Pantai Panrang Luhu

Pantai Panrang Luhu

Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan 92571, Indonesia.

22 Ulasan

Apabila Anda hobi traveling, maka Anda bisa mencoba mengunjungi Provinsi Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Bulukumba. Bulukumba sendiri merupakan ikon pariwisata di Sulawesi Selatan yang menarik perhatian para wisatawan.

Tiap tahunnya di Bulukumba diadakan festival tahunan yaitu Festival Phinisi yang sudah masuk dalam agenda rutin bagi Dinas Provinsi Sulawesi Selatan. Selain dikenal dengan historis kapal Phinisi, Bulukumba juga dikenal dengan keberadaan pantainya yang memiliki pasir putih.

Setelah Tebing Appalarang kini banyak bermunculan pantai- pantai baru yang berada di dekat Tanjung Bira yang sangat disayangkan untuk dilewatkan saat Anda berada di Makasar.

Diantaranya adalah Pantai Panrang Luhu yang juga merupakan salah satu pantai cantik yang dimiliki oleh Bulukumba.

Pantai Panrang Luhu

Pantai Panrang Luhu

Pantai pasir putih di Kabupaten Bulukumba memang memiliki kelebihan tersendiri daripada pantai-pantai lainnya yang memiliki warna gelap.

Salah satunya adalah Pantai Panrang Luhu yang merupakan salah satu kawasan wisata pantai dengan pasir putihnya yang memukau di Kabupaten Bulukumba.

Pantai Panrang Luhu sendiri  diambil dari bahasa daerah setempat yang dipergunakan sehari-hari. Panrang Lunhu memiliki arti tempat istirahat terakhir atau dalam artian lain pemakaman orang Luwu.

Daerah Panrang Lunhu sendiri dikenal dengan daerah penghasil Phinisi, inilah mengapa saat Anda baru tiba di kawasan wisata ini Anda akan disambut dengan panorama deretan kapal di pantai.

Pada saat liburan Anda dapat mencoba untuk berkunjung ke kawasan wisata pantai ini. Selain merupakan tempat wisata yang menyajikan keindahan alamnya, lokasinya juga sangat mudah untuk dicapai.

Harga Tiket Masuk Pantai Panrang Luhu

Jika Anda berminat mengunjungi kawasan Pantai Panrang Luhu ini maka Anda akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 5000.

Namun ada biaya tambahan biaya parkir sebesar  Rp 5000 untuk kendaraan roda dua, sedangkan sebesar Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat atau mobil.

Rute Menuju Pantai Panrang Luhu

Pantai Panrangluhu

Pantai Panrang Lunhu terletak di Kecamatan Bontobahari, yang berjarak 40 kilometer dari pusat Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan dan memiliki waktu tempuh sekitar 45 menit jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Akses jalan yang ditempuh untuk mencapai lokasi wisata menuju ke kawasan wisata Pantai Panrang Luhu ini terbilang cukup baik. Jalan yang sudah di aspal namun belum ada papan penunjuk jalan dengan spot-spot wisata yang diinginkan.

Di sekitar wisata pantai ini terdapat empat wisata yang tengah dikembangkan potensi pariwisata-nya karena daerah Bulukumba memang dikenal dengan keindahan pasir putihnya.

Di dekat Pantai ini juga terdapat sebuah pelabuhan yang menghubungkan antara Kabupaten Bulukumba dengan Kabupaten Selayar sehingga jalur transportasi menuju kawasan obyek wisata Pantai Panrang Luhu ini cukup ramai.

Karena jalan ini merupakan satu-satunya akses yang menuju ke Kabupaten Kepulauan Selayar.  Sarana transportasi umum menuju ke kawasan wisata Pantai Panrang Luhu masih terbatas dan  hanya ada pada waktu-waktu tertentu yakni pagi dan sore.

Oleh sebab itu disarankan untuk memakai kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Tidak adanya  transportasi umum seperti angkutan umum atau bus pariwisata kemungkinan disebabkan oleh kondisi jalan yang tidak terlalu lebar menuju lokasi Pantai ini.

Obyek Wisata Pantai Panrang Luhu

Terlepas dari namanya yang sedikit seram obyek wisata Pantai Panrang Luhu ini menyajikan  nuansa alami yang menyejukkan mata. Pohon kelapa yang berderet di kawasan pesisir pantai seakan membuat nyaman nuansa di pantai ini.

Serta banyak lagi fasilitas lainnya yang tersedia di pantai ini, selain itu Anda juga bisa melakukan beragam aktivitas di Pantai Panrang Luhu ini

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Wisata Pantai Panrang Luhu

Pantai Panrang Luhu memiliki pasir putih yang indah sehingga sangat cocok jika Anda beserta keluarga menikmati keindahan pemandangan pantai.

Jika Anda bersama anak-anak, anda melakukan kegiatan bermain pasir di pantai ini. Memainkan istana pasir atau mengubur tubuh didalam pasir akan menjadi permainan menarik untuk Anda beserta anak-anak.

Pantai ini juga cukup aman untuk Anda dan keluarga bermain air serta berenang di tepiannya. Namun tetap menjaga keamanan untuk tetap bermain di pinggir pantainya saja.

2. Menikmati Keindahan Sunrise dan Sunset

Sunset Di Pantai Panrang Luhu

Jika biasanya fenomena menarik dari sebuah pantai adalah momen sunset namun di Pantai Panrang Luhu ini Anda akan melihat panorama sunrise yang lebih indah daripada sunset.

Pantai ini sangat indah sekali saat pagi hari dimana siluet cahaya matahari terlihat eksotis yang sangat indah untuk diabadikan dalam sebuah foto karena keindahannya yang sangat Instragmable.

3. Banana Boat

Banana Boat Di Pantai Panrang Luhu

Anda juga menikmati sport air yang cukup memacu adrenalin dengan bermain banana boat di pantai ini.

Melaju diatas perahu karet berbentuk pisang dengan laju tinggi yang kemudian dihempas ke air merupakan sebuah permainan seru bagi Anda yang memiliki keberanian yang tinggi.

4. Bermain Kano

Naik Kano Di Pantai Panrang Luhu

Bagi Anda yang tidak menyukai permainan ekstrim seperti banana boat maka Anda bisa mencoba permainan air lainnya yang lebih santai yakni bermain perahu kano. Anda dapat bersantai menikmati udara laut sambil mendayung diatas perahu.

5. Camping Ground

Anda yang ingin menginap di pantai dengan suasana yang alami maka Anda dapat berkemah di pantai ini. Anda dapat menggunakan fasilitas peralatan berkemah yang telah disediakan oleh pihak pengelola Pantai Panrang Luhu.

Menikmati udara malam yang berlangit bintang, serta ditemani suara ombak dan juga hangatnya api unggun akan menjadi pengalaman yang berkesan untuk Anda.

6. Pengrajin Kapal Phinisi

Pengrajin Kapal Phinisi Di Pantai Panrangluhu

Panrang Luhu juga dikenal sebagai tempat pengrajin kapal Phinisi, dimana saat Anda masuk ke area pantai ini Anda akan disuguhi dengan pemandangan barisan kapal.

Anda juga dapat secara langsung menyaksikan proses pembuatan kapal Phinisi yang memiliki tinggi di atas pohon kelapa tersebut.

Sebagian besar dari penduduk sekitar Pantai Panrang Luhu juga merupakan nelayan, maka tak heran apabila di sekitar pantai terdapat banyak perahu-perahu kecil milik nelayan.

Biasanya menjelang sore warga setempat akan bersiap-siap melaksanakan aktivitasnya, hal ini merupakan pemandangan yang menarik bagi para wisatawan.

7. Memanggang Barbeque

Bagi Anda  yang hobi menikmati sajian ikan bakar atau sajian  seafood yang lain, Anda tidak perlu repot dalam menyediakan peralatan panggangan, karena di tempat ini telah tersedia alat panggang yang bisa Anda pergunakan.

Sehingga apabila Anda memiliki acara dengan tema outdoor, Anda dapat menjadikan Pantai Panrang Luhu sebagai pilihan alternatif. Kawasan wisata Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berkumpul bersama teman-teman kerja Anda

8. Penginapan

Pantai Panrangluhu Bulukamba

Di Pantai Panrang Luhu juga terdapat fasilitas penginapan untuk wisatawan yang ingin bermalam di sekitar pantai. Namun tak tampak seperti penginapan di tempat lain, disini Anda akan menemukan aneka warna dan juga model dari penginapan yang ada di sekitar pantai.

Tarif yang dipatok pada tiap penginapan pun beragam dan bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada sepi atau ramainya  pengunjung pantai. Biasanya pengunjung akan ramai jika waktu menjelang liburan tiba.

Fasilitas di Pantai Panrang Luhu

Untuk permasalahan fasilitas pengelola obyek wisata Pantai Panrang Luhu memprioritaskan kenyamanan para pengunjung sehingga untuk sarana pendukung di pantai ini terbilang cukup lengkap.

Fasilitas pendukung yang dimiliki Pantai Panrang Luhu diantaranya adalah area parkir yang luas, toilet umum yang bersih dengan keamanan yang kondusif.  Tersedia juga warung-warung penjual makanan dan juga minuman hingga penyediaan tempat peribadatan seperti musholla.

Anda juga akan mendapati fasilitas bersantai gazebo dengan ukuran yang tidak terlalu besar dimana Anda dapat menggunakan gazebo tersebut sambil menikmati suasana santai di sekitar lokasi pantai.

Namun Anda perlu membayar jika ingin menggunakan gazebo tersebut, tapi tak perlu khawatir karena harga yang sewa yang ditawarkan untuk sebuah gazebo cukup terjangkau.

Wilayah Bulukamba memang memiliki keindahan pantai dengan tebing-nya. Pantai itu seperti Pantai Marumasa dan Pantai Apparalang. Jika Anda berkunjung ke Bulukamba, jangan lupa mengunjungi pantai-pantai yang indah ini.

Demikian ulasan dari wisata Pantai Panrang Luhu dengan segala aktivitasnya. Pantai ini sangat layak untuk dikunjungi dan dijadikan destinasi wisata untuk liburan Anda selanjutnya.

22 Ulasan untuk Pantai Panrang Luhu, Bulukumba, Sulawesi Selatan

  1. Pantainya bersih pasir putih..ala2 bali..recomended

  2. Untuk kalian yg suka join ke pantai, panrangluwu salah satu tempt indah yg ad d kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. You will regret if not visited ūüėČūüėČ

  3. Pantainya mantap

  4. Tempat yang bagus, karena ada pembuatan phinisi disini di tambah sepanjang pantainya yang indah dapat menjadi salah satu spot foto yangg bagus

  5. pantai yang indah

  6. pantai yang indah

  7. Panrangluhu pantainya asri blm terjamah..msh natural dr alam…pasirnya putih,byk terumbu karang…lautnya bersih.. Ayo berkunjung ke pantai panrangluhu

  8. Mantap, pantai nya bersih, dan skrng sdh banyak penginapan juga dsna.

  9. Perjalanan yang sangat luar biasa. Dengan tempat yang sangat indah.

  10. Salah satu pantai alternatif di kawasan wisata Bira, selain pantai Bira dan bara

  11. Keren untuk mandi pagi di pantai pasir putih….

  12. View yg indah dekat dengan pantai bira

  13. Salah satu spot pantai di bulukumba, lokasi pantai ini sebelum pelabuhan ferry pembelokan sebelah kiri ada petunjuk/tulisan (pantai panrang luhu). Tempat ini sangat cocok juga buat camping, pantai dengan pasir putih, banyak gazebo gazebo yang disewakan, suasana yang yang sejuk dengan deretan pohon kelapa di pesisir pantai. Biaya masuk cukup bayar parkir mobil 10k. 5 k untuk motor.

  14. Pantai Panrangluhu ini kalau dilihat dari perjalanan menuju ke Bira sangat indah dan menyejukkan mata. Perpaduan warna air laut dan pasir putihnya sangat indah. Saat masuk ke pantai ini ada tempat yang bersentuhan langsung dengan rumah penduduk, didekatnya dipenuhi sampah. Jadi tolong pengunjung yang datang ke pantai ini atau ke objek wisata lainnya selalu jaga kebersihan ya.. Di Pantai ini, terdapat banyak resort dengan konsep yang sangat unik. Tersedia gazebo di pinggir pantai.

  15. Pemandangan sangat cantik.. Tapi hati2 sama bulu babi

  16. Pantainya indah, tempat yang pas tuk acara gathering…

  17. Pantai bagus, pasir putih, ombak tenang.. gak rugi jauh2 dari makassar..

  18. Ngeliat proses pembuatan kapal pinisi dan bisa nanya2 ke pekerja nya. Orang nya ramah2 dan boleh naik langsung ke kapal yg sedang dibuat

  19. Setelah berkunjung selama 2 hari, bisa dikatakan saya sangat puas dengan liburan saya,. Yaa gimana nggak fasilitas yang disediakan lengkap kebersihan lingkungan terjaga keramahan penduduk nya sangat baik,. Dan tersedia penjual oleh-oleh meskipun tidak memiliki toko, maklum disini tempatnya pedesaan banget… . Disini jga tersedia kano dan banana boat

  20. Sekitar tahun 2008 pernah Rihlah kesini bersama ikhwah. Namun saat ini kondisi pantai ini sudah tidak terawat

  21. Pantai sangat indah, airnya jg jernih, sayang banyak yg buang sampah sembarangan

  22. Lokasinya baru, disini juga daerahnya nelayan jadi ada beberapa kapal bersandar di pantai

Tinggalkan Balasan