Pantai Samboang

Pantai Samboang

Desa Eko Tiro, Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan 92572, Indonesia.

25 Ulasan

Keindahan dan keragaman  laut di Indonesia sudah menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Indonesia sendiri adalah negara maritim dimana luas perairan-nya lebih luas daripada daratan.

Hal ini menyebabkan Indonesia mempunyai keragaman kekayaan pada sektor kelautan, dan keindahan pantai di Indonesia bahkan tak kalah jauhnya dengan yang ada diluar negeri.

Keindahan pantai di Indonesia bahkan dikenal hingga mancanegara, Bali contohnya, yang menguatkan popularitas-nya sebagai wisata pantai favorit dikalangan wisatawan lokal dan juga mancanegara.

Namun tahukah Anda ada banyak pantai cantik lainnya yang tersebar diseluruh penjuru wilayah Indonesia? Salah satunya adalah Pantai Samboang yang ada di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan.

Apa keistimewaan Pantai Samboang ini, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Pantai Samboang Bulukamba

Pantai Samboang

Kabupaten Bulukumba sangat identik dengan wisata pantainya di Provinsi Sulawesi Selatan, dan  salah satu pantai yang saat ini banyak dibicarakan di Kabupaten Bulukumba adalah Pantai Samboang.

Pantai Samboang sendiri  terletak di Desa Eko Tiro, Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Pantai ini identik dengan pasir putihnya yang eksotis, sehingga membuat siapa saja terpesona akan keindahannya.

Kenapa dinamai Pantai Samboang, diceritakan pada dulu kala Karaeng Sembo adalah salah satu tokoh di Kerajaan Tirto yang sangat dihormati oleh masyarakat adat Bontotiro.

Pantai ini dulunya juga merupakan lokasi datangnya para pemimpin di wilayah Kerajaan Tiro yang ingin bertemu dengan Karaeng Sembo atau menggelar pesta rakyat yang disebut sebagai assembo-sembo.

Kata asembo-sembo sendiri di adaptasi dari bahasa Konjo atau dari masyarakat adat Bontotiro yang memiliki arti bersenang-senang. Hingga pada akhirnya dikenal dengan istilah Pasemboang dengan penyebutan menjadi Pantai Samboang sampai saat ini.

Pantai Samboang sendiri merupakan salah satu dari banyaknya surga yang tersembunyi yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Keindahan alamnya yang masih asri menjadikan Pantai Samboang adalah salah satu pantai dengan panorama indah yang sangat sayang untuk tidak dikunjungi saat Anda berada di Bulukumba.

Harga Tiket Masuk Pantai Samboang

Wisata Pantai Samboang

Untuk dapat memasuki kawasan wisata Pantai Samboang ini, Anda akan dikenakan tiket masuk yang sangat terjangkau yakni sebesar Rp 1500 untuk orang dewasa dan sebesar Rp 1000 untuk anak-anak.

Sementara untuk biaya retribusi parkir dikenakan sebesar Rp 5000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 15.000 untuk kendaraan roda empat atau mobil.

Untuk jam pengoperasian buka tutup pantai ini, pihak pengelola membuka akses pantai selama 24 jam, dimana Anda bisa dengan bebas mengunjungi pantai ini kapanpun yang Anda mau.

Rute Menuju Pantai Samboang

Untuk dapat sampai dilokasi kawasan Wisata Pantai Samboang ini, Anda akan melewati empat wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto dan Bantaeng.

Berjarak kurang lebih 200 kilometer jauhnya dari Kota Makasar perjalanan menuju ke Pantai Semboang bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 5 jam dengan kendaraan bermotor. Letak pantai Samboang sendiri di apit oleh 3 tempat destinasi wisata lainnya yaitu Pantai Tiro.

Setelah memasuki wilayah Kabupaten Bulukumba, perjalanan menuju ke Pantai Samboang dilanjutkan dengan mengakses Jalan Poros Bira Bulukumba sejauh kurang lebih 11 kilometer. Posisi Pantai Samboang tepat berada sebelum wisata Tanjung Bira.

Patokan masuk ke Pantai ini adalah SMA Negeri 6 Bulukumba. Sebelum Anda sampai di titik lokasi, Anda bisa mampir ke Bakung-Bakung View Sunrise.

Tempat ini merupakan tempat berfoto  dari atas tebing yang menyajikan pemandangan laut yang biru yang mana bentuknya berupa jembatan kayu yang kokoh.

Obyek Wisata Pantai Samboang

1. Menikmati Keindahan Pantai

Pantai Samboang Bulukamba

Pantai Samboang memiliki keindahan pantai dengan pasir putih yang bersih, dan tekstur yang lembut yang cocok untuk dibuat bersantai serta melakukan aktivitas lainnya seperti mendirikan tenda di atasnya.

Daya tarik lainnya adalah Pantai Samboang memiliki lekukan garis laut yang landai sehingga Anda dapat melakukan berbagai kegiatan tanpa resiko apalagi pantai ini memiliki ombak yang tidak begitu besar.

Jajaran tebing karang yang menjulang kokoh sekaligus indah yang berada di sekitaran pantai menambah daya tarik Pantai Samboang. Tebing karang ini merupakan lokasi terbaik untuk bisa melihat keindahan Pantai Samboang dengan hamparan laut hijau yang indah dan kejernihan didalamnya.

Pantai Samboang juga menyimpan pesona pulau kecil yang tidak terlalu jauh dari lokasi laut-nya. Jaraknya kira-kira 20 meter dengan akses sebuah jembatan kayu yang hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki.

Tempatnya yang asri dengan air yang jernih dan juga tenang sehingga cocok apabila melakukan aktivitas memancing disini.

2. Bermain Air dan Pasir

Obyek Wisata Pantai Samboang

Pantai Samboang memiliki hamparan pasir yang sangat luas, ditambah dengan tekstur lembut yang menambah daya tarik-nya. Anda dapat hanya sekedar berjalan-jalan menyusuri bibir pantai, atau juga berjemur di tepian pantainya.

Bermain pasir bersama anak-anak juga merupakan aktivitas yang menyenangkan, dengan membuat istana pasir, mengubur diri dalam pasir atau permainan-permainan pasir lainnya.

3. Menikmati Sunrise dan Sunset

Sunset Di Pantai Samboang

Berwisata ke pantai tentu belum lengkap jika tidak menikmati pesona sunrise atau sunset dan di Pantai Samboang ini selain memiliki hamparan pasir yang cantik juga memiliki pemandangan suneise dan juga sunset yang sangat menakjubkan.

Terlebih saat cuaca cerah, Anda akan bisa menikmati pesona langit tanpa terhalang apapun. Datang ke pantai pada sore hari adalah waktu yang tetap namun jika Anda ingin menikmati indahnya sunrise maka Anda perlu untuk menginap di Pantai Samboang ini.

4. Snorkeling

Snorkeling Di Pantai Samboang

Pantai Samboang memiliki keindahan laut yang tak diragukan lagi, airnya yang cukup jernih serta terumbu karang yag indah merupakan perpaduan yang cantik dalam  menampakkan pesona di Pantai ini.

Ditambah lagi ombak-nya yang cukup tenang dengan lengkungan garis pantai yang landai sehingga Anda dapat melakukan aktivitas air dengan aman.

5. Swa Foto

Wisata Pantai Samboang Bulukamba

Ada banyak sekali spot foto yang bisa anda pergunakan untuk dijadikan background agar foto yang dihasilkan terlihat semakin menarik dan eksotis. Mulai dari pasir putihnya, laut-nya yang biru, tebing karang serta pemandangan alamnya yang indah.

Semua dapat Anda abadikan ke dalam jepretan kamera bersama dengan keluarga, sahabat atau orang terkasih lainnya.

6. Memancing

Bagi Anda yang hobi memancing, berkunjung ke Pantai Samboan adalah sebuah pilihan yang tepat. Berjarak sekitar 20 meter dari lokasi pantai terdapat pulau kecil yang bisa digunakan sebagai tempat memancing.

Tidak perlu menggunakan kendaraan untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda hanya perlu berjalan kaki melewati jembatan kayu yang telah tersedia di sekitar pantai.

Fasilitas di Pantai Samboang

Meskipun dengan biaya tiket yang murah tidak menjadikan obyek wisata Pantai Samboang ini memiliki fasilitas yang seadanya saja.

Disini Anda akan mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas itu diantaranya:

  • Area Parkir yang Luas
  • Mushola
  • Kamar Mandi dan Toilet
  • Gazebo
  • Warung Makan

Dan untuk Anda yang ingin merasakan bermalam di pantai Pantai Samboang ini, Anda dapat memanfaatkan fasilitas penginapan yang tersedia di tempat ini. Penginapan di pantai ini cukup beragam dari yang Rp 100.000 hingga Rp 500.000 tergantung pada fasilitas yang diberikan.

Jika Anda berkunjung ke Bulukamba, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke pantai ini atau ke pantai yang ada di Bulukamba lainnnya. Pantai itu seperti pantai Apparalang yang juga indah.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Samboang Bulukamba yang indah dan alami. Jika tertarik sebaiknya Anda menyiapkan segala sesuatunya untuk berwisata ke tempat ini, agar wisata yang Anda lakukan  maksimal dan menyenangkan.

25 Ulasan untuk Pantai Samboang, Bulukumba, Sulawesi Selatan

  1. Penyebutan nama Samboang awalnya berasal dari kata dalam bahasa konjo (etnis Makassar) Assembo sembo ri puang sembo..benar adanya bahwa kegiatan assembo2 memang sudah dilakukan sejak dulu oleh nenek moyang dan lokasi diadakan nya assembo di masuli’na samboang (wilayah kegiatan pesta rakyat)konon katanya puang sembo adalah salah satu tokoh masyarakat yg sangat di hormati,sehingga setiap selesai musim panas berdatanganlah para pemimpin2 wilayah kerajaan tiro dgn membawa jawara2nya dtg ke samboang melakukan pesta rakyat yang disebut assembo2 akhirnya tempat ini dikenal dengan nama passemboang dan inilah menjadi cikal bakal penyebutan pantai Samboang.. Adapun kegiatan yg mereka lakukan yaitu appalombaeng jarang(pacuan kuda) maddere’ (lomba kuda hias tradisional) a’lanja (adu kaki/betis) annado’jonga (menangkap rusa) dllPantai Samboang berada di Lingkungan Erelebu Timur Kelurahan Ekatiro Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba Sul-Sel berjarak sekitar 36 Km dari Kota Bulukumba, Pantainya masih alami, memiliki hamparan pasir putih yang halus serta memiliki garis pantai yang sangat panjang serta diapit dua tanjung, salah satu tanjungnya lebih dikenal dengan sebutan Ujung Tiro. Tempat ini menjadi obyek wisata dan mempunyai daya tarik tersendiri karna di Ujung Tiro terdapat bongkahan batu besar membentuk pulau dan pengunjung menyebut Tanah Lotnya Bulukumba. Ditanjung lain terdapat keunikan berupa kuburan batu yang berada ditengah laut,orang sekitar menyebutnya Kuburan Sapobatu

  2. Penyebutan nama Samboang awalnya berasal dari kata dalam bahasa konjo (etnis Makassar) Assembo sembo ri puang sembo..benar adanya bahwa kegiatan assembo2 memang sudah dilakukan sejak dulu oleh nenek moyang dan lokasi diadakan nya assembo di masuli’na samboang (wilayah kegiatan pesta rakyat)konon katanya puang sembo adalah salah satu tokoh masyarakat yg sangat di hormati,sehingga setiap selesai musim panas berdatanganlah para pemimpin2 wilayah kerajaan tiro dgn membawa jawara2nya dtg ke samboang melakukan pesta rakyat yang disebut assembo2 akhirnya tempat ini dikenal dengan nama passemboang dan inilah menjadi cikal bakal penyebutan pantai Samboang.. Adapun kegiatan yg mereka lakukan yaitu appalombaeng jarang(pacuan kuda) maddere’ (lomba kuda hias tradisional) a’lanja (adu kaki/betis) annado’jonga (menangkap rusa) dllPantai Samboang berada di Lingkungan Erelebu Timur Kelurahan Ekatiro Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba Sul-Sel berjarak sekitar 36 Km dari Kota Bulukumba, Pantainya masih alami, memiliki hamparan pasir putih yang halus serta memiliki garis pantai yang sangat panjang serta diapit dua tanjung, salah satu tanjungnya lebih dikenal dengan sebutan Ujung Tiro. Tempat ini menjadi obyek wisata dan mempunyai daya tarik tersendiri karna di Ujung Tiro terdapat bongkahan batu besar membentuk pulau dan pengunjung menyebut Tanah Lotnya Bulukumba. Ditanjung lain terdapat keunikan berupa kuburan batu yang berada ditengah laut,orang sekitar menyebutnya Kuburan Sapobatu

  3. Pantai yg tenang menyejukkan hati, apalagi matahari yg terbit pd pagi hari sehingga kita bisa melihat kekuasaan Tuhan YME dan indahnya alam semesta dan indahnya bulan purnama😊

  4. Pantainya luas, pasir putih. Banyak villa yang bisa disewa. Akses jalan juga tidak sulit. Tidak ada biaya masuk. Belum terlalu rame.

  5. Indah nya laut serta pantai nya yang sejuk nan indah karena pasir putih dan kapal nya.. sungguh pemandangan alam yang sangat indah untuk bersantai

  6. Dulu pantai ini sangat indah dan meriah, tapi sekarang entah kenapa menjadi kotor dan kurang pengunjung

  7. Cukup bagus, hanya saja penataan villa kurang tepat

  8. Tempat ini keren

  9. Pantai samboang adalah tempat yg unik dan spot sunrise yg indah

  10. nyaman tuk berlibur yg membutuhkan privasi dan group terbatas

  11. Bagus,, bersih,, kebetulan kesana pas hari kerja jadi kita menguasai arena. Murah jg Uang masuknya😁😁

  12. Sebenarnya Allah swt telah berikan rahmat berupa hamparan pantai yg begitu indah namun kt smua blm sdr ttg hal itu byk diantara kt yg tdk mnjg kbrshn wlpn sbnrnya cleaning service sdh bkrja jg dr phk pmrnth blm terlalu mau mlrk progress pantai smbng kedepan sklgs pantai ujung yg bgtu sweet n smg kdpn stkhldr bisa mnynthnya Amin YRA……

  13. Ada penginapan dengan kolam renang, sayang waktu kesana..kolam renang sedang dikosongkan. Pemandangan indah dengan pasir putih. Fasilitas masih kurang. Akses jalan cukup baik

  14. Pantai yang indah dengan pasir putih nan cantik, sambungan dari berbagai pantai yang ada dibulukumba . Tempat ini merupakan spot pantai paling menarik karena jika berada dipantai ini kita bisa melihat sunrise full matahari dibandingkan pantai lain di bulukumba. Jadi pecinta pantai wajib kesini akses lumayan sulit tapi sebanding dengan kecantikan dari pantai ini. Jadi kalo berkunjung ke bulukumba wajib kesini.

  15. Mantap lokasinya, tdk bisa terlukiskan dg kata2. pokokna kesini maki buktikan sendiri

  16. Tempat wisata bahari. Aman dan nyaman untuk sekeluarga.

  17. Tempatnya cukup jauh masuk tapi ter bayar dengan angin pantainya ini sebelah selatan kota bulukumba

  18. Tempatnya cukup jauh masuk tapi ter bayar dengan angin pantainya ini sebelah selatan kota bulukumba

  19. Mau nyari tempat wisata disekitar bulukumba selain pantai Bira,pantai samboang bisa jadi altwrnatif..villa sudah tersedia,dan paling asyik bawa ikan segar trus bakar2 disekitar villa..Dijamin liburan keluarga akan semakin nikmat..

  20. Pengalama paling indah selama saya hidup di negri yg lucu ini

  21. Pantainya bagus, pemandangannya juga indah, walaupun belum banyak yang tahu tempatnya karena tidak di urus oleh pemerintah, ada tempat penginapan juga, ada pemandiannya juga,. kalau melihat matahari terbit dan terbenam bagus sekali karena full. pengunjungnya juga masih sedikit karena banyak yang tidak tahu tempatnya (?). …………………………………………………………………………

  22. Pantainya bagus, pemandangannya juga indah, walaupun belum banyak yang tahu tempatnya karena tidak di urus oleh pemerintah, ada tempat penginapan juga, ada pemandiannya juga,. kalau melihat matahari terbit dan terbenam bagus sekali karena full. pengunjungnya juga masih sedikit karena banyak yang tidak tahu tempatnya (?)

  23. Pantai indah tapi sayang sampahnya belom di kelolah pemerintah

  24. Pantai Pasir Putihnya Luas dan Cukup Panjang, masyaa Allah, kesini bersama Rombongan Rihlah TK/TPA Al-Aulad Bulukumba. Seru, karena anak-anak puas bermain-main bersama teman-temannya, bermain pasir dan mandi-mandi. Stakeholder terkait diharapkan untuk memperhatikan Pantai Samboang ini, agar menjadi salah satu tempat wisata yang bisa diandalkan.

  25. Tempat yang indah untuk melihat pantai Pasang surut

Tinggalkan Balasan