Pantai Keburuhan

Pantai Keburuhan

Desa Keburuhan, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54172, Indonesia

13 Ulasan

Ingin menghilangkan rasa penat sejenak saja, Anda bisa mengunjungi Pantai Keburuhan, Purworejo yang lokasinya di pedesaan sehingga masih sangat asri dan indah.

Tidak heran tempat wisata tersebut membuat liburan Anda menjadi lebih menyenangkan. Anda bisa menikmati pemandangan laut yang indah sambil mendengarkan gemuruh ombak dan suara angin yang menyatu.

Para wisatawan juga bisa mengambil spot foto keren dari panorama air laut-nya yang jernih. Sebagai salah satu pantai yang luas tentunya akan sangat menarik jika diambil spot foto landscape.

Di sekitar tepi pantai terdapat pohon cemara yang membuat nuansa di dekat pantai menjadi semakin asri dengan nuansa angin sepoi-sepoi. Selain itu, para wisatawan juga bisa mengambil spot foto di sekitar pohon cemara yang rindang.

Pantai Keburuhan Purworejo

Pantai Keburuhan Purworejo

Pantai Keburuhan berlokasi di Desa Keburuhan, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Lokasinya berseberangan dengan salah satu pantai di Purworejo yaitu Pantai Pasir Puncu yang lokasinya ada di Kecamatan Grabag.

Sesuai dengan namanya, disebut Pantai Keburuhan karena memang lokasinya berada di desa Keburuhan, kecamatan Ngombol, kabupaten Purworejo.

Secara geografis letaknya berjarak kurang lebih 4 KM dari Pantai Pasir Puncu, di sebelah timur dariΒ  Pantai Ketawang. Jadi, para wisatawan dapat menyeberang dengan perahu dari Pantai Pasir Puncu ke Pantai Keburuhan

Melalui akses  kendaraan mobil dan motor, Anda bisa memilih rute yang paling mudah untuk ditempuh.

Harga Tiket Masuk Pantai Keburuhan

HTM masuk Pantai Keburuhan, Purworejo, Jawa Tengah hanya Rp 2000 untuk kendaraan bermotor. Sedangkan kendaraan roda empat atau mobil memiliki HTM Rp 5000.

Tergolong harga tiket masuk yang murah karena Pantai Keburuhan belum di jangkau oleh banyak wisatawan, selain itu lokasinya juga di pedesaan.

Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau para wisatawan sudah dapat melihat pesona alam di Pantai Keburuhan yang cukup asri dan indah.

Rute Menuju Lokasi Pantai Keburuhan

Obyek Wisata Pantai Keburuhan Purworejo

Para wisatawan dapat memilih rute ke Pantai Keburuhan dengan akses jalan yang paling mudah untuk ditempuh, berikut ini beberapa rute yang dapat dipilih.

1. Rute dari Pusat Kota Purworejo

Dari pusat kota Purworejo, Pantai Keburuhan berjarak sekitar 22 km ke arah barat daya. Akses menuju pantai memiliki akses jalan yang sangat mudah dapat dilalui kendaraan roda 2 dan kendaraan roda 4.

ari arah Purworejo kota, Wonosobo, dan sekitarnya menuju ke pantai Keburuhan cukup mudah untuk diakses. Jika dari arah Wonosobo atau Purworejo kota bisa mengambil rute jalan menuju arah Kutoarjo.

Para wisatawan bisa lewat samping atau selatan stasiun Kutoarjo kemudian lurus terus menuju arah pantai, lalu wisatawan akan sampai di Jalan Deandles. Silahkan, Anda lurus terus setelah ketemu jalan Deandles sudah terlihat Gapura pantai Keburuhan.

2. Rute Perempatan Jatimalang

Kalau dari arah Perempatan Jatimalang, lurus aja ke barat, mengikuti jalan Daendels. Nanti di sebelah kiri ada petunjuk arah ke Pantai Keburuhan.

Ikuti terus jalan lurus melewati pertigaan ke Pantai Keburuhan, lalu ikuti lagi arah jalan lurus sampai Anda menjumpai adanya tulisan perbatasan Desa Patutrejo, di sebelah kiri terdapat tulisan Gerbang Pantai Keburuhan.

4. Rute Kebumen

Anda juga bisa sampai di Pantai Keburuhan melewati rute dari arah Kebumen. Akses jalannya bisa lewat Pantai Petanahan kemudian menuju ke Jalan Deandles. Dari arah Purworejo kemudian lurus saja sampai menjumpai adanya gerbang tulisan Pantai Keburuhan.

Obyek Wisata Pantai Keburuhan

Ketahui objek Pantai Keburuhan yang akan membuat liburan Anda menjadi lebih menyenangkan bersama keluarga atau orang terdekat, berikut penjelasannya.

1. Panorama Laut

Sunset Di Pantai Keburuhan

Objek wisata Pantai Keburuhan memiliki pemandangan panorama laut yang masih sangat jernih dan asri. Keadaan ini bisa membuat rileks para wisatawan yang mengunjungi-nya.

Anda dapat menikmati pemandangan laut dengan menikmati kuliner di sekitar pantai. Apalagi pemandangan di waktu senja, suasana sunset memberi panorama uang sangat indah di langit pantai Keburuhan ini.

Mengambil view dari spot alam panorama laut dengan bentuk landscape juga akan membuat hasil foto liburan Anda makin eksotis karena hamparan panorama laut-nya yang memiliki warna air jernih dan bersih.

2. Ombaknya Besar

Wisata Pantai Keburuhan

Daya tarik ini yaitu memiliki ombak yang besar, sehingga terlihat sangat eksotis saat mengambil spot foto dari bibir pantai karena dapat mengabadikan gulungan ombak yang besar tetapi terlihat indah.

Suara deburan ombak-nya juga akan membuat kita merasa lebih rileks. Anda bisa menikmatinya sambil duduk-duduk di tepi pantai bersama keluarga atau bisa juga sambil menikmati kuliner khas yang ada di Pantai Keburuhan.

3. Pasir Hitam

Wisata Pantai Keburuhan Purworejo

Pantai Keburuhan memiliki keindahan pasir hitam yang sangat indah dengan memberikan sentuhan eksotis pada spot fotonya. Anda bersama keluarga juga bisa bermain pasir hitam untuk membuat berbagai bangunan yang artistik.

Cocok dijadikan sebagai objek wisata liburan bersama keluarga untuk membuat beberapa kerajinan menarik dari pasir hitam.

Meskipun, pasir hitam tetapi keindahan Pantai Kebutuhan tak terkalahkan dengan pantai pasir putih lainnya yang ada di Purworejo.

4. Pohon Cemara

Pantai Keburuhan Yang Asri

Di sekitar Pantai Keburuhan terdapat sederet Pohon Cemara yang sangat rindang, warna hijau-nya dapat dijadikan sebagai view foto yang keren dan Instagramable.

Duduk di bawah pohon cemara juga akan menambahkan kenikmatan yang membuat para wisatawan merasa lebih rileks saat berlibur.

Pemandangan pohon cemara ini menjadi salah satu daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi pantai tersebut karena dapat membuat nuansa di sekitar pantai menjadi lebih sejuk dengan angin yang sepoi-sepoi.

5. Gazebo

Di sekitar pantai terdapat gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai bersama keluarga untuk menikmati keindahan pantai. Di bibir pantai terdapat gazebo yang sengaja disediakan sebagai salah satu fasilitas yang disediakan untuk para wisatawan.

Fasilitas Pantai Keburuhan

Wisata Pantai Keburuhan bisa dibilang sebuah wisata pantai yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut:

1. Area Parkir kendaraan

Terdapat area parkir kendaraan motor dan mobil yang memberikan rasa kenyamanan pada setiap wisatawan yang berkunjung kesana. Meskipun, tempat parkirnya agak jauh dari pantai tetapi sudah dipastikan aman.

Ketahuilah untuk sampai di pantai maka para wisatawan harus melewati jembatan kecil yang tidak bisa ditempuh oleh mobil.

2. Mushola

Berikutnya, terdapat tempat ibadah untuk umat muslim yaitu Mushola, Anda bisa berlibur tanpa takut meninggalkan ibadah. Fasilitas musholanya juga sudah menyediakan mukena dan sarung untuk digunakan para wisatawan.

3. Kamar Mandi dan Toilet

Fasilitas paling umum dan wajib ada yaitu kamar mandi, biasanya setelah para wisatawan bermain pasir juga bisa mandi dan membersihkan diri di tempat yang sudah disediakan.

4. Tempat Istirahat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di Pantai Keburuhan, para wisatawan dapat menjumpai adanya tempat istirahat seperti gazebo. Tetapi, di sekitar pantai belum dijumpai adanya tempat penginapan.

5. Warung Makan

Selanjutnya, fasilitas yang ada di Pantai Keburuhan yaitu adanya warung makan khas Purworejo yang sengaja disediakan untuk para wisatawan menikmati kuliner khas pantai yang tak ketinggalan yaitu adanya menu makan Seafood.

Demikianlah ulasan mengenai HTM, lokasi, rute, obyek wisata dan fasilitas yang ada di Pantai Keburuhan, Purworejo. Jika Anda sedang singgah di kota Purworejo, jangan lupa untuk mampir ke pantai ini.

13 Ulasan untuk Pantai Keburuhan, Purworejo, Jawa Tengah

  1. Pantainya lumayan ” masih perlu bnyak perbaikan disana sini masih bnyak terdapat sampah ” fasilitas umum jg minim ” πŸ‘

  2. Masih tahap pembangunan, kurangnya kesadaran para pengunjung yg buang sampah sembarangan, padahal tersedia tempat sampah

  3. Perjalanan dri solo ksini 4jam . Kmrin kbtulan kesini wktu arus balik jadi macetnya luar biasa . Pantainya bagus ko😊😊😊

  4. Sampahnya masih berserakan. Tempat MCK masih kurang bnyak dan yang sudah ada kurang terawat,tolong segera di perbaiki

  5. Muantab ombaknya khas pantai selatan, cukup mudah dijangkau dengan ongkos yang tidak akan menguras kantong karena cukup murah baik biaya masuk, parkir serta jajanannyapun murah. Rekomendasi buat liburan keluarga deh.

  6. Pantai keburuhan punya spot-spot foto yang bagus..cocok untuk kalian yang hunting dengan budget gratis januari 2019 [kurang tau sekarang gratis atau bayar ] kalian bisa menikmati tempat ini. Kalo kesini kalian bawa bekal sendiri soalnya ditempat ini gak ada warung dan juga bawa kendaraan prinadi karena disini susah untuk dapat ojek pangkalan maupun online.

  7. Pasirnya bagus hitam mengkilat, cm banyak sampah wkt kesana.

  8. Berdekatan pantai puncu. Pernah terjadi sunami dimana air laut bergerak ke daratan sepanjang kurang lebih 100 m yang menyebabkan banyak bangunan terseret air laut. Kotor dan tidak terawat.

  9. Berdekatan pantai puncu. Pernah terjadi sunami dimana air laut bergerak ke daratan sepanjang kurang lebih 100 m yang menyebabkan banyak bangunan terseret air laut. Kotor dan tidak terawat.

  10. Dalam perbaikan setelah abrasi pas berkunjung juni 2019

  11. Petilasan shalat pangeran diponegoro

  12. Salah satu pantai yg terletak di Kecamatan Ngombol, Purworejo. Memiliki muara dari Sungai Jali. Fasilitas kurang memadai padahal memiliki pantai yg lumayan bagus. Kalau musim hujan banyak sampah dari aliran sungai tersebut dan warna air cenderung keruh.

  13. cocok untuk berburu sunrise….

Tinggalkan Balasan