Pantai Jetis

Pantai Jetis

Desa Patutrejo, Kec. Grabag

8 Ulasan

Purworejo merupakan sebuah kabupaten yang terkenal dengan makanan khas yaitu rengginan yang begitu gurih dan renyah. Selain terkenal dengan makanan khasnya, wilayah ini memiliki berbagai objek wisata bahari yang begitu menarik lho.

Oleh karena itu kami akan mengulas mengenai salah satu objek wisata pantai yaitu Pantai Jetis Purworejo. Tak seperti pantai yang berada di Purworejo lainnya, ternyata Pantai Jetis ini tergolong objek wisata yang masih cukup baru lho.

Nah, untuk bisa mengetahui objek wisata ini kami akan membahas dalam beberapa bagian mulai dari :

Sejarah Pantai Jetis

Pantai Jetis

Sebelum menjadi sebuah objek wisata pantai yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan, dahulu pantai ini merupakan kawasan yang dipergunakan sebagai galian tambang pasir besi oleh PT Aneka Tambang.

Namun pada tahun 2007 silam PT tersebut mengakhiri kegiatan galian pasir besi di pantai ini. Oleh karena itu, maka pemerintah stempat mulai menata pantai ini dengan melakukan reklamasi yang nantinya bertujuan untuk menjadi sebuah objek wisata bahari bagi masyarakat maupun wisatawan.

Karena memang tempat ini merupakan bekas tambang pasir, pada sekitar tahun 200 kawasan pantai ini pun masih terdapat adanya lubang-lubang galian tambang yang belum dirapikan.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu pemerintah setempat dan juga peran serta masayarakat terus berupaya membangun dan menjadikan kawasan pantai ini sebagai lokasi wisata. Akhirnya setelah beberapa tahun berlalu pun memang upaya tersebut membuahkan hasil, hal ini terbukti dengan adanya objek wisata tambahan di seputran pantai beserta fasilitas pelengkapnya.

Bahkan kabarnya, pantai ini terus mengalami peningkatan wisatawan yang berkunjung untuk berlibur pada setiap tahunnya. Ha tersebut pun juga tak dibiarkan begitu saja oleh pengelola dan pemerintah setempat, karena secara beriringan juga melakukan pengelolaan yang lebih baik dan pembangunan bebergai spot yang menarik wisatawan.

Harga Tiket Masuk Pantai Jetis

Meskipun pantai ini ramai dikunjungi dan memiliki berbagai daya tarik wisata, namun pengunjung tidak harus membayar tiket masuk untuk bisa berada di kawasan pantai ini lho. Oleh karena itu, Anda pun bisa mengajak sanak saudara ataupun teman-teman secara beramai-ramai untuk bisa berlibur bersama secara gratis di Pantai Jetis.

Rute Menuju Lokasi Pantai Jetis

Rute Menuju Pantai Jetis

Nah, jika Anda akan mengunjungi Pantai Jetis ini aksesnya pun cukup mudah kok. Mengingat pantai ini berada di Kabupaten Purworejo, maka untuk sampai di objek wisata ini bisa menggunakan berbagai alternatif. Anda bisa datang dari arah Yogyakarta, Kebumen maupun Kota Purworejo sendiri.

Meskipun dapat dilalui dari berbagai arah seperti yang telah disebutkan diatas, namun tetaplah wisatawan harus mengarahkan kendaraan menuju Kota Purworejo terlebih dahulu. Ketika sampai di Purworejo, Anda bisa langsung mengarahkan kendaraan menuju arah tenggara di Jl. Dr. Setia Budi dan mengarah  ke bundaran tugu gunungan wayang timur.

Dari bundaran tersebut, ambil saja jalan keluar menuju Jl.Urip Sumoharjo. Kemudian Anda akan menemukan bundaran lagi dan ambil jalan keluar pertama menuju Jl. Nasional III. Setelah keluar dari bundaran tersebut bisa belok kanan ke Jl. Mayjen Bambang Sugeng yang kemudian belok kanan ke Jl. Soekarno – Hatta.

Selanjutnya Anda belok kiri di Jl. Kenteng dan belok kiri lagi di Jl. ke Terminal. Kemudian arahkan kendaraan menuju Jl. Kasdan Imam Soedarso yang kemudian ikuti saja papan petunjuk jalan menuju Pantai Jetis yang memang sudah dekat. Perjalanan yang dimulai dari Kota Purworejo ini akan membutuhkan waktu sekitar 42 menit.  

Objek Wisata di Pantai Jetis

Objek Wisata Pantai Jetis

Adapun beberapa daya tarik wisata yang dimiliki Pantai Jetis Purworejo ini adalah sebagai berikut :

1. Taman Payung

Memiliki karakteristik ombak yang cukup besar memang beresiko bagi wisatawan, oleh karena itu wisatawan pantai ini lebih dianjurkan untuk menikmati wahana yang berada di pinggir pantai daripada berenang di tengah laut. Salah satu wahana yang berada di pinggir pantai ini yaitu Taman Payung.

Taman Payung ini merupakan sebuah taman yang ditumbuhi dengan pohon pinus. Uniknya di setiap atas jalan taman ini dihiasi dengan payung yang berwarna-warni.

Adanya Taman Payung ini digunakan oleh wisatawan sebagai tempat bersantai maupun hunting foto. Oleh karena itu tempat ini menjadi favorit para anak muda sebagai spot yang instagramable.

2. Bermain Pasir

Aktivitas yang juga dapat Anda lakukan ketika berlibur di pantai ini adalah dengan bermain pasir. Ya, pantai ini memiliki hamparan pasir yang cukup luas dengan tekstur yang begitu lembut, sehingga tak jarang digunakan sebagai tempat untuk bermain pasir maupun berjemur bagi para pengunjung.

3. Gardu Pandang

Gardu pandang yang dimiliki pantai ini pun memiliki bentuk dan tinggi yang berbeda-beda namun tentunya dibuat tetap menarik. Yang menjadi perhatian yaitu bahwa gardu pandang ini dihiasi dengan ukiran bunga yang membentuk pola hati.

Wisatawan pun tak perlu takut menaiki gardu pandang ini dikarenakan tidak terlalu tinggi dan juga dapat digunakan sebagai spot selfie dengan berbagai hiasan dan juga latar belakang panorama pantai.

4. Sunset

Anda pun bisa melakukan aktivitas di pantai ini dengan berlama-lama menghabiskan waktu dan sekalian juga menunggu sunset tiba.

Hal ini bukan tanpa alasan,  karena dengan menunggu hingga sore, Anda bisa menyaksikan panorama sunset yang begitu menawan. Apalagi dengan adanya hembusan angin laut dan pancaran cahaya orange yang tampak begitu hangat.

Fasilitas Pantai Jetis

Fasilitas Pantai Jetis

Upaya yang dilakukan pemerintah setempat serta pengelola pun tak hanya pada objek wisata pantai saja, namun hal ini juga dapat dilihat dari pengembangan fasilitas pendukung bagi wisatawan yang sudah tersedia, seperti :

1. Area Parkir

Area parkir ini sudah dipersiapkan lengkap dengan petugas parkir yang siap membantu wisatawan dalam melakukan parkir, sehingga wisatawan pun tak akan kesulitan ketika melakukan parkir kendaraan.

2. Gazebo

Di sekitar kawasan pantai juga terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk beristirahat. Namun, ternyata untuk bisa menggunakannya wisatawan akan dikenai biaya sewa.

Oleh sebab itu, jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk sewa gazebo, maka Anda sebaiknya membawa tikar sendiri sebagai alas untuk beristirahat ya.

3. Warung Makan

Ketika mengunjungi pantai ini namun kehabisan bekal makanan atau malah memang tidak membawa perbekalan pun juga tidak menjadi masalah.

Karena di pantai ini terdapat berbagai warung makan yang menyediakan makanan dan minuman dengan pilihan yang bermacam-macam. Oleh karena itu, Anda pun bisa membeli makanan atau minuman di pantai ini untuk mengisi perut sekaligus tenaga yang sudah terkuras.

Toilet disertai dengan tempat bilas pun juga sudah bisa Anda gunakan saat berwisata di pantai in. Namun menurut kami fasilitas toilet ini perlu diperbanyak agar tidak terjadi antrian yang panjang saat suasana pantai ramai dikunjungi wisatawan.

Nah, itulah tadi sedikit informasi yang kami sajikan untuk Anda mengenai Pantai Jetis Purworejo. Meskipun kawasan ini merupakan bekas tambang galian pasir, namun pantai ini cukup menarik bukan? Oleh karena itu ketika berada di Purworejo jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai Jetis ini ya.

Selain Pantai Jetis, Anda pun juga bisa berwisata di pantai-pantai lain yang juga menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Salah satu pantai tersebut yaitu Pantai Ketawang yang memiliki mercusuar.

8 Ulasan untuk Pantai Jetis, Purworejo, Jawa Tengah

  1. Pantai didaerah selatan purworejo selain pantai legendaris ambarketawang. mulai berbenah dengan melengkapi sarpras yg ada utk memanjakan pengunjung. Rame sekali ketika musim liburan dan lebaran spt saat skrg ini. Dilarang berenang dipantai krn ombaknya yg sangat besar. Dan adanya kepercayaan bahwa pantai selatan selalu meminta “tumbal”. Ada gardu pengawas, petugas parkir yg mengatur arus lalin dikompleks wisata ini

  2. Terdapat spot untuk selvie, Dgn RP. 5000 anda sdh mendapatkan spot selvi yg bagus, akan tetapi Harap BERHATI HATI bagi anda yg ingin mandi di laut…ombaknya besar, dan bergulung, kebetulan waktu ksana pas ada kejadian orang tergulung ombak, alhamdulilah bisa di selamatkan oleh TIM SAR…Penanganannya sangat cepat dan juga ada AMBULANCE yg siaga di tempat, tetap Patuhi rambu2 dan Himbauan dr pihak BASARNAS DAN KEPOLISIAN setempat…..Keselamatan anda nomor 1….

  3. Pantai Jetis berada bersebelahan langsung dengan Pantai ketawang… Lebih ramai dikunjungi wisatawan. Saat hari libur kawasan sangat ramai penuh sesak. Banyak yang berjualan makanan, baju, kerajinan masyarakat sekitar.. ada food court juga.. untuk anak anak ada kolam renang air tawar, area anak untuk mancing, bisa foto bareng Teletubbies, dan ada taman bunganya juga dan taman payung. Ada kapal kapal atau gardu yang dapat dinaiki untuk melihat pantai dari atas. Recommended buat yang pengen wisata di pantai ini bareng keluarga ataupun teman. Wisatawan hanya membayar parkir kendaraan saja 👍

  4. Pantai selatan, ombaknya besar, harus hati2 klo mandi dipantainya, kmaren pas saya kesana ada pengunjung yg digulung ombak, alhamdulillaah masih bisa diselamatkan oleh team penjaga pantai, orangnya pingsan.. . Untuk pantainya biasa, ada kolam renang dipinggir pantai buat anak2, dn ada air buat bilas stelah selesai mandi air laut berupa air yg memancar dr pipa2, kamar kecilnya lumayan banyak tapi kmaren ada yg kehabisan air, mushola kecil dn utk pedagang yang berjualan cukup banyak dn bervariasi yg diperjual belikan, ada kerak telor khas jakarta, mungkin yg jual orang2 yg pernah jualan dijakarta, ada hasil kerajinan berupa miniatur2 dr kayu dn ada juga kaligrafi bahan dr kulit. Untuk parkirnya cukup luas tapi blm tertata dg apik, tiket masuk cukup terjangkau, Rp. 3000,- dan yg blum maksimal akses masukya , kurang lebar tp sdh ber aspal, untuk akses keluarnya sangat sempit, shg klo pengunjung sdg padat, terutama saat lebaran , dn saat mau masuk ke jalan raya betul2 perlu perjuangan (khususnya mobil) krn aksesnya menanjak, kalau kurang ahli drivernya bisa nabrak, sebaiknya perlu dibuatkan akses yg lbh datar, sehingga tidak membahayakan….

  5. rame banget soalnya lagi lebaran hehe. pantai ini ombaknya lumayan besar jadi hati2 ya kalau mau mandi di pantai soalnya banyak kejadian hanyut gitu, makanya kita harus lebih safety lagi, disini ada tenda2 kecil buat neduh dan bisa buat ganti pakaian juga gais. ada pancuran buat bersihin dr pasir pantai juga, pasir ya hitam dan dekat dengan pantai ketawang gais, masuknya gak bayar. cuma parkir aja 5000. terus ada beberapa spot foto seperti taman payung, taman bunga matahari, istana bambu, bagus banget buat liat sunset.

  6. Lumayan bersih (ga bersih2 amat sih) ombak pantai besar. Apalagi menjelang sore. Kalau bawa anak kecil pastikan selalu diawasi. Dan jika ada hewan atau sesuatu menyerupai benang pancing atau sejenisnya jangan di sentuh. Takutnya itu sengat ubur ubur waktu saya kesana ada 2 anak kecil kena sengat. Bahkan kalau kata orang sana penah ada orang dewasa tersengat(saat ubur2 masih hidup)sampai pingsan. Dan ayah saya pegang sengat ubur2 yang udah mati (dikira senar jaring) saat mau pulang tangannya panas & gatal. Hati2 juga yang bawa kunci kendaraan berremote. Jangan d bawa atau sampai trkena air pantai. Bisa rusak. Sekian

  7. Berjalan jalan berjalan jaaaalan ke pantai.. pantau jetis . Ku melihat seorang pria yang wajahnya unik sekali . Ku mencoba tuk mendekatknya . Dia tersipu malu . Dan ku buat kau tersenyum agar kau bisa dekat denganku . Cinta … BOJONE UONGG 🤣

  8. kemaren kesana sepi sih… jadi lebih leluasa buat main air… yg disayang adalah ada gubuk² kecil di sepanjang pantai, pas duduk tiba2 ada yg nyamperin katanya suruh bayar 5k. bukan masalah uangnya, tapi disitu tidak ada tulisan kalo bayar. kan org pikir kalo itu memang sudah disediakan pengelola tapi kalo tiba² disamperin gitu jadii males. tolong di tingkatkan lagi demi kenyamanan pengunjung

Tinggalkan Balasan