Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan

Alamat: Pantai Ngrenehan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

(4.8/5) Baca ulasan

Indonesia merupakan negara kepulauan dimana tentunya memiliki panyak pantai yang mengelilingi pulaunya. Di Yogyakarta saja contohnya, deretan pantai menghiasi kota Gudeg ini tepatnya di daerah Bantul dan Gunungkidul. Oleh karena itu, Yogyakarta tak hanya terkenal dengan wisata candi Prambanan saja, tapi juga wisata alam berupa pantai. Salah satu pantai di Yogyakarta yang sering dikunjungi adalah pantai Ngrenehan.

Sebuah pantai yang berada di desa Kanigoro ini ada di sebuah lekukan perbukitan Gunungkidul. Seakan-akan pantai berada tersembunyi di balik rerimbun pepohonan yang tumbuh subur di area perbukitan. Masyarakat sebagian menyebut pantai ini sebagai pantai Nelayan. Aktivitas kesibukan para nelayan yang mempersiapkan jala, perahu, dan peralatan lainnya menjadi pemandangan tersendiri. Terkadang pengunjung bisa membeli ikan langsung dari nelayan yang menepi ke pantai.

Harga Tiket Masuk

Pantai yang menurut sebuah sejarah merupakan pemberian seorang Raja Demak bernama Raden Fatah ini, memiliki banyak keunggulan dan obyek wisata yang berbeda. Segala keindahannya bisa dinikmati dengan hanya membayar tiket masuk yang lumayan terjangkau, bahkan sangat murah.

Untuk masuk ke Kawasan wisatanya, Anda hanya harus membayar Rp 5.000,-/orang dan membayar parkir kendaraan sekitar Rp 2.000,- hingga Rp 10.000,-/kendaraan. Liburan pun tak harus mahal untuk mendapatkan momen menyenangkan dan mengasyikkan di pantai Ngrenehan.

Rute

Jika anda bertempat tinggal di Yogyakarta tentunya anda sudah mengenal rute-rute di kota tugu tersebut. Namun, bagi anda para wisatawan atau traveller dari luar kota, anda perlu informasi mengenai rute dan akses menuju ke pantai Ngrenehan, bukan? Dahulu menuju ke pantai di Gunungkidul sedikit terkendala dengan akses yang masih susah dan belum selancar sekarang. Namun sekarang anda bisa menuju ke pantai Ngrenehan dengan nyaman dan lancar karena jalan sudah dibangun dan diperbaiki.

Bukit Pantai Ngrenehan

Selain akses yang mudah, rute yang tersedia untuk berkunjung ke pantai Nelayan ini sangat mudah. Dimulai dari kota Yogyakarta, lakukan perjalanan menuju ke daerah Piyungan, Kabupaten Bantul. Tiba di Piyungan, mulailah melaju ke daerah Pathuk lalu lanjut ke Sambipitu.

Tidak jauh dari sana, lanjutkan perjalanan hngga menemukan Lapangan Terbang dengan bertuliskan Gading, kemudian melaju terus hingga menemukan simpang tiga. Ambil arah yang menuju ke Playen. Selanjutnya dari Playen ini anda menuju ke Paliyan lalu pasar Trowono.

Setibanya di Trowono, bisa langsung menuju ke desa Kanigoro. Selanjutnya anda akan segera tiba di tempat penarikan retribusi atau tempat pembelian tiket masuk pantai. Lakukan pembayaran untuk memasuki kawasan pantai, jadi satu tiket bisa digunakan untuk mengunjungi banyak pantai.

Setelah membayar retribusi, lanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Nelayan atau Ngrenehan. Perjalanan ini bisa anda lakukan dengan menaiki kendaraan beroda dua atau kendaraan pribadi lainnya seperti mobil. Sempatkan juga untuk mengunjungi pantai lain di sisa waktu liburan anda agar memiliki kesan yang lebih banyak.

Obyek Wisata

Nama Pantai Ngrenehan memang tidak seramai nama pantai di Jogja seperti Parantritis, Nglambor, Parangkusumo, dan sebagainya. Namun siapa sangka, keindahan yang dimiliki panai Ngrenehan ternyata tidak kalah menakjubkan.

1. Spot Foto Indah

Tepi Pantai Ngrenehan

Liburan tak akan lengkap kalau tidak berfoto ria sambil menikmati pemandangan yang ada. Maka tak jarang wisatawan membawa kamera lengkap maupun kamera handphone untuk mengabadikan keindahan yang dilihatnya di pantai Ngrenehan ini. Apalagi saat anda mengunjungi pantai di hari yang cerah, tentunya akan manambah keelokan panorama untuk diabadikan dalam sebuah foto. Destinasi wisata yang satu ini juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk pra-wedding atau pemotretan tahunan para siswa SMP dan SMA karena pemandangannya yang cukup indah.

2. Panorama Teluk yang Cekung

Pantai Nelayan yang terletak di Gunungkidul ini sebenarnya berada pada lekukan teluk. Kondisi geografisnya yang indah yaitu dikelilingi perbukitan dan karang-karang, membuat siapa saja ingin mengunjunginya lagi. Panorama ini tentunya membuat mata takjub dan sangat unik dibandingkan dengan pantai lain. Terlebih lagi jika dilihat dari atas menggunakan kamera drone, maka akan tampak sekali keindahan dan keunikannya.

3. Bukit Karang

Panorama Pantai Ngrenehan

Di pantai Ngrenehan, anda akan menemukan sebuah bukit yang menarik dan juga unik. Hal ini karena bukit tersebut dipenuhi dengan cangkang dan kerang-kerang khas laut. Membuatnya menjadi pesona tersendiri bagi para pengunjung. Sudah pasti membuat anda tidak akan menyesal berwisata seru di pantai Ngrenehan bahkan ingin menginjakkan kaki kembali di pantai ini.

4. Wisata Berenang di Pantai

Karena posisi pantai ini yang dikelilingi oleh cekungan perbukitan mirip teluk, menyebabkan rendahnya ombak yang datang. Dengan kata lain ombak yang mampir ke pantai Ngrenehan sangat ramah, tidak terlalu besar. Selain itu dataran di pinggiran pantai juga landai sehingga membuat pantai ini cocok untuk digunakan sebagai tempat berwisata bagi anak-anak yang ingin berenang di pinggiran pantai.

5. Wisata Budaya

Selain obyek wisata yang disebutkan di atas, ternyata di pantai ini juga sesekali terdapat kegiatan budaya seperti upacara adat. Sambil menikmati pemandangan ala pantai Ngrenehan, anda pun bisa melihat pemandangan kegiatan tradisional yang mistis dari budaya lokal. Untuk dapat melihat kegiatan ini disarankan datang saat bulan purnama terutama ketika ada perayaan hari raya nyepi. Atau anda juga bisa datang saat sore hari sambil menikmati langit senja.

Setelah mengetahui berbagai obyek wisata di pantai Ngrenehan yang akan disuguhkan kepada pengunjung, pastinya anda sudah tidak sabar mengujungi pantai di kota Tugu ini. Jangan ragu untuk datang dan berwisata seru di sana, apalagi dengan mengajak sanak saudara maupun orang tercinta. Dijamin liburan akan semakin menyenangkan dan sangat berkesan.

10 Ulasan dari Pengunjung Pantai Ngrenehan

  1. Untuk menuju pantai ini harus melalui perjalanan yang cukup jauh.sesampainya do pantai ini terbayar sudah.dengan keindahan panorama pantai yang begitu mempesona.cocok sebagai tempat liburan keluarga.saat pulang bisa membeli oleh-oleh ikan segar, hasil tangkapan dari nelayan lokal

    17 Juni 2018, 23:41 WIB

  2. Untuk menuju pantai ini harus melalui perjalanan yang cukup jauh.sesampainya do pantai ini terbayar sudah.dengan keindahan panorama pantai yang begitu mempesona.cocok sebagai tempat liburan keluarga.saat pulang bisa membeli oleh-oleh ikan segar, hasil tangkapan dari nelayan lokal

    17 Juni 2018, 23:41 WIB

  3. tempatnya bagus, apalagi kalau ombaknya gak begitu besar, suka beli cumi/ udang goreng disana, enak murah. Akses ke ngrenehan juga bagus.

    19 Juni 2018, 04:40 WIB

  4. tempatnya bagus, apalagi kalau ombaknya gak begitu besar, suka beli cumi/ udang goreng disana, enak murah. Akses ke ngrenehan juga bagus.

    19 Juni 2018, 04:40 WIB

  5. Pantai yang bersih berada di teluk. Memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Bisa menjelajahi samudera dengan naik kapal. Bisa membeli berbagai produk ikan dan jajanan lainnya.. . Terletak di desa Kanigoro Kecamatan Saptosari kurang lebih 30 km di sebelah selatan kota Wonosari. Suatu pantai berupa teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur dan memiliki panorama yang sangat memukau dengan deburan ombak menerpa pasir putih. Para wisatawan dapat menyaksikan aktivitas kegiatan nelayan dan menikmati ikan siap saji atau membawa ikan segar sebagai oleh-oleh.. . Masih dalam satu kawasan dengan Pantai Ngrenehan kurang lebih 1 km di sebelah Barat terdapat Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Setiap bulan purnama pada hari raya Nyepi di Pantai Ngobaran di laksanakan upacara Melasti.

    21 Juni 2018, 00:15 WIB

  6. Pantai yang bersih berada di teluk. Memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Bisa menjelajahi samudera dengan naik kapal. Bisa membeli berbagai produk ikan dan jajanan lainnya.. . Terletak di desa Kanigoro Kecamatan Saptosari kurang lebih 30 km di sebelah selatan kota Wonosari. Suatu pantai berupa teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur dan memiliki panorama yang sangat memukau dengan deburan ombak menerpa pasir putih. Para wisatawan dapat menyaksikan aktivitas kegiatan nelayan dan menikmati ikan siap saji atau membawa ikan segar sebagai oleh-oleh.. . Masih dalam satu kawasan dengan Pantai Ngrenehan kurang lebih 1 km di sebelah Barat terdapat Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Setiap bulan purnama pada hari raya Nyepi di Pantai Ngobaran di laksanakan upacara Melasti.

    21 Juni 2018, 00:15 WIB

  7. indah dan bersih… pulangnya lewat jalur timur, jalannya sempit dan kanan-kiri hutan jati… so beautiful

    24 Juni 2018, 19:57 WIB

  8. indah dan bersih… pulangnya lewat jalur timur, jalannya sempit dan kanan-kiri hutan jati… so beautiful

    24 Juni 2018, 19:57 WIB

  9. Menjadi bagian dari 3 Gugusan pantai dari Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Lokasinya sebelum pantai Ngobaran. Disini banyak kapal nelayan. Airnya jernih. Pasirnya putih. Pantainya bersih. Tersedia tempat parkir, toilet dan warung penjual makanan.

    25 Juni 2018, 18:10 WIB

  10. Menjadi bagian dari 3 Gugusan pantai dari Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Lokasinya sebelum pantai Ngobaran. Disini banyak kapal nelayan. Airnya jernih. Pasirnya putih. Pantainya bersih. Tersedia tempat parkir, toilet dan warung penjual makanan.

    25 Juni 2018, 18:10 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Ngrenehan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *