Pantai Amban

Alamat: Unnamed Road, Bar., Bar., Amban, Manokwari Bar., Kabupaten Manokwari, Papua Bar. 98314, Indonesia

(3.6/5) Baca ulasan

Ada sebuah pantai di Papua Barat, tepatnya di kabupaten manokwari yang sangat indah. Meskipun tepiannya tersusun dari batuan karang yang keras dan tajam. Namun tak mengurangi antusiasme para pengunjung untuk menikmati keindahan di pantai ini. Pantai Amban namanya, pantai yang merupakan satu deretan dengan pantai pasir putih di Manokwari lainnya.

Tidak banyak memang pasir yang ada di pantai ini, sebagai gantinya hanya ada bebatuan karang yang besar dan agak tajam. Anda sebaiknya melepas alas kaki Anda jika itu merupakan sendal yang licin. Atau gunakan sepatu khusus untuk mengeksplor alam agar kaki tidak terluka dan tidak terpeleset saat berjalan-jalan. Biasanya ada lumut atau tumbuhan laut lainnya yang menempel di bebatuan tersebut.

Harga Tiket Masuk di Pantai Amban

Harga tiket masuk ke pantai amban pastinya akan membuat Anda terkejut. Pasalnya harga tiket masuk pantai ini adalah gratis, Anda mungkin hanya diharuskan membayar biaya parkir saja sekitar Rp 2.000 rupiah sampai dengan Rp 5.000 rupiah saja. Jarak antara tempat parkir dengan pantai pun cukup dekat, Anda hanya perlu berjalan sekitar 100 meter saja.

Pastikan Anda mengenakan alas kaki yang nyaman, tidak hanya nyaman namun juga tepat. Sebab medan pantai yang licin akan menyambut Anda. Tidak sedikit pengunjung yang terpeleset di bebatuan karang pantai. Anda juga harus menjaga barang bawaan Anda. Bila membawa HP, jangan sampai hp Anda tercebut ke dalam air.

Rute Menuju Lokasi Pantai Amban

Rute menuju pantai ini sangat mudah sekali, Anda hanya tinggal menuju Kabupaten Manokwari dan bertempat di bagian pusat kotanya. Kemudian mengarahkan kendaraan Anda menuju jalan Pahlawan, menyusuri Jalan Trikora Wosi, jalan Drs. Esau Sesa. Kemudian menuju Jl. Trikora Taman Ria, masuk ke jalan manokwari dan sampailah Anda di pantai amban.

Dari pusat kota manokwari menuju pantai ini, waktu tempuh menggunakan kendaraan roda 4 hanya sekitar 30 menit saja, paling lama 45 menit. Akan lebih cepat lagi apabila menggunakan kendaraan roda dua saja. Untuk kendaraan umum sendiri, masih belum tersedia sebab pantai ini berada di lokasi yang lumayan terpencil. Namun suasana dan keindahannya tidak akan mengecewakan Anda.

Obyek Wisata di Pantai Amban

1. Naik Perahu

Anda bisa menaiki perahu untuk melihat keindahan pantai. Menikmati udara pantai yang cenderung panas namun sejuk berkat anginnya. Melihat jernihnya air laut, kalau Anda beruntung maka Anda akan melihat banyak sekali ikan di bawah perahu yang Anda tumpangi. Perahu biasanya merupakan perahu yang menggunakan mesin sebagai penggeraknya.

2. Memancing

Anda selagi menaiki perahu juga bisa sambil memancing ikan. Jangan khawatir bila tak membawa alat pancing, sebab Anda bisa menyewa alat pancing yang disediakan oleh warga setempat. Nuansa memancing di laut Papua dengan memancing di tempat lain pasti akan terasa berbeda.

3. Karang Besar

Terdapat semacam tembok karang besar yang memagari pantai ini, Anda dapat menggunakan karang tersebut sebagai objek berfoto Anda. Banyak sekali yang berfoto di karang pantai Amban, sebab selain indah, karang tersebut juga memiliki nilai estetika yang tinggu.

4. Berenang

Anda diperbolehkan berenang di pantai ini. Namun tidak di tepiannya, melainkan harus menuju ke tengah terlebih dahulu untuk selanjutnya terjun ke dalam air. Bagi yang tidak begitu pandai berenang, disarankan memakai pelampung dan didampingi teman.

5. Aula Serba Guna

Terdapat sebuah aula serba guna milik pemerintah yang disewakan kepada umum. Aula tersebut dapat digunakan untuk kegiatan keakraban atau kegiatan lainnya yang membutuhkan tempat luas yang dapat menampung orang banyak.

6. Wisata Kuliner

Di pantai-pantai Papua, hampir semuanya merupakan tempat wisata kuliner yang mumpuni. Anda bisa mencicipi makanan laut atau seafood yang lezat dan di masak langung oleh warga setempat. Tak terkecuali dengan pantai ini, apalagi akses pantai yang masih dikelola oleh warga.

7. Sunset

Apalagi kalau bukan matahari terbenam yang merupakan daya tarik sebuah pantai. Di pantai ini Anda bisa memandangi matahari tenggelam yang sangat indah.

Itulah tadi beberapa hal yang dapat Anda lakukan di pantai Amban, yang pasti semuanya seru dan asyik untuk dilakukan. Jadi, segera atur waktu Anda dan keluarga untuk berlibur di Pantai Amban ini!

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Amban

  1. Pantainya landai dan panjang, mayan bersih, masih sepi, ombak besar.. Sayangnya ada penambangan pasir. Kalau tidak segera ditindak maka pantainya akan hilang tinggal batu karang.

    31 Desember 2017, 04:06 WIB

  2. Bagus.. ombak besar cocok buat surving tp, agak rawan daerah nya

    11 Mei 2018, 16:16 WIB

  3. Sangat indah

    29 Juli 2018, 02:37 WIB

  4. Blholbiibihi lama tim

    10 Agustus 2018, 21:27 WIB

  5. Bagus pemandangan pantainya cuman, agak rawan..

    2 September 2018, 22:51 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Amban

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *