Pantai Widuri

Pantai Widuri

Desa Widuri, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52314, Indonesia.

10 Ulasan

Pantai Widuri Pemalang merupakan salah satu objek wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di Kota Pemalang. Dikarenakan, Pantai Widuri ini memiliki pesona keindahan yang akan membuat Anda terkesan.

Selain itu, pantai ini juga memiliki beragam aktivitas menarik yang bisa menjadikan liburan Anda asik. Pastinya juga dengan didukung dengan sejumlah fasilitas wisata yang sudah tersedia bagi para pengunjung.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Pantai Widuri yang berada di Pemalang, sebaiknya Anda meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel ini ya. Karena kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai obyek wisata Pantai widuri.

Sejarah Pantai Widuri

Pantai Widuri

Tahukah Anda mengapa pantai ini disebut dengan nama Pantai Widuri? Jadi, sebenarnya nama Widuri diambil dari legenda desa Widuri. Di desa tersebut tinggallah seorang wanita yang begitu cantik bernama Nyi Widuri. Dari situlah nama pantai ini disebut karena terletak di Desa Widuri.

Jika Anda sedang berada di alun-alun Kota Pemalang maka berbaliklah ke arah utara. Di sana Anda akan melihat sebuah jalan lurus dari kantor kabupaten. Nah, jalan tersebut jika di turut nantinya akan membawa Anda untuk sampai ke pantai Widuri.

Menurut cerita legenda yang ada di Kota Pemalang, jalan yang lurus tersebut dahulu dibuat oleh seorang patih yang sangat sakti.

Patih tersebut bernama Patih Sampun, dikarenakan patih tersebut selalu patuh terhadap perintah dan jika diperintah, maka selalu menjawab sampun (sudah terlaksana) dalam bahasa jawa. 

Harga Tiket Masuk Pantai Widuri

Pantai Widuri ini merupakan pantai yang berpagar, sehingga Anda harus memasukinya melalui pintu yang sesuai yaitu pintu masuk.

Untuk masuk ke area Pantai Widuri tersebut, ada perbedaan harga saat hari biasa dan akhir pekan namun berlaku sama bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dimana saat akhir pekan akan dikenakan biaya Rp 3000 per orang dan Rp 5000 per orang saat hari libur atau lebaran. Harga yang cukup murah bukan? Dengan begitu, Anda bisa menikmati keindahan Pantai Widuri sepuas-nya.

Rute Menuju Pantai Widuri

Rute Menuju Pantai Widuri

Untuk kondisi akses jalan menuju ke Pantai Widuri sudah mudah dan baik, mengingat lokasi pantai ini tidak jauh dari alun-alun dan pusat kota. Waktu yang ditempuh pun hanya sekitar 5 menit perjalanan jika dari Alun-alun Kota Pemalang.

Berlokasi sangat strategis dan berada di sekitar jalur Lingkar Utara Pantura. Sehingga, rute menuju Pantai Widuri pun cukup mudah dari berbagai arah. Salah satunya dari arah Alun-alun Pemalang.

Anda tinggal memilih jalan menuju ke arah utara. Ikuti saja jalan tersebut, karena jalannya lurus. Anda akan melewati rel kereta api, perempatan, dan akhirnya tiba di depan pintu gerbang kawasan wisata Pantai Widuri.

Akses-nya pun bisa dilalui menggunakan transportasi pribadi maupun transportasi umum. Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda bisa memilih menaiki angkutan umum yang menuju ke Desa Widuri.

Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau menggunakan jasa ojek motor yang memang tersedia berada di sekitar Desa Widuri.

Obyek Wisata Pantai Widuri

Berada di Pantai Widuri, Anda tak hanya akan disuguhi pemandangan pantai laut utara saja, namun disini Anda akan menemukan berbagai hal menarik seperti:

1. Area Bermain Anak

Fasilitas Pantai Widuri

Bagi Anda yang berlibur membawa anak-anak, Anda bisa mencoba mengajaknya untuk bermain di wahana taman bermain. Taman bermain ini diperuntukkan bagi anak-anak yang bertempat berada di tengah-tengah taman pantai.

Suasana wahana ini pun cukup teduh dan nyaman. Oleh karena itu, Anda tak perlu khawatir bila anak-anak yang sedang bermain di kawasan ini kepanasan, meskipun sinar matahari sedang terik.

2. Berkeliling Pantai

Nah, saat ini obyek wisata Pantai Widuri menawarkan pengalaman menarik bagi pengunjung lho. Yaitu Anda bisa menaiki perahu untuk mengelilingi pantai.

Anda bisa mencoba merefresh pikiran dan kepenatan ketika berlibur di pantai ini. Salah satunya ya dengan merasakan sensasi menaiki perahu di pantai yang tentunya akan menjadi pengalaman baru Anda ketika berlibur ke Pantai Widuri.

Dengan demikian, Anda dapat melihat pemandangan dari tengah lautan dan pastinya bisa merasakan udara laut yang segar. Untuk bisa menikmati pengalam ini, Anda bisa menyewa kepada pengelola dengan biaya Rp.15.000 per orang. Dengan begitu, Anda sudah bisa menikmati berkeliling laut dengan menggunakan perahu.

3. Bermain Air dan Pasir

Pantai Widuri ini memiliki karakteristik pasir hitam yang lembut dan juga ombak yang tidak terlalu besar. Oleh karena itu, kawasan pantai ini bisa digunakan untuk bermain air dan pasir dengan cukup aman dibandingkan dengan pantai selatan lainnya.

4. Widuri Water Park

Objek Wisata Pantai Widuri

Menariknya, pantai ini juga memiliki sebuah wahana yaitu bernama Widuri Waterpark. Anda bisa menghabiskan waktu dengan berenang atau sekadar bermain air di kolam yang kedalamannya beragam-untuk dari yang dangkal untuk anak-anak sampai yang menantang untuk orang dewasa. Sehingga, Widuri Water Park ini cukup cocok bagi keluarga.

Seperti pada waterpark pada umumnya, di dalam waterpark ini juga terdapat waterslides boomerang, Anda bisa mencoba berseluncur yang berkelok-kelok dan berputar balik. Tersedia juga wahana race slides dengan panjang 135 meter dan tinggi yang mencapai 12 meter. Jalur yang meliuk-liuk dari wahana ini cukup memacu adrenalin.

Jam operasional Widuri Water Park ini dibuka mulai pukul 08.00 WIB dan ditutup pada pukul 17.00 WIB. Namun, bagi yang ingin masuk ke waterpark-nya, maka harus membayar karcis dahulu yaitu Rp20.000 saat weekdays dan perbedaan harga yaitu Rp25.000 saat weekend.

5. Sirkuit

Berbeda dengan pantai lainnya, berada di kawasan pantai ini Anda akan menemukan sirkuit balap yang bisa juga digunakan sebagai arena untuk berlatih kendaraan. Sirkuit ini juga pernah digunakan sebagai ajang Sida Racing yang merupakan kejuaraan kompetisi balap offroad.

Sirkuit yang berada di Pantai widuri ini terletak di sisi kanan kawasan pantai, untuk masuk ke area ini, anda harus membayar satu kali biaya masuk yaitu Rp. 3.000 saja.

6. Dermaga dan Mercusuar

Objek Wisata Pantai Widuri 2

Bertempat di sebelah barat Pantai Widuri, maka akan terdapat dermaga yang sudah tidak dipergunakan dan mercusuar yang cukup menjulang tinggi.

Kawasan ini menjadi ramai saat sore hari dan digunakan sebagai spot memancing. Selain itu, biasanya tempat ini juga digunakan untuk sekadar nongkrong bersama teman-teman atau juga menikmati aneka camilan yang tentunya dengan suasana pantai yang menyegarkan.

7. Sunset

Fasilitas Pantai Widuri 2

Berada di pantai ini ketika sore hari pun tak jadi masalah. Malah, Anda akan mendapatkan panorama menarik seperti panorama berupa terbenamnya sang mentari. Dikarenakan, pantai ini memiliki sunset yang tak kalah indah dibanding pantai lainnya.

Sunset Pantai Widuri juga cukup digemari oleh para fotografer dan mengabadikannya dalam lensa kameranya. Sehingga, ketika di pantai ini pun Anda juga melakukan hal yang sama yaitu bisa mengabadikan momen dengan berbagai gaya dan pengambilan angle foto dalam kamera pribadi Anda yang tentunya akan menambah keindahan hasil foto.

Fasilitas Pantai Widuri

Pantai yang biasa digunakan sebagai lokasi wisata berpiknik bagi berbagai rombongan ini pun juga sudah memiliki berbagai fasilitas. Fasilitas tersebut diperuntukkan agar memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi wisatawan, diantaranya yaitu :

1. Kamar Mandi dan Toilet

Toilet ini bisa dipergunakan dengan baik untuk para wisatawan. Tolet yang berada di kawasan Pantai Widuri ini pun bisa digunakan sebagai tempat bilas bagi Anda yang selesai berenang.

Di toilet ini juga dibedakan antara kamar ganti khusus laki-laki dan juga perempuan. Sehingga, Anda bisa dengan nyaman menggunakannya.

2. Panggung Hiburan

Untuk mendukung daya tarik pariwisata Pantai Widuri, maka pihak pengelola juga mendirikan sebuah panggung hiburan yang dibabgun secara permanen. Melalui panggung hiburan ini, biasanya akan diadakan berbagai pagelaran seperti konser musik pada waktu-waktu tertentu.

3. Gazebo

Fasilitas yang bisa digunakan untuk bersantai juga tersedia di pantai ini. Yaitu adanya beberapa gazebo yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menikmati pemandangan pantai bisa juga sambil menyantap aneka cemilan dan kuliner yang banyak dijajakan oleh pedagang yang ada di sekitar pantai.

4. Warung Makan

Pantai ini juga sudah dilengkapi dengan berdirinya warung-warung makan yang berada di sekitar kawasan pantai. Berbagai macam menu tersedia di sini, seperti olahan seafood, medoan dan tersedia berbagai minuman ditambah juga tersedianya es kelapa muda.

Untuk harga yang ditawarkan pun standar dan tidak terlalu mahal. Namun, tak ada salahnya juga dikarenakan banyaknya warung yang tersedia, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu harga makanan yang Anda pesan, agar sesuai dengan kantong.

Demikian ulasan mengenai Pantai Widuri yang memiliki pemandangannya yang begitu menawan dan juga suasana pantai yang tenang. Yuk atur jadwal liburan Anda ke Pemalang agar bisa mengunjungi Pantai Widuri.

Mengingat pantai ini dapat menjadi tempat yang cocok bagi Anda yang ingin merelaksasi dari aktivitas sehari-hari. Jangan lupa juga ya, ketika berkunjung ke pantai ini juga kunjungi Pantai Blendung.

10 Ulasan untuk Pantai Widuri, Pemalang, Jawa Tengah

  1. Pantainya jenis pasir hitam dan sedikit ombak. Sebetulnya sangat ideal untuk bermain air, lebih aman daripada pantai selatan.. Sayangnya sampah di mana-mana. Tidak ada petugas kebersihan dan pengunjung yang hobi buang sampah sembarangan. Jadi jorok sekali.. Toilet juga sedikit dan airnya sedikit.. Terlalu banyak pedagang di pinggir pantai bikin penuh.

  2. Pantai ikonik kab pemalang yang lokasinya cukup dekat dengan pusat kota. Buat kalian yang suka nongkrong tempat ini cocok buat kalian. Tetapi sampaah yang menumpuk di area parkir mobil sangat mengganggu keindahan pantai ini. Di sini juga terdapat sirkuit yang cukup luas dan biaya masuk tergolong murah kok. . . Selamat Berkunjung 😊

  3. Pantai ini sangat mudah dijangkau Dari Pemalang. Dari alun-alun kota hanya perlu sekitar 10 menit anda sudah bisa sampai di pantai. Akses jalan Yang besar dan lebar menuju tempat ini mendukung bila anda datang bersama rombongan keluarga dengan kendaraan besar seperti bis besar.. Harga ticket masuk Di sana relatif sangat murah. Anda hanya perlu membayar Rp.3000,- untuk satu orang dewasa, sedangkan anak2 gratis. Parkir Mobil Rp.2000,-.. Di sepanjang pantai tersedia tempat-tempat duduk untuk bersantai, anda hanya perlu memesan makanan kecil dan minuman yang harganya juga relatif murah. Hari Itu saya memesan teh poci, seporsi mendoan dengan sambal kecap (isi 8 potong) dan 2 buah lontong dengan fasilitas tempat duduk dan pemandangan Laut saya hanya perlu membayar Rp.20.000,-.. Anda dapat menggunakan waktu bersantai mencari inspirasi sambil mengawasi anak-anak bermain pasir Dan air, atau berjalan-jalan menyusuri pantai.

  4. Tiket masuk 10 rb.,. Biasanya sebagai destinasi wisata setelah ziarah makam waliyullah syech Syamsuddin sekitar 500 meter dari portal masuk bus pantai widuri.. Sebenarnya bagus pantai nya, pengelolaan sampah harus di perhatikan lagi oleh pengelola

  5. Lumayan, untuk standar pantai yang bisa jadi tempat berenang.. View pantai kurang begitu memuaskan karena unfortunately banyak sampah.. Di pinggir pantai, banyak tenda penjual makanan dan minuman jadi untuk yang ga ikut berenang bisa duduk2 di tenda2 tsb.

  6. Pernah sih aq kesana pada bulan julli setelah ziarah ke waliullah syech Samsudin… pantainya lumayan cuma kelihatannya tdk ada petugasnya … karena sampahnya… wau… banyak sekali … sehingga kurang nyaman…mohon untuk ditingkatan… kenyamanannya…

  7. Pantai ny bagus bgtt,banyak tempat duduk dan warung,enaknya di pantai ini tuh ketika kita dudukdan makan mendoan yg msh angettt🙃🤤

  8. Pantai Widuri ini adalah salah satu pantai yang cukup bagus yang terletak di pemalang. Dulu ketika sedang ada di pemalang beberapa kali pernah datang ke tempat ini untuk menikmati suasana yang ada di pantai widuri. Pantai ini sendiri menurut saya merupakan salah satu destinasi wisata yang perlu untuk dikunjungi ketika sedang berada di pemalang.

  9. Pantai ini ramai dikunjungi orang setiap hari libur dan hari raya Idul Fitri, pengunjung bisa tumpah ruah di pantai widuri setiap tahunnya di hari-hari besar.
    Obyek wisata yang ada di pantai Widuri ini mulai dari bentangan pantai yang tidak begitu luas, namun di pinggiran pantai banyak ditumbuhi pohon-pohon besar yang sudah berumur puluhan tahun dan terdapat tempat-tempat duduk untuk menikmati keindahan pantai dan menikmati matahari terbit serta matahari terbenam di Pantai Widuri ini.

    Selain itu, terdapat juga beraneka ragam tempat wisata kuliner berupa hasil tangkapan laut, obyek wisata air, arena bermain anak-anak, panggung untuk pagelaran musik, lapangan tenis dan sirkuit balap motor.
    Obyek wisatanya sendiri dikelilingi oleh tembok tembok pembatas yang mengelilinginya kalau dihitung luas di dalamnya kurang lebih sekitar 10 hektar.

  10. perlu ditingkatkan lagi untuk dinas terkait supaya bisa menarik pengunjung ke ow widuri sebagai destinasi wisata kota pemalang

Tinggalkan Balasan