Pantai Kaluku

Pantai Kaluku

Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah 94351, Indonesia.

15 Ulasan

Selain negara kepulauan Indonesia juga merupakan negara agraris dimana luas perairan-nya lebih banyak daripada luas daratan-nya. Karena hal itulah Indonesia memiliki wilayah pesisir yang menyimpan banyak keindahan.

Ada banyak sekali pantai yang memiliki pemandangan indah yang bahkan namanya dikenal di mancanegara. Dan Pulau Sulawesi adalah salah satu pulau yang menyimpan banyak sekali pesisir indah yang pantas untuk Anda kunjungi.

Kabupaten  Donggala terkenal dengan wisata bahari-nya karena terletak di kawasan Bukit Bale dan Lapaloang yang memanjang ke selatan dan juga dikelilingi dengan pantai yang indah.

Dan salah satu pantai yang sekarang menjadi perbincangan di Kabupaten Donggala adalah Pantai Kaluku. Keindahan pantai ini tersebar berkat bantuan informasi di media sosial karena sejatinya lokasinya cukup tersembunyi.

Pantai Kaluku

Pantai Kaluku

Sesuai dengan namanya, Kaluku diambil dalam bahasa Kaili yakni bahasa suku mayoritas yang berada di Sulawesi Tengah yang berati kelapa.

Dimana pada kawasan pantai tersebut banyak ditumbuhi pohon kelapa milik warga setempat yang seakan berdiri kokoh menantang laut Kaluku.

Pepohonan kelapa tersebut hanya berkumpul di satu tempat yaitu di area masuk tempat wisata. Karena ditumbuhi banyak pohon kelapa tersebutlah masyarakat setempat menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Kaluku.

Donggala merupakan sebuah kabupaten yang berada di Sulawesi  Tengah, dan memiliki ibukota kabupaten yang bernama Banawa.

Hal ini menjadikan kawasan wisata ini menjadi tempat yang cocok untuk Anda yang mencari tempat wisata dengan kondisi tenang layaknya pantai pribadi.

Lokasinya pantai  yang tersembunyi membuat tak banyak orang yang datang berkunjung ke pantai Kaluku.

Harga Tiket Masuk Pantai Kaluku

Untuk bisa berwisata Anda tidak harus mengeluarkan biaya mahal, banyak destinasi wisata yang menyuguhkan wisata murah namun tidak murahan.

Seperti halnya Pantai Kaluku yang merupakan wisata dengan budget murah namun menyajikan keindahan yang memukau.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 3000 hingga Rp 5000 saja per-orangnya untuk bisa masuk dan menikmati keindahan dan semua fasilitas yang ada di Pantai Kaluku ini.

Rute Menuju Pantai Kaluku

Pantai Kaluku Donggala

Pantai Kaluku ini memiliki jarak kurang lebih 44 kilometer dari Kota Palu dan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 20 menit. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat untuk bisa sampai di lokasi.

Pantai Kaluku berada 5 kilometer di arah tenggara Desa Limboro, dimana wisata pantai ini berjarak sekitar 10 kilometer dari jalan nasional Poros Donggala – Mamuju. Pantai Kaluku berada dekat dengan obyek wisata Pusat Laut.

Anda bisa mengambil rute menuju Pantai Kaluku yakni menggunakan jalan raya Trans Palu – Donggala hingga Anda tiba di Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Donggala.

Disini Anda akan diarahkan menuju jalan yang masuk ke gunung, dimana Pantai Kaluku ini berada di balik gunung.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena perjalanan melintasi gunung tersebut dapat dilalui menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan alam Kabupaten Donggala yang indah berupa persawahan, bibir pantai serta pegunungan dengan rimbun-nya pohon kelapa.

Anda hanya perlu mengikuti papan petunjuk arah, yang akan mengantarkan Anda menuju ke lokasi kawasan wisata Pantai Kaluku.

Obyek Wisata Pantai Kaluku

Selama di pantai ini, Anda dapat menikmati obyek wisata yang ada sekaligus melakukan kegiatan menarik untuk mengisi liburan Anda. Silahkan simak kegiatan apa saja yang bisa Anda lakukan di Pantai Kaluku ini.

1. Menikmati Pemandangan Alam

Wisata Pantai Kaluku

Pantai Kaluku menyuguhkan keindahan pasir putihnya yang terhampar di sepanjang bibir pantai.Selain itu kawasan wisata ini juga memiliki lautan biru yang sangat jernih dan juga nyiur pepohonan kelapa yang menimbulkan sensasi teduh dan juga sejuk.

Disaat siang pasir-nya akan bertambah luas karena  adanya pasang surut yang mengakibatkan perahu-perahu terlihat dari kejauhan. Namun tak banyak jumlah perahu yang ditambat-kan di pantai ini.

Pantai Kaluku cenderung terlihat sepi namun di beberapa kesempatan seperti hari libur akan ramai oleh wisatawan. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri karena tergolong masih alami, tenang dan juga eksotik

2. Berenang dan Bermain Pasir

Wisata Pantai Kaluku Donggala

Ombak-nya yang tergolong tenang dan memiliki perairan yang landai sehingga cukup aman untuk kegiatan bermain air dan juga berenang di tepian-nya.Hal ini juga didukung dengan air laut laut yang juga jernih sehingga akan menggoda siapapun untuk bermain air di pantai ini.

Pantai Kaluku memiliki bentangan pasir yang cukup luas yakni sepanjang 1 kilometer dari utara ke selatan.

Anda dapat melakukan berbagai aktivitas menarik diatas pasir putih ini diantaranya bermain bola voli, berjemur atau bahkan menyusuri pantai dengan berjalan kaki di sepanjang bibir pantainya.

3. Melihat Sunset

Sunset Di Pantai Kaluku

Belum puas rasanya jika berlibur ke pantai namun belum menikmati suasana sunset saat berkunjung ke pantai.

Memandang sunset di Pantai Kaluku ini akan membantu menenangkan pikiran Anda yang berkutat dengan pekerjaan dan hiruk pikuknya aktivitas Anda sehari-hari.

Bahkan banyak orang yang berpendapat kalau Pantai ini merupakan salah satu tempat yang memiliki spot sunset terbaik, dikarenakan sunset yang dihasilkan di pantai ini terlihat begitu indah dan juga memukau.

4. Swa Foto

Obyek Wisata Pantai Kaluku

Pantai ini memiliki banyak sekali spot menarik untuk berfoto, mulai dengan ayunan buatan serta papan-papan bertuliskan kata-kata romantis.

Lokasi ini bisa Anda manfaatkan sebagai background yang menarik untuk kemudian di upload di media sosial Anda.

5. Berkemah

Berkemah Di Pantai Kaluku

Kondisi pasir putihnya yang lembut dan juga landai membuat kawasan ini sangat cocok untuk berkemah. Anda bisa membawa peralatan berkemah dari rumah karena pantai ini belum menyediakan jasa penyewaan perlengkapan kemah.

Atau Anda juga bisa memanfaatkan penyewaan Kaluku Cottage dengan harga sewa sekitar Rp 250.000 per malam. Menginap di pantai dengan suasana laut-nya yang memukau di malam hari akan menjadi pilihan yang tepat saat berkunjung di Pantai Kaluku ini.

6. Pusat Laut

Pusat Laut Di Pantai Kaluku

Area Pantai Kaluku ini berdekatan dengan obyek wisata Pusat Laut, dimana wisatawan biasanya singgah ke tempat ini saat berkunjung ke Pantai Kaluku.

Pusat Laut merupakan sebuah sumur raksasa yang terbentuk secara alami dan memiliki diameter 10 meter dengan kedalaman 7 meter.

Fasilitas di Pantai Kaluku

Obyek wisata Pantai Kaluku memang tidak setenar pantai lain di Indonesia. Namun bentang alamnya yang indah dengan hamparan pasir putihnya seakan menjadi primadona baru di Kabupaten Donggala.

Pantai Kaluku juga masih dalam pengelolaan penduduk setempat jadi belum banyak fasilitas yang bisa kita dapatkan di pantai ini. Namun fasilitas pendukung seperti kamar mandi dan toilet telah tersedia di tempat ini.

Di kawasan pantai ini juga sudah banyak gazebo serta cottage yang tersebar di sekitar kawasan Pantai ini.

Anda bisa memanfaatkan cottage dan gazebo tersebut untuk berteduh dari terik sinar matahari yang menyengat. Gazebo disana dibangun secara tradisional dengan menggunakan kayu dan atap yang terbuat dari jerami sehingga menambah kesan artistik.

Anda dapat menyewa gazebo ini dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu pantai ini juga sudah banyak tersedia warung kuliner yang tentu saja sajiannya akan menggugah selera makan Anda.

Banyak pilihan menu seafood atau sajian minuman segar yang akan memanjakan perut wisatawan. Pantai ini juga cukup bersih dikarenakan faktor pengunjung yang tidak terlalu ramai menjadikan kawasan ini minim dari tangan-tangan jahil manusia.

Masyarakat lokal bahkan tak jarang wisatawan asing yang berkunjung atau sekedar singgah ke obyek wisata Pantai Kaluku ini untuk menghabiskan waktu liburan yang jauh dari kebisingan.

Jika Anda berkunjung ke Donggala, jangan lupa untuk singgah di pantai yang indah ini. Anda juga bisa berkunjung ke pantai lainnya seperti pantai Labuana.

Demikian ulasan mengenai obyek wisata Pantai Kaluku yang bisa menjadi referensi untuk menjadi salah satu pilihan destinasi wisata Anda di akhir pekan nanti.

15 Ulasan untuk Pantai Kaluku, Donggala, Sulawesi Tengah

  1. Tempat nya indah dan bersih cocok untuk berlibur

  2. Suasana nya sejuk

  3. Kurang perhatian pemerintah setempat dlm penanganan pariwisata

  4. asik deh

  5. Pantai bagus, hanya saja akses jalan yg sangat mengecewakan, namun Alhamdulillah, pas 4 hari lalu aku kesana udah mulai direnovasi jalanannya, untuk memudahkan akses pelancong ke pantai. Namun tetap saja jalan pas masuk +-200 meter dari belok kanan pas keluar di jalan trans, jalanan sangat hancur

  6. Pantai bagus, hanya saja akses jalan yg sangat mengecewakan, namun Alhamdulillah, pas 4 hari lalu aku kesana udah mulai direnovasi jalanannya, untuk memudahkan akses pelancong ke pantai. Namun tetap saja jalan pas masuk +-200 meter dari belok kanan pas keluar di jalan trans, jalanan sangat hancur

  7. Tempat rekreasi yg wajib dikunjungi ketika anda ke donggala, wisata pantai pasir putih nan indah dan alami menambah kenyamanan bagi pengunjung

  8. Tempat rekreasi yg wajib dikunjungi ketika anda ke donggala, wisata pantai pasir putih nan indah dan alami menambah kenyamanan bagi pengunjung

  9. Tempat yang baik.

  10. pantai yg tenang dan pasir nya putih plus halussss… banget. bisa berkemah lho disini…

  11. Pantai kaluku tempat aman untuk bersantai

  12. Pantai ini sangat eksotis dan sangat indah. Menghabiskan senja di pantai ini adalah hal yanh harus Anda coba. Pasirnya putih dengan ombak yang tidak terlalu liar. Anda bisa berenang di pantai ini karena lautnya cenderung tenang. Tersedia kamar mandi dan warung makan kecil. Tersedia pula bebedapa gazebo untuk beristirahat

  13. Another fav beach of mine. Pasir putih dan bisa naik perahuu. Plus sunset yang sangat indah

  14. Tempat nya bagus tapi pondok pondoknya perlu di benahi lagi 😊😊

  15. Sekitar satu jam setengah dari Palu dengan kecepatan 60 km/jam, perjalanan arah Pasang Kayu. Lokasinya di Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala. Dari pertigaan jalan utama, sekitar 40 menit jalan santai.

    Searah ke Pusat Laut.
    Jalan masuknya sudah beraspal dan mulus. Kemarin kesini pakai Avanza dan aman. Ada juga kendaraan didepan kami, mobil Agya, tapi tembus juga sampe sini. Cuma Agya utk skrang tdk direkomendasi kalo ke Pusat Laut. Ke pusat laut, Jalannya sedikit lebih buruk dan beberapa titik yang agak ekstrem.

    Best Place for Sunset.
    If you are sunset hunter, I really recomended Kaluku beach. Wide beach, sand, and the waves really amazing. I really love it.

    Ada Kafe dan banyak gazebo juga di sekitar pantai.
    Yang penting juga, free parkir. Heheh.
    Kalo kesini, jaga sampah ya…

    #nolittering #noplastic
    Explore and go ahead.

Tinggalkan Balasan