Pantai Olele

Pantai Olele

Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96585, Indonesia.

9 Ulasan

Berlibur di suatu objek wisata pantai, biasanya Anda akan disuguhkan dengan pemandangan khas pantai seperti pohon kelapa dan pasir laut yang lembut.

Namun, salah satu pantai yang berada di Gorontalo ini tidak menawarkan pemandangan khas pantai yang seperti itu, pantai apakah yang kami maksud?

Pantai ini adalah Pantai Olele yang merupakan sebuah wisata pantai cukup populer. Kepopuleran itu terdapat pada keindahan bawah lautnya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Pantai Olele, yuk usap ke atas bacaan ini.

Sejarah Pantai Olele

Pantai Olele

Olele merupakan nama sebuah desa yang terletak di kawasan pesisir selatan Teluk Tomini. Oleh karena itulah, maka pantai ini disebut dengan Pantai Olele.

Pantai Olele ini menjadi sebuah pantai yang menjadi pintu untuk dapat menuju ke sebuah taman bahari yang begitu terkenal. Sejak dahulu, nama pantai ini sering dicari dan disebut oleh wisatawan lokal hingga mancanegara.

Harga Tiket Masuk Pantai Olele

Pada umumnya, suatu objek wisata yang sudah dikelola dengan baik akan retribusi atau menarik harga tiket masuk. Namun, berbeda dengan Pantai Olele ini yang tak memiliki harga tiket masuk alias gratis.

Namun, jika Anda akan menaiki wahana atau melakukan aktivitas yang cukup menyenangkan, Anda harus menyewa-nya terlebih dahulu ya. Untuk harganya juga tidak terlalu mahal kok, jadi tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut ketika berlibur di pantai ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Olele

Rute Menuju Pantai Olele

Lokasi Pantai Olele ini tepatnya berada di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Agar bisa sampai ke lokasi pantai ini, maka Anda harus membutuhkan waktu selama 55 menit jika dari arah pusat kota Gorontalo.

Dengan waktu tersebut, Anda bisa menempuh perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dalam jarak kurang lebih 28 kilometer.

Dari pusat kota, langsung saja menuju jalan Prof. Dr. H.B. Jassin, lalu akan menemui bundaran, ambil saja jalan keluar menuju jalan Ahmad Yani. Setelah itu ikuti saja Jalan. Jalaludin Tantu kurang lebih 24 kilometer.

Kemudian, Anda harus belok kanan berada di Jalan Trans Sulawesi, lewat saja jalan tersebut kurang lebih hingga 2,2 kilometer. Setelah itu, sampailah Anda di lokasi Pantai Olele yang berada di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone.

Objek Wisata Pantai Olele

Pantai Olele ini memiliki hal yang berbeda bahkan tidak akan ditemukan di pantai-pantai lain. Hal yang dapat Anda temukan di pantai ini adalah:

1. Pemandangan Nan Indah

Pantai Olele Gorontalo

Berada di Pantai Olele, Anda akan disambut dengan laut berwarna biru dengan air yang jernih. Selain itu, Pantai ini juga dihiasi dengan adanya pegunungan yang mengelilingi pantai.

Perahu-perahu milik nelayan yang sedang terparkir di pinggir pantai juga menjadi keindahan tersendiri. 

2. Perahu Kaca

Objek Wisata Pantai Olele

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pantai namun tidak ingin berbasah-basahan pun tak apa, Anda bisa coba menyewa perahu kaca yang bernama glass bottom boat. Perahu ini dilengkapi kaca yang terletak di dasar perahu.

Sehingga, Anda bisa melihat pemandangan bawah laut tanpa merasakan pakaian yang basah karena pemandangan ini dari atas perahu. Melihat indahnya wisata bahari dari perahu ini merupakan hiburan luar.

3. Taman Laut

Taman Laut Di Pantai Olele

Pantai ini juga terkenal dengan memiliki batuan karang yang warna-warni dan bentuk yang beragam. Sehingga, menjadikan siapapun untuk mencoba menceburkan diri ke perairan Taman Laut ini.

Uniknya lagi, di taman laut Olele ini terdapat coral endemik yang tidak akan ditemukan di manap-mana. Oleh karena itu, coral ini menjadi sangat langka dan menjadi pilihan para penyelam mancanegara.

Bahkan, Anda juga bisa menemukan sebuah coral dengan motif yang menyerupai lukisan seniman Spanyol yang bernama Salvador Dali. Agar bisa melihat keindahan ini pun Anda bisa menyelam ke perairan taman laut ini.

4. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Olele

Pemandangan ketika sore hari yaitu saat-saat waktu akan tenggelam-nya matahari di pantai Olele ini memang sangat indah.

Temaram warna jingga dan kuning keemasan menghiasi suasana langit saat itu. Pemandangan sunset ini membuat nyaman dan tenang bagi siapa saja yang melihatnya. Momen ini sangat penting untuk dijadikan background photo Anda.

5. Snorkeling

Snorkeling Di Pantai Olele

Seperti yang sudah kita ketahui, dengan adanya taman laut maka Anda bisa melakukan snorkeling di kawasan ini. Dengan snorkeling, Anda akan dibawa ke titik dimana menyediakan keindahan pemandangan bawah laut.

Agar bisa melakukan snorkeling, Anda harus menyewa peralatan untuk snorkeling hanya sekitar 50.000 saja. Dengan harga yang murah ini, Anda pun bisa mengobati rasa penasaran Anda untuk melihat pemandangan bawah laut dengan kedalaman 2 meter.

6. Diving

Diving Di Pantai Olele

Jika masih penasaran lagi dengan menyelam yang lebih dalam, Anda bisa mencoba untuk merasakan sensasi diving. Untuk peralatan-nya pun dapat Anda sewa di tempat penyewaan pantai ini.

Biaya yang harus Anda persiapkan untuk bisa menyewa peralatan diving ini yaitu sekitar Rp 250.000. Peralatan yang dapat Anda gunakan yaitu berupa tabung oksigen, baju menyelam, kaki katak dan peralatan lain perlengkapan diving.

Sebelum melakukan diving, Anda harus menaiki perahu dahulu untuk bisa menuju titik spot terumbu karang. Pada saat tertentu pun bisa ke spot diving terbaik yang jumlahnya hingga ada 9 titik.

Diving ini dilakukan dalam waktu yang cukup panjang yaitu sekitar 6 hingga 8 jam. Kami merekomendasikan 2 spot yang wajib Anda coba ketika melakukan diving.

Dua titik spot tersebut diantaranya bernama Gua Jin. Dari namanya cukup seram ya? ternyata nama tersebut diambil karena spot ini berbentuk gua yang memiliki lubang yang sangat gelap.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena saat melakukan diving, Anda akan dipandu oleh petugas yang berpengalaman. Jadi diving di pantai ini cukup aman meskipun Anda belum pernah melakukannya.

Selain Goa Jin tadi, beberapa spot terbaik lagi yang bisa Anda coba saat melakukan diving yaitu spot Tiang Karang, bunga karang sarang lebah, traffic jam yang memang masih alami, unik dan indah.

7. Foto Underwater

Wisata Pantai Olele Gorontalo

Taman Laut Olele memang memiliki terumbu karang yang berbagai ragam dengan model yang unik. Anda dapat menemui terumbu karang dengan model dinding atau bentuk sarang tawon.

Terumbu karang yang beragam tersebut akan terlihat semakin menawan dengan adanya ikan-ikan yang berwarna-warni. Hal ini sangat sayang jika tidak diabadikan dalam jepretan kamera.

Oleh karena itu, Anda pun bisa memanfaatkan suasana dan kondisi tersebut sebagai objek foto underwater dengan kamera waterproof. Dengan pengambilan sudut yang sesuai, pasti hasil foto underwater Anda akan begitu cantik dan menawan.

Fasilitas Pantai Olele

Fasilitas Pantai Olele 2

Beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan dana Anda gunakan ketika berada di kawasan Pantai Olele adalah:

1. Kamar Mandi

Setelah melakukan berbagai kegiatan, Anda pun dapat melakukan bilas ataupun mandi dengan air tawar. Hal ini dapat Anda temukan di kamar mandi yang memang sudah tersedia bagi wisatawan di pantai ini.

2. Tempat Penyewaan Alat

Agar bisa melakukan snorkeling maupun diving, maka Anda harus menggunakan peralatan agar Anda dapat menyelam dengan aman. Nah, di pantai ini sudah terdapat penyewaan alat-alat tersebut ,jadi Anda tidak perlu membawa peralatan menyelam dari rumah.

Mengingat aktivitas pantai ini berhubungan dengan menyelam air, yang cukup menguras tenaga dan waktu. Maka, kami menyarankan agar Anda mengisi perut dan juga tenaga terlebih dahulu ya, agar Anda tetap bersemangat ketika berlibur di pantai ini.

Jika Anda sedang berada di Gorontalo, Anda tetap bisa mengunjungi objek wisata pantai lain yang bisa Anda datangi bersama dengan keluarga maupun anak-anak.

Pantai yang berada di sekitar Pantai Olele yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Kurenai yang juga berada di Gorontalo.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Olele di Gorontalo yang memiliki Taman laut yang begitu populer. Dengan melihat aktivitas tersebut, maka sepertinya kurang pas ya jika Anda mengunjungi pantai ini bersama anak-anak.

9 Ulasan untuk Pantai Olele, Boalemo, Gorontalo

  1. Salah satu destinasi wisata alam bawah laut yang ada di Gorontalo. Sangat direkomendasikan bagi wisatawan pencipta diving untuk mengunjungi Olele. Di sini wisatawan bisa menyewa kapal wisata untuk diantar ke titik-titik yang memiliki pemandangan bawah laut yang indah.

  2. Pantai Olele ini adalah surganya buat para Diver.. . Para penikmat keindahan bawah laut, tidak akan melewatkan tempat yang satu ini. . Sudah banyak wisatawan, khusus nya diver baik lokal, nadional maupun internasional.. Warga sekitar juga sangat ramah, sehingga para wisatawan pasti akan merasa sangat nyaman… Dan yang pasti akan puas dengan keindahan alam bawah lautnya…. Kalau anda puas, kadih tau teman anda, kalau anda belum ke tempat yang satu ini, . Ditunggu… Anda selanjutnya…

  3. Airnya jernih, terumbu karang dan ikan-ikan terlihat jelas. Bayar 50.000 buat perlengkapan snorkeling.

  4. Biasa saja

  5. Lokasi yang asik untuk sekedar Snorkeling bersama keluarga. Pesan sebelumnya ke narahubung disana, agar disediakan perahu, peralatan dan pemandu juga makan siang yang bisa memilih menu sesuai budget

  6. Akses mudah, pelayanan bagus, view apalagi 👍👍

  7. Lokasi tujuan wisata untuk snorkling dan diving. Belum terkelola dengan baik, namun beberapa penduduk lokal sudah memiliki paket-paket snorkling dan diving dengan harga terjangkau.

  8. Bagusss bangett, tidak terlalu jauh dari kota, snorkelling baguss banget banyak ikannya, pemandunya ramah, disarankan berangkat pagi dari kota biar belum ramai dan belum panas. . Sepanjang perjalanan ke Olele juga pemandangan bagus bukit dan laut, aman buat keluarga & anak-anak

  9. Istimewa… Surga laut gorontalo kalo ini…. Amazing.. Masih asli banget

Tinggalkan Balasan