Pantai Pa’badilang

Pantai Pa’badilang

Desa Bongaiya, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar‎, Sulawesi Selatan 92854, Indonesia.

11 Ulasan

Pulau Sulawesi memang identik dengan wisata bahari yang dimilikinya, apalagi Sulawesi masih memiliki Kabupaten Kepulauan Selayar yang memiliki deretan pantai yang indah serta masih natural.

Terletak Di ujung pulau Selayar bagian utara, terdapat salah satu objek wisata pantai yang disebut dengan nama Pantai Pa’badilang.

Pantai Pa’badilang ini berbentuk tanjung yang menjorok ke laut dengan menawarkan pesona tersendiri perairan Selayar yang memang begitu khas.

Sejarah Pantai Pa’badilang

Pantai Pantai Pabadilang Pulau Selayar

Kepulauan Selayar termasuk ke dalam kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan dengan ibukota kabupaten Benteng. Uniknya, lokasi ini merupakan satu-satunya kabupaten yang terpisah dari daratan Pulau Sulawesi.

Berdasarkan sejarah yang diyakini oleh masyarakat setempat, kawasan ini dahulu dikenal dengan sebutan Bone Pakukka, karena pantai ini dahulu menjadi tempat berlabuh-nya para perompak.

Setelah itu, pantai ini memiliki benteng yang merupakan benteng pertahanan Kerajaan Ternate dalam menghadapi serangan musuh yang datang dari luar Kepulauan Selayar.

Benteng tersebut terbuat dari batuan karang yang telah disusun sehingga menjadi benteng yang memiliki lorong sebagai tempat mengintai penyerangan. Oleh karena itu, pantai ini dikenal dengan sebutan Pa’badilang yang merupakan kata dengan memiliki arti tempat orang menembak.

Selain itu, pantai ini juga disebut dengan nama Ujung Pa’badilang, yang artinya daratan yang menjorok ke laut sebagai tempat orang menembak.

Ditambah lagi masih berada di lokasi pantai ini juga terdapat sebuah makam yang di keramat-kan oleh masyarakat sekitar, yaitu makam Opu Ujung. Meskipun demikian namun pantai ini memiliki keindahan tersendiri bagi wisatawan.

Harga Tiket Masuk Pantai Pa’badilang

Pada umumnya, harga tiket untuk dapat masuk di suatu objek wisata akan berbeda pada hari libur, minggu atau hari biasa. Namun, di Pantai Pa’badilang ini harga tiket masuk wisatawan berlaku sama, yaitu dengan Rp 10.000 saja.

Jadi, jika Anda akan berlibur ke Pantai Pa’badilang ini maka sebaiknya siapkan uang pecahan 10 ribuan ya untuk membayar tiket masuk.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pa’badilang

Objek Wisata Pantai Pa'badilang

Alamat Pantai Pa’badilang ini tepatnya berada di Desa Bongaiya, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar‎, Sulawesi Selatan 92854, Indonesia.

Seperti yang sudah dikatakan pada pernyataan sejarah di atas, bahwa Pantai Pa’badilang ini berada terpisah dari daratan Pulau Sulawesi.

Memiliki jarak tempuh sekitar 5 kilometer dari Pelabuhan Pamatata dan 42 kilometer dari Kota Benteng Selayar. Anda bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan motor,mobil, kapal bahkan juga pesawat tergantung pada rute yang akan Anda pilih.

Apabila Anda menggunakan pesawat, maka akan turun di Bandara H. Aroeppala. Namun, selanjutnya Anda harus menempuh perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dengan jarak 52 kilometer, yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 77 menit.

Jika dari Kota Benteng Selayar maka dapat menggunakan kendaraan bermotor, dengan mengambil arah timur menuju jalan Jend. Ahmad Yani, kemudian belok ke kiri masih di jalan Ahmad Yani. Selanjutnya ambil kiri ke jalan Tien Soeharto dengan jarak sekitar 500 meter. 

Setelah itu, belok kanan ke jalan Pahlawan dengan menyusuri jalan tersebut sekitar 7 kilometer, lalu ambil jalur sebelah kiri dan jalan Patori-Kota Benteng.

Silahkan menyusuri jalan tersebut sekitar 8,6 kilometer, yang kemudian diteruskan ke Desa Mekar Indah dengan jarak 23 kilometer. Kemudian belok kiri dan ikuti saja jalan tersebut agar sampai ke Pantai Pa’badilang.

Objek Wisata Pantai Pa’badilang

Meskipun letaknya pantai ini cukup jauh, namun pantai ini pantai ini bisa Anda pilih sebagai objek lokasi wisata Anda sekaligus menjelajah keindahan Pantai yang berada di Selayar.

Selama di pantai ini Anda dapat menikmati banyak obyek wisata dan melakukan kegiatan menarik lainnya. Hal-hal menarik yang ada di pantai ini diantaranya:

1. Pemandangan Pantai yang Memukau

Objek Wisata Pantai Pa'badilang 2

Berada di pantai ini memang cukup sepi, mungkin karena berada di pulau yang terpisah dengan provinsi apalagi dengan jarak yang cukup jauh. Tetapi, Anda malah mendapatkan ketenangan dari keramaian dengan masih adanya pemandangan pantai yang begitu alami.

Air laut pantai ini memiliki warna biru dan jernih yang terlihat begitu menyegarkan. Ditambah dengan awan biru dan putih serta memiliki keindahan pepohonan dan juga adanya batu karang yang menjadikan pemandangan ini seperti dalam sebuah lukisan.

Dengan demikian, Anda dapat menikmati suasana sepi yang tenang dan nyaman.

2. Pasir Putih

Rute Menuju Pantai Pa'badilang

Meskipun memiliki batuan karang yang berada di sisi pantai. Namun Anda tetap bisa mendapatkan dan merasakan pasir pantai, dikarenakan pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih. Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkannya untuk sekedar bermain pasir.

Oleh karena itu, jika akan berkunjung ke pantai ini bisa mengajak anak-anak supaya menjadi teman bermain pasir yang lembut ini.

Selain itu, jangan lupa juga membawa peralatan bermain pasir seperti sekop atau ember supaya bisa membentuk pasir menjadi istana atau sekedar menguburkan badan.

3. Berenang

Wisata Di Pantai Pabadilang

Karena pantai ini memiliki ciri khas perairan dengan air laut dengan gradasi warna biru muda dan gelap, seolah mampu menghipnotis para wisatawan untuk mencoba perairan ini. Untuk itu, Anda bisa melakukan aktivitas berenang di perairan ini.

Namun, kami menyarankan agar jangan lupa membawa baju ganti ya supaya bisa digunakan untuk berenang dan sebaiknya berenang di lautan yang dangkal saja. Hal ini agar meminimalisir kejadian yang tidak kita inginkan.

4. Menyelam

Diving Di Pantai Pabadilang

Pantai Pa’badilang ini beberapa waktu yang lalu sempat menjadi perbincangan masyarakat. Bagaimana tidak jika pantai ini merupakan pantai yang paling dekat dengan peristiwa tenggelam-nya kapal Lestari maju yang merenggut korban jiwa.

Namun, setelah beberapa waktu berlalu, bangkai kapal tersebut beserta beberapa mobil memang masih berada di dalam perairan Pantai Pa’badilang. Hal ini malah menjadi daya tarik wisata tersendiri untuk melihat bangka kapal dan mobil di dasar laut dengan melakukan aktivitas menyelam.

Fasilitas Pantai Pa’badilang

Sebenarnya pantai ini akan ramai pada saat libur panjang tiba, dikarenakan para wisatawan memilih berlibur di pantai ini. Untuk itu, fasilitas juga sudah tersedia untuk mendukung kegiatan pariwisata, seperti:

1. Kamar Mandi dan Toilet

Fasilitas toilet ini sudah tersedia dan dapat digunakan sebagai sarana mandi, namun jumlahnya tidak banyak. Kondisinya pun juga kurang terawat, sehingga sarana ini diharapkan perbaikan dan perawatan agar dapat menunjang sarana dan prasarana kawasan wisata Pantai Pa’badilang.

2. Gazebo

Gazebo ini biasa digunakan untuk bersantai dan beristirahat ketika berlibur di pantai ini dan jumlahnya pun cukup melayani kebutuhan pengunjung. Namun ya lagi-lagi sebagian kondisi gazebo ini sudah rusak bahkan tidak dapat digunakan. 

Dikarenakan pantai ini cukup sepi dan akan ramai pada saat waktu tertentu saja, maka sebaiknya jika Anda akan berkunjung ke Pantai Pa’badilang ini jangan lupa untuk mempersiapkan bekal dan juga keperluan berlibur Anda ya. Apalagi pantai ini terletak cukup jauh dari pusat kota.

Bawalah makanan, baju ganti, obat-obatan dan keperluan pribadi lainnya. Hal ini dapat memudahkan Ada ketika berada di Pantai Pa’badilang, sehingga liburan Anda akan terasa lengkap dan menyenangkan.

Jika Anda sedang berada di Sulawesi Selatan, Anda dapat mengunjungi Pantai Pa’badilang yang alami ini. Anda juga dapat mengunjungi Pantai Lemo yang juga berada di Sulawesi Selatan ini.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Pa’badilang di Pulau Selayar yang sangat indah ini. Bagi Anda yang suka juga menjelajah wisata alam, tak ada salahnya untuk mencoba dengan mengunjungi pantai ini.

11 Ulasan untuk Pantai Pa’badilang, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan

  1. Tempat yg cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama teman atau pasangan, pasir pantainya putih…

  2. Kurang pengelolaan aja. Harusnya ini saingan dengan apparalang sih haha

  3. Pantai pa’badilang adalah salah satu objek wisata yang terletak di kabupaten kepulauan Selayar yang mana objek wisata ini sudah di gunakan oleh masyarakat setempat bahkan orang dari luar Selayar untuk memanjakan mata mereka dengan pemandangan hamparan pasir putih di sekitar pantai dan ditambah dengan air laut yang jernih dan pemandangan karang yang menarik dan masih banyak hewan laut yang dapat kita temui dipantai pa’badilang, tempat ini juga merupakan salah satu tempat berjuang masyarakat Selayar melawan penjajah dizaman penjajahan dulu menurut salah seorang masyarakat di sana, kita juga bisa melakukan snorkeling dan diving Ditempat ini serta ada juga resort yang dapat kita sewa untuk menikmati pemandangan laut dimalam hari di tempat ini.

  4. Pantai pa’badilang adalah salah satu objek wisata yang terletak di kabupaten kepulauan Selayar yang mana objek wisata ini sudah di gunakan oleh masyarakat setempat bahkan orang dari luar Selayar untuk memanjakan mata mereka dengan pemandangan hamparan pasir putih di sekitar pantai dan ditambah dengan air laut yang jernih dan pemandangan karang yang menarik dan masih banyak hewan laut yang dapat kita temui dipantai pa’badilang, tempat ini juga merupakan salah satu tempat berjuang masyarakat Selayar melawan penjajah dizaman penjajahan dulu menurut salah seorang masyarakat di sana, kita juga bisa melakukan snorkeling dan diving Ditempat ini serta ada juga resort yang dapat kita sewa untuk menikmati pemandangan laut dimalam hari di tempat ini.

  5. Berkunjung waktu respon kapal tenggelam KM Lestari Maju

  6. Pantainya indah

  7. Pantai yg bagus dengan pasir putih yg halus. Underwater memukau

  8. Bagian dari saksi sejarah perlawanan melawan penjajah.Pa’badilang dalam bahasa selayar artinya tempat bedil atau medan pertempuran. Di bagian utara pantai tersusun batu2 yang ditata sedemikian rupa untuk menempatkan meriam dan bedil lainnya guna membaki musuh yang berusaha mencapai daratan.

  9. Tempat wisata pantai yang keren buat upload d instagram.

  10. Salah satu Pantai yang cantik diselayar, hanya saja sejak kejadian karamnya km lestari agak sepi

  11. Letaknya Dekat dari pelabuhan pamatata,, jadi sebelum ke benteng mampir kesini dlu bermodalkan google maps… Pantainya cukup indah,, instagramable dan bisa berenang juga… Ough ya,, pantai ini berpasir putih loh

Tinggalkan Balasan