Pantai Pasir Puncu  

Pantai Pasir Puncu  

Desa Harjobinangun, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54172, Indonesia.

17 Ulasan

Sebagai salah satu objek wisata yang sudah dikenal para wisatawan, Pantai Pasir Puncu yang berlokasi di Harjobinangun, Purworejo merupakan tempat wisata yang ramai di hari wisata maupun hari liburan.

Objek wisata pantai yang satu ini memberikan sensasi yang berbeda dari pantai lainnya, nuansa sejuknya dapat membuat Anda merasa lebih rileks saat berlibur.

Pesona keindahan Pantai Pasir Puncu memang sangat menarik untuk dikunjungi, lokasinya yang tidak terlalu di pelosok sehingga tidak akan membuat para wisatawan kesasar. Pemandangan di pantai tersebut masih bersih dan asri sehingga membuat pengunjung betah saat berlibur disana.

Sebagai tempat wisata alam yang direkomendasikan, para wisatawan juga bisa menikmati beberapa kuliner atau makanan khas di Purworejo yang rasanya sangat lezat dengan harga terjangkau.

Pantai Pasir Puncu Purworejo

Pantai Pasir Puncu

Lokasi wisata Pantai Pasir Puncu di terletak di Desa Harjobinangun, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Apabila Anda masih bingung lokasinya berada dimana, Anda bisa mencarinya di Google Maps karena lokasinya tidak begitu masuk ke pedesaan.

Jam buka tempat wisata ini 24 jam, sehingga para wisatawan bisa mengunjungi-nya pagi hari, siang hari, maupun sore hari. Ketahuilah, pemandangan sunset dan sunrise menjadi favorit para wisatawan saat berkunjung ke pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Puncu

Harga tiket masuk Pantai Pasir Puncu, Purworejo, Jawa Tengah hanya Rp 2000 untuk kendaraan bermotor, sedangkan kendaraan roda empat atau mobil membayar Rp 5000.

Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau para wisatawan sudah dapat melihat pesona alam di Pantai Pasir Puncu yang cukup asri dan indah.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pasir Puncu

Rute Pantai Pasir Puncu

Jika kalian ingin menuju ke pantai Pasir Puncu ada beberapa rute yang bisa kalian gunakan, tak perlu khawatir untuk sampai ke lokasi akses jalannya mudah.

Anda hanya membutuhkan waktu berkendara kurang lebih setengah jam dari pusat kota Purworejo, berikut ini rute yang bisa ditempuh.

1. Rute Purworejo – Pasir Puncu

Dari arah Purworejo kota menuju pantai cukup mudah memilih jalan untuk diakses. Jika dari arah Wonosobo atau Purworejo kota bisa mengambil rute jalan menuju arah Kutoarjo.

Para wisatawan bisa lewat samping atau selatan stasiun kutoarjo kemudian lurus terus menuju arah pantai, lalu wisatawan akan sampai di Jalan Deandles.

Dari arah jalan Daendels ikuti jalan lurus terus setelah ketemu jalan daendels maka para wisatawan sudah dapat melihat gapura pantai Pasir Puncu.

2. Rute Yogyakarta Wates – Pasir Puncu

Berikutnya, rute dari arah Yogyakarta ke pantai dapat melalui Jalan Wates ke Purworejo. Ikuti jalan lurus terus sampai Anda menjumpai adanya gardu bertuliskan selamat datang Purworejo.

Apabila sudah menjumpai adanya gardu tersebut maka wisatawan bisa ambil jalan belok kiri, kemudian Anda bisa ambil jalan lurus sampai melewati Jalan Daendels.

Ikuti jalan lurus, di kiri jalan para wisatawan akan menjumpai adanya tulisan Gerbang Pantai Pasir Puncu.

3. Rute Dari Kebumen

Anda juga bisa sampai di Pantai Pasir Puncu melewati rute dari arah Kebumen Kota menuju ke Kutoarjo.

Akses jalan yang dipilih dapat lewat Jalan Deandles dari arah Purworejo kemudian lurus saja sampai menjumpai adanya Gerbang tulisan Pantai Pasir Puncu. Jika lokasinya tidak ketemu, wisatawan bisa menggunakan Google Maps.

Objek Wisata Pantai Pasir Puncu

Tentunya para wisatawan ingin mengetahui apa yang menjadi daya tarik dari Pantai Pasir Puncu, silahkan ketahui beberapa objek yang akan dijumpai disana.

1. Pesona Alam yang Asri

Wisata Pantai Pasir Puncu

Ketahuilah saat berkunjung ke Pantai Pasir Puncu wisatawan akan melihat pesona hamparan air laut yang sangat jernih. Saat berfoto dengan background laut maka foto Anda akan terlihat sangat eksotis.

Tak heran banyak wisatawan yang merasa betah saat berkunjung ke Pasir Puncu untuk menghilangkan rasa penat dan bosan,

Meskipun fasilitas atau akses jalan agak sulit menuju lokasi, tetapi akan terbayar tuntas saat melihat panorama-nya yang asri.

2. Deburan Ombak Besar

Wisata Pantai Pasir Puncu Purworejo

Sebagai salah satu pantai yang berlokasi di selatan, Pantai Pasir Puncu memiliki ombak besar, sehingga suara deburan ombak-nya juga sangat merdu didengar untuk membuat kita merasa lebih rileks saat duduk di bibir pantai sambil melihat deburan ombak.

Tentu saja dengan ombak-nya yang bergelombang besar, para wisatawan dilarang untuk mandi di pantai.

Jika ingin mandi, maka para wisatawan bisa mencari kolam renang di sekitar pantai. Nuansa-nya yang tenang dan alami akan membuat wisatawan dapat menikmati suara deburan ombak dengan pemandangan laut yang indah, sebagai salah satu cara untuk membuat tubuh menjadi rileks.

3. Memancing di Pinggir Pantai

Memancing Di Pantai Pasir Puncu

Di pantai Pasir Puncu ini. Anda dapat memancing di pinggir pantai. Banyak warga Purworejo yang berkunjung ke pantai hanya untuk memancing ikan.

Pantai Pasir Puncu juga menjadi salah satu tempat pelelangan ikan, disini terdapat transaksi jual beli ikan oleh nelayan setempat. Tentu saja para wisatawan dapat membeli ikan disini, bisa langsung dimasak atau bisa juga dibawa pulang.

Ikan yang diperjualbelikan dalam kondisi segar sehingga menjadi rasanya sangatlah lezat ketika langsung dimasak. Tak perlu khawatir, harga ikan di pantai ini sangat terjangkau loh.

4. Pemandangan Pohon Cemara

Para wisatawan juga dapat melakukan jalan-jalan di pinggir pantai di tengah rimbun-nya pohon cemara. Di sekitar pohon cemara, para pengunjung juga dapat mengambil spot foto dengan latar pemandangan hijau yang sangatlah indah.

Deretan pohon cemara tidak hanya memperindah spot foto di pantai, tetapi memberikan nuansa angin sepoi-sepoi.

5. Wisata Kuliner

Sesuai dengan yang dijelaskan sebelumnya bahwa di Pantai Pasir Puncu terdapat tempat pelelangan ikan, sehingga para wisatawan dapat menikmati berbagai menu makanan khas di laut, tentunya jenis makanannya berupa seafood.

Tak perlu khawatir, berbagai menu makanan di tempat ini harganya sangatlah terjangkau loh.

Fasilitas di Pantai Pasir Puncu

Wisata Pantai Pasir Puncu Purworejo, Jawa Tengah bisa dibilang sebuah wisata pantai yang memiliki beberapa akan fasilitas umum yang membuat para wisatawan merasa betah, berikut penjelasannya.

1. Area Parkir kendaraan

Salah satu fasilitas di Pantai Pasir Puncu yaitu ada area parkir kendaraan, para pengunjung memang tidak membayar harga tiket masuk tetapi pengunjung dibebankan membayar harga parkir sebagai bentuk retribusi dengan harga Rp 2000 sedangkan kendaraan mobil Rp 5000.

2. Mushola

Selanjutnya, terdapat tempat ibadah untuk umat muslim yang tergolong masih bangunan baru, tetapi memberikan kenyamanan kepada para pengunjung untuk beribadah di lokasi.

3. Fasilitas Umum

Saat berkunjung ke pantai Pasir Puncu, Anda juga akan menjumpai adanya fasilitas umum berupa kamar mandi dan toilet, tempat Istirahat, dan warung makan yang membuat pengunjung merasa betah disana.

Sebagai salah satu objek wisata yang menarik, Pantai Pasir Puncu juga mempunyai fasilitas lengkap sehingga membuat para pengunjung merasa nyaman dan betah disana.

Jika Anda sedang di Purworejo, jangan lupa untuk singgah di pantai Pasir Puncu ini. Anda juga dapat mengunjungi wisata pantai lainnya seperti Pantai Ketawang atau Pantai Jetis.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Pasir Puncu Purworejo yang sedang naik daun ini. Silahkan rencanakan liburan Anda untuk berkunjung ke pantai ini.

17 Ulasan untuk Pantai Pasir Puncu  , Purworejo, Jawa Tengah

  1. Hampir mirip dengan pantai Ketawang, karena jarak yang relatif dekat. Topografi pantai juga landai, yang membuat ombak besar bisa menerpa dengan tiba-tiba hingga jauh kedalam pantai. Harap hati-hati bila bermain air disana.

  2. Wisata yang masih dikembangkan. Sangat keren walaupun masih belum terawat dan sampah sampah banyak berserakan. Layak kalian kunjungi buat yang suka fotografi. Sampah pun bisa jadi seni. 😊

  3. Area yang asri di taman cemara , meski kondisi pantai kurang terawat..

  4. Tempat hunting sunset dan foto foto yg cakep. Ada muara, tambak bandeng, dan jembatan gantung… Spot foto keren…. Karena ke sini sudah jam setengah 5 mungkin tidak dipungut biaya masuk…

  5. Ombak yg indah…utk selancar

  6. Tempatnya bagus, buat kalangan anak muda juga bagus. Buat foto2 bagus. Rekomended buat yang suka foto tapi lokasi sepi + bagus, sayangnya aku ngga nemu penjual padahal haus wkwkwk. Dan disana kayaknya perlu penjagaan deh, soalnya yang wisata kaya gk beraturan gitu parkirnya termasuk yang lagi pacaran 😂😂😂

  7. Lokasi yg nyaman untuk berlibur bersama keluarga & jg bagi yg muda mudi …… Refresing di panorama yg sangat indah …. Di terowongan cemara & laut yg biru ……. Monggo …. di survei….

  8. Tempat liburan yg bisa dibilang hemat tpi puas karena panoramanya. Selain bersentuhan dengan alam, juga air laut yg indah jika terkena pancaran matahari sore dan pagi. 😄😄

  9. Sekarang sudah tidak menjadi tempat wisata lagi. Pantainya kotor, kamar mandi sudah rusak, air tawar juga harus nimba sendiri. Tapi emang gak bayar sih main ke pantai ini. Biasanya ada nelayan yg menjala ikan. Nah itu ikannya bisa dibeli. Harganya juga murah kok. Pantainya banyak sampah dan sepi. Tapi cocok untuk yg ingin ke pantai tapi gak ada uang.

  10. Tempatnya lumayan bisa untuk momong ank kecil ada ayunan its ok lah 👌

  11. Sebenarnya potensial untuk spot wisata, Sayang sekali sepertinya tidak dirawat, kapan ya bisa dibenahi?

  12. Pantai keburuhan…… Sayang, banyak yang pacaran secara begitulah…… – semoga segera di tertibkan …

  13. Asik buat memancing ….sayang ga ada yg jual umpan udang

  14. Mampir kesini ternyata banyak orang mancing

  15. Belum objek wisata, jalan jembatan suspensi kecil baru yang bagus, tapi emang realita seperti pantai umumnya, udah banyak sampahnya:(((. *padahal sepi banget

  16. Januari 2020, pantainya seperti obwis yg sudah terbengkalai lama, pedangan cm ada 2

  17. Pemandsngan indah..tapi jangan berenang ya. Ombaknya besar berbahaya

Tinggalkan Balasan