Pantai Kasuso

Pantai Kasuso

Dusun Kasuso, Kecamatan Banto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan 92571, Indonesia.

7 Ulasan

Indonesia merupakan negara maritim yang berarti negara dimana luas perairan-nya lebih luas daripada daratan-nya. Oleh sebab itu Indonesia memiliki kekayaan alam yang begitu besar di bidang kelautan.

Bukan saja kekayaan alam lautnya saja yang melimpah, namun Indonesia juga memiliki wilayah pesisir yang juga sangat indah. Pesisir-pesisir pantai yang indah ini tersebar di seluruh penjuru negeri dari Sabang hingga Merauke.

Beberapa wilayah pantai di Indonesia bahkan telah menancapkan pesona daerahnya di dunia internasional. Pulau Bali dan pulau Lombok merupakan contohnya.

Namun ada banyak pantai cantik lainnya yang tidak kalah menarik dari pantai-pantai yang ada di Pulau Bali. Salah satunya adalah Pantai Kasuso yang berada di Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Pantai Kasuso Bulukamba

Pantai Kasuso Bulukamba

Pantai Kasuso mungkin terdengar agak asing di telinga banyak orang. Lokasi pantai ini berada di Dusun Kasuso, Kecamatan Banto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, pantai ini merupakan salah satu surga tersembunyi bagi para wisatawan.

Pantai Kasuso ini juga disebut sebagai kampung perempuan. Dikatakan kampung perempuan karena banyak wanita yang ditinggal suaminya berlayar mencari ikan, dimana saat wisatawan berkunjung ke pantai ini penduduk yang banyak dijumpai adalah perempuan.

Pantai Kasuso merupakan destinasi wisata alam baru yang ada di Kabupaten Bulukumba dimana pada  saat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tempat ini sangat cocok menjadi tempat destinasi wisata jika Anda sedang berkunjung ke daerah paling ujung Sulawesi Selatan.

Harga Tiket Masuk Pantai Kasuso

Untuk dapat memasuki kawasan obyek wisata Pantai Kasuso ini Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam bahkan Anda tidak  dibebankan biaya tiket masuk alias gratis untuk bisa menikmati semua keindahan yang ada di pantai ini.

Hal ini dikarenakan karena Pantai Kasuso masih dalam tahap pengembangan oleh dinas setempat. Namun Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 2000 hingga Rp 5000 saja untuk penggunaan fasilitas umum seperti toilet.

Pantai juga dibuka selama 24 jam, jadi Anda bisa datang kapan saja.

Rute Menuju Pantai Kasuso

Wisata Pantai Kasuso

Pantai Kasuso ini terletak di Desa Kasuso, Bulukumba yang bisa dibilang jauh dari pusat keramaian. Namun terhitung dekat untuk bisa di jangkau karena melewati arah yang sama dengan kawasan wisata Tanjung Bira.

Apabila Anda ingin datang ke Pantai Kasuso ini, maka Anda tinggal melewati rute yang sama untuk menuju Pantai Tanjung Bira. Dari jalan tersebut kurang lebih sejauh 5 kilometer sebelum sampai di Pantai Bara maka Anda akan menemukan petunjuk arah belok ke kiri menuju Pantai Kasuso.

Menuju ke Pantai Kasuso susah-susah gampang karena belum ada petunjuk arah yang jelas dan juga jalurnya sedikit sulit untuk dilalui menggunakan mobil karena kondisi jalannya yang sempit.

Dan dibilang gampang karena Pantai Kasuso ini telah memiliki titik poin di google maps, jadi Anda tinggal menyalakan GPS untuk bisa mencapai tempat ini.

Obyek Wisata Pantai Kasuso

Obyek wisata Pantai Kasuso memiliki ciri khas tersendiri dimana pengunjung bisa melihat  sebuah batu karang di bibir pantai saat pertama kali memasukinya. Hal inilah yang memberi kesan yang berbeda dari pantai-pantai lainnya yang ada di Bulukumba.

Suasana yang tak terlalu ramai membuat pantai terasa begitu tenang. Dengan panorama yang disajikan, Pantai Kasuso yang akan membuat Anda tidak akan kecewa ketika berkunjung ditempat ini.

Selain fasilitas-fasilitas yang  akan Anda dapatkan, ada banyak hal dapat Anda lakukan di pantai ini. Silahkan simak ulasannya dibawah ini:

1. Menikmati Pemandangan Alam

Pantai Kasuso Bantobahari

Pantai Kasuso memberikan pemandangan alam yang sangat mempesona dengan warna air laut-nya yang biru serta hamparan pasir putihnya. Di pantai ini juga Anda  bisa melihat batu besar di pinggiran pantai layaknya sebuah pulau kecil.

Batu tersebut bernama Batu Taha, batu inilah yang kerap dijadikan sebagai background dalam setiap dokumentasi di Pantai Kasuso. Batu Taha Kasuso yang terletak di mulut pantai ini semakin elok berpadu dengan batu-batuan karang yang tersebar di sekitar pantai.

Rangkaian batu-batuan karang tersebut juga menyatu dengan hamparan pasir putih yang di sekitar bibir pantai. Kombinasi dari beberapa bentang alam tersebut membuat wajah Pantai Kasuso ini semakin tampak indah.

Selain keindahan dari batu karang tersebut, terdapat bentangan tebing yang memanjang dimana di atasnya terdapat beberapa tanamam sehingga nampak teduh dan juga rindang.Bentangan alam tersebut membuat Pantai Kasuso ini terlihat semakin mempesona.

Vegatasi yang berada di atas Tebing Kasuso tersebut merupakan bagian dari Hutan Kasuso, dimana di dalam hutan tersebut terdapat populasi monyet. Dan terkadang monyet tersebut datang mengunjungi pantai, namun momen tersebut sangatlah langka.

2. Keindahan Sunset dan Sunrise

Sunset Di Pantai Kasuso

Panorama indah di Pantai Kasuso semakin cantik saat menjelang matahari terbenam. Ini dikarenakan semburat dari cahaya matahari yang berpadu dengan keindahan langit di atasnya membuat suasana menjadi romantis dan tak kalah dari pantai-pantai lainnya.

Pada momen sunset ini banyak wisatawan yang memanfaatkannya sebagai background foto untuk diabadikan. Panorama matahari yang terbenam ke peraduan di Pantai Kasuso ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung kesini.

Menikmati saat-saat terbitnya matahari terbit di Pantai Kasuso juga tak kalah indahnya dengan momen terbenam-nya matahari di pantai ini.

Anda dapat melihat keindahan panorama sunrise pada pukul 05.30 waktu setempat. Karena pada waktu tersebut matahari sudah mulai nampak dan muncul perlahan

Anda akan merasakan suasana cukup sejuk saat menikmati momen sunrise di pantai ini, karena suhu di Pantai Kasuso masih cukup dingin.

3. Berenang dan Bermain Pasir

Pantai Kasuso Banto Bahari

Rasanya kurang lengkap apabila Anda melewatkan aktivitas berenang saat berkunjung di Pantai Kasuso ini merasakan kejernihan air laut di pantai ini.

Anda juga dapat berenang di sekitar Batu Taha dan juga tebing tanpa merasakan terik matahari yang menyengat karena sinar matahari akan terhalang batu dan tebing tersebut.

Selain berenang, Anda dapat bermain pasir bersama anak-anak. Hamparan pasir putih yang luas, sangat tepat buat bermain-main bersama keluarga.

5. Menyelam

Wisata Pantai Kasuso Banto Bahari

Anda dapat menikmati kejernihan air laut di Pantai Kasuso ini dengan melakukan aktivitas menyelam. Anda dapat melihat batu-batu kecil yang seakan tersusun rapi dengan pasir putihnya di dasar air ketika menyalam.

6. Memancing

Warga di sekitar pantai yang mayoritas bekerja sebagai nelayan. Beberapa diantara mereka akan dengan senang hati mengajak wisatawan apabila ingin memancing di laut.

Hal tersebut akan memberikan sebuah pengalaman memancing  yang berbeda saat Anda berada di Pantai Kasuso ini.

7. Swa Foto

Wisata Pantai Kasuso Bulukamba

Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen ketika Anda berkunjung di Pantai Kasuso. Hamparan pasir-nya yang putih, tebing yang kokoh, batu karang serta pepohonan yang tumbuh disekitar pantai, membuat pantai ini sangat cocok sebagai tempat untuk berfoto.

Bahkan banyak pengunjung di pantai ini yang datang hanya untuk menangkap gambar keindahan pesona Pantai Kasuso. Pemandangan yang ada memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang foto.

Banyak spot foto di pantai pasir putih ini yang sangat dianjurkan untuk dijadikan kenangan atau sebagai bahan unggahan di akun media sosial.

Fasilitas di Pantai Kasuso

Walaupun biayanya murah namun tidak menjadikan pantai ini murahan dengan tersedianya sarana dan prasarana yang cukup memadai. Warga sekitar juga banyak yang menawarkan beberapa sarana demi memudahkan wisatawan dalam melakukan aktivitas pantai.

Fasilitas-fasilitas yang ada di Pantai Kasuso ini diantaranya:

1. Area Tempat Parkir

Di sekitar pantai sudah disediakan area tempat parkir yang dapat digunakan untuk parkir kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat.

2. Kamar Mandi dan Toilet

Fasilitas pendukung seperti toilet dan juga kamar mandi telah disiapkan oleh pengelola.

Jadi Anda dapat dengan mudah menemukan kamar mandi dan toilet di sekitar pantai. Jadi Anda tidak perlu bingung jika ingin membilas diri setelah bermain air atau pasir di pinggir pantai.

3. Gazebo

Anda juga tidak perlu bingung untuk menemukan tempat beristirahat karena tersedia beberapa gazebo di sekitar pantai yang bisa disewa oleh pengunjung setiap saat.

4. Rumah Makan

Di sekitar pantai juga telah tersedia restoran serta warung-warung makan sederhana, jadi Anda tidak perlu khawatir jika khawatir akan kelaparan saat berkunjung ke pantai ini.

Makanan yang ditawarkan juga cukup enak dan lezat yang akan menggugah selera lidah Anda.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Kasuso yang terletak di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Jika Anda belum memutuskan tujuan destinasi Anda saat akhir pekan, maka Pantai Kasuso merupakan pilihan yang tepat.

Pantai pasir putih yang berpadu selaras dengan hamparan tebing ini merupakan salah satu destinasi wisata cantik yang berada pada rangkaian wisata pantai yang ada di Bulukumba ini.

7 Ulasan untuk Pantai Kasuso, Bulukumba, Sulawesi Selatan

  1. Pantai kasuso, salah satu pantai dengan nilai eksotisme yang menurut saya sangat menakjubkan… Keindahan yang ditampilkan sangat original dan menawan… Pasir putih yang begitu lembut dengan laut yang begitu jernih membuat siapapun merasa gemes dengan kondisi tersebut. Selain itu juga terdapat pulau batu karang yang berbentuk jamur memanjakan mata tentang indahnya alam yg terbentuk secara natural dan alami. Meski akses jalan menuju lokasi begitu ekstrim namun masih dalam teloransi safety, namun kita bisa menikmati keadaan hutan yang masih natural dengan riuhnya monyet yang lompat kiri kanan sambil bermain…. Mengenai tiket sampai sekarang masih gratis, biaya yg dikeluarkan hanya untuk sewa tempat / gazebo / bale-bale. Di pantai kasuso, anda juga bisa menikmati indahnya sunrise. . Kekurangan tempat ini masih banyaknya sampah alam berupa kayu dan sebagainya yang merupakan sampah yang terdampar dibawah gelombang. Disini masih natural dan belum tersentuh pihak pemerintah maupun pihak swasta jadi belum ada yang bertanggung jawab soal itu.

  2. Sangat indah.. Hanya kurang terawat krn mungkin blum ada regis juga.. Jd blm ad perhatian dari pemerintah.. Disana sudah ada pedagang sih… Seperti jajanan gorengan dn mie instan.. Dan keren buat camp

  3. Salah satu pantai terindah di kawasan Tanjung Bira. Daya tarik yang paling menonjol di pantai ini adalah batu karang Kasuso. Batu yang sangat indah yang dipahat oleh alam seolah tampak tumbuh dari dalam air. Pasir putih di pantai ini sangat bersih dan halus serasa berpijak di atas tepung pasir. Berpijak di bibir pantainya membuat kaki terbenam sedalam beberapa centimeter akibat lembutnya pasir di bibir pantainya. Sayangnya pantainya banyak sampah dari botol-botol bekas minuman yang membuat pantai ini terkesan jorok. Perlu kesadaran semua pengunjung dan pedagang untuk membersihkan dan menjaga kebersihan sepotong surga tersembunyi ini.

  4. pasirnya lebut seperti tepung, namun ditepian tempat warung2 agak kotor karena sampah. kalau di batas pantai dan laut sendiri bersih dan air bening,

  5. masuk pantai gratis cuman kalau mandi ya bayar krn pakai air Hehehe selamat berlibur

  6. Pantai yang indah dgn pasir putih yg menawan, sayangnya masih banyak sampah yg berserakan

  7. Tempatnya bagus dan bersihs uasana pantainya sangat indah dan air lautnya tenang.😉😊

Tinggalkan Balasan