Pantai Maruni

Alamat: Jl. Manokwari - Bintuni, Anday, Manokwari Sel., Kabupaten Manokwari, Papua Bar. 98315, Indonesia

(3/5) Baca ulasan

Pantai Maruni merupakan salah satu pantai di Papua Barat, tepatnya kabupaten Manokwari. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih, seperti kebanyakan pantai di Papua lainnya. Pantai ini menjadi salah satu daya tarik di Manokwari. Baik wisatawan domestik maupun asing menyukai berkunjung ke pantai ini. Ketika musim liburan atau akhir pekan apalagi, maka pantai akan sangat ramai.

Ombak di pantai ini cukup ramah, langitnya membentuk awan yang bergulung-gulung. Pantai ini sekaligus merupakan tempat berfoto yang sangat bagus. Banyak sekali wisatawan yang datang meski hanya sekedar berfoto dan menikmati suasana saja. Bawa kamera dan senyum terbaik Anda agar tidak menyesal karena tidak memiliki gambar yang bagus ketika pulang ke rumah.

Harga Tiket Masuk di Pantai Maruni

Harga tiket masuk pantai ini adalah gratis. Anda mungkin hanya perlu membayar retribusi parkir saja sekitar Rp 5.000. Harga yang sangat terjangkau mengingat Anda memasuki kawasan pantai yang indah dan asri. Wisata alam yang satu ini juga buka 24 jam, Anda bisa datang kapanpun ke pantai ini. Ketika datang di malam hari, Anda berkemungkinan besar akan gratis parkir.

Harga yang sangat terjangkau tersebut banyak dimanfaatkan oleh pengunjung, karena tidak banyak pantai di Papua yang memiliki tarif gratis untuk masuk. Kebanyakan pengelola memasang tarif antara Rp 10.000 sampai dengan Rp 20.000 untuk mengakses pantai-pantai. Pantai ini sendiri yang mengelola masih warga setempat dan bukan lembaga atau pemerintah, jadi biaya masuknya masih gratis.

Rute Menuju Lokasi Pantai Maruni

Rute menuju pantai ini sangat mudah sekali, Anda hanya tinggal menuju Kabupaten Manokwari dan bertempat di bagian kotanya. Kemudian mengarahkan kendaraan Anda menuju jalan Pahlawan, menyusuri Jalan Trikora Wosi, jalan Drs. Esau Sesa. Kemudian menuju Jl. Trikora Taman Ria, masuk ke jalan manokwari dan sampailah Anda di pantai maruni.

Dari pusat kota manokwari menuju pantai ini, waktu tempuh menggunakan kendaraan roda 4 hanya sekitar 30 menit saja, paling lama 45 menit. Akan lebih cepat lagi apabila menggunakan kendaraan roda dua saja. Untuk kendaraan umum sendiri, masih belum tersedia sebab pantai ini berada di lokasi yang lumayan terpencil. Namun suasana dan keindahannya tidak akan mengecewakan Anda.

Obyek Wisata yang Ada di Pantai Maruni

1. Bangunan Bersejarah

Terdapat beberapa bangunan lama yang berada di kawasan pantai. Anda dapat menjelajahnya satu persatu dan menemukan spot foto yang menarik dan unik. Pastinya tidak ada ruginya menelusuri bangunan demi bangunan tersebut.

2. Pondok Penginapan

Ada pula pondok penginapan yang dapat Anda jadikan sebagai tempat hunian selama berada di kawasan pantai tersebut. Anda dapat memilih kamar dan menginap selama beberapa hari sembari menikmati liburan Anda. Soal harga, harga penginapan ini cukup terjangkau dibandingkan Anda harus menginap di hotel mewah.

3. Jelajah Pantai

Pantai ini kebetulan letaknya ada di deretan pantai pasir putih di Manokwari. Anda bisa sekalian menjelajahi pantai lainnya agar mendapatkan pengalaman yang lebih mengesankan dan lebih terkenang di kepala Anda.

4. Wisata Kuliner

Anda dapat pula menjelah wisata kuliner yang ada di sekitaran pantai, tak perlu mencari restoran atau yang semacamnya bila perut Anda mulai lapar. Ada ikan bakar yang ikannya ditangkap langsung dari laut, serta makanan khas dari Papua lainnya.

5. Berenang

Ombak di pantai ini terkenal tenang dan Anda bisa berenang di dalam airnya. Siapkan baju renang Anda agar tidak terasa berat ketika berenang.

6. Matahari Terbenam

Sama seperti pantai bakaro, di pantai maruni juga bisa melihat matahari terbenam. Suasana akan berubah menjadi sangat syahdu dan indah.

7. Voli Pantai

Tentunya olahraga yang satu ini menjadi andalan ketika Anda berlibur ke pantai. Anda bisa melakukan aktivitas voli pantai bersama teman-teman agar lebih seru dan asyik.

Itu tadi adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Maruni. Ada banyak hal lainnya yang dapat Anda lakukan di pantai ini. Mengajak keluarga dan orang terkasih pastinya akan membawa kedamaian dan ketenangan sendiri. Bawalah pakaian yang nyaman selaman berlibur. Selamat berlibur.

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Maruni

  1. Lumayan bagus

    17 Januari 2018, 19:09 WIB

  2. Tempat yang nyaman untuk istirahat dari perjalanan jauh, di pantai ini juga terdapat pedagang yang menjual kuliner.

    6 Maret 2018, 18:37 WIB

  3. Sekedar lewat.. menikmati pemandangan alam.. tempatnya teduh di bawah pohon yang rindang.. biasanya orang duduk2 di sini sambil menikmati semangkok bakso.. lumayan banyak abang2 tukang bakso markir disini.. sambil mengais rejeki.. namun sayang pemandangan di sekelilingnya sampah yang berserakan dikarenakan tidak adanya tempat sampah..

    31 Maret 2018, 05:21 WIB

  4. Biasa saja, banyak nyamuk dan agas

    19 April 2018, 14:27 WIB

  5. Suasana pantai dengan hamparan pasir hitam

    1 Agustus 2018, 20:34 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Maruni

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *