Pantai Jayanti

Alamat: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43275, Indonesia

(4.3/5) Baca ulasan

Pantai Jayanti menjadi salah satu wista pantai andalan di kabupaten Cianjur. Meskipun belum begitu terkenal seperti objek wisata lain di Cianjur namun pantai ini menjanjikan pesona pantai yang indah dan pastinya tidak akan rugi jika mengunjungi pantai ini.

Pantai ini terletak di Jl Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun, Kkabupaten Cianjur Jawa Barat. Aksesnya cukup mudah dan tidak terlalu jauh dari ibu kota Jakarta. Jadi sangat direkomendasikan bagi anda warga Jakarta yang ingin berlibur ke pantai yang eksotis namun tidak memiliki waktu berlibur yang panjang.

Harga Tiket Masuk di Pantai Jayanti

Harga tiket masuk di Pantai Jayanti tergolong murah. Untuk motor harga tiketnya adalah Rp 5.000 per motor sedangkan untuk mobil adalah Rp 15.000 per mobil. Sangat murah namun bukan berarti objek wisata yang ditawarkan tidak bagus.

Berbagai fasilitas penunjang juga mulai ditambah demi meningkatkan pelayanan serta kepuasan pengunjung. Hal ini memerlukan kerja sama dari warga sekitar dengan masyarakat untuk semakin memajukan objek wisata ini.

Memang selama ini pantai Jayanti masih terlihat sangat asri dan belum terlalu disentuh oleh industry wisata. Namun tidak dapat dipungkiri setiap objek wisata tetap perlu sentuhan industri untuk meningkatkan fasilitas serta pelayanan yang ada.

Namun harus tetap memperhatikan kondisi ekologi serta sosial agar masyarakat sekitar tetap bisa merasakan manfaat baik secara ekonomis maupun yang lain dampak dari  hadirnya pantai Jayanti.

Rute Menuju Lokasi Pantai Jayanti

Menuju pantai Jayanti terdapat beberapa pilihan jalur yang bisa anda akses baik menggunakan kendaraan prbadi maupun kendaraan umum. Pilihan transportasi sesuaikan dengan keinginan dan kenyamanan anda. Berikut beberapa pilihan rute menuju pantai Jayanti:

1. Dari Jabodetabek

Jika Anda berasal dari Jakarta, bogor, bekasi depok dan sekitarnya anda bisa menggunakan opsi rute Cianjur-Cibeber- Sukanagara- Tanggeng- Sindangbarang- Cidaun- Pelabuhan Jayanti.

Rute itu dapat digunakan atau ditempuh dengan kendaraan pribadi, namun jika anda seorang petualang atau backpacker yang mengandalkan transportasi umum anda bisa menggunakan opsi rute bis menuju terminal Pasirhayam-Terminal Cidaun.

Namun dari terminal terkahir anda masih perlu berganti transportasi dan masih perlu menempuh jarak sekitar 4 KM. Tapi tenang saja ada pilihan kendaraan baik angkutan desa maupun ojek yang bisa mengantarkan anda sampai ke pantai atau pemberhentian terdekat.

2. Dari Garut-Pamengpeuk-Santolo

Jika Anda bertempat tinggal atau berlokasi di sekitar Garut, Pamengpeuk, dan Santolo anda bisa menggunakan opsi rute Garut-Pamengpeuk-Santolo-Rancabuaya-Cidaun- Pantai Jayanti. Selain dari Garut, wisatawan yang berasal dari Tasikmalaya, Ciamis, dan Garut tentunya tepat untk memilih opsi rute kedua ini.

3. Dari Bandung

Jika Anda berasal dari Bandung dan sekitarnya anda bisa menggunakan opsi rute Ciwidey- Rancabali- Naringgul- Cidaun- Pantai Jayanti. Jalur yang indah namun memerlukan kehati-hatian yang ekstra.

Jika anda tidak menggunakan kendaraan pribadi anda bisa menaiki angkutan umum dari terminal Ciwidey menuju arah Cidaun.

Itu tadi berbagai opsi rute yang bisa anda gunakan. Sesuaikan rute yang anda pilih dengan jarak terdekat dari tempat anda start atau rumah tinggal anda. Kenyamanan dan keamanan merupakan hal yang harus diutamakan dalam berlibur. Jadi sesuaikan juga pilihan rute dengan kemampuan mengemudi anda.

Selain itu pastikan kendaraan anda dalam kondisi terbaik ketika akan melakukan perjalana jauh, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada saat perjalanan

Obyek Wisata di Pantai Jayanti

Ketika di Pantai Jayanti apa saja yang bisa kita lakukan?, apa yang membedakan Pantai Jayanti dengan pantai-pantai lain? Mungkin pertanyaan-pertanyaan tersbut juga membayangi anda ketika akan memilih pantai Jayanti menjadi tempat berlibur. Berikut pesona pantai Jayanti yang akan membuat anda tidak ragu lagi:

1. Termasuk Pantai Selatan yang Eksotis

Pantai Jayanti termasuk dalam wilayah pantai selatan. Sebagaimana kita tahu pantai selatan dengan ciri khasnya dengan ombak besar dan arus yang deras. Memang pantai ini tidak direkomendasikan untuk kegiatan berenang.

Namun dimana lagi Anda bisa menikmati deburan ombak keras yang menghantam karang-karang tinggi sehingga menimbulkan percikan air yang seolah-olah terjadi hujan lokal. Eksotis bukan?

2. Mitos Pantai Jayanti

Pada sisi selatan pantai terdapat satu kawasan yang masyarakat menyebutnya pantai batu bakung yang mana masyarakat sekitar menggangap Prabu Siliwangi dan Kian Santang pernah singgah disana. Terdapat sebuah telapak kaki besar disalah satu batu disana yang dianggap sebagai telapak kaki Prabu Siliwangi.

Boleh percaya atau tidak yang jelas mitologi itu sudah lama berkembang dimasyarakat dan makin memperunik Pantai Jayanti.

3. Dermaga Kecil dan Kehidupan Nelayan

Disalah satu sisi pantai terdapat bagian yang menjorok dan digunakan oleh nelayan untuk keluar masuk perahu untuk melaut. Masyarakat menyebutnya “Lawang”. Dalam bahasa jawa Lawang berart pintu. Penamaan tersebut sesuai dengan fungsinya untuk dermaga kecil tempat nelayan keluar masuk untuk melaut.

4. Pantai Matahari Terbenam

Pantai Jayanti menjadi spot favorit wisatawan untuk melihat sunset, karena sunset di pantai ini cukup indah.

5. Pantai Pasir Hitam dan Coklat

Menjadi ciri khas pantai Jayanti yaitu pasir pantainya yang hitam dan coklat dengan butir pantai yang agak besar.

6. Menjelajah ke Laut dengan Perahu Nelayan

Jika Anda ingin menjelajah laut sekitar pantai Jayanti anda bisa menyewa perahu. Namun karena ombak yang sedikit tinggi tetap utamakan keselamatan Anda.

7. Pantai yang Instgramable

Pantai Jayanti dengan segala keunikannya menjadi tempat yang pas untuk berfoto. Terdapat beberapa spot yang instagramable dan bagus untuk menghiasa galeri online Anda di instagram

Itu tadi ulasan mengenai pesona pantai Jayanti. Anda bisa mulai menata jadwal kemana saja tempat yang akan anda kunjungi sewaktu liburan nanti. Dan jangan lupa jadikan pantai Jayanti menjadi salah satu list liburanmu.

11 Ulasan dari Pengunjung Pantai Jayanti

  1. Seharusnya ini jadi potensi wisata alam yg baik buat Cianjur, pasir bersih, ombak besar, tapi sayang banget semuanya seakan-akan sirna karena pengelolaan yg tidak profesional..sampah berserakan, bau, jalan masuk rusak, kumuh karena penataan warung yg tidak rapi..

    28 Juli 2018, 08:53 WIB

  2. Sebuah destinasi wisata berlokasi didaerah cianjur selatan,menempuh jarak kurang lebih 80 km,4 jam perjalanan dari kota cianjur,lokasi yg sangat bagus untuk dijadikan alternatif wisata untuk warga disekitar kota cianjur

    29 Juli 2018, 04:27 WIB

  3. Waktu itu saya kesini pantainya bersih sih, cuma kalo ga salah ini tuh pantai lepas ya. Ombaknya besar besar jadi agak takut, soalnya takuuut ke bawa ombak 🤔. Tapi suka viewnya, banyak burung elang berkeliaran bebas

    7 Agustus 2018, 23:06 WIB

  4. Pantai Hits di Cidaun 😁😁😁 kalo lebaran pada rame bgt disini, pembangunannya jga udah lumayan sih skarang di banding dulu udah banyak kemajuan lah ya. Recomended lah pokonya.

    9 Agustus 2018, 21:54 WIB

  5. Untuk pertama kalinya datang ke pantai ini dengan menggunakan sepeda, dan sungguh pengalaman yang luar biasa, seru, jalan yang berbelok-belok, tanjakan yang keren keren.. Dan saat dipantai cukup tidak terjaga, banyak sampah berserakan,, dan ombak cukup besar saat itu, mambuat sulit untuk berenang. Haha

    9 Agustus 2018, 22:58 WIB

  6. Di pantai ini kita bisa menikmati keindahan alamnya. Ombaknya agak besar dan gak cocok buat nyebur berenang. Jika cuaca memadai pagi hari bisa cari spot tempat berfoto di perahu nelayan yang terparkir ditepi pantai. Nikmati aja keindahannya, bawa kenanganya dalam foto. tempat penginapan sih ada, cuma kurang memadai.

    19 Agustus 2018, 10:17 WIB

  7. Lebih tepat disebut pelabuhan nelayan…karena ada celah batu karang buat keluar masuk kapal dan aman dari ombak…ikan bakar + sambel kecapnya enak

    1 September 2018, 00:45 WIB

  8. Dari bandung menuju pantai suasana nya masyallah mantull banget hehe jln dri ciwidey 😂 suasana tenang dipantai nya dateng dehh 😆

    10 September 2018, 17:06 WIB

  9. Sekedar buat transit dan santai sejenak boleh. yg suka ikan laut ya disini blanjanya. Sayang ga foto saat saat blanja ikan. Konon kalo malam jadi tempat prostitusi disini.

    14 September 2018, 15:07 WIB

  10. Pantai nya oke.. Tapi kurang terawat oleh pemerintah shg disekitar pantai agak kurang terawat.. Namun msh oke utk dikunjungin.. Terdapat banyak tempat menginap standar, namun bukan hotel.. Lokasi di kecamatan cidaun.

    16 September 2018, 05:39 WIB

  11. Keadaan pantainya cukup indah dan akn lbih enk kalo tdk bnyak sampah yg brserkn di tepi panti

    6 Oktober 2018, 17:28 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Jayanti

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *