Pantai Bolihutuo

Pantai Bolihutuo

Desa Bolihutuo, Kecamatan Botumoita, Kabupaten Boalemo, Gorontalo 96264, Indonesia.

14 Ulasan

Provinsi Gorontalo merupakan sebuah provinsi yang terletak di ujung Pulau Sulawesi. Meskipun terletak di ujung pulau tidak menjadikan daerah ini tidak memiliki pesona alam yang indah.

Tak terkecuali dengan adanya objek wisata bahari yang memiliki keunikan tersendiri, sehingga menjadikan daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Nah, saat ini kami akan mengajak Anda untuk mengulas sebuah pantai yang begitu menarik di Gorontalo, yaitu Pantai Bolihutuo.

Agar bisa mengetahui mengenai gambaran pantai tersebut yang tentunya dengan sajian informasi yang cukup mudah, kali ini pantainesia akan merangkum-nya dalam bacaan di bawah ini.  

Sejarah Pantai Bolihutuo

Pantai Bolihutuo

Pantai Bolihutuo berada di Desa Bolihutuo, Kecamatan Botumoita, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

Pantai ini merupakan sebuah pantai yang berada di pesisir Teluk Tomini. Pantai ini tak hanya dikenal dengan nama Pantai Bolihutuo saja, namun juga bisa disebut dengan sebutan Pantai Boalemo Indah.

Pantai ini sudah dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo, namun tak cukup hanya itu saja karena pemerintah setempat juga bekerjasama pada pihak swasta. Hal ini bertujuan dengan maksud terus berupaya mempromosikan dan mengenalkan potensi wisata di Pantai Bolihutuo.

Oleh karena itu, pantai yang terkenal indah ini juga sudah memiliki fasilitas dan memiliki ragam aktivitas yang siap memanjakan para pengunjung yang datang.

Harga Tiket Masuk Pantai Bolihutuo

Untuk bisa menikmati objek wisata Pantai Bolihutuo ini, maka Anda harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harganya pun sangat murah, sehingga berlibur di pantai ini merupakan liburan yang ramah kantong.

Meskipun murah, namun ada perbedaan harga tiket masuk Pantai Bolihutuo dibedakan dari anak-anak dan dewasa. Untuk anak-anak adalah Rp 2000 per orang dan orang dewasa sebesar Rp 5000 saja per-orang. 

Rute Menuju Lokasi Pantai Bolihutuo

Rute Menuju Pantai Bolihutuo

Untuk bisa berada dan sampai di lokasi Pantai Bolihutuo, Anda harus melakukan perjalanan yang bisa ditempuh melalui Kota Gorontalo. Setibanya di Gorontalo, Anda juga harus melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Boalemo.

Jarak yang Anda lalui jika dari pusat kota Gorontalo adalah 120 kilometer dengan menyusuri jalan Trans-Sulawesi. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil atau juga bisa menggunakan angkutan umum.

Rute yang bisa Anda pilih yaitu dari pusat kota, lalu ambil saja jalan Prof. Dr. H.B Jassin, di bundaran ambil jalan keluar menuju jalan Ahmad A. Wahab, kemudian belok kanan ke jalan Tahir Manyo. Setelah itu akan bertemu bundaran lagi, maka ambil jalan keluar menuju jalan Trans Sulawesi.

Ambil saja jalur sebelah kiri dan tetap berada di jalan Trans Sulawesi, yang kemudian akan masuk ke bundaran dan tetap berada di jalan Trans Sulawesi. Ikuti saja jalan tersebut dan kemudian sampai di wisata Pantai Bolihutuo. 

Meskipun Anda harus menempuh perjalanan yang cukup panjang, namun Anda tak akan bosan saat perjalanan ke Pantai Bolihutuo. Dikarenakan, sepanjang perjalanan menuju pantai masih asri dengan paduan alam yang sejuk adanya bukit dan lembah di sepanjang jalan.

Sesampainya di objek wisata Pantai Bolihutuo, Anda akan terpesona dengan keindahan pantainya. Dengan demikian, maka perjalanan yang telah dilalui tadi akan semakin terbayar dengan keindahannya. 

Objek Wisata Pantai Bolihutuo

Biasanya objek wisata suatu pantai itu hampir sama dengan pantai lainnya. Namun, di Pantai Bolihutuo ini sedikit berbeda, karena Anda dapat menemukan hal-hal menarik seperti: 

1. Pemandangan yang Indah

Pantai Bolihutuo Gorontalo

Pemandangan khas pantai akan sangat terlihat ketika Anda berada di Pantai Bolihutuo. Bagaimana tidak, Anda akan disajikan dengan lautan biru yang segar, kapal-kapal yang bersandar di pantai serta hamparan pasir yang terlihat eksotis.

Anda pun kan semakin nyaman berada di pantai ini, terlebih lagi ditambah dengan suasana pantai yang sejuk. Pohon pinus tumbuh subur di sisi kawasan pantai yang menjadikan hawa rindang dan teduh.

Sehingga, Anda bisa bersantai sekaligus refreshing dengan duduk-duduk di bawah rapatnya pepohonan pinus yang rindang ini untuk berteduh. Anda bisa menggelar tikar bersama keluarga maupun teman sambil berbincang atau menikmati camilan. 

2. Berenang dan Bermain Pasir

Wisata Pantai Bolihutuo

Tidak hanya memiliki pemandangan yang indah dan juga pohon pinus yang rindang, pantai ini memiliki hamparan pasir yang cukup panjang.

Anda dapat berenang di pinggir pantai atau bermain pasir bersama anggota keluarga Anda. Pasir pantai ini pun bersih dan lembut.

Adanya hamparan pasir ini bisa Anda gunakan sebagai tempat bermain yang menyenangkan. Deburan ombak yang mengalir hingga ke bibir pantai, menjadikan pasir pantai ini basah dan mudah dibentuk untuk bermain dengan asik.

3. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Bolihutuo

Jika Anda berkunjung ke pantai ini hingga saat-saat matahari mau tenggelam, maka Anda akan melihat pemandangan langit yang sangat memukau.

Warna langit yang kuning keemasan menghiasi pemandangan senja saat sunset yang indah. Dari balik pohon pinus yang terdapat di pantai Bolihutuo ini, Anda akan melihat pemandangan yang menarik.

Momen ini dapat Anda jadikan sebagai background photo Anda agar terlihat siluet dan sangat indah.

4. Menaiki Perahu

Fasilitas Pantai Bolihutuo

Ketika berada di pantai ini, Anda akan melihat beberapa perahu mesin yang berlabuh di kawasan pantai. Perahu yang dijalankan dengan mesin tersebut merupakan perahu yang memang diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin memakannya.

Jika Anda ingin melihat keindahan pantai secara lebih dekat, maka Anda dapat menaiki untuk berkeliling kawasan pantai.

Agar bisa menemui-nya, Anda harus menyewa terlebih dahulu kepada petugas yang berjaga di kawasan perahu ini. Setelah itu, Anda bisa menaiki dengan mengelilingi kawasan pantai dalam waktu kurang lebih 10 menit.

5. Diving

Diving Di Pantai Bolihutuo

Pantai Bolihutuo ini ternyata tidak hanya memiliki keindahan pemandangan saja, namun Anda bisa mendapat lebih keindahan lain yang memang tersimpan di dalam airnya.

Untuk bisa melihat pemandangan dalam air tersebut, maka Anda harus melakukan diving. Dengan menyelam kedalam air maka Anda bisa berinteraksi dan melihat biota dalam laut serta terumbu karang yang masih alami.

Diving ini merupakan aktivitas yang begitu menyenangkan bagi Anda yang memang suka menjelajah. Untuk melakukan diving maka Anda harus menyewa peralatan terlebih dahulu seperti tabung oksigen, kaki katak dan lain sebagainya dengan harga yang terjangkau.

Dengan menggunakan peralatan tersebut maka saat melakukan diving menjadi lebih aman. terlebih lagi diving ini juga ditemani oleh petugas yang memang mendampingi para penyelam.

Karena memiliki keindahan dan ikan yang tersimpan di dasarnya, maka jangan lupa juga ya untuk membawa kamera waterproof untuk mengabadikan-nya.  

Fasilitas Di Pantai Bolihutuo

Walaupun berada cukup jauh dari pusat kota, namun pantai ini tetaplah sebuah objek wisata yang cukup nyaman. Dikarenakan terdapat fasilitas berupa:

1. Kamar Mandi

Kamar mandi sudah tersedia di pantai ini. Namun, menurut kami fasilitas kamar mandi ini seperti kurang terawat. Kamar mandi ini juga biasa digunakan oleh para wisatawan sebagai tempat bilas.

Namun, jumlahnya masih sedikit sehingga pada waktu yang ramai maka harus rela mengantri untuk menggunakannya. Kran air nya pun kadang mati, jadi harus menunggu hingga nyala kembali, mungkin karena air bersih di kawasan ini masih minim.

2. Gazebo

Jika Anda lupa membawa tikar untuk duduk dan bersantai tak menjadi masalah. Karena pantai ini memiliki fasilitas berupa gazebo.

Gazebo ini terletak berderet di pinggir pantai. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkannya untuk bersantai atau beristirahat dengan menghadap ke arah lautan.

3. Rumah Makan

Berlibur di suatu tempat rasanya tak lengkap dong jika belum menikmati kuliner-nya. Meskipun berjarak cukup jauh dari pusat kota, di pantai ini Anda tetap bisa menemukan makanan yang lezat.

Karena di pantai ini sudah tersedia warung makan yang bisa Anda coba tentunya dengan pilihan menu makanan khas yang beragam. Rumah makannya juga menyediakan menu yang beragam.

Tetapi, kami merekomendasikan menu makanan yang wajib Anda coba yaitu ikan bakar dabu-dabu, dan jagung pulut. Meskipun merupakan masakan khas lokal, namun menu ini merupakan sebuah menu masakan yang menjadi incaran dan paling dicari oleh para wisatawan. 

4. Resort

Pihak swasta yang sudah bekerjasama dengan pemerintah setempat yaitu dengan menyediakan resort di kawasan pantai. Dalam resort ini terdapat dua unit kamar utama dan dua unit kamar standar.

Semua kamar yang tersedia sudah dilengkapi  dengan fasilitas berupa AC dan kamar mandi di dalam. Jika menyewa kamar ini untuk bermalam pun bisa digunakan oleh dua orang dan Anda pun akan mendapatkan sarapan di pagi hari.

5. Tempat Pertemuan

Selain resort untuk bermalam, juga terdapat tempat pertemuan. Tempat pertemuan ini pun dapat disewa untuk suatu acara seperti pesta pantai maupun family gathering.

Tempat pertemuan ini juga dilengkapi dengan sound sistem dan juga makanan bagi para tamu. Kapasitas tamu yang bisa ditampung dalam tempat pertemuan ini yaitu 50 orang. 

Dengan demikian, Anda bisa menggunakan tempat pertemuan ini jika akan menggelar suatu acara. Pasti akan memberikan kesan berbeda, karena acara yang digelar berada di kawasan pantai yang indah.

Selain mengunjungi Pantai Bolihutuo, Anda juga dapat mengunjungi pantai lain yang tak kalah menarik di Balikpapan. Pantai itu sepertii Pantai Libuo , Pantai Kaluku dan pulau-pulau sekitar yang memiliki pantai begitu indah.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Bolihutuo yang ada di Balikpapan. Sebaiknya Anda juga segera mengunjungi pantai ini ya, agar bisa merasakan secara nyata bukan hanya melalui tulisan ini saja.

14 Ulasan untuk Pantai Bolihutuo, Boalemo, Gorontalo

  1. Nice place.. beautiful beach… cantik…pantai yang masih asri ini terbukti dengan suburnya hiasan tumbuhan kangkung laut… dengan modal 5000 rupiah kamu bisa masuk dan menikmati semilir angin laut sulawesi.. trussss..bingung mau makan dmana…?? Pengelola pantai terlihat memberikan tempat bagi pedagang kaki lima….mie instan.. nasi goreng dan berbagai makanan cepat saji siap disantap… 😚😚

  2. pantai ini mudah diakses karena lokasinya tidak jauh dari jalan raya Trans Sulawesi.. meskipun pantainya tidak terlalu ‘wow’ tapi jika dikelola dengan baik,- dijaga kebersihannya dan diatur sedemikian rupa warung-warung yang berjualan termasuk parkir kendaraannya pasti tambah keren.. bisa bersantai menikmati sore hari bersama sahabat atau keluarga… sambil ngopi dan nyemil pisang goroho… joosss! 😁

  3. Liburan bersama keluarga.. Sayang wahana seluncuran di tutup.. Lantaran mesin air rusak… Kecewa sih

  4. Tempat rekreasi yang asyik murah meriah

  5. Ombaknya cukup besar, tapi tempat yg nyaman utk bersantai

  6. Pantainya luas, bersih, dihiasi dengan pohon cemara disepanjang pesisir pantainya. Dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi, penginapan, parkir, tempat makan, pondok, jalan, taman air, wahana rekreasi dan fasilitas lainnya. Saran, perlu perawatan untuk fasilitasnya karena beberapa fasilitas sudah mulai rusak.

  7. Pantainya masiih jerniih, belum banyak terjamahi oleh wisatawan, dan setiap tahun ada festival boalemo yang keren dan memperkenalkan ikan dan hasil olahannya 👍

  8. Trauma aq kalo dgr Bolihutuo!!! Ada byk kejadian aneh waktu pp menjelang pkl!!!

  9. Suasana yang sangat indah di pandang mata

  10. Pantai tertata rapi.. Ombak kecil.. Aman untuk spot berlibur keluarga

  11. Bagus pantainya. Cuman kurang terawat. Pesan bagi pengujung “bawa sampah ANDA pulang dengan ANDA”

  12. Pantainya bagus tapi syg kotor pinggirannya…sebaiknya disediakan tong sampah khusus agar bersih pantainya…

  13. Bagus dan indah

  14. Indah, hanya saja cottagenya sdh ad yg hrus diperbaiki.

Tinggalkan Balasan