Pantai Baloiya

Pantai Baloiya

Desa Patikarya, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan 92855, Indonesia.

11 Ulasan

Masih berada di Kepulauan Selayar, rasanya kurang lengkap jika belum mendatangi objek wisata pantai yang terletak di Kecamatan Bontosikuyu. Salah satu pantai yang terletak di wilayah ini adalah Pantai Baloiya.

Pantai ini disebut-sebut memiliki keindahan yang berbeda dengan deretan pantai yang terletak di Kepulauan Selayar. Bahkan jika berkunjung di pantai ini seperti berada di Pulau Bali yang memang terkenal dengan pantai yang cantik itu.

Penasaran tidak sih dengan pantai ini kok bisa disebut seperti di Pulau Bali. Jika Anda penasaran, simak informasi berikut ya, dikarenakan kami akan memberikan ulasan mengenai Pantai Baloiya di bawah ini.

Pantai Baloiya

Pantai Baloiya

Pantai Baloiya ini sebenarnya tidak memiliki goresan sejarah yang begitu melekat di masyarakat sekitar. Meskipun begitu, namun wisatawan yang datang ke pantai ini dipastikan akan terhipnotis dengan keindahan panorama yang dimilikinya.

Kabarnya, pemerintah daerah juga belum mengelola pantai ini. Jadi Pantai ini masih memiliki kekurangan dalam pembangunan dan pengelolaan objek wisata-nya.

Meskipun demikian, Anda tetap bisa berkunjung dan menikmati keindahan alam yang memang dimiliki pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Baloiya

Tidak seperti objek wisata pantai pada umumnya dengan memiliki tiket masuk untuk dapat memasukinya, jika Anda berlibur dengan mengunjungi Pantai Baloiya ini tidak akan ditarik tiket masuk.

Sehingga, Anda bebas memasuki objek wisata ini dan juga bisa mengajak keluarga atau rombongan untuk bisa bersama-sama berlibur di pantai ini dengan tanpa biaya tiket masuk alias gratis.

Dengan mengajak keluarga atau teman, maka dijamin liburan Anda kali ini di pantai ini akan begitu asyik.  

Rute Menuju Lokasi Pantai Baloiya

Rute Menuju Pantai Baloiya

Pantai Baloiya merupakan objek wisata bahari yang terletak di Desa Patikarya, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar‎, Sulawesi Selatan. Lokasinya berada kurang lebih 12 kilometer dari Kota Benteng.

Untuk sampai di Pantai Baloiya ini, Anda haruslah berada di Kepulauan Selayar terlebih dahulu. Anda bisa  memulai perjalanan laut dengan berangkat dari Kota Makassar.

Selanjutnya menaiki kapal ferry untuk sampai di Pelabuhan Bira, Anda harus berlayar dengan waktu sekitar 4 jam.

Namun, jika Anda sudah berada di Kepulauan Selayar, Anda bisa menempuh perjalanan dari Kota Benteng dan juga dari Bandara H. Aroeppala, karena pantai ini juga tidak jauh dari bandara tersebut.

Jika dari kota Benteng, Anda bisa memulai dengan menyusuri jalan jalan Jendral Ahmad Yani. Kemudian arahkan ke jalan KH. Abdul Kadir Kasim.

Selanjutnya belok kanan masih tetap berada dijalan KH. Abdul Kadir Kasim. Sesampainya di persimpangan, arahkan ke jalan Poros Bandara H. Aroeppala sepanjang 8,4 kilometer dan kemudian sampai di Pantai Baloiya.

Objek Wisata Pantai Baloiya

Panorama Pantai Baloiya ini disebut-sebut seperti dengan Panorama yang dimiliki di Tanah Lot Bali. Ketika berada di Pantai Baloiya ini, Anda dapat menikmati obyek wisata menarik. Obyek wisata menarik itu diantaranya:

1. Pemandangan Batu

Objek Wisata Menuju Pantai Baloiya

Berada di pantai ini, Anda akan dihadapkan dengan pemandangan sebuah batu yang berada di tengah pantai. Uniknya, bagian atas batu ini ditumbuhi oleh tanaman hijau yang subur.

Meskipun berada di tengah perairan pantai, namun Anda tetap isa berjalan menuju batu tersebut tetapi ketika air laut surut ya. Dengan demikian, Anda dapat melakukan aktivitas dengan berfoto sekaligus melihat ikan-ikan yang berenang di perairan ini.

2. Pasir Putih

Wisata Pantai Baloiya

Hamparan pasir putih juga dimiliki Pantai Baloiya, hal ini menjadi daya tarik wisata pantai ini. Bagaimana tidak menarik, jika pasir pantai ini berbeda dengan pasir pantai pada umumnya, karena memiliki pasir putih yang lembut bak selembut salju.

Apalagi pasir lembut ini terhampar begitu luas di sepanjang pesisir pantai. Dengan begitu, pasir ini biasa dimanfaatkan oleh para wisatawan mancanegara untuk berjemur menikmati terik panas matahari.

Anda juga bisa menggunakan hamparan pasir ini untuk sekedar bermain pasir atau jalan-jalan menyusuri pinggiran pantai ini tanpa alas kaki.

3. Menikmati Sunset

Sinset Di Pantai Baloiya

Panorama keindahan pantai ini tak akan sirna meskipun hari mulai petang. Pantai nampak begitu mempesona dikarenakan Anda bisa menikmati panorama berupa proses tenggelam-nya matahari di bagian barat pantai.

Oleh karena itu, dengan adanya panorama sunset di pantai ini turut melengkapi daya tarik wisatawan untuk berkunjung menikmati keindahan pantai ini meskipun di sore hari.

Apalagi bagi mereka yang memang pencinta panorama sunset, maka akan semakin lengkap dengan menikmati sunset Pantai Baloiya. 

4. Menyelam

Diving Di Pantai Baloiya

Karena memiliki perairan yang jernih dan bersih, maka tak ada salahnya juga jika Anda melakukan aktivitas menyelam di perairan pantai ini. Anda bisa memilih untuk melakukan snorkeling atau diving untuk menikmati keindahan dasar laut yang masih tersimpan dengan alami.

Jika Anda akan melakukan snorkeling atau diving, sebaiknya juga menghubungi petugas pengelola sekitar agar bisa menyewa peralatan menyelam sehingga proses penyelaman Anda terasa aman.

Pengelola penyelaman di Pantai Baloiya ini bernama Selayar Island Resort, dengan begitu Anda bisa menghubungi pengelola tersebut untuk mencari informasi dan penyewaan alat selam.

5. Memancing

Fasilitas Pantai Baloiya

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan untuk mengisi aktivitas berlibur Anda di Pantai Baloiya ini yaitu memancing. Jadi, jika Anda memiliki hobi memancing pun dapat mencoba dengan melakukan aktivitas tersebut di pantai ini.

Anda pun bisa memancing dengan mengunjungi spot memancing dengan mengendarai kapal sewaan bersama nelayan sekitar. 

Fasilitas Pantai Baloiya

Karena wisata pantai ini masih tergolong natural dan asli sehingga sering disebut dengan pantai yang masih alami. Oleh karena itu, objek wisata pantai ini belum dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah maupun warga setempat.

Namun, pantai ini terdapat investor swasta yang menyediakan beberapa fasilitas, diantaranya:

1. Penginapan

Meskipun belum memiliki banyak fasilitas, namun pantai ini memiliki beberapa penginapan yang berada di kawasan pantai.

Dengan adanya penginapan ini maka dapat menjadi pilihan para wisatawan untuk bermalam dengan menikmati objek wisata Pantai Baloiya lebih lama.

2. Kamar Mandi dan Toilet

Sebenarnya toilet juga sudah tersedia berada di kawasan pantai ini. Tetapi saat ini kondisinya kurang terawat dan sedikit memprihatinkan.

Oleh karena itu, sebaiknya pemerintah setempat diharapkan dapat lebih memperhatikan dan mengelola objek wisata ini. Mengingat Pantai Baloiya termasuk dalam pantai yang eksotis.

Dikarenakan pantai ini belum memiliki fasilitas yang lengkap dan mendukung, namun Anda tetap bisa mengunjungi objek wisata pantai ini dengan menikmati daya tarik yang dimilikinya.

Nah, untuk menutupi kekurangan pantai ini maka sebaiknya jika Anda akan melakukan liburan di pantai ini jangan lupa membawa segala perbekalan liburan Anda ya. Sehingga, dapat memudahkan Anda untuk melengkapi kebutuhan yang akan Anda butuhkan saat berlibur.

Selain itu, jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan tempat apalagi saat berada di kawasan Pantai Baloiya, mengingat pantai ini belum ada pengelolaan dan penjagaan secara maksimal.

Jika Anda sedang berada di Kepulauan Selayar, Anda bisa mengunjungi objek wisata bahari lainnya. Kepulauan ini masih memiliki berbagai wisata pantai yang menarik dan dapat Anda kunjungi selain Pantai Baloiya, yaitu Pantai Pa’badilang yang juga tak kalah menariknya.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Baloiya di kepulauan Selayar yang snagat indah. Silahkan rencanakan liburan Anda untuk dapat mengunjungi pantai ini.

11 Ulasan untuk Pantai Baloiya, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan

  1. Tempat ini menjadi salah satu icon pantai wisata di selayar, sayangnya belum di kelola dengan maksimal

  2. Baloya selayar

  3. Balohay plesetan dri hay balinya selayar

  4. Dekat dari kota dan akses mudah

  5. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati Sunset di pulau Selayar, letaknya kurang lebih 10 km sebelah Selatan Kota Benteng dan berada tepat di panggil jalan Poros Benteng-Pattumbukang. Hanya sangat disayangkan beberapa lokasi untuk akses masuk tempat ini, di tutup dengan kawat berduri oleh orang orang yang mengklaim sebagai Pemilik lahan di Pantai Baloiya.

  6. tempat yg paling mainstream didatangi oleh masyarakat Selayar, selain lokasix yg dekat dari kota, untuk masuk ke area ini tak dipungut biaya apapun/ gratis yah😊😊😊 pemandanganx juga indah, saat air surut semacam fenomena laut terbelah, yuuk ajak keluarga weekwnd disini

  7. Pantai dengan pasir putih nan indah, dan air yang lumayan jernih, Masih butuh perawatan yang cukup untuk pantai ini

  8. Pantainya indah ada pulau kecil didepannya

  9. Pemandangannya sangat bagus, dengan pulau karang ditengah, pantai berpasir putih

  10. 🏝️

  11. pantai yang berjarak dekat dengan bandara H Aroppala Selayar. pantai dengan ombak tenang, pasir putih, berada dipinggir jalan sehingga akses ke pantai sangat mudah, karena hanya memarkirkan mobil dipinggir jalan langsung ke pantai. pada saat saya kelokasi tidak ada pungutan biaya tiket untuk perorang maupun parkir mobil, dan tidak ada fasilitas beli makan atau toilet. pantai yang memiliki spot foto icon baloiya yaitu terdapat karang ditengah lautnya jadi hasil foto menjadi instagramable. pada saat saya mengunjungi pantai kebetulan air laut sudah mengenangi akses untuk saya melihat goa yang terdapat air nya, goa tersebut berada disamping pantai tapi akses ke goa harus melewati pantai disebelah yang belum digenangi air laut, jadi harus meunggu surut baru dapat diakses/dilewati.

Tinggalkan Balasan