Pantai Kurenai

Pantai Kurenai

Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96583, Indonesia.

11 Ulasan

Gorontalo merupakan sebuah provinsi yang baru terbentuk pada tahun 2002. Wilayah ini diapit oleh dua lautan yang cukup luas. Oleh karena itu, wajar jika daerah ini memiliki pantai yang eksotis.

Mungkin Anda lebih mengenal Gorontalo dengan wisata bahari berupa Pantai Botubarani yang memiliki hiu paus yang unik ya? Namun, Kota ini tak hanya sebatas itu saja. Karena masih memiliki beragam pantai yang menarik.

Salah satunya yaitu Pantai Kurenai, sudah pernahkah Anda mendengar nama pantai ini? Atau malah belum pernah mendengar nama tersebut?

Meskipun belum pernah mengetahui pun tidak masalah, karena objek wisata Pantai Kurenai ini masih terbilang baru. Untuk membantu Anda mengetahuinya, silahkan simak ulasannya pada artikel di bawah ini

Sejarah Pantai Kurenai

Pantai Kurenai

Pantai Kurenai adalah salah satu pantai yang bisa dikunjungi bagi para wisatawan dan lokasinya berada tidak terlalu jauh dari pusat kota Gorontalo. Objek wisata ini sudah dibuka secara resmi sejak tahun 2017.

Meskipun termasuk objek wisata pantai yang masih baru, namun pantai ini cukup populer bagi warga Gorontalo dan sekitarnya. Pantai ini memiliki panorama yang menarik serta beberapa aktivitas yang ditawarkan bagi pengunjung yang datang.

Oleh karena itu, menjadi wajar jika pantai ini begitu populer dan ramai pada saat tertentu. Apalagi pada saat musim liburan panjang.

Pantai ini akan dipenuhi oleh pengunjung dari Gorontalo maupun pengunjung dari berbagai daerah yang memang menjadikan pantai ini sebagai tujuan wisata.

Harga Tiket Masuk Pantai Kurenai

Harga tiket masuk atau retribusi untuk memasuki objek wisata Pantai Kurenai tidak dihitung per orang. Akan tetapi, dihitung per kendaraan.

Jadi apabila Anda menggunakan kendaraan roda dua seperti motor, maka persiapkanlah uang Rp 5000 dan untuk roda empat Rp 10.000.

Untuk penarikan biaya retribusi atau harga tiket masuk ini dapat digunakan hanya untuk sekali masuk saja. 

Rute Menuju Lokasi Pantai Kurenai

Rute Pantai Kurenai

Pantai Kurenai ini berlokasi di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Jarak dari pusat kota Gorontalo yaitu sekitar 12 kilometer.

Rute yang bisa Anda lalui adalah dari bundaran tugu Saronde, ambil jalan keluar menuju jalan Nani Wartabone melewati jalan Ahmad Yani. Kemudian belok kiri ke jalan Jalaludin Tantu ikuti saja jalan tersebut sekitar 9 kilometer.

Kemudian belok kiri menuju jalan Trans-Sulawesi, ikutilah hingga jalan Laksamana Martadinata. Anda akan melewati tugu selamat datang, masuk saja jalan tersebut dan sampailah ke Pantai Kurenai.

Objek Wisata Pantai Kurenai

Berada di Pantai Kurenai yang cukup populer ini, Anda akan bisa menemukan dan melakukan beberapa hal yang menarik agar liburan Anda begitu terasa asik.

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Wisata Pantai Kurenai

Selama berada di pantai ini, Anda dapat menikmati pemandangan pantai yang indah dan memukau. Pantai yang bersih dan Air laut yang jernih menjadi daya tarik dari pantai Kurenai ini.

Anda dapat menyusuri bibir pantai sambil menikmati suara deburan ombak diiringi hembusan semilir angin sepoi-sepoi yang membuat nyaman dan tenang suasana.

2. Hamparan Pasir Pantai

Pantai Kurenai Bone

Hamparan pasir yang berwarna kecoklatan dan juga lembut sehingga sangat nyaman ketika kaki Anda menyentuh pasir di pantai ini. Pasir pantainya pun cukup bersih, oleh sebab itu bisa digunakan untuk bermain maupun sebagai tempat foto.

3. Berburu Photo

Wisata Pantai Kurenai Gorontalo

Meskipun jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, namun pantai ini cukup sepi pengunjung pada saat hari biasa. Ketika Anda berkunjung ada hari biasa maka akan merasakan sensasi seperti pantai milik pribadi.

Hal tersebut tak menjadi masalah bagi Anda yang berlibur untuk menenangkan pikiran, menghiangkan kepenatan dan mencari ketenangan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan suasana tersebut untuk melakukan hunting foto.

Dengan demikian, Anda akan merasa bebas mengekspresikan gaya dan model untuk mendukung hasil foto terbagi. Bagi Anda yang mungkin masih bingung mencari tempat untuk foto prewedding, maka pantai ini juga cocok  dijadikan tempat pengambilan foto tersebut.

4. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Kurenai

Ketika hari mulai sore, suasana pantai pun akan tampak berbeda. Perbedaan itu muncul dengan terlihat-nya panorama alami tenggelam-nya matahari di sisi barat pantai dengan pancaran senja.

Pemandangan saat sunset akan menjadi momen yang indah ketika Anda jadikan background photo Anda. Pemandangan siluet diri Anda akan terlihat menarik.

Hal tersebut menambah deretan indahnya pemandangan Pantai Kurenai yang bisa Anda abadikan sebagai kenang-kenangan maupun koleksi pada saat waktu berlibur Anda.

5. Memancing

Memancing Di Pantai Kurenai

Berada di Pantai Kurenai tidak hanya sebatas menikmati keindahannya saja, Anda bisa melakukan kegiatan memancing. Hawa yang sejuk dan sepi pastinya akan pas jika menghabiskan waktu untuk memancing.

Apabila Anda akan melakukan aktivitas memancing di pantai ini sebaiknya membawa peralatan pancing sendiri ya, kami pun juga menyarankan agar memancing pada tempat yang cukup aman agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan.

6. Camping

Camping Di Pantai Kurenai

Suasana yang tidak terlalu ramai serta pemandangan yang indah dan juga hamparan pasir yang cukup luas. Kondisi ini menjadikan pantai Kurenai sebagai tujuan para wisatawan yang gemar melakukan camping.

Anda bisa mencoba sensasi camping di pantai ini bersama teman-teman maupun komunitas Anda. Namun, segala peralatan camping harap membawa sendiri ya, dikarenakan pantai ini tidak menyewakan peralatan pendukung untuk melakukan camping, jadi hanya menyediakan area saja.

Walaupun cukup sepi, namun kegiatan camping Anda akan terasa mengasyikkan jika diisi dengan kegiatan-kegiatan seru bersama teman-teman, seperti bernyanyi dengan iringan gitar yang Anda bawa atau membakar ikan bersama-sama.

Meskipun camping di area ini diperbolehkan, namun harus tetap menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan ya! Dengan meninggalkan sampah yang berserakan.

7. Bintang Laut

Pantai ini memiliki keunikan pada saat pagi hari, jika Anda berkunjung saat hari masih pagi, maka Anda akan menemukan berbagai biota laut yang bisa dilihat di air laut yang dangkal.

Dikarenakan pada saat pagi hari, air laut ini surut sehingga Anda dapat bertemu dengan bintang laut serta beragam ikan kecil yang berwarna-warni yang seolah sedang menari di lautan. Jika Anda semakin ke tengah, maka akan menemui juga biota laut berupa bulu babi.

Fasilitas Pantai Kurenai

Fasilitas Pantai Kurenai

Meskipun pantai ini sudah diresmikan sebagai objek wisata dan juga akan ramai dikunjungi pada saat akhir pekan atau libur panjang. Namun, sayangnya pantai ini tidak memiliki fasilitas yang lengkap dan bahkan memang fasilitas ini masih terlihat kurang.

Seperti tidak adanya ruang ganti atau tempat bilas bagi wisatawan yang bermain air laut atau bermain pasir laut. Oleh karena itu, kedepan-nya pengelola atau pemerintah setempat segera membangun fasilitas pendukung agar bisa digunakan oleh pengunjung yang datang.

Sehingga, Pantai ini menjadi sebuah objek wisata yang semakin terkenal yang tentunya memiliki fasilitas yang lengkap. Selain itu, wisatawan juga akan lebih nyaman dan lebih mudah menemukan fasilitas bagi wisatawan yang datang.

Walaupun fasilitas di objek wisata Pantai Kurenai belum lengkap. Tetapi Anda masih bisa menemukan Pedagang makanan Kaki lima di kawasan pantai ini.

Pedagang kaki lima ini menyediakan makanan dan minuman ringan, sehingga dapat sedikit mengganjal rasa lapar atau rasa dahaga Anda. Harganya pun cukup murah dan tidak begitu mahal hanya saja pilihan menu yang ditawarkan hanya terbatas.

Oleh karena itu, jika Anda akan mengunjungi Pantai Kurenai, maka sebaiknya membawa perlengkapan dan peralatan berlibur yang lebih lengkap ya.

Mengingat fasilitas pantai ini kurang mendukung dan jangan lupa juga untuk membawa camilan atau makanan sendiri. Mengingat menu yang ditawarkan oleh pedagang kaki lima di pantai ini tidaklah lengkap.

Jika Anda sedang berkunjung ke Bone, jangan lupa untuk mampir ke pantai Kurenai ini. Anda juga dapat singgah di pantai lainnya seperti Pantai Bolihutuo.

Demikian mengenai wisata Pantai Kurenai yang bisa dijadikan sebagai pilihan objek wisata untuk Anda kunjungi bersama keluarga maupun orang terdekat Anda.

11 Ulasan untuk Pantai Kurenai, Bone Bolango, Gorontalo

  1. Pantai yg bagus. Pasirnya juga lembut sekali. Biaya masuknya juga murah, 5rb utk motor dan 10rb utk mobil. Ada beberapa penjual makanan di sekitar pantai, jadi jika lapar tidak perlu repot2 mencari jauh2. Atau bisa juga piknik di bawah pohon yg ada di tepi. Tapi selalu ingat untuk bawa kantung plastik buat tempat sampah ya. Banyak kambing juga disini, jadi hati2 jika berjalan. Kambing disini suka sekali mendekati oraang, dan mereka jinak sekali. Jadi kalau ada sisa makanan piknik jangan dibuang ya. Kasih aja ke kambing

  2. What a beautiful place. Most recommended place in town, not too far from city center, mudah ngedapetin org berjualan di sepanjang pantai dgn harga murah tdk seperti di tempat2 wisata pada umumnya, kids friendly, mudah di jangkau ke lokasi bahkan dgn menggunakan kendaraan daerah bentor.

  3. Pantai Kurunai, letaknya tidak jauh dari Kota Gorontalo. Bagus dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga. Ada beberapa pohon besar yang bisa digunakan sebagai shelter sebab belum tersedianya pondok-pondok seperti dipantai yang lain. Namun anda bisa mendirikan tenda atau hammock disini. Untuk Toilet,, sampai saat ini saya belum menemukan dimana toiletnya😬.. Air Laut tidak terlalu berombak, jadi aman untuk mengajak anak-anak untuk mandi. . Dulu untuk masuk ke pantai ini tidak dikenakan biaya, namun mungkin karena semakin banyak pengunjung, maka diberlakukanlah biaya masuk. Untuk tarif kenderaan roda 2 di kenakan harga Rp.2000 dan Rp.5000 untuk kenderaan roda empat. . Sebelum tempat ini ramai, kondisinya masih bersih dari sampah plastik, namun ketika semakin banyak pengunjung, kondisi pantai pun semakin memprihatinkan.. Jadi tetap jaga kebersihan, buanglah sampah pada tempatnya!

  4. Pantai pasir putih terdekat di kota Gorontalo. Bagus, alami. Hanya 8 km dari kota.πŸ‘πŸ˜

  5. Tempatnya Bagus…. Tapi butuh sentuhan pemerintah daerah setempat untuk lebih dikembangkan.. Krn sampai saat ini tempat itu merupakan tempat bekas pabrik pengalengan ikan

  6. Pantai pasir putih yang bagus, dengan air yang jernih dan pantai yang datar sangat cocok untuk menikmati keindahan pantai, teluk dan sunset. Lokasi sangat mudah dijangkau karena lokasi pinggir jalan trans sulawesi. Parkir yang luas sepanjang pantai. Minus dari tempat ini adalah tidak adanya tempat bilas dan toilet maupun kamar mandi. Pedagang masih sangat kurang, perlu tambahan naungan dan tempat istirahat. Selain itu lokasi parkir kurang rapi. Sisi lain dari pantai seberang jalan banyak sekali sampah berserakan karena kurangnya tempat sampah. Kesadaran pengunjung untuk membawa kembali sampahnya sangat dibutuhkan demi kemajuan pariwisata alam gorontalo.

  7. πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜
    View nya kereeeen,.. apalagi pas Sunset. Pokoknya bagus dan recommended deh tempat.
    Saat pikiran lagi sumpek dan penuh dengan tekanan pekerjaan alias stress, paling enak ketempat ini nih…😘😘
    Deburan ombak dan hembusan anginnya bikin pikiran jadi tenang dan perasaan langsung plong…

  8. Pantainya asri dan indah dengan dasar pasir putih di sepanjang pantainya. Air lautnya yang bersih dan agak kebiruan, sangat asyik untuk berenang dan bersantai ria

  9. Kalau pada pengin sendirian gitu di Pantai Kurenai silakan datang saat week days (pagi-pagi banget, disarankan). Biar bisa leluasan mencari tempat untuk duduk-duduk santai ataupun mau bikin acara bakar-bakar ikan dan jagung.

    Bagusnya main pagi pun, bisa sempat main ke laut karena airnya lagi surut. Bisa ketemu bintang laut sama beragam ikan (salah satunya, ikan warna biru di foto). Oh ya, hati-hati juga kalau ke bagian tengah laut karena ada bulu babinya.

  10. Pantai eksotis dengan pasir putih yang indah, akan menjadi lebih elegan ketika senja. Tempat yang biasa dijadikan tempat berkumpulnya milenial. Jaraknya tidak jauh dari pusat kota. Dibalik indahnya, terkadang bibir pantai ini dikotori oleh sampah yang terbawah arus maupun sisa sampah oleh pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Kadang juga tempat ini suka dijadikan tempat untuk minum minuman keras. Syukurlah sudah dilakukan pengamanan berkala oleh pihak berwajib.

  11. Airnya asin, batunya keras, lautnya luas, pohonnya berdaun, pasirnya putih, anginnya ga keliatan, tiket masuk murahhhhhh

Tinggalkan Balasan