Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira

Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan 92571, Indonesia.

15 Ulasan

Pulau Sulawesi merupakan salah satu pulau yang memiliki kekayaan alam yang beragam dan indah. Salah satu kekayaan tersebut berada di perairan yang menjadikan terdapat ditemukan dengan mudah wisata bahari.

Adanya deretan pantai di pulau ini disebut-sebut sebagai maladewa Indonesia. Tak terkecuali yaitu Pantai Tanjung Bira. Maka tak heran jika objek wisata pantai ini sudah cukup populer bagi para wisatawan untuk berlibur.

Meskipun sudah populer, namun kami akan menyajikan ulasan dibawah ini mengenai objek wisata Pantai Tanjung Bira beserta informasi terkait objek wisata tersebut, yang mungkin beberapa hal belum diketahui oleh wisatawan. Untuk itu, simak ulasannya di bawah ini.

Sejarah Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira tentunya tidak terlepas dengan cerita sejarah tentang pantai ini. Pantai Tanjung Bira ini terkenal dengan warganya yang dapat membuat perahu pinisi tradisional yang kuat.

Konon, dahulu terdapat perahu yang telah dibuat oleh masyarakat setempat ini kemudian perahu digunakan untuk berlayar di perairan oleh Pangeran Sawerigading yang berasal dari Negeri Palopo. Namun, hal tak terduga terjadi saat berlayar ahwa perahu tersebut dihempas oleh ombak yang besar.

Adanya ombak yang kencang tersebut mengakibatkan perahu pinisi tersebut pecah terbagi menjadi tiga bagian. Tiga bagian tersebut berada di daerah Tanah Elmo, Desa Ara dan juga Desa Bira.

Akibat dari kejadian tersebut, ketiga desa tersebut menjadi memiliki kepandaian tersendiri dalam membuat perahu pinisi.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Bira

Agar bisa memasuki suatu objek wisata, umumnya pengunjung harus membeli tiket masuk terlebih dahulu kepada petugas yang berjaga. Sama halnya dengan Pantai Tanjung Bira, kawasan ini juga memiliki harga tiket masuk agar bisa menikmati keindahan alamnya.

Namun, harga tiket masuk Pantai Tanjung Bira ini memiliki perbedaan pada saat weekday dan weekend dan juga wisatawan lokal dan mancanegara.

Pada hari weekday atau hari biasa, maka wisatawan lokal akan dikenakan biaya tiket masuk Rp 10.000. Sedangkan untuk wisatawan asing biaya tiket masuk sebesar Rp. 20.000 per orang.

Namun seperti pada pernyataan diatas bahwa terdapat perbedaan harga tiket masuk pada saat hari libur atau weekday.

Pada hari tertentu terutama libur panjang dan hari besar maka akan ada kenaikan harga tiket masuk, yaitu sekitar Rp 15.000 bahkan hingga Rp 20.000 per orang.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tanjung Bira

Rute Pantai Tanjung Bira

Alamat Pantai Tanjung Bira ini berada di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Jarak yang harus Anda lalui jika dari Kota Makassar kurang lebih 200 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 5 hingga 6 jam. Memang perjalanan yang cukup lama, namun perjalanan Anda akan terbayar sesampainya di Pantai Tanjung Bira dengan daya tarik yang dimilikinya.

Anda pun bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda bisa melalui Gowa yang kemudian dilanjutkan menuju Kabupaten Takalar hingga Kabupaten Jeneponto.

Setelah itu masih melanjutkan lagi ke Kabupaten Bantaeng dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan arahan papan petunjuk jalan Pantai Tanjung Bira.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan aplikasi google maps untuk mendapatkan rute terbaik. Namun, jika Anda menggunakan kendaraan umum, maka dapat memilih menggunakan bus yang turun di kawasan Pelabuhan Selayar Bulukumba. Sehingga kemudian harus melanjutkan dengan menggunakan angkot ataupun ojek.

Objek Wisata Pantai Tanjung Bira

Adapun daya tarik wisata yang dapat Anda temukan ketika berada di Pantai Tanjung Bira yang cukup populer ini adalah:

1. Pasir Pantai yang Lembut

Pantai Tanjung Bira Bulukamba

Wisatawan akan merasakan hal berbeda ketika menginjakkan kaki di pantai ini. Bagaimana tidak, hamparan pasir pantai ini memiliki tekstur yang berbeda dengan pantai lainnya.

Karena memiliki tekstur pasir yang bersih, putih dan lembut maka sering disebut dengan pasir terigu yang memang tampak terlihat seperti tepung terigu.

Adanya pasir lembut seperti terigu ini, menjadikan hamparan pasir ini nyaman digunakan bermain pasir apalagi bersama anak-anak. Selain itu, pasir yang lembut dan rata ini juga bisa dipergunakan untuk mendirikan tenda camping.

Namun, jika ingin melakukan kegiatan camping di area ini, sebaiknya mencari tempat yang cukup aman dan nyaman ya. Agar terhindar dari ombak laut dan juga panasnya matahari di siang hari. 

2. Bermain Air Laut

Wisata Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira menawarkan keindahan alam yang menakjubkan salah satunya yaitu terdapat pada air laut yang khas. Air laut ini berwarna biru yang jernih, sehingga terlihat selalu menyegarkan dan menyejukkan mata.

Karena kejernihan yang dimilikinya tersebut ditambah lagi ombak yang datang tidaklah terlalu besar, maka Anda dapat bermain air laut ini di sekitar bibir pantai. Hal ini akan semakin seru jika dilakukan bersama-sama dengan keluarga.

3. Banana Boat

Wisata Pantai Tanjung Bira Bulukamba

Tak hanya digunakan untuk bermain air di bibir pantai saja, namun perairan pantai ini juga dimanfaatkan oleh pengelola dengan adanya wahana air berupa banana boat. Hal ini menjadi menambah daya tarik wisatawan untuk menaiki wahana tersebut.

Namun, agar bisa menaiki wahana banana boat, Anda harus mengajak hingga 8 orang untuk menaiki-nya, karena kalau belum memenuhi slot penumpang maka wahana ini tidak seimbang.

Setelah terisi penumpang yang dilengkapi dengan pelampung, maka banana boat ini siap ditarik oleh perahu mesin yang cukup kencang.

4. Sunrise dan Sunset

Sunset Di Pantai Tanjung Bira

Tidak semua pantai dapat memiliki keindahan panorama alam yang sama, seperti memiliki tempat untuk melihat matahari muncul dan juga tenggelam. Namun di Pantai Tanjung Bira ini, Anda bisa menikmati panorama tersebut, pasti akan menambah keindahan pantai ini.

Tak tanggung-tanggung, berada di pantai ini pun tak hanya bisa menikmati keindahan sunset-nya saja, namun juga bisa melihat panorama sunrise. Hal ini menjadikan Pantai Tanjung Bira berbeda dari destinasi pantai yang lain.

Oleh karena itu, pantai ini menjadi salah satu tempat yang diburu oleh para fotografer untuk mengabadikan momen alam tersebut.

Anda bisa berada di sisi sebelah barat untuk mendapatkan spot sunset terbaik, sedangkan untuk melihat sunrise yaitu matahari terbit Anda bisa melihatnya dari pelabuhan yang berada di sisi timur pantai ini.

5. Snorkeling dan Diving

Diving Di Pantai Tanjung Bira

Tidak hanya memiliki pemandangan alam yang terkenal indah, namun Pantai Tanjung Bira ini juga dikenal sebagai perairan yang menjadi surga-nya para penyelam.

Jadi, karena di dalam perairan ini menyimpan berbagai biota laut yang begitu menawan. ikan-ikan kecil serta terumbu karang disini sangat indah.

Mereka tumbuh dengan sangat baik dan terawat.Untuk dapat melihat keindahan tersebut, Anda harus melakukan penyelaman ke dasar laut perairan ini dengan melakukan snorkeling dan diving.

Kabarnya, di Pantai Tanjung Bira ini terdapat kurang lebih ada 16 spot untuk menyelam yang tidak boleh dilewatkan, karena spot tersebut memiliki titik yang indah dengan ciri khas tersendiri.

Biota laut seperti terumbu karang, ikan dengan berbagai warna dan juga  berbagai tumbuhan laut di pantai ini masih alami dan terjaga dengan baik.

Beberapa spesies ikan yang dapat Anda temui ketika melakukan snorkeling dan diving di pantai ini diantaranya ada ikan pari, barakuda, dan juga berbagai biota laut yang mungkin belum pernah Anda temui sebelumnya.

Jika Anda melakukan snorkeling atau diving, kusahakan agar membawa kamera waterproof sebagai alat untuk mengabadikan keindahan dasar laut. Dengan begitu bisa menjadikan sebuah momen Anda ketika melakukan aktivitas menyelam, pasti menjadi suatu kenangan yang tak terlupakan.

6. Berkeliling Pulau

Fasilitas Pantai Tanjung Bira

Hal menarik lainnya yang bisa Anda lakukan ketika berlibur di Pantai Tanjung Bira,  yaitu aktivitas dengan berkeliling pulau menggunakan perahu.

Untuk bisa menaiki perahu tersebut, Anda harus menjualnya kepada petugas sekitar dengan harga Rp 300.000 yang bisa diisi dengan beberapa orang per perahu.

Setelah perahu tersebut penuh dengan penumpang, maka perahu tersebut siap membawa para wisatawan untuk mengelilingi perairan Pantai Tanjung Bira dengan melihat keindahan secara lebih dekat.

7. Wisata Religi

Berada di pantai ini tidak hanya dapat merasakan sensasi wisata berlibur dengan melihat pemandangan yang indah, tetapi Anda pun juga bisa untuk mencoba berwisata religi.

Belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Wisata religi yang berada di kawasan pantai ini adalah dengan mengunjungi makam Dato Ri Tiro, yang merupakan salah satu tokoh penyebar agama Islam di Sulawesi.

Dengan terdapatnya malam ini dapat melengkapi wisata Pantai Tanjung Bira menjadi lebih berwarna. Dikarenakan wisatawan yang berkunjung dapat memperoleh wisata budaya dan sejarah yang telah lampau.

8. Melihat Pembuatan Kapal Pinisi

Objek Wisata Pantai Tanjung Bira

Seperti yang kita ketahui bahwa nenek moyang bangsa Indonesia merupakan seorang pelaut. Tak terkecuali para leluhur dan nenek moyang Sulawesi tepatnya adalah Suku Bugis yang merupakan pelaut.

Meskipun para leluhur sudah tiada, namun masyarakat Suku Bugis meneruskan budaya yang telah ada dengan melestarikan dan mempertahankan dengan membuat kapal pinisi.

Kapal pinisi merupakan kapal tradisional para rakyat Sulawesi terutama suku Bugis yang terkenal dengan pelaut yang tangguh. 

Oleh karena itu, di sekitar pantai ini pun terdapat rumah yang digunakan sebagai  pembuatan kapal pinisi. Terlebih lagi, pada saat ini, rumah tersebut menjadi pusat pembuatan kapal pinisi di Indonesia. 

Jadi, jika Ada berkunjung ke Pantai Tanjung Bira, tak ada salahnya jika menyempatkan untuk mendatangi pusat pembuatan kapal layar pinisi ini. Sehingga Anda dapat mengetahui beberapa tahapan dan proses pembuatan suatu kapal layar yang dapat menambah wisata edukasi Anda ketika berlibur.

Fasilitas Pantai Tanjung Bira

Meskipun pantai ini cukup jauh diakses dari kota, namun karena memiliki daya tarik tersendiri maka pantai ini cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang berlibur. Fasilitas bagi para wisatawan pun sudah ada, diantaranya yaitu:

1. Area Parkir

Untuk menaruh kendaraan yang Anda pergunakan seperti motor, mobil pun sudah disediakan tempat parkir di kawasan pantai ini. Namun, terdapat biaya parkir yaitu mulai dari 5 ribu hingga 20 ribu tergantung dari jenis kendaraan yang Anda pikirkan.

Meskipun demikian, sayangnya area parkir ini tidaklah luas, sehingga Anda harus datang lebih awal daripada wisatawan lain hanya untuk mendapatkan tempat parkir yang nyaman dan mudah dijangkau.

2. Toilet

Pantai ini sudah menyediakan fasilitas pendukung berupa toilet yang bisa digunakan oleh para wisatawan. Di toilet ini, Anda juga bisa melakukan bilas atau mandi karena adanya pancuran air.

Namun, untuk menggunakannya maka harus membayar sekitar Rp. 5.000 hingga Rp 10.000.

3. Warung Makan

Pantai ini terdapat berbagai warung makan yang berdiri berdampingan satu sama lain. Oleh karena itu Anda dapat memanfaatkan warung makan ini dengan menjajal berbagai menu kuliner yang tersedia.

Berbagai menu olahan ikan dan juga menu kuliner khas yang tersedia siap memanjakan lidah para wisatawan.

Menu yang tersedia berupa olahan ikan dan seafood, selain itu makanan khas Manado dan Toraja juga bisa Anda temukan yang terkenal dengan cita rasa masakan pedas dan asam.

Karena terdapat berbagai macam menu olahan yang berbahan ikan, maka harga yang dipatok pun juga beragam, tergantung ikan yang digunakan dan juga cara memasaknya.

Namun, Anda juga bisa bisa menikmati selai dari olahan ikan yaitu konro dan coto makassar yang memiliki rasa yang tak kalah lezat. 

4. Penginapan

Memang untuk menikmati dan menjelajah Pantai Tanjung Bira ini tak akan cukup dalam satu hari saja. Oleh sebab itu, maka pengelola sudah menyediakan fasilitas berupa adanya berbagai pilihan penginapan yang berada di kawasan pantai.

Hal ini sangat cocok bagi Anda yang berasal dari luar daerah untuk melakukan berlibur dalam beberapa hari.

Tempat penginapan ini pun sudah tertata dan terdapat berbagai pilihan dengan harga yang beragam tergantung pada tempat dan fasilitas yang didapatkan.

Jika akan bermalam dengan suasana yang sederhana, maka bisa memilih homestay yang pasti juga lebih menghemat biaya. Tetapi, jika menginginkan tempat yang lebih istimewa dengan view yang langsung menghadap ke laut, Anda bisa memilih villa atau bungalow.

Selain itu, terdapat juga hotel yang menawarkan berbagai fasilitas dengan harga mulai dari Rp. 300.000 per malamnya. Oleh karena itu, Anda tinggal memilih tempat penginapan yang dapat Anda sesuaikan dengan budget liburan yang telah Anda persiapkan..

Jika Anda sedang berada di Bulukumba, selain berlibur di Pantai Tanjung Bira, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Panrang Luhu dan pantai yang indah lainnya.

Demikian informasi mengenai wisata Pantai Tanjung Bira yang memiliki banyak daya tarik bagi wisatawan. Jangan lewatkan untuk dapat berkunjung ke pantai yang indah ini.

15 Ulasan untuk Pantai Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan

  1. . . Sulawesi dikenal sebagai pulau yang kaya akan potensi alam dan juga budayanya. Karena dekat dengan negara seberang maka sulawesi juga tak ayal memiliki percampuran adat dan juga bahasa. Selain itu sulawesi merupakan pulau yang letaknya cukup jauh dari pusat ibukota dan dekat dengan pulau papua.. . Namun sulawesi sudah jauh lebih modern dan juga maju. Pembangunan disana tak kalah pesat dengan yang ada di pulau Jawa. Walaupun belum merata, namun sulawesi dianggap jauh lebih modern dibandingkan pulau kalimantan dan papua.. . Salah satunya adalah sulawesi selatan, disini ternyata ada tempat wisata tersembunyi yang bisa anda kunjungi jika anda mampir ke provinsi ini. Wisata ini dinamakan tanjung bira atau tanjung bire.

  2. Jika penat mu tak kunjung hilang, datanglah ke pantai in. Yakin hanya beberapa menit kau turun kan angkau rasakan betapa bahagianya dirimi berada disana dibuai angin yang sejuk, di basahi air yg jernih, dan diramaikan dengan suasana yg meriah

  3. Pasir yang putih, banyak penginapan yang murah, harga makanan yang pas budget. Banyak yang jualan souvenir di sepanjang jalan menuju pantai. Ada wahana bananaboat harga kurang lebih ratusan yag memuat 6 orang. Kuy explorer pantai bira, dijamin tidak nyesal

  4. Harga masuk pantai ini tidak bersahabat dengan masyarakat lokal bulukumba. Terlalu mahal dan kadang karcis yang diberikan tidak sesuai bahkan tidak ada stempel pemdanya. Mohon pemerintah untuk memperhatikan tempat ini selain untuk wisatawan juga untuk warga lokal bulukumba. Masa jadi turis di kampung sendiri. Semoga pemerintah bisa menanggapi.

  5. Pasirnya yang putih dan halus, pemandangan nya sangat alami dan banyak wahana seperti banana boat, dan selalu ramai banyak pengunjung, cocok untuk keluarga juga, dan banyak tempat penginapan, pokoknya rekomendasi banget

  6. pantai Bira merupakan sala-satu objek wisata yang terletak di kab.bulukumba dan sala-satu objek wisata yang sering di kunjungi oleh turis asing

  7. Terletak di bira, kec. Bontobahari , kab.Bulukumba.. Pantai bira adalah salah satu pantai yg berada di kabupaten bulukumba yg merupakan pantai favorit baik wrga asli maupun mancanegara.

  8. Suatu saat harus kembali kesana lagi, petunjuk sudah jelas cuma sayang bingung pantainya yg mana krn banyak pantai disitu. Baru kali ini nemu pantai yang pasirnya alus pisan kayak garam

  9. harus dikunjungi..!! pantai sangat eksotis, pasir putih sangat halus, ombak sangat kecil, cocok buat maen air/berenang di laut. ada bbrp wahana permainan, semacam banana boat, ban. bisa juga naik perahu, nyebrang ke pulau penyu di sebelah. banyak wisma di sekitar pantai. sebaiknya bawa duit cash.

  10. Pantai yang terletak di kabupaten Bulukumba ini menyuguhkan pemandangan yang indah dan pasir putih yang membuat kita enggan beranjak. Untuk menuju pantai ini dibutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan darat dari kota makassar. Fasilitas yang tersedia ditempat wisata ini terbilang cukup baik, wisatawan dapat memilih penginapan dari yg murah sampai yang lumayan mahal, dipantainya sendiri tersedia wahana air berupa banana boat dan kapal-kapal yang siap mengantar wisatan untuk snorkling atau menyeberang ke pulau-pulau kecil. Tak lupa warung-warung yang berjejer disepanjang bibir pantai untuk mengisi perut setelah lelah bermain air

  11. Pengalaman tahun 2015 ke sini sekeluarga, jauuuuh banget perjalanan ke sini tp terbayar sih sama pemandangannya yg bener² memanjakan mata & pikiran, maklum di tempat tinggalku nggak asa yg sebening ini pantai nya 😁

  12. Pantai Bira yang membentang panjang🏖titik ini terdekat dari ujung jalan kaki sebelum turun ke pinggir pantai Bira
    06 Jun 2019 kunjungan sesaat Pantai Bira dalam Idul Fitri 1440 H perjalanan Watampone-Sinjai-Bulukumba

  13. Pantai pasir putih nan cantik, bisa menjadi destinasi wisata anda selanjutnya

  14. Pasirnya, pantainya baguss, lautnya jernih, bahkan Masih bisa denger bunyi burung laut (camar atau apa lupa jenisnya)

  15. Pemandangan yang indah dan banyak hal yang bisa kamu lakukan di pantai ini

Tinggalkan Balasan