Pantai Lemo

Pantai Lemo

Desa Mabonta, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan 92975, Indonesia.

15 Ulasan

Pantai Lemo di Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah dengan memiliki potensi alam dan budaya yang cukup beragam. Potensi alam yang sedang berkembang yaitu objek wisata pantai yang memang memiliki berbagai keindahan yang telah diberikan Tuhan.

Oleh karena itu, kali ini pantainesia.com akan memberikan informasi mengenai objek wisata bahari di Sulawesi Selatan yaitu Pantai Lemo.

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang terkenal di Bulukamba, Sulawesi Selatan. Untuk mengetahui informasi tentang pantai Lemo ini, Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Pantai Lemo

Pantai Lemo

Pantai Lemo ini tidak diselimuti dengan sejarah atau legenda yang menjadi cerita untuk pantai ini. Namun, pantai ini cukup dikenal dengan memiliki penduduk sekitar yang sangat ramah terhadap para wisatawan yang datang, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Terlebih lagi, Pantai Lemo ini memiliki daya tarik tersendiri yang begitu khas dan nyaman. Sehingga pantai ini akan ramai dengan pengunjung pada saat libur panjang tiba. Oleh karena itu, pantai ini menjadi objek wisata yang pas untuk  menjadi tujuan wisata keluarga. 

Harga Tiket Masuk Pantai Lemo

Bagi wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata Pantai Lemo, sebenarnya tidak ada harga tiket masuk yang dipatok bagi para pengunjung. Namun, pada hari-hari tertentu seperti libur panjang dan tanggal merah, maka akan dikenakan biaya masuk yaitu Rp 2000 untuk roda dua, dan Rp 5000 untuk roda empat.

Dengan demikian, objek wisata pantai ini menjadi cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman, disarankan untuk mengunjungi-nya tak perlu mengeluarkan kocek yang dalam.

Rute Menuju Lokasi Pantai Lemo

Rute Menuju Pantai Lemo

Pantai ini terletak di Desa Mabonta, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Anda dapat menggunakan transportasi pribadi atau transportasi umum seperti bus atau travel.

Rute yang dapat Anda tempuh menuju lokasi Pantai Lemo jika dari ibukota kabupaten Malili yaitu:

Anda tinggal mengikuti untuk mengambil arah di jalan Poros Malili-Batuputih menuju jalan Poros Malili-Soroako sekitar 55 kilometer. Selanjutnya, Anda belok ke kiri  menuju jalan Trans Sulawesi dengan menyusuri jalan 2,6 kilometer.

Lanjutkan saja perjalanan dengan belok ke kanan menuju jalan Sangkuruwira, yang kemudian menuju jalan Pahlawan. Berikutnya Anda tinggal mengikuti saja papan penunjuk jalan yang berada di setiap persimpangan jalan.

Namun, jika Anda memilih menggunakan angkutan umum seperti bus, Anda bisa berhenti di terminal bus kota. Setelah itu, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau kendaraan lainnya sesuai dengan pilihan Anda.

Objek Wisata Pantai Lemo

Menurut masyarakat sekitar dan juga wisatawan yang pernah berkunjung di Pantai Lemo, pantai ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan berlibur, apalagi pada saat liburan panjang. Karena, objek wisata pantai ini memiliki daya tarik:

1. Pemandangan Pantai yang Indah

Fasilitas Pantai Lemo

Pantai lemo ini merupakan salah satu pantai yang indah. Ketika berkunjung ke pantai ini, anda dapat menikmati pemandangan dengan menyusuri pantai.

Cara lain untuk menikmati pemandangan Pantai Lemo yaitu dengan melakukan aktivitas berupa berjalan-jalan mengitari kawasan pantai. Dengan berjalan-jalan, Anda akan menemukan berbagai hal lain yang menarik ketika berada di Pantai ini.

Meskipun hanya berjalan-jalan, namun adanya kicauan burung semakin menyejukan hati dan pantai ini terlihat begitu alami, apalagi ditambah dengan suara deburan ombak yang menghanyutkan jiwa saat berlibur.

2. Berenang

Wisata Pantai Lemo Bulukumba

Anda pun juga bisa menikmati perairan laut Pantai Lemo dengan melakukan aktivitas berenang. Bagi kebanyakan orang, belum lengkap rasanya jika berlibur mengunjungi pantai namun tidak merasakan kesegaran airnya.

Untuk melakukan aktivitas berenang, Anda juga bisa memilih untuk menggunakan ban atau pelampung sebagai perlengkapan untuk berenang.

Ban dan pelampung ini dapat Anda sewa di warung makan yang berada di kawasan pantai dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 10.000 tergantung dengan bentuk dan ukurannya.

3. Taman Bunga

Wisata Pantai Lemo

Ketika berada di Pantai Lemo, akan disambut dengan keberadaan taman yang cukup terjaga kebersihannya. Taman ini juga sudah dilengkapi dengan semerbaknya bunga warna-warni yang semakin mempercantik pemandangan.

Di taman ini juga dilengkapi hiasan dengan berdirinya tulisan ‘Pantai Lemo’ yang sudah di cat sehingga terlihat lebih berwarna. Hal ini dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu spot foto ketika berlibur di Pantai Lemo. 

4. Tempat Refreshing

Pantai Lemo Bulukamba

Adanya pohon-pohon yang tumbuh subur dan tinggi seperti pohon kelapa, membuat suasana teduh dan segarnya angin yang berhembus. Hembusan angin ini seolah mengajak dedaunan untuk menari.

Oleh karena itu, sarana yang segar ini sangat cocok digunakan bagi para wisatawan untuk berduduk-duduk menikmati suasana pantai serta memandang panorama keindahan Pantai Lemo. Anda pun bisa mengajak keluarga sambil menikmati cemilan dan bercerita bersama.

5. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Lemo

Ketika berada di pantai Lemo ini Anda dapat menikmati keindahan sunset yang sangat memukau. Pemandangan warna langit yang kuning keemasan dipadukan dengan warna temaram warna jingga dan biru langit membuat suasana terasa nyaman.

Oleh karena itu, pantai ini menjadi salah satu tempat wisata bahari yang diburu oleh para fotografer untuk mengabadikan momen alam tersebut.

Anda bisa mendapatkan spot sunset terbaik. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini menjadi background photo Anda.

6. Dermaga

Pantai Lemo

Pantai ini juga terdapat dermaga yang menjorok ke lautan. Biasanya, para wisatawan juga mengunjungi dermaga ini untuk merasakan sensasi berjalan di atas semen beton yang menyangga dengan kuat.

Dermaga ini juga bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk berfoto, Anda bisa mengekspresikan berbagai gaya dengan latar belakang foto Pantai Lemo. Namun, tetap berhati-hati ya jika mengambil foto dengan gaya yang beragam, karena di samping dermaga ini tidak ada pengamannya, jadi sebaiknya jangan memilih di bagian pinggir ya.

Fasilitas Di Pantai Lemo

Untuk mendukung pariwisata yang semakin berkembang, maka pengelola bersama pemerintah setempat memberikan kenyamanan para wisatawan yang berkunjung di Pantai Lemo.

Di pantai ini sudah terdapat beberapa fasilitas, diantaranya:

1. Kamar Mandi dan Toilet

Suatu objek wisata yang banyak dicari oleh wisatawan yaitu dengan memiliki fasilitas pendukung yang dapat digunakan.

Nah, di Pantai Lemo ini juga sudah memiliki fasilitas kamar mandi dan toilet. Sehingga Ada dapat menemukan dengan mudah dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

2. Warung Makan

Jika Anda sedang berlibur ke pantai ini, maka tak perlu kebingungan mencari warung makan. Karena, pantai ini sudah memiliki beberapa warung makan yang bisa Anda pilih untuk membeli makanan dan juga minuman.

Menu makanan yang dijual pun cukup beragam, mulai dari makanan ringan, makanan berat dan juga beberapa pilihan minuman.

Harga menu makanan yang dijual juga tidak terlalu mahal, namun juga tak ada salahnya jika Anda bertanya harganya terlebih dahulu sebelum membelinya.

3. Gazebo

Keberadaan objek wisata Pantai Lemo, ini juga turut menjadi perhatian pemerintah setempat sebagai objek wisata bahari yang cukup populer. Oleh karena itu, pemerintah setempat juga turut menata dan membangun objek wisata Pantai Lemo.

Salah satunya yaitu dengan membangun gazebo atau pondok yang berada di kawasan pantai. Adanya gazebo ini diharapkan bisa digunakan oleh para wisatawan untuk bersantai maupun fasilitas tempat beristirahat yang cukup nyaman.

Demikianlah, informasi terkait dengan objek wisata Pantai Lemo mulai dari sejarah, harga tiket masuk, rute, objek wisata hingga fasilitas Pantai Lemo.

Para wisatawan dapat menikmati keindahan serta menggunakan fasilitas yang tersedia, sehingga berlibur di Pantai Lemo menjadi menyenangkan.

Selain Pantai Lemo yang memiliki daya tarik tersendiri, saat berada di daerah ini juga tak ada salahnya untuk mengunjungi pantai sekitar yang juga menarik. anda dapat mengunjungi Pantai Panrang Luhu yang juga berada di Sulawesi Selatan.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Lemo di Bulukamba yang sangat indah. Jika Anda sedang berada di Bulukumba, jangan lupa untuk singgah ke pantai ini.

15 Ulasan untuk Pantai Lemo, Bulukumba, Sulawesi Selatan

  1. Pantai ini dulunya tempat nya terlihat natural karena belum ada bangunan-bangunan modern, terkahir saya berkunjung kesini tempat udah ada bangunan yang tertata rapi. Tempat peristirahatan di tepi pantai untuk menikmati semilir angin laut atau untuk tempat berkumpul bersama keluarga juga cocok, sangat di rekomendasikan untuk kamu yang suka berfoto ria, selfi, karena ada tulisan pantai besar agar dapat membuktikan bahwa kamu sedang berada disini. Jadi gak afdhol kalau ke lemo terus gak ada fotonya di depan atau samping tulisan .. hihi

  2. Tempatx Cantik . Ada pondok pondok untuk istirahat mnikmati deburan angin pantai.. Dan Dapat di tempuh dengan Mobil Ataupun Motor..

  3. Pantai lemo adalah salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi di Luwu Timur

  4. Fasilitas yang disediakan sudah cukup baik. Ada gazebo bagi yang ingin sekedar duduk santai, spot foto both yg ingin mengabadikan momen, ada dermaga yang ingin menikmati pantai lebih jauh, ada penyewaan perahu bagi yang ingin menjelajah pantai, ada ban karet bagi anak anak yang ingin berenang di pantai. Hanya saja fasilitas fasilitas yang ada sepertinya luput dari perawatan dan sepertinya hanya warga sekitar dan pengunjung saja yang dipasrahkan untuk menjaga dan merawat. Alangkah baiknya jika ada suatu manejemen yg dikhususkan untuk menjaga dan mengelola pantai.. Semoga pantai lemon semakin baik

  5. Bagus buat selfie

  6. Salah satu tempat pariwisata….. Yang ada di luwu timur

  7. Saya pernah kesini dan orang yang baik dan ramah pantai juga bersih dari sampah

  8. Sekarang sudah sangat bersih..indah dan lebih teratur bangunan nya..dan penuh warna jg

  9. Tempat rekreasi yang sangat indah dan penduduknya sangat ramah dengan pengunjung

  10. Pantai ini menjadi tempat favorit bagi orang luwu timur pantai ini tak kalah cantiknya dengan pantai lain dengan adanya dermaga masyarakat lebih bebas berfoto dan berenang. Disekitarnya banyak sekali tumbuhan kelapa

  11. Perlu kesadaran pengunjung terhadap sampah.

  12. Salah satu destinasi liburan yg bagus. Cocok buat liburan keluarga. Sayangnya pantainya yang agak kotor. Dan berpasir hitam.

  13. untuk warga lokal daerah palopo sendiri pantai Lemo merupakan tempat wisata keluarga yang sangat terjangkau, khususnya di hari libur atau akhir pekan

  14. Kurangnya perawatan

  15. Salah satu objek wisata di LUWU TIMUR, yg sangat cocok untuk di jadikan sebagai tempat refreshing atau bersantai baik itu sendiri, bersama teman ataupun bersama dengan keluarga

Tinggalkan Balasan