Pantai Botutonuo

Pantai Botutonuo

Desa Botutonuo, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96585, Indonesia.

15 Ulasan

Ketika akhir pekan dan liburan segera tiba, sudah siapkah Anda untuk mengisi liburan Anda dengan mengunjungi suatu objek wisata? Jika belum, simak sajian informasi berikut ini.

Karena, kali ini pantainesia akan memberikan ulasan mengenai objek wisata yang cukup cocok dijadikan tempat berlibur.

Nah, kali ini akan mengulas mengenai Pantai Botutonu yang terletak di Gorontalo. Bagi Anda yang berada di Pulau Jawa, memang lokasi pantai ini cukup jauh. namun bagi warga Gorontalo pantai ini layak untuk dikunjungi.

Namun, tidak ada salahnya kan jika Anda berlibur di pulau seberang, karena memang memiliki keindahan yang berbeda dengan sekitar Anda. Keindahan apa saja sih? Silahkan simak ulasan berikut untuk mengetahuinya

Sejarah Pantai Botutonuo

Pantai Bolihutuo

Desa Botutonuo merupakan sebuah desa yang berlokasi di Kecamatan Kabila Bone. Desa ini  terletak diantara Desa Molintogupo, Desa Modelomo dan masih berada di Teluk Tomini.

Dibalik nama Desa Botutonuo, ternyata desa ini menyimpan keindahan alam dengan adanya pantai yang menakjubkan. Masyarakat sekitar menyadari keberadaan pantai tersebut salah satunya yaitu Pantai Botutonuo.

Pada tahun 2009, Desa Botutonuo ini mulai melakukan pembenahan dan di sulap menjadi sebuah lokasi wisata bahari. Sejak saat itulah mulai banyak wisatawan yang mengunjungi desa atau pantai ini baik dari warga sekitar maupun dari luar wilayah ini.

Uniknya, warga di sinilah yang mulai mengelolanya menjadi sebuah destinasi wisata. Adanya pantai ini pun tak hanya menjadi sebuah lokasi wisata bagi para pengunjung saja, pantai ini juga sangat membantu warga untuk menambah penghasilan perekonomian penduduk setempat.

Ketika sampai di lokasi Pantai Botutonuo, maka Anda akan melihat papan dengan keterangan lorong. Hal ini yang menjadikan berbeda dari pantai lainnya.

Lorong ini sebagai tanda untuk membedakan kawasan pantai Botutonuo yang panjang. Lorong-lorong ini terdiri dari lorong 1 hingga lorong 7, Anda pun dapat memilihnya sesuai dengan keinginan Anda.

Agar dapat memperluas dan mengembangkan wisata, mereka juga membuat suatu proposal pengembangan wisata melalui padat karya.

Harga Tiket Masuk Pantai Botutonuo

Karena pantai ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat, sehingga sebenarnya tidak ada retribusi tiket masuk.

Hanya saja, apabila Anda akan memasuki kawasan pantai ini akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp 5000. Biaya ini akan ditarik oleh warga saat akan memasuki wilayah pantai atau berada di pintu masuk.

Rute Menuju Lokasi Pantai Botutonuo

Rute Menuju Pantai Botutonuo

Pantai Botutonuo ini tepatnya berada di Desa Botutonuo, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Agar bisa sampai ke lokasi Pantai Botutonuo, maka Anda harus menempuh jarak sekitar 17 kilometer dari Kota Gorontalo. Anda bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi yang membutuhkan waktu tempuh sekitar 35 menit.

Kondisi jalan menuju lokasi Pantai Botutonuo pun sudah bagus dan rata dengan aspal. Namun, karena terletak di daratan dan lembah maka akses jalannya berkelok-kelok dan berada di sisi tebing-tebing karang.

Meskipun demikian, perjalanan Anda akan begitu menyenangkan dengan pemandangan Pantai Leato yang dapat Anda lihat.

Rute yang bisa Anda lalui pun Hanya 1 akses jalan saja untuk menuju lokasi ini. Dari kota Gorontalo, Anda bisa belok kanan sata berada di Bundaran Tugu Saronde, kemudian belok kiri menuju jalan Jalaludin Tantu.

Selanjutnya Anda dapat mengambil arah kanan menuju jalan mayor Dullah, ikuti saja jalan tersebut lalu arahkan ke jalan Laksamana Martadinata dan masuk ke jalan Trans Sulawesi. 

Anda dapat menyusuri jalan Trans Sulawesi yang memang terdapat deretan pantai. Dengan demikian, Anda dapat mengikuti petunjuk jalan atau memanfaatkan aplikasi google maps untuk mengarah ke Pantai Botutonuo.

Yang perlu diingat adalah bahwa pantai ini memiliki banyak lorong bahkan hingga 7 lorong atau jalan masuk. Pada setiap lorong sudah diberi tanda dengan jelas menggunakan papan kayu.

Anda juga dapat memilih lorong yang Anda masuki dengan tujuan yang sama yaitu Pantai Botutonuo.

Objek Wisata Pantai Botutonuo

Pantai ini merupakan suatu objek pariwisata bahari di Gorontalo yang cocok sebagai tempat berlibur untuk para keluarga keluarga.

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Fasilitas Pantai Botutonuo

Selama di pantai ini, Anda menikmati pemandangan pantai yang indah dan memukau. Sambil berjalan-jalan menyusuri pantai tanpa alas kaki yang akan membuat lebih nyaman dalam melangkah.

Ditemani dengan suara deburan ombak yang menghantam pinggiran pantai dan semilir angin sepoi-sepoi. Keadaan ini akan membuat nyaman untuk menyegarkan pikiran Anda.

2. Berenang dan Bermain Pasir

Wisata Pantai Botutonuo

Air laut pantai ini cukup tenang, sehingga  dapat digunakan untuk bermain air ataupun berenang. Airnya pun cukup jernih, sehingga Anda dapat menyaksikan keadaan di dalam laut dengan melihat ikan warna warni dan juga terumbu karang.

Namun, jika berenang di pantai ini kami menyarankan agar sebaiknya menggunakan alas kaki renang. Hal ini dikarenakan batuan karang-nya ada yang tajam sehingga bisa melukai kaki. Selain itu Anda juga harus tetap berhati-hati untuk keselamatan berenang juga ya!

Meskipun pantai ini dipenuhi dengan kerikil atau batuan yang kecil-kecil. Namun, Anda masih bisa bermain pasir loh di kawasan pantai ini.

Bagian pantai yang bisa Anda gunakan yakni terletak di sisi bagian barat pantai. Maka Anda akan menemukan pasir pantai yang berwarna putih dan halus.

3. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Botutonuo

Jika Anda ketika mengunjungi pantai ini sampai waktu saat-saat matahari akan tenggelam, maka Anda akan melihat pemandangan langit yang sangat memukau.

Warna langit yang kuning keemasan dipadukan dengan warna temaram jingga akan menghiasi pemandangan senja saat sunset yang indah. Anda akan melihat pemandangan yang tenang dan memukau.

Momen ini sangat tepat untuk Anda jadikan sebagai background photo Anda agar terlihat siluet yang sangat indah.

4. Dermaga

Tempat Wisata Pantai Botutonuo

Di kawasan pantai ini juga terdapat sebuah bangunan yang menjorok ke lautan. Bangunan ini biasa disebut dengan dermaga kecil oleh para masyarakat sekitar. 

Anda pun bisa mencoba berjalan diatas  dermaga ini, namun jangan terlalu pinggir ya ketika berjalan, agar tidak tercebur. Di dermaga kecil ini Anda bisa melakukan foto dengan latar belakang pemandangan pantai.

5. Berkeliling Menggunakan Perahu

Wisata Pantai Botutonuo Gorontalo

Tak hanya menikmati pemandangan dari pantainya saja. Namun, berada di pantai ini Anda bisa melihat pemandangan lautan dan alam sekitar secara dekat loh. Bagaimana ya caranya?

Jadi, Anda hanya cukup menaiki perahu untuk mengelilingi pantai. Dikarenakan, terdapat perahu yang memang disewakan oleh pengunjung untuk mengelilingi area perairan pantai dan juga menikmati pemandangan dari laut.

Dengan biaya Rp. 5.000 saja per orang. Anda sudah bisa menaiki perahu menuju ke tengah pantai. Suasana ini akan semakin seru dengan alunan lagu yang diputar dari perahu.

Fasilitas di Pantai Botutonuo

Meskipun menjadi sebuah lokasi wisata yang dikelola secara mandiri oleh warga sekitar. Namun, dengan mengajukan proposal dan memang kegigihan para warga sekitar maka fasilitas yang ada di Pantai Botutonuo terbilang cukup bagus.

Berikut beberapa fasilitas pendukung berupa:

1. Gazebo

Bagi Anda yang ingin bersantai dengan menikmati keindahan alam sekitar, Anda pun bisa dengan duduk-duduk di gazebo yang terletak di sepanjang tepian pantai. 

Jika Anda lupa membawa peralatan seperti tikar untuk berlibur pun tak apa. Adanya gazebo ini maka dapat Anda sewa ketika berlibur di Pantai Botutonuo.

2. Kamar Mandi Dan Toilet

Jika Anda ingin menggunakan toilet atau kamar mandi di pantai ini pasti tidak menemukan. Karena memang pantai ini belum memiliki toilet yang bisa digunakan.

Namun, Anda tetap masih bisa menemukan toilet atau kamar mandi. Lalu dimana kamar mandi tersebut? Jadi, kamar mandi berada di rumah-rumah warga sekitar kawasan pantai yang memang diperuntukkan para wisatawan.

Walaupun berada di rumah warga namun Anda tetap bisa menggunakannya. Warga sekitar pun juga tidak mematok harga. Jadi jika Anda menggunakan kamar mandi ini maka bisa membayar sekedar-nya.

3. Penginapan

Bagi Anda yang masih merasa kurang waktu untuk berlibur di Pantai ini, Anda bisa loh bermalam di kawasan pantai ini dengan menyewa penginapan.

Di Sekitar kawasan pantai sudah terdapat beberapa penginapan yang siap disewakan oleh para wisatawan yang ingin bermalam.

Anda bisa menyewa penginapan tersebut dengan hitungan per malam yaitu Rp 150.000. Dengan begitu, pastinya liburan Anda akan begitu puas.

4. Warung Makan

Walaupun untuk mencapai lokasi pantai ini melewati bukit dan lembah, namun liburan Anda akan seru dan jika Anda tidak sempat menyiapkan bekal makanan pun tak apa. Karena di kawasan objek wisata ini sudah berdiri warung makan yang menyediakan makanan khas Gorontalo.

Makanan yang dijual pun harganya cukup murah. Sehingga Anda tidak perlu membawa bekal yang banyak untuk menikmati masakan khas di pantai ini. Malah Anda sekaligus ikut berkontribusi menghidupkan pariwisata dan perekonomian masyarakat sekitar. 

Demikian, informasi terkait dengan objek wisata Pantai Botutonuo yang berada di Gorontalo. Pantai ini memang sudah memiliki objek wisata serta fasilitas pendukung yang bisa digunakan oleh pengunjung.

Meskipun demikian, besar warga sekitar bahwa pantai ini dapat menjadi perhatian pemerintah setempat agar lebih dikembangkan sebagai lokasi wisata yang nyaman dan populer. Apalagi jika ditambah dengan berbagai wahana air, pasti akan menambah daya tarik wisata.

Walaupun hal ini masih menjadi harapan, namun pantai ini tetap memiliki pesona tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Oleh karena itu, pantai ini tetap menjadi sebuah objek wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur di Gorontalo.

Ketika Anda berkunjung ke Gorontalo, Anda juga dapat mengunjungi pantai lainnya seperti Pantai Kurenai atau Pantai Bolihutuo.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Botutunuo di Gorontalo yang indah. Silahkan rencanakan liburan Anda ke pantai yang indah ini.

15 Ulasan untuk Pantai Botutonuo, Bone Bolango, Gorontalo

  1. Keep Calm to the byur neh Tempat Nongki yang wah deket pantai jadi yah ada nuansa santai udara yang sejuk baru depe polusi masih bisa di bilang minim sihh i , kalo mo di bilang main air yah di sini recomended guys, . Jadi mau torang cerita bemana tetap sema mo block, untuk menu sih oke makanan maupun minuman dan harga yang terjangkau,, begitu baya👌😂

  2. Pantai yang indah Di Gorontalo, Tempatnya asik untuk bermain ombak dengan keluarga, untuk makanan lengkap tidak perlu bawa makanan

  3. Perlu di benahi

  4. Lorong 4. Masih banyak terumbu karang, ikan warna warna berenang bersama kita. Cocok sekali untuk wisata keluarga yang murah meriah

  5. Buat kalian yang lagi cari tempat wisata liburan ke pantai gorontalo,kali ini aku kasih recommend bagi kalian yang lagi cari tempat wisata,salah satunya di pantai botutonuo. Kenapa aku kasih recommend bagi kalian?karena di tempat ini pantainya indah,dan juga ada tempat untuk bersantai dan tempat ini cocok untuk berliburan dengan keluarga, dan juga di tempat ini juga menyediakan perahu, perahu di sini digunakan untuk kalian yang ingin melihat lihat di tengah laut dan juga,pengalaman saya naik perahu di pantai botutonuo sangat menyenangkan karena di perahu juga waktu saya naik ada lagunya jadi kita bisa refreshing,cocok untuk kalian yang mau liburan ke gorontalo mau ke pantai.

  6. Pantai yg terletak di desa botutonuo ini termasuk destinasi wisata yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Anda hanya perlu membayar uang parkir dan jika ingin menyewa Cotage hanya dengan membayar -+ 35rb puas untuk anda bersantai selama yg anda mau. Tersedia juga penginapan yang bisa anda sewa 150)/malam untuk fasilitas yang tersedia.

  7. Lumayan buat refreshing brsama keluarga dan shabat2…. Tp hati2 dibawah air berbatu2.

  8. Wisata alam yg masih asri jauh dr kesan polusi dan bahan kimia

  9. Nice view. Tempat istrahat sewa 50rb utk yg large size. Perahu 5rb/org

  10. Tempatnya keren dan memuaskan..pemandangannya sangat indah … Aq suka tempat ini…

  11. Panorama alam pantai wisata botutonuo Gorontalo itu sangatlah indah dan mempesona sehingga banyak orang yang pingin kesana

  12. Sangat bagus,pantai berbatu koral yg sangat indah,. Lokasi yg cukup bersih,tersedia kamarmandi yg bersih,dan juga air yg cukup banyak,lahan parkir yg sangat dijaga oleh pemilik lahan… Pelayanan ramah,dan tempat cukup luas,yg bisa digunakan untuk acara gathring dan juga acara keluarga. . Recommended

  13. Pisang goreng di pagi hari depan pantai dengar suara ombak.. the best vitamin sea

  14. Bagus pemandangannya, pantainya bersih, tempatnya lumayan baik ada parkiran.

  15. Destinasi andalan yang sering di kunjungi warga kota Gorontalo dan sekitarnya. Biasanya menjadi pilihan rombongan wisata maupun keluarga. Jaraknya tidak terlalu jauh dari kota Gorontalo. Rutenya pun dapat ditempuh dengan mudah, karena pantai ini akan melalui jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara.

Tinggalkan Balasan