Pantai Apparalang

Pantai Apparalang

Desa Ara, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan 92571, Indonesia.

21 Ulasan

Anda pasti setuju kalau pantai adalah tempat yang sangat cocok untuk bersantai melepas penat. Airnya yang yang jernih, dengan semilir-nya angin yang sejuk menyapa dipadukan dengan biru-nya warna langit, serasa menghipnotis siapapun yang memandangnya.

Saat ini pantai juga merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi sebagian orang, disamping biaya murah, dengan berlibur ke pantai secara tidak langsung Anda akan lebih mendekatkan diri dengan alam.

Berbicara soal pantai, Sulawesi Selatan adalah salah satu provinsi yang memiliki banyak pantai cantik untuk dikunjungi. Salah satunya terdapat di Kabupaten Bulukumba yang menyimpan sebuah pantai eksotis yang bernama Pantai Apparalang.

Ingin tahu seperti apa pesona pantainya, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Pantai Appalarang

Pantai Apparalang

Pantai Apparalang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bonto Bahari yang berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pantai ini tidak tampak seperti pantai pada umumnya karena terletak di tepi tebing yang curam.

Belum lagi deburan ombak dan juga hempasan air laut yang membuat pantai semakin terlihat garang. Namun begitu pantai ini merupakan salah satu pantai yang menjadi wisata andalah di Sulawesi Selatan.

Apparalang sendiri berasal dari bahasa Konjo Pesisir yang dituturkan oleh Suku Konjo Pesisir di Sulawesi Selatan. ‘Appa’ yang memiliki arti ujung dan ‘Larang’ yang berarti dalam atau curam, dimana Apparalang berati ujung yang curam.

Kabarnya Pantai Apparalang saat ini menjadi saingan baru dari Panti Bira Bulukumba. Hal ini dikarenakan Pantai Apparalang bukan saja menawarkan pesona laut-nya yang menawan tapi juga batu-batuan karang yang tampak amat megah dari ujung selatan hingga utara di sepanjang pantainya.

Keindahan tebing karang tersebut dipadukan dengan hutan hijau nan asri yang ada di sekitarnya membuat Pantai Apparalang ini menjadi semakin mempesona.

Pantai ini dibuka sejak tahun 2011 yang lalu yang dirintis oleh seorang warga lokal yang bernama Amiruddin Rasyid. Diceritakan sepulang-nya dari Hongkong, Amiruddin mendapat inspirasi dan mengenali potensi wisata yang dimiliki Pantai Apparalang ini.

Meski demikian, keindahan Pantai Applarang baru dikenal wisatawan setelah akses jalan dari  Desa Ara ke pantai berhasil dibuka pada November 2014.  Pantai ini tidak memiliki pesisir namun hal ini tidak mengurangi pesona-nya karena tergantikan oleh formasi tebing yang membuat wisatawan berdecak kagum.

Harga Tiket Masuk Pantai Apparalang

Untuk dapat  menikmati pesona Pantai Apparalang, Anda tidak harus membayar mahal untuk tiket masuk. Cukup membayar sebesar Rp 5000 saja. Selain itu Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 20.000 sampai Rp 40.000 untuk mobil.

Pengelola tidak menetapkan batasan waktu untuk wisatawan yang ingin berkunjung di pantai ini. Anda bebas datang kapan saja, karena pantai ini dibuka selama 24 jam.

Rute Menuju Pantai Apparalang

Pantai Apparalang Bulukumba

Pantai Apparalang berjarak sekitar 36 kilometer dari pusat Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Atau sekitar 190 kilometer jauhnya yang membutuhkan waktu tempuh kira-kira 5 jam perjalanan dari Kota Makassar.

Untuk dapat sampai ke Pantai Apparalang ini dari Kota Makasar, arahkan kendaraan menuju pusat pemerintahan Kabupaten Bulukumba.  Dari Kota Bulukumba ikuti Jalan Poros Bira Bulukumba ke arah Tanah Lemo.

Sekitar 26 kilometer dari kantor Bupati Bulukumba di Tanah Lemo, beloklah ke kiri ke jalan yang lebih kecil, ikuti jalan tersebut  sampai jalan mentok di pertigaan kemudian belok ke kanan. Setelah sekitar 1 kilometer perhatikan ke sebelah kiri ada Gerbang bertuliskan “Apparalang”.

Dari gerbang Apparalang tersebut hingga sampai ke Pantai Apparalang berjarak sekitar 2,5 kilometer. Jalannya sangat kecil jadi Anda perlu untuk berhati-hati jika berpapasan dengan mobil yang berlawanan arah.

Sejumlah ruas jalan tampak sempit dan hanya bisa dilalui hanya dua mobil saja, itu sebabnya banyak wisatawan yang datang dengan menggunakan kendaraan roda dua alias motor.

Apabila Anda datang dari Arah Bandara Hasanuddin, tempuh-lah rute Tanjung Bira karena waktu tempuh dari Tanjung Bira ke Pantai Apparalang hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja.

Obyek Wisata Pantai Apparalang

Banyak hal menarik lainnya yang dapat Anda temukan di Pantai Apparalang ini. Silahkan simak ulasannya berikut ini.

1. Tebing Apparalang

Tebing Pantai Apparalang

Beberapa pengunjung menyebutnya “Raja Ampat” Bulukumba. Namun jika diperhatikan pantai ini tidaklah terlalu sama.

Namun demikian Tebing Apparalang memiliki karakter wisata yang memikat, dinding karang yang memanjang dari ujung utara hingga selatan dipadukan dengan karang-karang yang menonjol.

Pantai yang tidak memiliki pesisir ini menyajikan suguhan dinding karang dengan kemiringan hingga 90 derajat dimana airnya jernih dengan sejumlah coral dan karang dibawah permukaannya.

Disamping itu puluhan anak tangga yang terbuat dari kayu menambah keindahan tersendiri di sisi kiri tebing Apparalang ini.

Anda harus berhati-hati apabila berjalan-jalan di tebing ini, anak tangganya yang curam mengharuskan Anda untuk selalu waspada.

2. Melompat dari Tebing Karang

Melompat Dari Tebing Pantai Apparalang

Jika Anda adalah seseorang yang menyukai tantangan, maka Anda akan  terpikat dengan tebing di Pantai Apparalang ini. Hal ini dikarenakan tebing ini menjadi tempat bagi pengunjung terjun bebas untuk menguji adrenalin mereka

Wisatawan dengan keberanian tinggi biasanya meloncat dari atas tebing untuk berenang di laut-nya. Dimana puncak tebing dapat dilalui dengan tangga yang telah disediakan. Setibanya di puncak pengunjung melakukan lompatan yang langsung melesat ke bawah.

Keindahan alam  di bawah laut sendiri juga sangat indah, namun Anda disarankan untuk tetap berhati-hati. Anda harus memeriksa kondisi airnya karena dasar perairan ini memiliki batuan karang yang runcing.

Tetap waspada saat bermain air, jika air laut tidak sedang surut dan petugas juga menyatakan aman maka Anda bisa melakukan aktivitas terjun bebas dari puncak Tebing Apparalang ini.

3. Gradasi Warna Air Laut

Wisata Pantai Apparalang Bulukamba

Saat ini memang Pantai Apparalang memang belum populer seperti Raja Ampat. Namun biru-nya air laut dengan gradasi warnanya di dataran landai ini akan membuat Anda terpana.

Terdapat empat gradasi warna yang memikat mulai dari putih, tosca, biru muda hingga biru tua yang membuat pantai ini terlihat sangat cantik.

Bagi Anda yang belum pernah kesini dipastikan akan jatuh cinta pada pandangan pertama, karena disini Anda juga bisa puas melihat ikan-ikan dan juga terumbu karang tanpa harus menyelam lebih dalam.

4. Jalan-Jalan Ke Hutan

Rute Pantai Apparalang

Saat Anda memasuki wilayah Pantai Apparalang, Anda akan disuguhi pepohonan hijau yang tinggi menjulang. Pohon ini menjadi tempat bermain burung-burung yang hinggap.

Sensasi damai akan  terasa sehingga menambah permai panorama kawasan Apparalang dengan jalur menurun ini.

Dari area parkir hingga tebing pantai, Anda tidak hanya akan menemukan hutan yang rindang tapi juga kebun dan lahan pertanian warga. Hutan yang belum banyak dikelola warga sekitar ini juga berdekatan dengan lahan pertanian masyarakat sekitar.

Lahan ini oleh masyarakat Desa Ara digunakan untuk cocok tanam jagung dan tumbuhan lainnya. Atmosfer yang menyejukkan akan sangat terasa saat Anda berjalan-jalan mengeksplorasi hutan di Pantai Apparalang ini.

5. Berenang

Wisata Pantai Apparalang

Air laut di kawasan ini lumayan jernih, pastinya akan terasa segar saat Anda berenang.Beberapa wisatawan juga memanfaatkan untuk  berenang di sekitar tebing

6. Snorkeling

Snorkeling Di Pantai Apparalang

Anda juga bisa melakukan snorkeling di pantai Apparalang ini, Anda bisa langsung menyelam dan menyapa biota laut-nya yang berwarna-warni.

Banyak biota laut yang memiliki keanekaragaman ketika Anda melihat-nya ke dalam pantai ini. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan dalam laut-nya.

7. Hunting Foto

Wisata Pantai Apparalang Desa Ara

Bagi yang menyukai fotografi maka tebing Pantai Apparalang adalah tempat yang pas untuk Anda. Anda dapat mengambil foto di spot-spot yang menarik dari berbagai sudut pengambilan. Dari atas tebing ini, pemandangan yang indah akan bisa Anda dapatkan dengan leluasa.

Panorama pantai secara keseluruhan bisa Anda bidik dari ketinggian karang-nya. Selain itu spot foto yang menjadi favorit wisatawan adalah anjungan kayunya. Atau Anda juga bisa foto-foto di jembatan kayu yang menghubungkan beberapa batu karang.

Gradasi warna air laut-nya yang dipeluk tebing curam nan tinggi di sekitarnya menambah eksotis suasana. Cocok sekali untuk dijadikan background foto narsis Anda.

8. Memancing

Beberapa wisatawan bahkan menyalurkan hobi memancing di Pantai Apparalang ini. Biasanya pengunjung telah lengkap dengan perlengkapannya yang kemudian duduk santai di anjungan dengan kailnya masing-masing.

Fasilitas di Pantai Apparalang

Pantai Apparalang masih belum begitu terkenal seperti pantai lainnya yang ada di Kota Makassar maka dari itu belum banyak orang yang berjualan di pantai ini.

Anda akan dapat menemukan satu atau dua rumah warga yang berjualan makanan namun hanya terdapat waktu-waktu tertentu saja seperti pada akhir pekan atau hari libur.

Penginapan juga akan sulit Anda temukan disini. Apabila Anda ingin bermalam Anda bisa menyewa penginapan  yang ada di sekitar Tanjung Bira yang lokasinya tidak jauh dari pantai Apparalang.

Anda juga dapat mendirikan tenda atau bisa juga tidur di gazebo-gazebo yang disediakan dengan membawa sleeping bag.

Selain panorama yang akan memanjakan mata Anda kebersihan di kawasan ini cukup terjaga, Anda tidak akan melihat sampah berserakan. Ini menandakan kesadaran masyarakat serta wisatawan di pantai ini.

Demikian ulasan seputar wisata Pantai Apparalang di Bulukamba ini. Apabila Anda belum memutuskan destinasi liburan akhir pekan Anda, maka Pantai Apparalang ini bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk Anda.

21 Ulasan untuk Pantai Apparalang, Bulukumba, Sulawesi Selatan

  1. View keren…fasilitas basic alias seadanya. Jalan masuknya yg parah n butuh perbaikan. Apabila dikelola secara profesional, pasti akan menambah sumber pendapatan bagi daerah.

  2. Berkunjung ke Pantai Appalarang, Bulukumba, Sulawesi Selatan saya langsung disambut  hamparan tebing memanjang yang megah. Appalarang adalah sebuah pantai yang tidak memiliki pesisir.. . Sebagai sebuah destinasi yang terbilang baru, pasti muncul beragam pertanyaan. Simak ulasan berikut ya, saya ingin berbagi pengalaman selama berkunjung ke Appalarang di Bulukumba.. . Dari Makassar membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 4 jam untuk tiba di Appalarang. Patokan utama untuk menuju lokasi ini dari jalan utama adalah SMK 6 di bagian kiri jalan. Dari sini kita hanya perlu terus berjalan lurus menyusuri jalan menuju Desa Ara. Belum banyak papan petunjuk jalan yang memberikan informasi mengenai arah menuju Appalarang sehingga bertanya kepada penduduk setempat adalah solusi utama.. . Ada beberapa ruas jalan yang terbilang sempit untuk bisa dilalui dua mobil, ini juga yang menjadi salah satu alasan banyak pengunjung yang memilih menggunakan sepeda motor untuk berkunjung ke Appalarang.

  3. Tebing yang indah dengan pemandangan laut bebas nan jernih. Tebingnya curam dan terjal dengan karang tajam dan bagus bentuknya. airnya tenang dapat digunakan berenang dan snorkling. Ada tempat penyewaan pakaian renang dan selam. Tidak menyesal pernah ke sini dan berenang ria bersama anak.

  4. Pantai tebing… Sungguh tdk disangka ada pantai dgn tebing yg sangat bagus dan indah. Tidak kalah dg pantai2 di Bali

  5. Lokasi sekitar 30 menit dr Pantai pasir putih Bira, Selain foto2 kamu juga bisa berenang ke bawah, Tapi hati2 karena cukup dalam dan kadamg ombak yang cukup kuat 😅😅

  6. TEBING APPARALANG MERUPAKAN SALAH SATU DESTINASI WISATA YANG BERADA DI DESA ARA, KABUPATEN BULUKUMBA, PROVINSI SULAWESI-SELATAN.. UNTUK MENUJU KE TEBING APPARALANG KITA BISA MELEWATI PERTAMINA ELA-ELA YANG BERADA TEPAT DI KOTA BULUKUMBA ATAU BISA JUGA MELALUI PERTIGAAN SETELAH KOTA, TEPATNYA DI DAERAH PALAMPANG.. JIKA MELEWATI KOTA ANDA BISA MENEMPUH PERJALANAN KURANG LEBIH 2 JAM SEDANGKAN JIKA MELALUI JALUR PERTAMINA ELA-ELA YANG BERADA DI KOTA BULUMBU WAKTU TEMPUH BERKISAR 1 JAM LEBIH, . TEBING APPARALANG MERUPAKAN DESTINASI DENGAN KEMURNIAN DAN PANORAMA INDAH, SANGAT ASRI DAN BISA MENJADI PILIHAN BAGI PARA PENYELAM, DENGAN AIR YANG SANGAT JERNIH DAN KUMPULAN TERUMBU KARANG YANG INDAH. . JANGAN LUPA UNTUK SELALU MELESTARIKAN KEBERSIHAN SAAT BERKUNJUNG KE TEBING APPARALANG.

  7. Dikutip dari detikTravel Community:. . Namanya belum mentereng di Instagram, tapi pesonanya tidak kalah dengan Raja Ampat. Inilah Pantai Appalarang dari Bulukumba, Sulsel.. . Pantai Appalarang terletak di Desa Ara, Bontobahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Untuk menempuh pantai Appalarang, saya harus melewati jalan curam dan berbatu. Lalu masuk hutan atau kebun, entah apa itu namanya.. . Setelah itu, saya menemukan area cukup lapang untuk memarkirkan kendaraan. Belum cukup sampai di sana. Saya harus berjalan kaki lagi dengan trek menurun. Dari kejauhan, desiran ombak sudah terdengar. Saya mempercepat langkah. Tiba-tiba, di ujung mata, air biru sudah melambai-lambai. Seakan mengucapkan selamat datang di Pantai Appalarang!

  8. Mantap skali tebingnya, melihat airnya membuat fikiran merasa jernih juga, dengan udara yg sepoi-sepoi pokoknya semua beban akan hilang.

  9. Viewnya keren sekitar stengah jam dari bira beach. Aksesnya tidak bisa untuk bus agak sulit. Jalan tanjakan, tempat para diving khususnya yang sudah profesional. Penginapan di sekitar kurang sih. Tapi bisa nginap di sekitarnya pantai bira yang terkenal banyak hotel

  10. Review Tebing Apparalang. Destinasi wisat ini menyajikan pemandangan yang sangat menajubkan berupa hamparan lautan luas yang masih terjaga bersihnya dan terdapat spot untuk wisatawan mencoba keseruan melompat dari ketiggian dan langsung merasakan jernihnya air di daerah apparalang dari harga tiket apabila wisatawan membawa mobil dikenakan Rp. 20.000 sebagai biaya parkir untuk harga per-orang Rp. 5.000. Dari fasilitas tersedia musholla yang sudah lumayan bersih fasilitas lainnya dikenakan biaya seperti charge hp ataupun kamar bilas

  11. Keindahan yang luar biasa menurutku. Pemandangan yang menyejukkan mata dengan gradasi warna air laut yang cukup indah. Akses yang ditempuh untuk mencapai lokasi memang kurang bagus namun keindahannya akan menutup segala kekurangan di tempat wisata tersebut. Bagi yang suka bermain air atau sekedar menikmati suasana, tempat ini sangat recommended untuk kawan”, kawan” bisa loncat dari batuan namun tetap berhati – hati dan saling menjaga karena pengawasan diwilayah tersebut tergolong kurang sehingga kesadaran diri kawan” untuk saling menjaga diutamakan. Kawan” bisa sewa mobil atau charter mobil diwilayah pelabuhan atau sekitarnya untuk sekadar mengunjungi tempat tersebut dengan biaya yang terjangkau

  12. Tempat ini adalah surganya dunia, walaupun akses jalan kesitu sedikit sulit tapi terbayarkan dg pemandangan yg indahnya luar biasa.

  13. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu . Terima kasih buat kalian yang percaya kepada saya tentang informasi wisata appalarang . Saya akan menceritakan sedikit tentang destinasi wisata ini yang sangat rugi bila kalian ke bulukumba dan tidak mampir ke wisata appalarang, sedikit cerita kawan di wisata appalarang ini adalah sebuah wisata di mana banyak tebing yang curang namun sudah di lengkapi dengan keamaanan yang lengkap sehingga mengurangi kecelakaan yang dapat terjadi atau memanilisir kemungkinan kecelakaan yang akan terjadi. . Wisata ini sangat cocok sekali buat kalian yang hobi photo shoot maupun membuat vlog saya sangat saran kan kepada anda untuk memanfaatkan view yang ada di appalarang untuk dapat memenuhi galeri sosial media anda di balik tempat yang keren di sana juga banyak tempat view yang di sediakan dan kalian yang gemar dengan berenang atau snorkling di sana juga sangat cocok namun kalian juga harus hati-hati karena banyak karang yang tajam tapi tenang di sana juga punya air yang jernih yang sangat cocok untuk snorkling karena air nya yang biru, saya saja yang di atas tebing dapat melihat dasar laut dari ketinggian. Buat apalagi kalian ragu ke sana, untuk masuk di sana memasang tarif 5.000 per kepala itu lumayan murah di banding dengan pemandangan yang ada di dalamnya dan klaian jangan khwatir di sana juga banyak orang yang menjual cendra mata yang menyangkut appalrang jadi kalian dapat membelikan keluarga kalian cendra mata langsung dari appalarang. Di samping itu juga tersedia tempat shalat maupun wc yang memadahi sehingga kalian jangan risau akan terganggu atau kelewatan waktu shalat,dan satu lgi di sana juga menjual makanan dan minuman lumayan murah tidak akan menguras kantong lahhh😂😂😂. . Jadi buruang ke wisata appalarang yang ada di kabupaten bulukumba dan rasakan sendiri sensasinya. . Letsssss enjoyyyyyyy😁😁😁

  14. View bagus, tapi sayang banyak sampah. Pengunjung banyak kurang kesadaran akan kebersihan.

  15. Tempatnya cantik. Tapi direction nya masih kurang. Ditambah jalanan kesana juga kurang mendukung

  16. Apppalarang keren dan pemandangan indah..
    Appalarang is the best deh..

  17. Keren sih ya, kemarin kesini jalan masuk sudah mulai dibagusin. Kayanya sekarang udah bagus sih. . . Tapi jalan keluar masih sepi. Kalau jalan sendirian (cm kendaraan sendiri) mending nyari bareng. Krn sepi banget.. blm Ada lampu penerangan pula. Jd Harus pulang siang.. . Tiket masuk dong Murah banget kalau nggak salah 5000. Tempat parkir luas. Dan byk penjual makanan, Ada mushola jg.

  18. Cari spot foto bagus? Ini termpatnya! Area yang keren dan pemandangan pantai dan tebing yang indah membuat rasa pegal anda dalam berkendara menuju tempat ini hilang dan saran lebih dibutuhkan perbaikan untuk beberapa tempat demi kenyamanan dan keselamatan pengunjung

  19. Tempat yg wajib dikunjungi kalau ke Tanjung Bira.. . Kami ke Aparalang melalui jalur laut dengan men Charter Speed Boat. Bisa liat keindahan Aparlang dari sisi laut sekaligus snorkeling.. . Eksotisme yang wajib di nikmati.

  20. Jarak Pantai ini kurang lebih 130km dari Kota Makassar. Terletak di kawasan Bulukumba, Sulawesi Selatan. Jalan menuju loket pantai ini masih berbatu dan cukup rumit jadi harus waspada dan jika hujan kemungkinan licin. Kawasan pantai cukup bwrsih tidak terlalu banyak sampah. Ada beberapa spot baru yg sedang diprogress Januari 2020 ini. Pemandangan laut lepas diiringi tebing yg kokoh membuat pantai ini terlihat cantik dan megah. Overall puas untuk datang le pantai ini, untuk foto bersama pasangan, rekan dan keluarga sangat bagus. Weekday tidak ramai dan info dari warga lokal jika weekend biasanya ramai.

  21. Tempat yang keren banget, air laut yang hijau tosca. Angin lautnya bikin gak pengen pulang..

Tinggalkan Balasan