Pantai Marumasa

Pantai Marumasa

Desa Darubiah, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan 92571, Indonesia.

11 Ulasan

Indonesia adalah negara agraris sekaligus maritim dimana kekayaan alamnya tersebar dari Sabang hingga Merauke yang tak terhitung jumlahnya di bumi nusantara ini. Dari hasil hutan-nya, pertanian hingga hasil laut-nya yang seakan tidak ada habisnya.

Selain hasil komoditi-nya, Indonesia juga memiliki kekayaan keindahan alamnya. Hutan yang menjadi paru-paru dunia, hingga kecantikan pantainya yang bahkan sudah dikenal di mata dunia.

Bali adalah sebagai salah satu contoh pantai yang tidak diragukan lagi keindahannya hingga saat ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan lokal atau turis asing di Indonesia. Selain Bali ada lebih banyak pantai yang bahkan tidak kalah cantik-nya.

Pantai Marumasa

Dan salah satu pantai tersebut adalah Pantai Marumasa yang ada di Sulawesi Selatan, seperti apa. Silahkan simak ulasannya berikut ini..

Pantai Marumasa

Bulukumba merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan dengan sejuta keindahan alam yang ada didalamnya.

Wilayah di Sulawesi ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata liburan, disini juga terdapat pantai yang tersembunyi yang sangat menarik untuk dikunjungi .

Dan salah satu pantai yang belakangan sedang naik daun di berbagai kalangan adalah Pantai Marumasa. Hal ini dikarenakan Pantai Marumasa tak hanya menyuguhkan keindahan pantainya tapi juga terdapat tebing yang eksotis untuk menikmati pemandangan matahari terbit di pantai ini.

Pantai Marumasa sendiri terletak di Desa Darubiah, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Keelokan pantainya terlihat dari hamparan pasir putihnya yang memanjang, udaranya juga sangat sejuk sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur bagi Anda dan juga keluarga.

Harga Tiket Masuk Pantai Marumasa

Pantai Marumasa Bulukamba

Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk dapat masuk ke lokasi wisata Pantai Marumasa ini. Hanya perlu membayar biaya tiket sebesar Rp 3000 saja maka Anda bisa dengan puas menikmati semua keindahan yang disajikan di pantai ini.

Namun Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir sebesar Rp 5000 untuk kendaraan roda dua alias motor dan biaya sebesar Rp 20.000 untuk mobil.

Pihak pengelola pantai juga tidak menetapkan jam buka masuk kawasan wisata Pantai Marumasa ini, dengan begitu Anda dapat mengunjungi pantai ini kapan saja.

Rute Menuju Pantai Marumasa

Lokasi Pantai Marumasa yang terletak di Desa Darubiah Kecamatan Bontobahari ini mempunyai jarak kurang lebih 37 kilometer dari pusat Kabupaten Bulukumba.

Apabila Anda datang dari luar Provinsi Sulawesi  Selatan, Anda bisa memulai perjalanan dari Kota Makasar menuju ke Bulukumba. Perjalanan dari Kota Makasar ini berjarak kurang lebih hampir 195 kilometer menuju ke kawasan wisata Pantai Marumasa.

Selain Anda dapatĀ  menggunakan kendaraan pribadi untuk bisa sampai di lokasi tujuan ini, Anda juga bisa menyewa travel dengan kisaran biaya sewa sejumlah Rp 500.000 dari Kota Makassar.

Akses kondisi jalan menuju ke kawasan wisata Pantai Marumasa ini sedikit sulit karena belum di aspal. Namun untuk menarik para wisatawan pihak pengelola telah membangun tugu ā€œSelamat Datangā€ di Pantai Marumasa ini.

Obyek Wisata Pantai Marumasa

Selama di pantai ini, ada banyak aktivitas lainnya yang bisa Anda lakukan. Aktivitas-aktivitas itu diantaranya:

1. Menikmati Keindahan Pantai Marumasa

Pantai Marumasa

Pantai Marumasa memiliki garis pantai yang berwarna putih serta airnya yang terlihat jernih dan tenang yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Ditambah lagi keindahan akan keberadaan dua buah tebingĀ  yang membuat pantai ini bukan hanya terlihat cantik namun juga kokoh.

Tebing dekat Pantai Marumasa adalah spot yang tak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Lokasi ini merupakan tempat untuk melihat keindahan matahari kala pagi dan senja hari.

Sunrise di Marumasa memang sudah terkenal akan keindahannya, jadi Anda harus bangun pagi untuk tracking menuju puncak tebing ini untuk mendapatkan momen terbaik saat matahari muncul di ufuk timur.

Dengan berdiri di atas tebing ini, Anda akan bisa melihat indahnya pemandangan pantaiĀ  serta deretan pohon kelapa yg menghias tepian-nya. Keberadaan pepohonan kelapa yang tumbuh subur di sekitar bibir pantai membuat suasana tepi pantai menjadi teduh dan juga sejuk

2. Swa Foto

Wisata Pantai Marumasa

Pantai Marumasa memiliki banyak spot cantik untuk kalian yang hobi berfoto, dari bebatuan, gardu pandang hingga ayunan yang akan membuat latar foto Anda semakin menarik.

Anda juga bisa menggunakan tebing untuk dijadikan lokasi untuk berfoto, bahkan beberapa spot foto bisa Anda temukan di atas tebing tersebut dengan latar lautan lepas Teluk Bone.

3. Bersatai di Hammock

Wisata Pantai Marumasa Bulukamba

Demi kenyamanan pengunjung pengelola juga menyediakan hammock yang berada disisi tebing, dimana di tebing tersebut terdapat tulisan ā€œMarumasaā€ yang dapat digunakan untuk menunjukkan lokasi.

Keberadaan hammock disisi tebing akan membuat Anda dapat memandang lebih leluasa keindahan Pantai Marumasa.

4. Snorkeling

Snorkeling Di Pantai Marumasa

Pantai Marumasa menyuguhkan panorama keindahan bawah laut yang mempesona. Anda harus berkenalan dengan biota laut yang dimiliki laut Marumasa. Selain biota laut-nya, laut Marumasa juga memiliki terumbu karang yang indah, jadi jangan Anda lewatkan untuk melakukan aktivitas diving di pantai ini.

Untuk melakukan kegiatan snorkeling ini, Anda akan dipandu oleh tim penyelaman dari komunitas Lalabata Tebung Marumasa.

5. Bermain Air

Berenang Di Pantai Marumasa

Kondisi air yang tenang dan juga jernih membuat pantai ini menjadi tempat yang tepatĀ  untuk bermain air. Dibagian laut yang dangkal Anda bahkan bisa melihat isi lautan. Kegiatan ini pasti akan sangat menyenangkan bila Anda lakukan bersama anak-anak.

6. Memancing

Mancing Di Pantai Marumasa

Laut di perairan Sulawesi memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Banyak sekali terdapat ikan-ikan segar yang tentunya akan menyenangkan jika itu merupakan hasil tangkapan sendiri dengan peralatan pancing Anda.

Dapatkan ikan-ikan segar yang bisa Anda bakar di tepi pantai dan makan bersama keluarga atau teman-teman Anda.

7. Camping

Pantai Marumasa merupakan tempat yang yang tepat untuk berkemah, struktur pasir pantai yang cukup landai dapat dimanfaatkan untuk mendirikan tenda.

Ditemani suara deburan ombak dan hembusan angin dan menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga akan menjadi pengalaman berkemah yang tak terlupakan.

Bagi Anda yang berminat untuk bermalam di pantai dengan berkemah namun tidak memiliki peralatan-nya jangan khawatir karena ada penyewaan peralatan kemah. Namun untuk bisa berkemah di pantai ini, Anda perlu izin kepada petugas yang terkait.

Fasilitas di Pantai Muramasa

Kawasan pesisir Pantai Marumasa sendiri dijadikan oleh penduduk setempat sebagai tempat pembuatan perahu dan juga kapal Phinisi. KononĀ nama Marumasa sendiri berasal dari pemberian warga asal Jepang yang saat itu sedang berkunjung ke Indonesia.

Objek wisata Pantai Marumasa sendiri pertama kali di kenalkan oleh seorang pemuda setempatĀ  yang bernama Icuk Sugiarto pada Februari 2017, yang kemudian semakin terkenal di media sosial hingga saat ini.

Berbicara soal fasilitas yang disediakan, di pantai ini terbilang cukup lengkap untuk mengakomodasi kebutuhan para wisatawan yang berkunjung kesini. Terdapat beberapa fasilitas pendukung seperti toilet,Ā  area parkir, tempat untuk duduk-duduk bahkan tempat peribadatan seperti musholla.

Di obyek wisata Pantai Marumasa ini juga telah menyediakan warung-warung makanan dan minuman, jadi Anda tidak perlu khawatir akan merasa lapar saat berkunjung ke pantai ini.

Wilayah Bulukamba memang terkenal memiliki wisata pantai yang indah. Seperti Pantai Apparalang, Pantai Bara, Pantai Kasuso dan pantai dengan pasir putih lainnya.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Marumasa di Kabupaten Bulukumba ini. Apabila Anda belum menentukan destinasi tujuan liburan di akhir pekan,Ā  maka Pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

11 Ulasan untuk Pantai Marumasa, Bulukumba, Sulawesi Selatan

  1. BulukumbaĀ merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan dengan sejuta keindahan alam. Cocok banget didatangi sebagai wisata lebaran, di sini juga ada pantai tersembunyi yang menarik untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Marumasa yang belakangan tengah hits di berbagai kalangan. Tidak hanya menawarkan laut yang biru, Marumasa yang juga menyuguhkan tebing eksotis untuk menikmati matahari terbit. Wah, sukaĀ trackingĀ ke atas tebing? Jangan lupa berangkat pagi-pagi ya!. . Bulukumba memang terkenal akan Pantai Tanjung Bira. Bahkan, destinasi ini sudah populer di mata wisatawan asing. Pun kalah populer, keindahan Marumasa tidak kalah menakjubkan. Garis pantai berwarna putih serta air lautnya yang bening dan tenang menjadi keunikan tersendiri bagi objek satu ini. Belum lagi dengan dua buah tebing yang makin membuat tempat ini sempurna untuk liburan di akhir pekan. Wah, kamu yang tengah liburan ke Pantai Tanjung Bira, bisa sekalian mampir ke sini loh. Jaraknya tidak jauh, hanya 4 km kok!

  2. Tempat ini cukup bagus untuk menyengarkan pikiran.. Memiliki pemandangan yang indah.. Dan memiliki tebing bebatuan yg tinggi dan besar..

  3. Pantainya keren abis.. hamparan pasir putih dengan langit biru yg indah.. dan cocok buat para pecinta pantai.. bisa jadi tempat traveling yg keren deh

  4. Sebenarnya pantai ini cantik banget, sayang sampahnya dimana-mana bertebaran karena kurang dirawat.

  5. Saya dari pulau jawa…. GA sia sia saya jauh2 dari jawa ke SULAWESI SELATAN…tempat wisata nya bagus2.. top.. markotop…. I love sulawesi.. I LOVE bugis

  6. Untuk direkomendasikan. Sebaiknya anda kesini. Menikmati desiran angin dan pasir putih. Cobalah untuk membawa tenda….

  7. Pasir putih halus
    Bersih
    Luas
    Walaupun fasilitas dan jalan masuk belum lengkap tapi keseluruhan sdah sangat bagus

  8. Bila pengunjung ingin menikmati pemandangan yang lebih menakjubkan lagi, pengunjung dapat menananjak ke atas tebing karang di tempat ini. Di sana tersedia berbagai spot spot keren yang sangat cocok bagi yang suka selfie ataupun wefie bareng kerabat ataupun sahabat.

  9. Tempat yg bagus cuma kurang di kelola dgn baik…

  10. Tahun 1997 saya dan kelompok ppap dari Jakarta kebagian tempat desa darubiah kebetulan main kepantai marumasa.nSaat itu masih orisinil pantainya belum ada yang kelola sama sekali.. nPantai yang luar biasa dengan masyarakatnya yang sangat ramah.nPengalaman yang teramat indah untukdilupakan

  11. Alam yang indah, tapi jangan lupa bawa pulang kembali sampahnya yah atau minimal di buang pada tempatnya šŸ˜

Tinggalkan Balasan