Pantai Apra Sindangbarang

Pantai Apra Sindangbarang, Cianjur

Saganten, Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43272, Indonesia, Cianjur

17 Ulasan

Cianjur selatan tidak pernah kehabisan stok pantai-pantai yang bagus dan masih asri. Setelah pantai Jayantri terdapat salah satu pantai yang tak kalah eksotis yaitu Pantai Apra Sindangbarang. Pantai ini masih berada di wilayah Cianjur selatan tepatnya desa Saganten kecamatan Sindangbarang kabupaten Cianjur.

Pantai ini masuk dalam salah satu pantai di Cianjur selatan yang masih asri dan belum terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sehingga pantai ini tepat dugunakan untuk menyendiri menenagkan pikiran sejenak melepas penat dari hiruk pikuk kota.

Harga Tiket Masuk di Pantai Apra Sindangbarang

Pantai Apra sindangbarang masih dikelola swadaya sehinggaharga tiket masuknyapun tidak mahal. Hanya berkisar dari Rp 2.000 –  5.000 dihari biasa. Namun harga tersebut bisa naik ketika musim-musim liburan panjang. Itu juga belum termasuk tiket parker. Untuk parkirnya sendiri motor 2000 rupiah dan mobil 5000 rupiah.

Rute menuju Lokasi Pantai Apra Sindangbarang

Pantai ini berada disebelah selatan Cianjur, berjarak sekitar 300 meter dari alun-alun Sindangbarang. Pantai ini cocok dan cukup dekat bagi Anda yang berasal dari wilayah Bandung, Jakarta, dan sekitarnya.

Jika Anda berasal dari Jakarta langsung saja menuju kea rah Cianjur, selanjutnya dari Cianjur Anda bisa langsung menuju ke kecamatan Sindangbarang. Jika Anda berasal dari arah Bandung langsung saja menuju ke aah Cianjur melalui jalur Bandung-Cianjur yang terkenal dengan keindahannya.

Namun khusus untuk jalur Bandung-Cianjur Anda harus lebih meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara karena meskipun pemandangan kiri dan kanan begitu indah namun jalur ini rawan akan kecelakaan. Jadi utamakan keselamatan jangan memacu kendaraan dengan kecepatan terlal tinggi

Jalan menuju pantai ini sungguh tidak terawat, banyak jalan-jalan rusak yang memprihatinkan. Berdasarkan dari beberapa review perjalanan menuju pantai ini, menyebutkan jalan menuju pantai apa lagi jika sudah dekat dengan pantai jalannya sangat rusak dan tidak cocok untuk perjalanan malam hari.

Obyek Wisata di Pantai Apra Sindangbarang

Sebagaimana pantai-pantai di selatan pulau Jawa, Pantai Apra Sindangbarang memiliki ombak yang cukup tinggi. Namun sedikit lebih aman dibanding denganpantai di Cianjur selatan yang lain seperti pantai Jayanti. Pantai Apra juga memiliki keunikan serta pesona tersendiri dibanding pantai lain.

Berikut keindahan, pesona, serta keuinikan pantai Apra Sindabarang:

1. Muara dari Sungai Cisadea

Keindahan pantai Apra tidak diragukan lagi, ditambah dengan fakta bahwa pantai Apra merupakan muara sungai Cisadea salah satu sungai di Cianjur. Bentang alam di pantai yang makin variatif tidak hanya pantai, laut, maupun karang. Tapi kita juga bisa melihat bagaimana bentuk muara sungai.

Hal tersebut memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung. Ditambah dengan aktifitas warga sekitar sungai dan pantai yang masih menggunakan rakit tradisional untuk mencari ikan membuat suasana makin terasa tradisional.

2. Musim Impun di Pantai Apra dan Sungai Cisadea

Salah satu musim yang terkenal bagi warga sekitar sungai Cisadea dan pantai Apra Sindabarang adalah musim Impun. Impun menurut bahasa sekitar merupakan ikan-ikan kecil yang bentuknya seperti ulat namun memiliki cita rasa yang sangat enak dan menjadi favorit warga disana.

Musim impun selalu terjadi setiap bulan, sekitar tanggal 21-25. Pada musim ini biasanya pantai ramai dengan pengunjung yang ingin menyaksika warga menangkap Impun dan ingin merasakan langsung bagaimana rasa Impun tersebut.

Sebenarnya terdapat potensi wisata dalam musim Impun ini. Bisa saja musim Impun dimanfaatkan atau dibuatkan semacam festival khusus dengan berbagai acara seperti pagelaran seni, bazar kuliner, dan semacamnya. Serta dijadikan agenda rutin tahunan.

Dengan harapan agar mampu meningkatkan pengunjung pantai Apra dan makin meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

3. Cocok digunakan untuk Olahraga Selancar

Ombak yang cukup tinggi sangat memungkinkan untuk digunakan berselancar. Namun harus tetap memperhatikan keselamatan karena terdapat batu karang dibeberapa titik.

4. Pantai yang Bersejarah

Pernah mendengar angkatan perang ratu Adil?, menurut masyarakat setempat penamaan pantai Apra tidak lepas dari cerita pemberontakan angkatan perang ratu Adil. Pantai ini konon katanya digunakan untuk basecamp latihan angkatan perang tersebut. Namun kevalidan info masih belum bisa dibuktikan.

5. Pantai Sunset

Pantai Apra merupakan salah satu pantai di Cianjur yang memiliki pemandangan sunset yang indah.

6. Kehangatan Masyarakat Lokal

Pantai ini memang jarang dikunjungi sehingga plakat penunjuk arahpun kadang sulit untuk ditemukan. Namun jika Anda akan kesini tidak perlu khawatir karena ada masyarakat sekitar yang dengan hangat mau menunjukan jalan menuju ke pantai.

7. Pantai yang Romantis

Ketika malam minggu tiba banyak muda-mudi yang menghabiskan waktu disini untuk sekedar menghabiskan waktu dan menikmati sunset. Spot yang tepat untuk melihat matahari terbenam membuat pantai ini semakin terasa romantis.

Berikut ulasan mengenai Pantai Apra Sindangbarang, semoga dapat membantu Anda untuk menentukan tujuan liburan.

17 Ulasan untuk Pantai Apra Sindangbarang, Cianjur

  1. Not the best one in Cianjur… pantai nya KOTOR….!!!! Padahal yang dateng berkunjung banyak banget.. tp ko ga dipelihara ya sama pemerintahan wilayah setempat.. katanya Cianjur sedang mempromosikan objek wisata, buktinya mana….??? Objek korupsi x… hahahahah

  2. Pantainya luas meskipun masih kurang kebersihannya. Masyarakatnya sangat ramah. Harga makanan & minuman wajar (ex: pop ice blender 5ribu, aqua botol 4ribu). Akses transportasi mudah.

  3. Disini bagus juga, hanya saja kendalanya banyak sampah berserakan. Ditambah ketika Anda masuk ke pantai ini memerlukan biaya pula. Ditambah ketika Anda memakirkan kendaraan bayar juga. Bayarnya tidak wajar. Belum ada penginapan pula. Disarankan membawa tenda bagi Anda ingin menginap

  4. Pantai apra…. Cakep. Cenderung bersih pasir pantainya. . Saya datang ke pantai ini melalui:. Bandung-ciwidey-naringgul-cidaun,. Di pantai Cidaun saya belok kanan (arah pantai apra, Cianjur) klo belok kiri arahnya ke pantai rancabuaya Garut.. . Pantai apra.. memberi pemandangan yg berbeda dibanding pantai2 yg arah kanan dri Cidaun tadi.. Klo Anda ke kanan, (pantai rancabuaya.. sayangheulang..Cipatujah.. s/d Pangandaran dst.. Anda ketemu dg pantai berhias hamparan karang. . Klo di pantai apra ini.. pemandangan didominasi hamparan pasir pantai dan debur ombak yg aktif sampai ke bibir pantai.. . Suasana pantai apra ini.. senyappp.. ga bgtu bnyk aktifitas dagang. . Maka Anda sebaiknya bawa bekal makan minum dan area berteduh (payung.. tenda.. dll) supaya anda bsa berteduh di spot area pantai landai berpasir bersih ini.. . Cakeppp

  5. Pantai yang sangat sepi, garis pantainya cukup luas terlebih disini dekat sekali dengan muara. Ga direkomendasikan untuk berenang karena ombaknya besar

  6. Pantainya luas cukup landai dan garis pantainya pun panjang tapi sayang kurang Bersih dan kurang terawat, ada beberapa warung dengan harga makanan dan minuman yg normal. Penduduk juga ramah2.

  7. Buat nonton sunset bagus….viewnya lapang…. Sayang agak kotor dan berantakan parkiran n warung2nya

  8. Pantainya lumayan bagus..jangan main sampe ke tengah laut ya..bahaya..

  9. Suasana pantai nyaman tidak terlalu banyak pedagang asongan ,biaya masuk per orang @Rp 5000,-. Parkir Rp10.000/sekali parkir mobil,motor @5000,kecuali mau parkir d tempat lain mungkin harganya relatif lebih murah,,pantainya pas sy kesana ada tumpahan minyak pekat terbawa ombak,ombak d sana besar kurang baik untuk berenang,tapi garis pantainya begitu panjang..

  10. Pantainya bagus, cocok untuk bersantai karna tidak terlalu ramai, yang hobi mancing bisa mancing di muara atau pinggir pantai, pasilitas umum kurang, penginapan blm ada jadi harus cari penginapan ditempat lain, untuk sekedar singah bagus

  11. Parkiran kurang…. Mobil saya amblas gara2 parkiran nya kurang

  12. Mantaps ,buat Kami yg suka touring recomended nie pantai 👍🏻

  13. Sangat bagus ,eksotis laut selatan dengan ombak nya yang gede,sangat cocok untuk wisata keluarga selain itu kuliner ikan bakarnya mantap harga ekonomis,di sarankan kalau berenang harus hati-hati karena ombak nya sangat besar

  14. Tempatnya lebih ok dri pantai yg pernah sya dateungin, top bgt, jdi pengen ke pantai apra lgi tpi males di jln nya ja, heheeeeeeee

  15. Steaknya enak banget.. Harga terjangkau..lokasinya jg mudah dicari…

  16. Pantai nya bagus, tidak diperbolehkan berenang, dari alun alun sindangbarang kurang lebih 3-4 menit. Harus dikelola dgn baik agar semakim banyak pengunjung

  17. Ombaknya terlalu besar,. Kurang aman utk berenang…

Tinggalkan Balasan