang disediakan untuk para wisatawan. Tak perlu khawatir lokasinya cukup dekat dengan tempat wisata sehingga bisa melihat pemandangan pantai dari tempat penginapan.

Demikian informasi mengenai lokasi, HTM, obyek wisata dan fasilitas di wisata Pantai Jatimalang Purworejo. Jika Anda berkunjung ke kota Purworejo, jangan lupa untuk singgah di pantai ini.

10 Ulasan untuk Pantai Jatimalang, Purworejo, Jawa Tengah

  1. Pantai yang lumayan sepi sehingga nyaman untuk dikunjungi menikmati pemandangan dengan leluasa. Cocok digunakan wisata keluarga untuk menghabiskan waktu bermain bersama ombak dan pasir. Terdapat gubuk gubuk untuk beristirahat. Tempat cuci kaki(kamar mandi umum) banyak tersedia.

  2. Pantai bersih..namun sayang karena menghadap kelaut lepas tidak bisa berenang…tp jgn khawatir anak anda akan aman berenang…karena disini disediakan kolam buatan dengan harga terjangkau

  3. Pantai yang tidak begitu terkenal tetapi menyimpan pesona tersendiri,, pantai yang bersih tidak banyak sampah.. akses yang mudah dilalui,, dan didekat pantai (area parkir mobil) banyak restoran seafood yang ramai dikunjungi wisatawan…. . Ombak yang besar, angin yang kencang dan segar, serta hamparan samudera biru bisa kita nikmati ketika dalam perjalanan menuju ibu kota menggunakan jalur selatan,,, . . Tersedia banyak tempat pembilasan atau mandi bagi yang sudah puas bermain dengan ombak dibibir pantai,,, juga disediakan gubuk / gasibu dari bambu yang bisa disewa jika hanya ingin menikmati pemandangan pantai selatan atau sambil menjaga barang bawaan.. . Sepanjang jalur menuju pantai berjejer rumah makan sea food yang wangi aroma khas ikan lautnya begitu menggugah selera,, dan harga yang sepadan dengan sajian yang begitu menggoda… Biasanya daftar harga makanan dipajang oleh pengelola resto, hingga bisa disesuaikan dengan budget kita.. . Jika datang di sore hari, pemandangan matahari terbenam bisa menjadi objek foto yang bagus, dan pantai mulai sepi karena pengunjung mulai meninggalkan tempat wisata, sehingga berlibur di pantai ini makin terasa istimewa.. . Jika sudah puas bermain dengan ombak, atau hari mulai gelap, segeralah bersiap pulang, karena pantai ini berada di jalur selatan, dan sepanjang jalan adalah bibir pantai, sehingga objek wisata pantai memang tersebar disepanjang jalan,,, dan jika kebetulan pengunjung pulang disaat yang sama,,, maka kemungkinan sepanjang jalan akan menemui titik kemacetan, dari setiap objek wisata pantai yang memang tersebar disepanjang jalur selatan ini…

  4. Pantai enak untuk berenang. Ombak besar . Tetapi yang sangat disayangkan pantai nya kotor. Di pantai Jatimalang banyak terdapat pelelangan ikan segar. Jatimalang juga terkenal dengan kuliner yang sangat lezat dan harga terjangkau. Banyak sekali warung yang terdapat di kawasan wisata pantai jatimalang.. Jatimalang terletah di kabupaten Purworejo. Cukup kita berkendara kurang lebih setengah jam dari pusat kota Purworejo, setelah itu kita bisa menikmati pemandangan laut yang menghempas luas serta menyantap hidangan yang disajikan.

  5. Tempat favorit anak-anak krn bisa renang di kolam buatan dengan sensasi air laut dan berlatar laut langsung….tanpa takut bahaya dari besarnya ombak pantai di laut selatan…

  6. PANTAI JATIMALANG
    1) Pantai Jati Malang (PJM) lumayan indah untuk dikunjungi.
    2) Dari patung penyambutan yang berbentuk “Bima-Sena dililit Naga” dan diberi tulisan DEWA RUCI, nampaknya PJM sedikit banyak “mengejawantahkan” cerita “pewayangan” tentang Pencarian “Banyu Perwitasari”.
    3) Bagi yang suka menghayalkan keindahan dan seni, PJM dapat menjadi inspirasi tersendiri. Sehamparan pandangan mata menuju, yang nampak hanya air dan air serta lazuardi dibatasnya. Deru ombaknya berdebur dan bergulung lumayan tinggi. Apa lagi jika secara lengkap mengetaui cerita tentang Pencarian “Banyu Perwitasari”, khayalan dapat lebih kemana-mana.
    4) PJM mudah dijangkau, karena sangat dekat dari jalan Daendeles (jalur lintas selatan), juga dekat dengan Bandara Internasional Yogyakarta.
    5) Jalur menuju PJM dari jalan Daendeles datar banget. Mudah banget. Tidak memerlukan kendaraan khusus seperti trail atau 4X4.
    6) Bagi yang suka ikan laut, di PJM dapat membeli ikan mentah hasil tangkapan nelayan. Yang unik dapat minta dimasakkan (dibakar) dengan harga sedikit diatas harga ikan mentah. Kadang-kadang kalau pas ada, juga dapat membeli cumi atau udang.
    7) PJM sangat pas sebagai tempat duduk di bibir pantai. Apalagi ditambah ngopi sambil ngobrol serta menyantap ikan/ udang/ cumi bakar.
    Kalau ingin rasa masakan menjadi lebih cocok dengan selera, disarankan membawa sambal sendiri dari rumah. Oi …. benar-benar membuat ludah mengalir ……..

  7. MJalan ke arah pantai lebar, beraspal, dan bagus…Tempat parkirnya yang masih kurang karena harus parkir di tanah yang agak berpasir… Lingkungan sekitar bersih… Warung bersih dengan menu seperti kebanyakan menu warung pantai : kopi, mie ber cup, kelapa muda…
    Ada beberapa arena sedang dalam pembangunan dan pohon pohon juga beberapa baru mulai ditanam…

  8. Perubahan signifikan dari pantai Jatimalang sungguh memukau. Semua tertata rapih, taman, gazebo, dan lingkungannya sudah semakin bersih. Meskipun masih ada beberapa yang buang sampah sembarangan. Akhir-akhir ini airnya jernih sekali. Menurut saya pantai Jatimalang menyandang predikat pantai TERINDAH di Purworejo, dan sebagai SPOT SUNSET PALING CIAMIK!!! Anyway, SANGAT TIDAK DISARANKAN UNTUK MAIN AIR, OMBAKNYA SANGAT BESAR! Tapi kalau sekedar nenikmati keindahan laut, dan untuk meditasi/yoga/recharge energi, pantai ini sangat cocok!! 😍😍😍😍💛💛💛💛💛

  9. Tempat wisata pantai di Purworejo
    Kelebihan:
    Cocok untuk anak-anak karena ombak tidak terlalu besar dan ada kolam renang buatan jika takut main di pantai
    Akses lebih mudah karena jalan sudah bagus
    Ada pasar ikan bagi yang menginginkan

    Kekurangan:
    Pengunjung sering buang sampah sembarangan jadi kesannya kotor
    Pantai bercampur dengan nelayan, ini bagi sebagian kita kadang tidak suka

    Saran: untuk menghindari harga makanan yang biasanya lebih mahal, silakan bawa bekal dari rumah, tapi jika mau praktis belilah di warung dekat pantai

    Uraian di atas hanya sebatas opini pribadi untuk lebih jelasnya silakan datang langsung ke TKP dan selamat berlibur

  10. Pertama kali kesini,,, pantainya bagus, ada ikon dewa ruci nya
    Cocok buat anak anak dan keluarga besar
    Tempat parkir luas, ada pelelangan ikan juga di sini, mungkin ada yg kepengen beli bermacam macam ikan yg masih segeeerrr
    Buat kulineran banyak pilihan menu seafoodnya, kemarin milih menu ikan sendiri, ditimbang dan jgn lupa nawar dulu yaa kan,,, biar enak di makannya😂😂
    Tempat makan yg sy upload recomended bgt, ibuk nya baek, diledekin aja, sambelnya mantoeel, nambah nasi anget boleh banget
    Sambil nunggu makanan bisa maenan air dulu di pantai… Soalnya lama biasanya
    Semoga bermanfaat…

Tinggalkan Balasan