Pantai Tembok Berlin

Pantai Tembok Berlin

Desa Kampung Baru, Kecamatan Sorong, Kota Sorong, Papua Barat. 98411, Indonesia.

21 Ulasan

Papua adalah salah satu provinsi yang tidak pernah habis-habisnya akan pesona keindahannya. Bahkan, banyak sekali kekayaan alam yang dapat dieksplorasi.

Salah satunya yaitu wiata bahari ialah Pantai Tembok Berlin, yang bahkan disebut sebagai pintu gerbang traveler ke Raja Ampat.

Lalu bagaimana dapat disebut seperti itu? Kemudian apa yang menyebabkan pantai ini begitu terkenal dan di mana lokasi Pantai Tembok Berlin ini berada?

Pantai Tembok Berlin Sorong

Apabila Anda kepo dengan pantai dari Sorong Barat ini, maka sebaiknya baca artikel dibawah ini, karena Pantainesia.com akan memberikan informasi-informasi mengenai Pantai Tembok Berlin.

Sejarah Pantai Tembok Berlin

Banyak masyarakat disekitar menyebutkan bahwa Pantai Tembok Berlin ialah objek wisata pantai yang harus dikunjungi ketika berada di Sorong.

Dikarenakan pantai ini mempunyai pandangan yang cantic serta begitu khas dan memanjakan mata.

Konon cerita dari Pantai Tembok Berlin yang dibangun di Kota Sorong bertepatan dengan runtuhnya Tembok Berlin pada tahun 1990 di kota asalnya.

Hari Suroto adalah seorang peneliti pada Balai Arkeologi Papua mengatakan bahwa, “Saat itu media banyak sekali memberitakan mengenai runtuhnya Tembok Berlin”.

Lalu, tembok yang dibangun dengan tinggi 1,5 meter untuk mencegah terjadinya abrasi yang berada di Kota Sorong ini belum diberi nama, sehingga agar mudah dalam mengingat serta penyebutannya, maka diberikan nama yaitu Tembok Berlin.

Apabila Anda dari pulau Dum tidak jauh darisitu terdapat wisata kuliner yang terkenal di sekitar Tembok Berlin ini.

Dimana kuliner ini berbentuk warung-warung tenda yang menyediakan beragam seafood serta hanya dibuka pada maghrib hingga malam hari.

Jadi, jika Anda sedang berkunjung ke pantai ini maka sebaiknya datang ke sekitar tembok berlin untuk menikmati wisata kuliner seafood yang mengugah selera.

Harga Tiket Masuk Pantai Tembok Berlin

Pantai Tembok Berlin Sorong Papua

Untuk harga tiket masuk wisata pantai ini ialah Rp 20.000 berlaku baik itu saat hari-hari biasa maupun weekend seperti tanggal merah dan hari libur.

Maka dari itu, alangkah baiknya Anda menyiapkan uang cash lebih untuk jaga-jaga, dikarenakan lokasi pantai satu ini lumayan jauh dari mesin ATM.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tembok Berlin

Pantai Tembok Berlin adalah salah satu pantai cantik di Desa Kampung Baru, Kecamatan Sorong, Kota Sorong, Papua Barat.

Untuk dapat sampai ke lokasi pantai ini para wisatawan bisa naik transportasi umum seperti bus, taksi, angkot maupun ojek dimana masing-masing transportasi memiliki ongkos yang berbeda-beda.

Nah, apabila Anda dari tempat menginap di sekitaran Bandara Udara Dominique Edward Osok, maka wisatawan dapat naik angkot berwarna kuning dengan jalur H sampai ke seberang Gereja Maranatha.

Lalu, Anda dapat naik angkot trayek jalur A dimana nanti sampai ke depan Tembok Berlin. Untuk biayanya dikenakan sekitar Rp 5.000 per orang.

Namun bagi Anda yang kurang senang menggunakan transportasi umum, Anda dapat menyewa mobil di sekitar kawasan Kota Sorong dengan biaya sewa berkisar Rp 400.000 sampai Rp 500.000 per harinya.

Walaupun dengan harga segitu, Anda dapat merasakan kelebihannya yaitu bisa mendapatkan supir apabila menginginkannya.

Jadi, Anda sudah tidak perlu bingung-bingung lagi soal rute menuju pantai satu ini serta bebas untuk mengelilingi Kota Sorong dengan menggunakan kendaraan sewaan selama satu hari full.

Lokasi dari pantai ini pun terbilang mudah untuk ditemukan, karena terletak pas banget di pinggir jalan utama Kota Sorong yang menghubungkan Bandar Udara Domine Eduard Osok.

Objek Wisata Pantai Tembok Berlin

Walaupun Pantai Tembok Berlin terbilag cukup jauh serta membutuhkan waktu tempuh yang lumayan, tetapi pantai dari Kota Sorong ini mempunyai daya tarik dan keunikan wisatanya sendiri.

1. Suasana Sejuk dan Teduh

Pantai Tembok Berlin Di Sorong Papua

Pantai Tembok Berlin memiliki banyak sekali pepohonan serta kondisi pantai yang masih alami, membuat pantai ini memiliki suasana yang sejuk.

Tentunya sangat cocok bagi wisatawan yang akan mencari tempat berlibur dengan suasana tenang, tentram, dan nyaman.

Apalagi dengan duduk di bibir pantai yang dipenuhi dengan pohon kelapa sambal menikmati secangkir minuman dan diiringi angin sepoi-sepoi.

2. Panorama yang Indah dan Mempesona

Menurut warga lokal dan wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke wisata pantai satu ini, Pantai tembok Berlin termasuk sebagai pantai yang memiliki pemandangan mempesona di Kota Sorong.

Panorama yang dimiliki dari pantai ini pun begitu alami serta keindahan yang tiada habisnya.

Saat berjalan menuju pantai ini akan diiringi dengan angin sejuk dan disambut oleh ombak air laut yang jernih.

Ditambah dengan tumbunya pohon kelapa di sekitaran pantai yang turut andil untuk menyempurnakan keindahan dari Pantai Tembok Berlin.

3. Pemandangan Sunset yang Indah

Sunset Di Pantai Tembok Berlin Sorong

Keindahan yang dimiliki dari Pantai Tembok Berlin ternyata masih mempunyai pesona lainnya yang dapat Anda rasakan dan dinikmati yaitu saat matahari mulai ditelan oleh bumi.

Nah, panorama sunset ini adalah salah satu daya tarik dari wisata dan rentetan keindahan Pantai Tembok Berlin.

Sambil ditemani segelas kopi untuk menikmati indahnya pemandangan dengan pancaran warga orange dan siluet-siluet yang turut hadir serta terlihat dengan jelas.

Maka dari itu, tidak lupa untuk membawa kamera serta mengabadikan setiap moment berlibur apalagi dengan sunset dari pantai satu ini yang sangat menarik untuk dijadikan story IG maupun social media lainnya.

4. Bermain Air dan Pasir Pantai

Pantai Tembok Berlin Di Sorong

Rasanya tidak lengkap jika ke pantai tidak bermain pasir dan merasakan kesegaran air laut yang dimiliki dari Pantai Tembok Berlin ini.

Selain berenang, adanya hamparan pasir pantai ini juga bisa Anda pakai dengan melakukan aktivitas seperti bermain pasir, membangun kastil dari pasir, berjemur badan atau bahkan bermain sepak bola maupun voli pantai.

5. Kuliner

Di saat waktu memasuki pukul 18.00 WIT, para pedagang mulai membuka warung-warungnya dan para wisatawan pun mulai banyak berdatangan.

Pantai Tembok Berlin terkenal akan olahan dari seafood-nya, namun ada juga jajanan seperti wedang jahe, pisang ape dan lain sebagainya.

Pisang ape merupakan jajanan manis yang dapat Anda temukan di Pantai tembok Berlin ini. Biasanya jajanan satu ini disajikan dengan pisang yang dibakar di atas arang lalu diguyur dengan saus gula merah.

Kelezatan dari pisang ape ini terletak dari jenis pisangnya yaitu menggunakan pisang kepok dimana memiliki cita rasa yang legit.

Kota Sorong memiliki banyak wisata pantai yang indah, diantaranya pantai Alinda dan pantai Tembok Berlin ini.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Tembok Berlin di Sorong, Papua Barat. Jangan lupa untuk singgah di pantai ini jika Anda berkunjung di Papua.

21 Ulasan untuk Pantai Tembok Berlin, Sorong, Papua Barat

  1. akan terlihat lebih cantik pantainya kalau sampahnya “dihilangkan”

  2. Kulinernya enak

  3. Kalau ga mau jauh jauh lihat sunset, Tembok Berlin jadi pilihan tepat. Bisa sambil minum kelapa muda jugaaa

  4. Pantai dgn sejuta Kenangan Bersama keluarga dan sahabat…

  5. Terlihat keindahan sunset dipinggir jalan raya kota sorong dan banyak kuliner seafood enak di malam hari

  6. Tempat nongkrong yg asik. Ada banyak jajanan seperti es pisang ijo, es kelapa muda,bakso dll.

  7. Pantai yang jorok.. masyarakat kurang perduli dengan lingkungan.. sampah berserakan dimana”..

  8. minum kelapa muda

  9. Tempatnya bagus utk menikmati kelapa muda dll

  10. tempat yg baguss.. bisa minum kelapa muda jugaa.. cuma kurang tempat duduk ajja… mohon untuk bisa di pertimbangkan…

  11. Pilihan tempat nongkrong dan bersantai sambil menikmati aneka jajanan pada sore hingga malam hari di kota sorong

  12. TEMBOK BERLIN SORONG. . Tempat di mana anak-anak muda sorong berkumpul pada sore hari . Untuk menikmati sunset dan datangnya malam hari.. Recommend untuk yang inggin jalan ke sini untuk menikmati sunset dan pantai di pinggir tembok berlin.. . Tapi sayang munggkin 3-4 bulan ke depan tempat ini sudah tidak ada lagi karena sedang di bangun reklamasi untuk pusat bisnis di kota sorong kedepanya.. . Nikmatilah selagi masih ada tembok Berlin di kota sorong.

  13. tempat favorit untuk minum air kelapa sore hari… harga kelapa 10rb tapi sayang tempatnya kotor banyak sampah

  14. Rata-rata harganya cukup mahal (jika dibanding jakarta ya)

  15. Perlu ditingkatkan kebersihannya. . Kurang bagus untuk dipakai ngumpul diskusi. Terlalu berisik krn tepat dipinggir jalan.

  16. Perlu ditingkatkan kebersihannya.
    Kurang bagus untuk dipakai ngumpul diskusi. Terlalu berisik krn tepat dipinggir jalan.

  17. pantaisorong, tempat pertama kali menginjakkan kaki di kota sorong, debu masih menyesaki pantai seiiring dengan reklamasinya

  18. tempat ini ramai pada waktu malam. karena banyak penjual ikan bakar dan aneka seafood

  19. Tempat nongkrong buat Keluarga dan kawula muda …

  20. Saat ini sedang di lakukan pekerjaan reklamasi pantai yg berada di depan lapangan hocky dst, suasana pagi dan sore disini saat sunset sungguh indah, banyak kapal dan pemandangan laut biru yg indah, keliatan pulau buaya dan pulau soop

Tinggalkan Balasan