Pantai Blendung

Pantai Blendung

Desa Blendung, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52371, Indonesia.

22 Ulasan

Meskipun nama Kota Pemalang tak begitu terkenal seperti nama kota-kota daerah lain. Namun, kota ini memiliki keindahan obyek wisata yang menarik lho.

Salah satu contohnya adalah wisata Pantai Blendung yang terletak di Ulujami Pemalang Jawa Tengah. Pantai Blendung ini merupakan wisata pantai yang banyak digemari oleh masyarakat terutama penduduk Pemalang Jawa Tengah.

Sebenarnya tak hanya masyarakat Pemalang saja, dikarenakan pada saat libur tiba banyak wisatawan luar kota yang datang ke pantai ini. Untuk mengetahui sejarah, harga tiket masuk, rute, obyek wisata hingga fasilitas di Pantai Blendung, simak dulu ulasan berikut ya.

Sejarah Pantai Blendung

Pantai Blendung

Menurut cerita dan mitos yang beredar bahwa dahulu kala Pantai Blendung ini memiliki air laut yang cukup ajaib. Hal ini berkaitan dengan air laut yang dipercaya dapat menyatukan calon pengantin dan bahkan bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Cerita yang beredar ini pun masih berkembang hingga sampai saat ini. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pengunjung yang datang terutama pada setiap hari Jumat Kliwon bahkan hingga malam hari pun masih juga berdatangan. Meskipun sebenarnya mitos ini tidak jelas dari mana asal muasalnya.

Biasanya, pengunjung yang akan melakukan prosesi tersebut akan menemui Mbah Suwaryo untuk diantar ke sebuah sumur yang dikeramatkan. Sumur ini terletak di bibir pantai. Uniknya, sumur itu disebut misterius, karena lokasinya dapat berpindah-pindah namun tetap berada di kawasan pantai.

Meskipun letaknya dapat berpindah-pindah pindah, konon sumur tersebut hanya akan dapat ditemukan oleh orang yang yang beruntung saja, atau bisa dikatakan orang yang berjodoh.

Sehingga bagi pengunjung yang tidak bisa menemukan sumur misterius itu, sering menggunakan air pantai sebagai penggantinya, meskipun air dalam sumur merupakan air tawar.

Menurut orang-orang yang pernah menemukan sumur misterius, sumur itu muncul di bibir pantai namun di tanah yang ditumbuhi dengan rerumputan dengan radius sekitar 100 meter dari pantai. Sumur itu pun berdiameter 1 meter dan diatasnya terdapat keris yang melayang yang dijaga oleh dua ekor ular yang melingkar.

Warga sekitar pun menyebutnya dengan sebutan nama Mbah Tumpuk, sebutan ini merupakan sebutan untuk sosok gaib berbentuk ular besar yang berada di  sisi sumur gaib dan melingkar-lingkar serta tampak bertumpuk.

Terlepas dari mitos tersebut, pantai ini menjadi sumber daya alam masyarakat sekitar Desa Blendung. Dikarenakan mayoritas masyarakat menjadi petani sawah dan petani tambak.

Saat ini pun menjadi lebih maju dan terkenal dibanding desa lainnya. hal ini dikarenakan adanya Pantai Blendung yang merupakan salah satu obyek wisata pantai, meskipun pantai ini masih dikelola secara konvensional.

Harga Tiket Masuk Pantai Blendung

Untuk memasuki pantai ini Anda harus melewati semacam penanda kawasan obyek wisata Pantai Blendung yaitu gapura penanda pantai. Di Gapura ini Anda akan ditarik tiket masuk, harga tiket masuknya yaitu 5000 rupaih per motor dan 10.000 rupiah per mobil.

Pantai ini biasanya ramai dikunjungi pada saat hari libur baik hari libur panjang maupun akhir pekan. Oleh karena itu, jangan kaget ya jika pantai ini akan ramai pada saat waktu tersebut.

Rute Menuju Pantai Blendung

Rute Menuju Pantai Blendung

Tentunya bagi pengunjung ataupun warga yang berasal dari Kota Pemalang sudah tidak bingung lagi untuk akses yang dipilih jika akan mendatangi lokasi Wisata Pantai Blendung. Namun, bagi Anda yang bukan berasal dari Pemalang untuk mengunjungi pantai ini bisa menggunakan motor ataupun mobil.

Untuk akses jalannya, jika menggunakan roda empat, Anda bisa melalui jalan tol agar lebih cepat. Yaitu melewati Jl. Tol Semarang-Solo, selanjutnya langsung saja bergabung ke Jl. Tol Banyumanik hingga sampai ke Jl. Tol Tembalang-Banyumanik. Selanjutnya ambil jalan keluar Jl. Tol Srondol-Jatingaleh.

Kemudian ambil jalan keluar menuju Jkt Tol fungsional dan bergabung ke jalan Tol Semarang-Batang, lalu keluar exit Tol Setono menuju jalan Dr. Sutomo, lanjutkan ke jalan Raya Pantura dan jalan Urip Sumoharjo. Setelah itu, ikuti saja papan petunjuk jalan menuju Pantai Blendung.

Selain itu, Anda bisa meminta panduan arah ke Wisata Pantai Blendung di Ulujami Pemalang yang ada di google maps yang terpasang di smartphone anda. Akan tetapi jika anda tidak memakai kendaraan pribadi, Anda bisa memakai kendaraan umum seperti bus atau angkutan lainnya.

Namun, jika menggunakan bus umum, Anda akan berhenti dan turun di terminal bus kota atau desa tujuan Anda. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan dengan transportasi lain yaitu menggunakan ojek yang banyak tersedia di terminal atau juga bisa memesan transportasi lain secara online.

Obyek Wisata Pantai Bendung

Objek Wisata Pantai Blendung

Kondisi obyek wisata Pantai Blendung masih cukup alami dan memiliki suasana yang sejuk karena adanya pohon-pohon cemara yang tumbuh rindang yang ada di kawasan pantai. Sehingga wisatawan menjadi merasa nyaman saat berada di obyek wisata Pantai Blendung. Selain itu, daya tarik lain yang dimiliki Pantai Blendung, ialah :

1. Bermain Pasir Pantai

Kawasan Pantai Blendung memiliki hamparan pasir yang terdapat di sepanjang tepi pantai. Adanya hamparan pasir di pantai ini, biasanya dimanfaatkan oleh para wisatawan sebagai tempat bermain pasir. 

2. Berenang

Objek Wisata Pantai Blendung 2

Mengingat pantai ini memiliki angin yang tak begitu kencang maka ombaknya pun juga tidak begitu kuat. Sehingga, cukup aman jika digunakan untuk berenang.

Namun sebaiknya perlu memperhatikan kondisi cuaca ya sebelum berenang. Takutnya, jika cuaca buruk ombak yang datang bisa besar.

3. Gardu Pandang

Obyek wisata lain yang bisa Anda manfaatkan ketika di kawasan pantai Blendung yaitu tersedianya gardu pandang. Gardu pandang ini berada di sisi pantai.

Gardu pandang biasa digunakan untuk menikmati pemandangan laut luas yang indah. Untuk menikmatinya, Anda bisa menaiki beberapa anak tangga untuk sampai di titik gardu pandang. Dengan demikian, Anda bisa melihat pemandangan sekitar pantai dari ketinggian.

Fasilitas Pantai Blendung

Fasilitas Pantai Blendung

Wisata pantai yang terletak di Ulujami Pemalang Jawa Tengah, ini ternyata sudah memiliki beberapa fasilitas dan pelayanan bagi wisatawan, di antaranya sebagai berikut :

1. Area Parkir Kendaraan

Fasilitas pendukung yang sudah tersedia di kawasan pantai ini salah satunya yaitu area parkir. Di area parkir ini, pengunjung dapat memarkirkan kendaraan pribadinya. 

Area parkir inipun cukup aman, dikarenakan adanya petugas parkir yang siap membantu Anda memarkirkan dan tentunya juga menjaga kendaraan Anda. Sehingga, Anda tak perlu khawatir memikirkan kendaraan saat berlibur di pantai ini.

2. Mushola

Meskipun pantai ini belum dikelola secara baik oleh pemerintah setempat, namun pantai Blendung sudah memiliki fasilitas berupa mushola. Dengan demikian, Anda tak perlu bingung mencari tempat ibadah ketika berada di pantai ini.

3. Kamar Mandi / MCK

Anda pun dapat dengan mudah mencari kamar mandi ketika berada di kawasan pantai ini. Namun, kondisi kamar mandi yang berada di pantai ini seperti yang kurang terjaga kebersihannya.

Oleh karena itu, diharapkan bagi para wisatawan untuk menjaga kebersihan ya, hal ini merupakan upaya untuk menjaga keindahan serta kenyamanan fasilitas bagi para pengunjung lainnya.

4. Penginapan

Fasilitas Pantai Blendung 2

Jika Anda ingin berkunjung dan menghabiskan waktu berlibur Anda lebih lama, Anda bisa membawa peralatan berlibur yang lebih lengkap seperti membawa baju dan uang yang lebih. Dengan demikian, Anda bisa menginap di penginapan yang berada tak jauh atau di kawasan Pantai Blendung.

Itulah beberapa ulasan singkat dari obyek wisata Pantai Blendung yang berada di Pemalang. Jika Anda mengunjungi objek wisata ini jangan lupa juga ya untuk mengunjungi objek wisata pantai lainnya seperti Pantai Indah Kertosari atau Pantai Widuri yang berada tak jauh dari Pantai Blendung.

Jangan anggap remeh kota yang memiliki slogan Pemalang Ikhlas Bersatu ini ya. Karena banyak juga tempat yang bisa dikunjungi sekedar untuk mencari hiburan dan melepas penat kok.

22 Ulasan untuk Pantai Blendung, Pemalang, Jawa Tengah

  1. Pantai yang terletak di Desa Blendung kecamatan Ulujami ini dikelola oleh BUMDES ini termasuk destinasi wisata yang patut dikunjungi apabila kita berada disekitar kawasan Pantura. Dari jalan raya Pantura Ulujami tempat ini dapat ditempuh dengan jarak sekitar 7 km ke arah utara. Pantai ini sepanjang tepiannya terdapat pohon-pohon pinus ๐ŸŽ dan terdapat banyak tempat duduk dari bambu untuk para wisatawan yang ingin memanjakan mata dengan duduk bersantai ria. Terdapat banyak warung yang menyajikan menu khas seperti megono, tempe mendoan, kelapa muda,dll.

  2. Tempat wisata murah,paling dekat dengan rumah.. Sayangnya kurang fasilitas,dan akses jalannya sudah rusak… Semoga bisa lebih diperbaiki lagi.

  3. Tempatnya nyaman, bersih, namun pedagang nya kurang ramah, , baru dateng langsung dimarahin gara2 hal sepele, ngambil kursi dari meja lain, kan kita juga perlu tempat untuk duduk, masa berdiri terus,

  4. Tempatnya bagus dan bersih ditambah masih banyak pepohonan membuat susana menjadi adem cocok untuk berkumpul bersama keluarga maupun teman

  5. Tiket masuknya murah cuma 5rb permotor๐Ÿ˜. Banyak warung* yang menyediakan berbagai macam jajan & minuman๐Ÿ˜. Tentunya murah meriah yak ๐Ÿ˜‚. Ga bikin kantong kering pokoknya๐Ÿ˜‚. Ada permainan buat anak*๐Ÿ˜. Cucokkk buat nongki* cantekkk manjahhhhh bareng temen, sahabat maupun keluarga ๐Ÿ˜. Kapan kalian kesini? ๐Ÿ˜Š

  6. Pantainya sepi, bersih, banyak kursi sehingga enak duduk dimana aja, aksesnya juga sudah aspal sekarang gak kayak dulu yang jalan batu krakal, pantainya juga sedang dihias jadi lebih menarik sekarang, apalagi kemarin ombak juga lumayan kenceng tidak seperti biasanya, kalau pas momennya bisa liat banyak binatang laut seperti bintang laut dan lainnya

  7. Tempat sulit dijangkau, akses jalan masih belum sepenuhnya baik. Ada yg sudah teraspal dan adapula yg belum teraspal. Kalaupun ada, itupun jalannya berlubang. Disini penduduk lokalnya mayoritas berprofesi sebagai petani tambak maupun nelayan. Anda akan disuguhkan pemandangan tambak dikala saat perjalanan. Pantainya berpasir cokelat agak kehitam hitaman dan fasilitas umum sudah ada seperti wc umum maupun toko kecil.Yang disayangkan yaitu masih banyaknya sampah yang ikut masuk di ombak pantai. Hanya saja tempat ini belum memiliki musola dan saya harap pemerintah setempat membangun tempat ini lebih baik lagi. Sekian, terimakasih dan saya minta maaf sebesar2nya apabila ada kesalahan review ditempat ini.

  8. Efek kena banjir tahun lalu, pihon cemara gersang. Tpi ttp indah..

  9. Jalan akses hanya muat 1 mobil. Fasilitas penunjang kurang

  10. Pantai blendung merupakan pantai pasir hitam yang terletak di kecamatan ulul jami kabupaten pemalang provinsi jawa tengah negara indonesia ,pantai ini menurut kaca mata saya pantai masih bersih nan asri sejuk banyak tempat duduknya ada warung dan paling penting kalian bisa melihat sunset maupun sanres nan indah biaya masuk pantai blendung ini cukup 5000 saja ,,cukup murah bukan

  11. Pantai blendung merupakan salah satu tempat wisata di kabupaten pemalang. pantai ini berada di desa belendung kecamatan ulujami pemalang. Akses ke pantai melalui jalur pantura comal ke arah utara. Dari comal bisa melalui jalur kauman, susukan, wonokromo, mojo, pamutih, limbangan, dan blendung atau lewat ambokulon, gandu, pamutih, limbangan, san blendung. Tiket masuk ke pantai fluktuatif untuk hari biasa 5000 per orang sedang untuk musim liburan 10000. Keadaan pantai sendiri bersih walau kadang kotor terutama waktu liburan ,banyak pohon cemara laut serta gubuk2 kecil di sepanjang pantai. Jam buka pantai mulai jam 5.30 sampai 18.00

  12. pantai blendung sekarang lebih bersih dan asri..good job๐Ÿ‘

  13. Deket dari rumah, pemandangan lumayan bagus. Cuman jalanannya yg perlu diperbaiki

  14. sekarang pantainya sudah bersih dan asri… jalannya jg sudah diperbaiki..๐Ÿ˜

  15. jalannya perlu di urug dan di aspal lagi ..jalannya hampir klelep air tambak ๐Ÿคญ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ what is klelep?? wkwkwk..

  16. Berbeda dengan pantai Widuri, pantai yang satu ini masih terlihat alami dan sepi akan pengunjung. Belum banyak pengembangan serta fasilitas yang tersedia disini. Namun buat anda yang mau menenangkan pikiran atau sekedar bermain-main dipinggir pantai, tempat ini rekomended. Dan untuk kedepannya, semoga tempat ini mendapat sorotan pemerintah karena Pantai Blendung terlihat potensial sebagai objek wisata di Pemalang yang wajib untuk kita kunjungi.

  17. Biaya masuk 1 motor 5rb,kalau buat warga blendung gratis.. Pantai masih alami & minim fasilitas

  18. Fasilitasnya udah lumayan baik, tapi terlalu banyak penjual jadi agak mengganggu. Kebersihan juga perlu ditingkatkan lagi. Over all, lumayan lah buat sekedar santai n wisata murah.

  19. Luarrrr biasahhhhhhh, tpi klo mau dijadikan place wisata prlu safety yg baik dan wahana yy memadai biar menarik lagi gth๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  20. Wisata Pantai Blendung di Ulujami Pemalang Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota pemalang tidak mengunjungi wisata pantai yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

    Wisata Pantai Blendung di Ulujami Pemalang Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.

  21. Wisata Pantai Blendung di Ulujami Pemalang Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota pemalang tidak mengunjungi wisata pantai yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

    Wisata Pantai Blendung di Ulujami Pemalang Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.

  22. Wisata Pantai Blendung di Ulujami Pemalang Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota pemalang tidak mengunjungi wisata pantai yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

    Wisata Pantai Blendung di Ulujami Pemalang Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.

Tinggalkan Balasan