Pantai Jatikontal

Pantai Jatikontal

Desa Jatikontal, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54173, Indonesia

11 Ulasan

Wisatawan sudah mengenali kota Purworejo sebagai salah satu provinsi di Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat wisata alam. Salah satu objek wisata-nya yang wajib dikunjungi yaitu Pantai Jatikontal yang memiliki panorama alam indah dari hamparan lautnya yang luas.

Sebagai salah satu pantai di Purworejo yang belum ramai pengunjung, tempatnya masih sangat asri. Cocok sekali dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin merasa rileks dari kejenuhan aktivitas sehari-hari.

Objek pantai yang satu ini belum memiliki objek buatan yang keren, tetapi para wisatawan tetap dapat mengambil spot foto dari view pemandangan laut alamnya yang sangatlah Instagramable. Tak heran banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi-nya saat musim liburan.

Pantai Jatikontal Purworejo

Pantai Jatikontal Purworejo

Pantai Jatikontal berlokasi di Desa Jatikontal, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Pantai ini memiliki jarak kurang lebih 17 kilometer dari kota Purworejo, sedangkan jarak dari Kota Yogyakarta sekitar 60 kilometer.

Hampir sama seperti pantai pesisir di lautan selatan, Jatikontal memiliki pasir berwarna hitam yang halus. Meskipun, warnanya gelap tetapi tetap membuat pemandangan di sekitar pantai terlihat eksotis.

Terlebih, dipadukan dengan deburan ombak yang cukup besar, mampu membuat nuansa alam di pantai makin eksotis untuk membuat para wisatawan merasa lebih rileks.

Harga Tiket Masuk Pantai Jatikontal

Meskipun Pantai Jatikontal belum banyak pengunjungnya, tetapi para  wisatawan dikenakan biaya retribusi HTM Rp 3000 per orangnya. Biasanya, wisatawan juga akan dimintai biaya parkir untuk menjaga keamanan kendaraan yang digunakan.

Tentu saja, harga tiket masuk Jatikontal terjangkau, bukan? Budget yang sedikit bisa membuat liburan Anda akan menjadi lebih menyenangkan bersama keluarga.

Para wisatawan dapat mengunjungi pantai Jatikontal di pagi hari atau sore hari untuk menikmati keindahan sunrise dan sunset yang sangatlah indah.

Rute Menuju Lokasi Pantai Jatikontal

Obyek Wisata Pantai Jatikontal

Jika Anda tertarik mengunjungi Pantai Jatikontal maka pilih rute yang paling mudah untuk para wisatawan tempuh. Silahkan ketahui pilihan rute-nya di bawah ini.

1. Rute Purworejo Kota – Jalan Deandles

Rute pertama yang bisa ditempuh menuju Pantai Jatikontal yaitu dari arah Wonosobo ke arah Purworejo kota menuju ke arah Kutoarjo. Perjalanan ini melalui selatan stasiun Kutoarjo kemudian lurus terus menuju arah pantai melalui Jalan Deandles.

Apabila wisatawan sudah sampai di Jalan Deandles maka para wisatawan akan melihat gapura Pantai Jetis, pilih arah jalan belok kanan dalam jarak 100 meter kemudian di kiri jalan terdapat Gapura Pantai Jatikontal,lurus saja wisatawan sudah sampai di lokasi.

2. Rute dari Yogyakarta Wates – Desa Jatikontal

Berikutnya, Anda dapat memilih rute menuju Pantai Jatikontal dari arah Yogyakarta yang ternyata akses jalannya cukup mudah.

Dari arah Jogja, ikuti arah jalan Wates – Purworejo lurus saja sampai menjumpai adanya gardu selamat datang di Purworejo.

Setelah menjumpai adanya pertigaan, belok kiri yang ada pos polisi. Kemudian lurus, ikuti jalan lalu lurus ikuti arah Jalan Deandles kemudian lurus melewati pertigaan ikuti arah jalan lurus saja melewati pertigaan Pantai Keburuhan.

Dari situ, Anda lurus saja sampai di Desa Jatikontal, kemudian Anda akan sampai di Gerbang Pantai Gapura Pantai Jatikontal Indah yang menandakan Anda sudah sampai di lokasi.

3. Rute dari Kebumen – Kutoarjo

Rute menuju Pantai Jatikontal selanjutnya dapat ditempuh dari arah Kebumen lewat Pantai Petanahan yang harus dilewati melalui jalan Deandles ke arah Purworejo. Para wisatawan akan menempuh jarak sekitar 20 kilometer, dan 12 kilometer yang berlokasi di Kutoarjo.

Tak perlu khawatir, melalui rute dari Kebumen ini sudah banyak papan penunjuk jalan yang mengarahkan para wisatawan untuk sampai di lokasi menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Obyek Wisata di Pantai Jatikontal

Sebagai salah satu pantai yang belum dikenal oleh banyak wisatawan,tentunya Anda ingin tahu apa saja objek wisata-nya yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Silahakn simak informasi di bawah ini.

1. Pasir Hitam yang Eksotis

Bermain Pasir Hitam Di Pantai Jatikontal

Ketahuilah salah satu daya tarik yang dimiliki oleh objek wisata Pantai Jatikontal yaitu adanya pasir hitam yang halus

Warnanya yang gelap agak kehitaman menambahkan kesan eksotis, selain itu paduan pasir hitam dengan ombak yang besar juga membuat nuansa pantai terlihat lebih indah.

Saat mengambil spot foto dengan view pasir hitamnya juga akan membuat hasilnya terlihat lebih Instagramable.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Pantai Jatikontal memiliki ombak yang besar sehingga tidak diperkenankan untuk mandi di laut. Jangan khawatir, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan wisata di pantai ini.

2. Kolam Renang

Kolam Renang Di Pantai Jatikontal Purworejo

Meskipun, Anda tidak bisa mandi di laut sebaiknya main air di kolam renang. Kolam renang yang ada di Pantai Jatikontal terletak tidak jauh dari bibir pantai.

Lokasinya berdekatan dengan jumlah cukup banyak. Anda dapat memilih kolam renang air tawar yang diinginkan. Biasanya, para wisatawan akan dikenakan biaya Rp 5000 untuk dapat berenang di kolam renang.

Kolam renang ini menjadi wahana unggulan yang disukai oleh anak-anak saat berlibur mengunjungi Pantai Jatikontal.

3. Panorama Pantai Asri

Wisata Pantai Jatikontal Purworejo

Selanjutnya, daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Jatikontal yaitu panorama pantai yang masih sangat asri. Saat para wisatawan berkunjung kesini tidak akan melihat adanya sampah di sekitar pantai, Anda dapat mengambil spot foto keren dengan pemandangan pantai yang bersih dan asri.

Saat ini memang masih belum banyak pengunjung, diharapkan saat pengunjung atau wisatawan sudah banyak berkunjung tetap bisa menjaga kebersihan lingkungan pantai agar tetap indah dan asri.

Meskipun di sekitar pantai belum ada pohon cemara, tetapi pantai ini memiliki sederet pohon kelapa yang tetap membuat nuansa udara di pantai sejuk dan segar.

4. Tempat Duduk Berpayung

Wisata Pantai Jatikontal

Di pinggiran  pantai para wisatawan dapat menikmati pemandangan, salah satunya dengan duduk bersama di bawah payung yang sudah tersedia. Para wisatawan dapat membawa bekal makanan sendiri lalu dinikmati di pinggiran pantai.

Disini para wisatawan juga dapat mengambil foto sebagai salah satu momen indah yang tak terlupakan saat berlibur.

5. Wisata Kuliner

Kuliner Di Pantai Jatikontal Purworejo

Ketahuilah di Pantai Jatikontal terdapat tempat pelelangan ikan sehingga banyak orang yang menjual ikan.

Bukan hanya itu saja, para wisatawan juga bisa menikmati berbagai menu makan dari ikan laut yang tersedia disitu. Tentu saja, menu makanan  tersebut menjadi ciri khas tersendiri yang membuat wisatawan ketagihan.

Tak hanya itu, para wisatawan juga dapat membeli ikan tersebut kemudian dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Fasilitas di Pantai Jatikontal

Meskipun pantai Jatikontal belum terkenal dikalangan masyarakat, tetapi fasilitas di pantai tersebut sudah cukup lengkap loh, berikut ini beberapa fasilitasnya.

1. Tempat Parkir

Salah satu fasilitas di Pantai Jatikontal yaitu adanya tempat parkir yang bisa menjaga keamanan kendaraan pribadi para wisatawan.

Biasanya, pengunjung akan dikenakan biaya parkir sekitar Rp 1000 untuk kendaraan roda dua, sedangkan kendaraan mobil dikenakan biaya Rp 3000.

2. Fasilitas Umum

Selanjutnya, Pantai Jatikontal juga memiliki fasilitas umum yang membuat pengunjung merasa lebih nyaman.

Fasilitas itu diantaranya:

  • Kamar Mandi dan Toilet
  • Mushola
  • Warung Makan

Demikian ulasan mengenai lokasi, HTM, objek wisata dan fasilitas yang ada di Pantai Jatikontal, Purworejo. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang recommended jadi tempat liburan bersama keluarga.

11 Ulasan untuk Pantai Jatikontal, Purworejo, Jawa Tengah

  1. Bagus sekali, pemandangan yang masih asri, murni, bagus kombinasi pantai, cemara san tanaman laut.. apalagi ditambah ada TPI nya, menurut saya sepanjang pantai ini potensial untuk lebih dikembangkan

  2. Pantainya sepi dan bersih, cukuo nyaman berada disana. Ada warung yg meyediakan makanan ringan, tp untuk rumah makan dengan menu ikan ada di pantai jatikontal

  3. Kenangan Bersama SBC Jogja Tetap terjaga Kebersamaan Salam Aspal Gronjall……”

  4. Eksotis alami

  5. Pantai yg bagus…sepi dan nyaman. Cocok untuk berlibur untuk mendapatkan ketenangan.

  6. Tempatnya masih sepi dan nyaman banget buat jomblo yang lagi butuh ide, buat nyari inspirasi, ataupun sekedar quality time bareng kesayangan.. 😍😀

  7. Sangat bagus

  8. ak senang berkunjung di sini karna tempatnya asyik dan menyenangkan

  9. Pantai ini cocok buat yg suka mancing

  10. Saat ini bersih.. nyaman untuk mancing..

  11. Enak buat spot mancing, ada gazebo buat berteduh

Tinggalkan Balasan