Pantai Bara

Pantai Bara

Desa Bira, Kecamatan Bonto Gahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan 92571, Indonesia.

10 Ulasan

Terletak di ujung selatan Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Bulukumba mempunyai dataran tinggi di kaki Gunung Bawakareang, Lompobattang, dataran rendah yang merupakan wilayah pantai dan juga dataran rendah.

Kabupaten ini terkenal dengan industri perahu Phinisi yang legendaris ini juga memiliki deretan wisata bahari yang seakan tidak ada habisnya. Laut yang ada di Bulukumba merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki pemandangan yang indah dan juga eksotik.

Apabila Anda sedang berwisata di Bulukumba, Pantai Bira mungkin merupakan pantai yang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Namun apakah Anda tahu kalau Pantai Bira ini memiliki kembaran bernama “Pantai Bara” yang tak kalah cantik-nya keindahannya.

Pantai Bara Bulukamba

Pantai Bara

Berada di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Wisata Pantai Bara ini sering disebut sebagai saudara kembar Pantai Bira. Selain namanya yang hampir mirip, jarak kedua pantai tersebut hanya berkisar 3 kilometer saja.

Jika Anda berada di Pantai Tanjung Bira dan menghadap ke arah pantai, Pantai Bara berada di ujung kanan pantai ini. Jadi saat Anda mengunjungi Pantai Bira, Anda bisa langsung berjalan menuju ke Pantai Bara untuk menikmati keindahannya.

Untuk Anda yang mencari ketenangan, Pantai Bara adalah tempat yang cocok untuk dijadikan tempat berlabuh. Tidak heran jika turis-turis mancanegara banyak yang memilih untuk menginap di pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Bara

Dikarenakan lokasi Pantai Bara yang terletak di kawasan Pantai Tanjung Bira, maka pengunjung di Pantai Bara ini dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per-orang. Harga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola pantai.

Setelah itu Anda tidak akan dikenakan tarif  lagi kecuali untuk tambahan biaya parkir yakni sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Pengelola Pantai Bara tidak menentukan jam operasional pantai ini, dimana Anda dapat berkunjung ke pantai Bira selama 24 jam.

Rute Menuju Lokasi Pantai Bara

Rute Menuju Pantai Bira Bulukamba

Pantai Bara terletak di kawasan wisata Tanjung Bira yang berada tepat di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Untuk dapat sampai di kawasan pantai ini, Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan roda dua, roda empat atau kendaraan besar seperti mini bus.

Namun apabila Anda enggan berkendara sendiri maka Anda bisa menggunakan travel untuk berkunjung kesini. Jarak yang ditempuh dari pusat Kabupaten Bulukumba hingga sampai ke tujuan kurang lebih 45 kilometer.

Dari gerbang wisata Pantai Tanjung Bira dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 15 menit apabila Anda menggunakan motor saat menuju ke Pantai Bara.

Sepanjang perjalanan Anda akan melewati perbukitan dan akses jalan yang tidak terlalu besar, namun masih bisa dilewati oleh kendaraan roda empat.

Sebaiknya mengunjungi Pantai Bara pada saat pagi atau siang hari karena akses jalan yang melewati hutan dan perbukitan yang memungkinkan wisatawan berpapasan dengan hewan liar. Karena hal tersebutlah tidak dianjurkan untuk melewati jalur tersebut setelah sore hari.

Selain melewati jalur darat melalui rimbun-nya hutan, Anda juga bisa memakai jalur alternatif lain yakni lewat air. Anda dapat menyewa boat atau perahu untuk sampai ke pantai tersembunyi ini.

Dengan menggunakan jalur air, Anda tentunya Anda tak perlu khawatir akan bertemu dengan hewan liar.

Obyek Wisata Pantai Bara

Pantai Bara adalah surga yang tersembunyi yang berada di ujung selatan Makasar. Lokasi Pantai Bara yang agak terpencil adalah alasan utama ketidak terkenal-nya dari pantai ini.

Selain itu Anda akan bisa melakukan hal menarik lainnya di Pantai Bara ini..

1. Menikmati Keindahan Pantai Bara

Pantai Bara Bulukamba

Pantai Bara ini merupakan sebuah pantai yang tersembunyi di Bulukumba, sangat cocok untuk Anda yang menyukai suasana pantai yang sunyi dan juga tenang.

Pasir putihnya yang lembut dipadukan dengan gradasi air laut yang berwarna biru hingga tosca ini membuat pantai ini terlihat semakin eksotis.

Banyak terdapat pepohonan kelapa disini yang sering dijadikan tempat ayunan oleh para pengunjung karena pohon kelapa disini rata-rata tumbuh dengan kemiringan hingga 45 derajat. Selain itu di sepanjang Pantai Bara dikelilingi oleh tebing karang yang menegaskan image pantai ini yang terisolasi.

Saking sepinya jika Anda berlibur ke pantai ini akan serasa seperti pantai pribadi. Sementara beberapa perahu nelayan dan juga perahu untuk wisatawan berderet di pinggir pantai, kehadiran perahu tersebut semakin membuat pantai ini semakin menawan.

Sementara tampak dikejauhan terlihat Pulau Liukang Loe. Seperti halnya di Pantai Tanjung Bira, para pengunjung dapat menyewa kapal tersebut untuk menyambangi pulau-pulau yang ada diseberang yaitu Pulau Liukang Loe dan Pulau Kambing dengan waktu perjalanan sekitar 15 hingga 20 menit.

2.Snorkeling dan Diving

Snorkeling Di Pantai Bara

Kegiatan snorkeling pasti tidak akan Anda lewatkan, karena Sulawesi sangat terkenal akan keindahan alam bawah laut-nya.

Dengan menyelami keindahan laut Bara Bulukumba Anda akan mendapatkan pengalaman menarik melihat keindahan biota laut serta terumbu karang-nya.

3. Berenang dan Bermain Pasir

Wisata Pantai Bara Bulukamba

Pantai di Bulukumba memang terkenal akan pasir putihnya yang menawan, maka kegiatan bermain pasir akan menjadi kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di Pantai ini.

Banyak wisatawan yang bermain miniatur bangunan seperti istana pasir atau permainan pasir lainnya di pantai ini.

Pantai Bara memiliki air yang sangat jernih, Anda akan merasa seperti sedang memandang sebuah kolam yang jernih dan juga bersih. Pantai Bara seolah mengundang siapapun yang berada di tepi pantai untuk langsung berenang ke laut.

Suasana laut yang seperti inilah yang tidak akan wisatawan temukan dari pantai-pantai lainnya.

4. Camping Ground

Camping Di Pantai Bara

Untuk Anda yang hobi berkemah disediakan area camping ground, pengelola juga menyediakan peralatan berkemah bagi wisatawan yang berminat untuk bermalam di pantai ini.

Apabila Anda menginginkan area yang lebih sepi, Anda bisa berjalan kaki lebih jauh ke arah sudut kanan agar terhindar dari hilir mudik pengunjung yang lain.

Selain tempat ini lebih sepi, spot bagian area ini memang lebih menarik, dinding serta batu karang yang berpadu dengan hijaunya daun serta birunya air laut menjadikannya semakin eksotis.

5. Naik Perahu

Wisata Pantai Bira

Anda dapat berkeliling Pantai Bara dengan naik perahu yang disewakan oleh nelayan setempat. Berlayar diatas laut Bara Bulukumba sambil menikmati pesona laut yang ditawarkan akan menjadi pengalaman tersendiri di pantai ini.

6. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Bara

Fenomena sunset pasti sebuah hal yang paling diburu para wisatawan saat pergi ke pantai. Dan Anda akan menemukan momen tersebut di Pantai Bara ini, yang keindahannya tidak kalah dengan sunset yang ada di Pantai lainnya.

Warna langit kuning keemasan dipadukan dengan warna jingga membuat pemandangan sangat memukau. jangan lewatkan momen ini untuk mengabadikan sebagai background photo Anda.

Fasilitas di Pantai Bara

Padahal Pantai Bara memiliki keindahan yang tidak kalah cantik-nya dengan Pantai Bira. Suasana yang sepi dan juga asri sangat cocok untuk menjernihkan pikiran dan menghilangkan segala kepenatan dari hiruk pikuk aktivitas dunia.

Meskipun letak pantainya yang tersembunyi, obyek wisata Pantai Bara memiliki fasilitas pendukung yang cukup memadai. Beberapa fasilitas tersebut untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan saat berkunjung di pantai ini.

Fasilitas pendukung tersebut antara lain:

  • Area Parkir yang Luas
  • Mushola
  • Kamar Mandi dan Toilet
  • Warung Makan

Tersedia juga penginapan yang jaraknya cukup dekat yang akan memanjakan Anda saat Anda berminat untuk menginap disini. Tidak ketinggalan juga toko souvenir dan juga oleh-oleh untuk Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan dari Pantai Bara.

Semburat warna jingga di langit yang berpadu dengan biru-nya lautan akan membuat suasana pantai semakin romantis.

Jika Anda ke Bulukamba, jangan lupa untuk singgah di pantai Bira ini dan pantai lainnya seperti Pantai Apparalang atau Pantai Samboang.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Bara di Bulukamba yang memiliki keindahan yang mempesona. Sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata bagi Anda yang menyukai suasana tenang namun penuh dengan suasana romantis.

10 Ulasan untuk Pantai Bara, Bulukumba, Sulawesi Selatan

  1. Pantai Bara terletak di kawasan Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Tak jauh dari Pantai Bara ada pantai yang lebih populer, yakni Pantai Bira. Kedua pantai ini hanya berjarak sekitar 3 kilometer. Dibandingkan Pantai Bara yang lokasinya agak terisolasi, Pantai Bira menjadi tujuan wisata favorit bagi masyarakat Bulukumba dan sekitarnya. Tanjung Bira berjarak sekitar 180 kilometer dari Makassar, melalui Jeneponto. Hanya saja, karena jalanan rusak cukup parah berpuluh kilometer hingga Jeneponto, waktu tempuh keseluruhan dengan mobil bisa molor hingga 5 jam. Meski lebih populer dibandingkan Pantai Bara, kondisi Pantai Bira kurang terawat baik.

  2. Pantai yang sangat indah, dengan psir putihnya dan pengunjungnya juga tidak terlalu banyak, jadi sangat nyaman buat bermain. Sayangnya tempat duduknya harus disewa, bahkan untuk foto saja di mintai uang, padahal sdh banyar uang tiket diluar. Tp parkir didalam masih di mintai juga. Cukup mahal karna untuk parkir motor saja bayar 5k.

  3. Sangat puas ke Pantai Bara .. datang jauh2 dari jawa hanya ingin melihat keindahan Pantai Bara .. banyak tempat yg bisa dikunjungi disana ..

  4. Pantai yang indah dengan pasir putihnya. Tapi akses jalan menuju lokasi pantai jelek dan perlu dibenahi.

  5. Pasir putih dengan view pohon kelapa dan laut yg bersih. Beautifull place

  6. Pantai pasir putih nan halus. Mirip pantai Bira, tapi masih lebih sepi dibandingkan Pantai Bira. Fasilitas penginapan juga cukup banyak. Terdapat banana boat yang standby untuk menghibur pengunjung. Jika ingin snorkeling, bisa naik kapal kecil ke Pulau Liukang atau Pulau Kambing,, dengan tarif sewa antara 300 sd 450rb tergantung hasil nego.

  7. Secara keseluruhan, Pantai ini menawarkan panorama alam yang indah dari lautnya yang masih asri dan pasirnya pun putih bersih. Saran aja bagi teman” yang ingin camp di pantai bara untuk tidak meninggalkan sampah di pantai ini dan terus menjaga kelestarian alam di lingkungan pantai.

    Terima Kasih

  8. Pantai pasir putih yg indah, sayang masih ada rumput laut di pantainya, agak mengganggu keasyikan berenang.

  9. Satu aja, kebersihan pantainya kurang dijaga. Sampah dimana-mana.

  10. Pantainya bersih tapi petunjuk jalan untuk kesana masih kurang kelihatan sehingga agak susah dituju tpi saya rasa lebih keren disini walaupun tidak seramai di pantai bira

Tinggalkan Balasan