Pantai Ketawang

Pantai Ketawang

Sengoro Wetan, Ketawangrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54265, Indonesia

13 Ulasan

Tak ada salahnya meluangkan sedikit waktu luang untuk berlibur dan berwisata ke kota Purworejo, Jawa Tengah. Daerah ini memiliki sejumlah destinasi tempat wisata alam cukup mempesona.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi wisatawan yaitu Pantai Ketawang dengan keindahan pemandangan deretan pohon cemara.

Berlibur ke pantai di Purworejo ini para wisatawan tak perlu membawa budget banyak. Lokasinya yang berada di pedesaan, sehingga pemandangan-nya masih asri ternyata sudah memiliki fasilitas lengkap sehingga membuat liburan Anda menjadi lebih menyenangkan.

Pantai Ketawang Purworejo Jawa Tengah

Dengan hamparan pasir putih dan biru-nya air laut cocok membuat para wisatawan dari luar kota merasa lebih rileks saat liburan di pantai ini.

Pantai Ketawang Purworejo

Pantai Ketawang Indah berlokasi di Desa Sengoro Wetan, Ketawangrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, 54265, Indonesia.

Sesuai dengan namanya, letaknya berada di Dusun Ketawang sehingga memudahkan para wisatawan untuk mencari pantai ini meski berlokasi di daerah pedesaan.

Namun, sebagian orang mengenali pantai Ketawang dengan sebutan Pantai Jetis karena letaknya yang berdekatan. Sebenarnya, kedua pantai ini adalah pantai yang berbeda dengan spot foto dan fasilitas yang berbeda pula.

Harga Tiket Masuk Pantai Ketawang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk berlibur ke Pantai Ketawang tak perlu budget banyak. Harga tiket masuk Pantai Ketawang hanya Rp 2.000 per satu kendaraan bermotor.

Jika para wisatawan ingin menikmati keindahan pantai dari spot menara mercusuar yang ada di Pantai Ketawang diharuskan membayar Rp 5000. Dari menara mercusuar pantai, para wisatawan dapat mengambil spot foto dari ketinggian yang sangat indah.

Rute Menuju Pantai Ketawang

Pantai Ketawang Purworejo

Tertarik untuk mengunjungi Pantai Ketawang? Yuk, pilih rute yang paling mudah untuk para wisatawan tempuh.

1. Rute Wonosobo-Purworejo Kota

Rute pertama yang bisa ditempuh menuju Pantai Ketawang Indah yaitu dari arah Wonosobo – Purworejo kota menuju ke arah Kutoarjo lewat selatan stasiun Kutoarjo. Kemudian lurus terus menuju arah pantai melalui Jalan Deandles.

Setelah sampai di Jalan Deandles maka para wisatawan akan melihat gapura Pantai Jetis. Kemudian pilih arah jalan belok kanan dalam jarak 100 meter. Kemudian di kiri jalan terdapat gapura Pantai Ketawang,lurus saja wisatawan sudah sampai di lokasi.

2. Rute dari Arah Yogyakarta

Berikutnya, terdapat rute menuju Pantai Ketawang dari arah Yogyakarta yang ternyata akses jalannya cukup mudah. Dari arah Jogja, ikuti arah jalan Wates – Purworejo lurus saja sampai menjumpai adanya gardu selamat datang di Purworejo.

Setelah menjumpai adanya pertigaan, belok kiri yang ada pos polisi kemudian lurus melewati jembatan Congot. Silahkan ikuti jalan lalu lurus ikuti arah Jalan Deandles kemudian lurus dan lewati pertigaan Pantai Jatimalang.

Ikuti arah jalan lurus saja melewati pertigaan Pantai Keburuhan, lurus saja sampai di Desa Patutrejo. Kemudian Anda akan sampai di Gerbang Pantai Jetis.

Dalam jarak 100  meter di kiri jalan, terdapat Gapura Pantai Ketawang Indah yang menandakan Anda sudah sampai di lokasi.

3. Rute dari Arah Kebumen

Rute menuju Pantai Ketawang selanjutnya dapat ditempuh dari arah Kebumen lewat Pantai Petanahan yang harus dilewati melalui jalan Deandles ke arah Purworejo.

Para wisatawan akan menempuh jarak sekitar 20 kilometer, dan 12 kilometer yang berlokasi di Kutoarjo.

Tak perlu khawatir, melalui rute dari Kebumen ini sudah banyak papan penunjuk jalan. anda akan diarahkan untuk sampai di lokasi menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Obyek Wisata di Pantai Ketawang

Para wisatawan penasaran dengan objek wisata di Pantai Ketawang yang menarik perhatian dari pesona keindahan alamnya?

Silahkan simak aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan selama di pantai ini.

1. Pemandangan Pegunungan

Pegunungan Pantai Ketawang

Saat berlibur di Pantai Ketawang maka para wisatawan akan melihat pemandangan pegunungan di sebelah timur yang dapat dijadikan sebagai spot foto Instagramable.

Dengan jaraknya yang sangat dekat, Anda bisa melihat keunikan dan keindahan Pantai Ketawang yang menjadi destinasi para pengunjung untuk menghabiskan banyak waktu disini.

Di sebelah timur Pantai Ketawang, Anda dapat melihat Pegunungan Sewu dan Menoreh yang memberikan kemudahan para wisatawan untuk melakukan petualangan dengan naik ke atas bukit.

Di atas bukit terdapat Menara Pandang yang bisa dijadikan untuk berfoto dengan view pegunungan yang sangat indah.

2. Panorama Laut

Wisata Pantai Ketawang

Objek wisata Pantai Ketawang memiliki pemandangan panorama laut yang masih sangat jernih dan asri sehingga bisa membuat rileks para wisatawan yang mengunjunginya.

Anda dapat menikmati pemandangan laut dengan menikmati kuliner di sekitar pantai.

Mengambil spot alam panorama laut dengan bentuk landscape juga akan membuat hasil foto liburan makan eksotis.

3. Keindahan dari Karst Gombong

Saat mengunjungi Pantai Ketawang, para wisatawan juga dapat melihat keindahan dari karst Gombong yang cukup menawan dari kejauhan. Melihat pemandangan karst tersebut membuat para wisatawan makin betah menikmati keindahan di sekitar pantai.

Tentunya, pemandangan karst Gombong juga dapat dijadikan spot foto dengan view alam yang cukup indah.

4. Mercusuar

Mercusuar Pantai Ketawang

Salah Satu Ikon Pantai Ketawang yang paling dikenal oleh para wisatawan yaitu adanya Mercusuar. Ikon ini dikenal karena pesona-nya yang indah dibangun di tengah rawa.

Ketahuilah, rawa-rawa di pantai ini memiliki fungsi sebagai sistem irigasi sebagai lahan tanam oleh warga sekitar.

Mercusuar yang satu ini juga dilengkapi dengan berbagai peralatan pengaman canggih, tak hanya itu terdapat juga ratusan anak tangga ke mercusuar sebagai akses jalan sampai di puncaknya.

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Pantai Ketawang mengabadikan momen liburan di mercusuar.

5. Pemandangan Deretan Pohon Cemara

Cemara Di Pantai Ketawang

Ketahuilah bahwa di Pantai Ketawang terdapat pemandangan deretan pohon cemara. Berbeda dengan pantai yang lainnya, biasanya di pinggir pantai di tanam pohon kelapa tetapi disini para wisatawan dapat mengambil spot foto menarik dengan view Pohon Cemara.

Fungsi dari adanya deretan pohon cemara tidak hanya menambahkan keindahan di sekitar pantai, tetapi pohon cemara juga dapat memberikan keteduhan bagi para wisatawan, sehingga mereka dapat menikmati keindahan pantai dari pinggir.

6. Keramba Ikan

Selain adanya pepohonan hijau di sekitar pantai juga terdapat keramba ikan miliki masyarakat sekitar. Apa itu keramba? Keramba merupakan wadah yang digunakan untuk diisi ikan dengan air tawar dan air payau sehingga terlihat menarik.

Disini sudah terdapat kuliner khas daerah yang memiliki rasa enak, apalagi saat dinikmati sambil melihat pemandangan di sekitar.

Fasilitas Pantai Ketawang

Selain mempunyai spot indah yang membuat para wisatawan betah berlibur di Pantai Ketawang, ternyata terdapat fasilitas lengkap di tempat wisata meskipun lokasinya berada di pedesaan.

Silahkan ketahui beberapa fasilitasnya di Pantai Ketawang Purworejo.

1. Warung makan

Fasilitas pertama di pantai Ketawang yaitu warung makan yang dapat dijadikan sebagai tempat tujuan para wisatawan untuk menikmati kuliner khas Purworejo.

2. Toilet umum

Terdapat toilet umum yang disediakan agar para wisatawan merasa betah dan nyaman saat berada di lokasi.

3. Mushola

Di Pantai Ketawang juga terdapat Mushola yang bisa digunakan sebagai tempat ibadah para wisatawan.

4. Tempat Parkir

Saat berkunjung ke Pantai Ketawang, Anda hanya perlu membayar tiket masuk dan tiket parkir untuk menjaga keamanan kendaraan wisatawan.

Itulah beberapa ulasan mengenai lokasi, harga tiket masuk, rute, objek wisata dan fasilitas Pantai Ketawang Purworejo, Jawa Tengah. Jika Anda berkunjung ke kota Puworejo, jangan lupa untuk singgah di pantai ini.

13 Ulasan untuk Pantai Ketawang, Purworejo, Jawa Tengah

  1. Purworejo, sebuah kota yang berada di jawa Tengah ini terkenal dengan slogannya BERIRAMA yang memiliki arti bersih, indah, rapi dan makmur. Keberadaannya yang ada di dataran rendah membuat suasana di daerah ini dominan dengan suhu tinggi bahkan bisa disebut daerah panas. Disamping hal itu, disini banyak pantai yang bisa menjadi tempat wisata bagi pecinta pantai. Seperti keberadaan Pantai Glagah yang menjadi pantai pemecah ombak di pantai selatan.. . Pantai Jatimalang merupakan sebuah tempat wisata di purworejo yang memukau dan menjadi salah satu andalan dari Purworejo ini. Dinamakan Pantai Jatimalang karena letaknya di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, merupakan keluarga Pantai Selatan dan berbatasan langsung dengan pantai Jogja. Dengan sunset yang indah dan pemandangannya yang memukau menjadi nilai keindahan tersendiri yang wajib untuk dikunjungi.. . Tiket Masuk, Fasilitas, Mercusuar dan Rute Menuju Pantai Ketawang Purworejo. . Instagram by @asadtenk. Pantai Ketawang atau disebut juga Pantai Jetis ini merupakan sebuah pantai yang indah yang berlokasi di Kabupaten Purworejo. Lokasi pantai ini berada di Dusun Ketawang, Desa Ketawangrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo. Karena letaknya di Dusun Ketawang maka diberi nama Pantai Ketawang. Dan disebut Pantai Jetis karena letaknya yang berada di perbatasan Dusun Ketawang dan Dusun Jetis, dan perbatasan antar kedua dusun ini tidak terlalu jelas. Tidak perlu risau akan hal itu, yang terpenting keindahan yang ada akan memanjakan hasrat berlibur pengunjung yang datang.. . Hamparan pasir hitamnya yang halus membuat keindahan tersendiri tercipta disini, pasirnya yang luas membuat bibir Pantai Ketawang menjadi lokasi yang tepat untuk melakukan olahraga pantai, seperti berjalan sepanjang bibir pantai, kejar-kejaran di pantai, bahkan bisa bermain sepeda disini. Dan satu lagi, bibir pantai disini membentuk suatu gunungan pasir yang biasanya digunakan sebagai pertanda untuk mengetahui seberapa ombak yang ada di Pantai Ketawang.. . Sebagai salah satu pantai yang ada dikawasan Laut Selatan, Pantai Ketawang juga memiliki ombak yang besar, bahkan saat tertentu, ombak yang ada bisa mencapai 3 meter. jadi bagi pengunjung harap berhati-hati, dan mengikuti anjuran dari pengelola. Masih dengan pantai pasirnya, disini pengunjung juga disediakan lokasi untuk bermain volley, lebih tepatnya 15 meter dari bibir pantai. Cukup menarik untuk berolahraga didekat pantai bukan?. . Kunjungi : Yuk Jelajah 13 Tempat Wisata Menarik di Ciamis Jawa Barat. Pantai Ketawang ini menjadi pilihan tersendiri bagi wisata keluarga maupun pasangan muda mudi. Biasanya akan ramai saat Liburan Idul Fitri tiba karena akan ada perayaan disini. Disebut

  2. Inget bgt, jmn SD-SMP dulu suka sepedaan ke pantai kalo hari minggu di bln2 Ramadhan pas hbs subuh. Sepedaannya lmyn jauh dr rmh, mgkn 10km. Gitu smpe pante, matahari udh naek & sbgn pengunjung pantai udh pd mau pulang. Berangkatnya sih semangat bgt tp PR bgt pas balik pulangnya. Panasss.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  3. Kemarin kesana waktu lebaran. Kena tiket 20000 gara-gara ada dangdutan. Hari biasa tiketnya murah banget kok. Pantainya bagus, cuman kemarin ombaknya lagi besar. Fasilitas nya sudah sangat bagus. Ada gubuk-gubuk kecil buat neduh, ada ATV, ada kuda, ada taman yang adem juga jadi bisa neduh disana. Spot fotonya banyak. Harga jajanan disana juga cukup murah untuk ukuran tempat wisata. Sayangnya pengunjung suka buang sampah sembarangan padahal sudah disediakan tempat sampah.

  4. Pantai Nya gk jauh beda dengan pantai jetis .hanya saja akses jalan menuju pantai ini buruk tidak seperti pantau Jetis. Disini ada ular,biawak ,ayam ,landak dan rusa yang di kandangkan.. . Ombak sangat besar sehingga tidak akan disarankan berenang krna bahaya. Untuk tarif per orang gratis hnya bayar parkir yaitu motor 3000 dan mobil 6000

  5. pantai ketawan ini menawarkan suasana pantai yang dilengkapi dengan taman sederhana yang berada tepat sebelum wisatawan memasuki lokasi. Selain itu ada juga mercusuar hang menjulang tinggi dan dapat dikunjungi oleh wisatawan dengan tarif 5ribu per orang. Untuk masuk ke lokasi pantai cukup membayar biaya parkir sejumlah 3ribu rupiah. Namun untuk dapat bersandar di gasebo yang disediakan, wisatawan harus merogoh uang 20ribu sebagai uang sewa. Pantai ini dapat dikunjungi sampai dengan jam 17:30WIB

  6. Sebuah pantai di pesisir selatan Jawa. Yang menyuguhkan hamparan pasir pantai yang sangat luas, dan sentuhan kreatif taman pantai oleh pengelola yang ga bakal bosan berada disini. Dan jangan lupa untuk mengunjungi mercusuar yang menjadikan kekhasan pantai ini

  7. Hari ini saya ke pantai ketawang dan pantai yang terletak di Purworejo Jawa Tengah ini sebenarnya sangatlah indah seperti kebanyakan pantai selatan Jawa pada umumnya. Namun kurang lebih seminggu yg lalu pantai ini terkena musibah, terjadi ombak yg cukup besar dan menghancurkan sebagian fasilitas yg ada di pantai ini.

  8. Pantai Ketawang, adalah pantai yang terletak di Desa Ketawangrejo, Grabag-Purworejo. Pantai Ketawang adalah pantai yang baru dibuka beberapa tahun, kurang lebihnya aktif sekitar 2th-nan. Arah menuju Pantai Ketawang jika dari lampu merah Ketawang itu kearah barat sekitar beberapa meter, letaknya disebelah kiri atau selatan jalan Daendels (sebelah utaranya alun-alun Ketawang/Kantor KUA).
    Pantai Ketawang memang masih sangat sederhana dan menyuguhkan alam yang masih sangat alami. Kami sebagai pengelola selalu berusaha melakukan pembenahan-pembenahan walau dengan keterbatasan kami. Tetapi akan kami perbaiki selalu kedepannya.

    Bagi pengunjung yang hendak mencari penginapan, kami Desa Ketawangrejo menyediakan Homestay. Kami juga melayani paket-paket wisata, paket edukasi, paket-paket lainnya terkait acara resmi ataupun santai.

    Monggo pinarak di Pantai Ketawang (Desa
    Wisata Ketawangrejo) ๐Ÿ™

    CP : IG / FB / Twitter @sederekketawang

  9. pantainya indah ombaknya besar sejak jaman saya waktu masih duduk di sekolah dasar sdh lama tidak berkunjung di pantai ketawang sekarang pasti sdh banyak berubah kapan lagi ya bisa sempat berkunjung ke pantai ketawang

  10. Sedihhhh bgt๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ taun kemaren pantainya cakep, rame, lucu banyak spot2 keren, terawat, sekarang udah terabaikan pantainya, catnya udah pudar, gaada rusanya lagi, pantainya jg banyaa sampah. Please dong, ayo masyarakat n pengunjung kerja sama jaga alam kita, jangan buang sampah sembarangan ya๐Ÿงก salam dari anak Purworejo bagian Banyuurip

  11. T4 nya indah.. Ga bayar.. Sepi.. Masih bersih… Ada taman yg seru, bisa lihat sunset dari atas, banyak pendopo, ayunan, binatang2, dan mercusuar…๐Ÿ’˜๐Ÿ’˜๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘ GAK NYESEL..!

  12. Tempat ini untuk sunset nya bisa dibilang keren guis jadi buat lo yang mau kesini gua saranin don’t alone ini tuh tempat yang cocok buat kumpul” dan menghabiskan waktu bersama pasangan atau keluarga.
    Untuk kebersihan bisa dibilang masih asri gues meskipun kurang wahana atau keterawatan hiburannya.
    Masuk kesini terjangkau banget looh cuman bayar parkir 2000 dah kelar, jadi cocok banget buat para pasangan yang mau berlibur dengan biaya minim.

    Salam sugoi

  13. tidak terlalu ramai pengunjung, tidak ditarik retribusi, hanya kalau berkenan memberi iuran dikotak yang disediakan. ada area dengan pohon cemara yang bisa untuk bersantai. akses dari jalan utama besar tapi belum diaspal

Tinggalkan Balasan