Pantai Labuana

Pantai Labuana

Desa Lende Tovea dan Desa Lambogia, Kecamatan Sirenja ,Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah 94354, Indonesia.

13 Ulasan

Seiring degan program penggalian potensi pariwisata, Provinsi Sulawesi Tengah mencoba mengenalkan beberapa titik destinasi wisata-nya kepada umum.

Kombinasi landscape, daratan dan juga lautan-nya membuat provinsi ini dianugerahi banyak obyek wisata yang tak kalah dari wilayah lainnya di Indonesia.

Salah satu dari banyak potensi wisata yang dimiliki oleh Sulawesi Tengah adalah keindahan wilayah pesisir-nya. Satu di antara sekian banyak tempat wisata yang ada di Sulawesi Tengah berada di Kabupaten Donggala.

Donggala sendiri merupakan salah satu kabupaten tertua yang berada di wilayah Sulawesi Tengah. Salah satu wisata pantai yang ada di kabupaten Donggala tersebut adalah Pantai Labuana.

Pantai Labuana

Pantai Labuana

Pantai Labuana merupakan salah satu pantai yang memiliki pemandangan indah yang ada di wilayah Sirenje, Provinsi Sulawesi Tengah. Pantai ini terkenal akan keindahan alaminya sehingga menjadi salah satu incaran para wisatawan untuk berlibur.

Letak Pantai Labuana sendiri membentang di antara dua desa yaitu Desa Lende Tovea yang ada di Kecamatan Sirenja dan Desa Lambogia yang ada di Kecamatan Balaesang. Namun Desa Lende Tovea merupakan wilayah pantai yang lebih ramai dikunjungi para wisatawan.

Hal tersebut dikarenakan pemandangan pantai yang lebih indah apabila dinikmati dari Desa Tovea. Hamparan pasir putihnya yang cantik ditambah lagi keberadaan pohon ketapang yang rindang di tepi pantai membuat pemandangan Pantai Labuana bertambah eksotis.

Harga Tiket Masuk Pantai Labuana

Menurut informasi untuk bisa memasuki wilayah kawasan wisata ini Anda tidak harus merogoh kocek dalam-dalam, Anda hanya cukup membayar tiket sebesar Rp 3000 hingga Rp 5000 untuk pengunjung dengan roda dua atau roda empat.

Selain itu akan ada biaya tambahan untuk baiaya parkir sebesar Rp 3000 untuk sepeda motor dan mobil sebesar Rp 5000. Retribusi masuk ini dilengkapi dengan karcis yang telah ditandatangani oleh kepala desa, sementara parkir tanpa keterangan tertulis.

Rute Menuju Pantai Labuana

Rute Pantai Labuana

Seperti yang telah dijelaskan diatas, pantai Labuana  terletak di antara dua desa yaitu Desa Lende Tovea dan juga Desa Lambogia yang keduanya masih dalam satu wilayah Kabupaten Donggala.

Jika Anda datang dari Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah yakni Kota Palu, maka Anda akan membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam lamanya untuk sampai di lokasi tujuan. Dan Anda akan menempuh jarak sekitar 110 kilometer menuju  ke arah utara.

Meskipun menempuh perjalanan yang cukup jauh namun Anda akan mendapatkan pengalaman yang menarik. Karena di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi  dengan pemandangan pesisir pantai yang menghadap langsung ke Selat Makasar

Obyek Wisata Pantai Labuana

Selama di pantai ini Anda dapat menikmati berbagai obyek wisata pantai yang menarik. Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas untuk mengisi liburan Anda.

1. Menikmati Keindahan Pantai Labuana

Wisata Pantai Labuana

Pantai Labuana ini mengelilingi teluk Baesang di Selat Makasar yang  memancarkan cahaya putih karena terpaan sinar matahari sampai sedalam 50 meter, dimana dasar laut pantai ini masih terlihat jelas.

Hamparan pasir putihnya yang lembut, rerumputan yang halus dan juga batuan karang yang menampakkan diri semakin menambah kecantikan Pantai Labuana ini. Terlepas dari laut-nya yang dangkal, terbentang perairan teluk nan biru.

Terdapat enam titik kumpul Pantai Labuana ini yang bisa wisatawan manfaatkan untuk dijadikan tempat bersantai dan juga melakukan aktivitas,  namun seperti yang telah disebutkan diatas pengunjung lebih suka memilih area yang berada di Desa Lende Tovea.

Selain karena pantainya yang lebih landai, wilayah ini juga memiliki banyak pohon ketapang yang rindang. Hal ini membuat para wisatawan dapat memanfaatkannya sebagai tempat berteduh. Anda juga bisa menikmati segarnya kelapa muda di Pantai Labuana ini.

2. Berenang dan Bermain Pasir

Berenang Di Pantai Labuana

Karena Pantai Labuana ini memiliki perairan yang landai juga ombak yang relatif tenang, maka pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berenang.

Air laut yang jernih dan warnanya yang biru akan menggoda Anda untuk merasakan kesegaran airnya dengan berenang atau sekedar bermain air di tepiannya.

Hamparan pasir putihnya yang cantik dan juga tekstur-nya yang lembut membuat Pantai Labuana cocok untuk dijadikan area bermain pasir seperti voli pantai, bermain istana pasir atau permainan pasir yang lainnya.

3. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Labuana

Jika Anda berkunjung ke pantai Labuana ini hingga saat-saat waktu terbenam-nya matahari, maka Anda akan melihat pemandangan yang indah.

Waktu sunset ini warna langit akan kuning keemasan dengan cahaya yang terang dan menyilaukan, membuat panorama saat itu benar-benar indah.

Sunset di pantai Labuana ini merupakan pemandangan yang indah untuk dijadikan background photo Anda.

4. Dermaga di Pantai Labuana

Pantai Labuana Donggala

Di Pantai Labuana terdapat sebuah dermaga yang bentuknya menjorok ke arah teluk dan memiliki panjang 50 meter. Pada awalnya dermaga ini dibuat untuk perahu-perahu besar agar bisa merapat ke tepian karena kontur Pantai Labuana yang dangkal.

Namun seiring dengan berjalannya waktu dermaga tersebut bukan hanya digunakan sebagai jalur untuk kapal namun juga sebagai spot foto yang instagramable.

Lokasi di dermaga ini yang sangat cocok untuk Anda yang hobi fotografi dan sebagai background landscape pesisir pantai.

5. Memancing

Memancing Di Pantai Labuana

Bagi Anda yang hobi memancing, Anda bisa melakukan aktivitas tersebut di Pantai Labuana ini. Anda dapat memancing di area dermaga dimana banyak masyarakat setempat yang melakukan aktifitas tersebut di sepanjang area dermaga.

6. Berkemah

Tekstur pantai yang landai dan juga lembut di area Pantai Labuana juga sangat cocok untuk dijadikan tempat berkemah.

Menikmati udara pantai yang sejuk dibawah rimbun-nya pohon ketapang serta menikmati semilir-nya angin pesisir pantai akan menjadikan pengalaman yang tidak akan terlupakan untuk Anda.

Namun Anda harus membawa perlengkapan berkemah sendiri karena di Pantai Labuana belum terdapat penyewaan perlengkapan berkemah.

Fasilitas di Pantai Labuana

Pantai Labuana mulai ramai dikunjungi wisatawan dalam beberapa tahun terakhir ini. Wisatawan mendapatkan informasi dari media sosial lalu tersebar dari mulut ke mulut. Warga setempat juga menyambut perubahan yang terjadi pada desa mereka.

Dan sejak Pantai Labuana banyak dikunjungi wisatawan, warga setempat mulai memanfaatkan hal tersebut dengan membuka kios makanan, minuman bahkan air kelapa muda. Anda juga bisa mendapatkan dengan mudah ikan segar dengan harga yang murah.

Hingga kini, obyek wisata Pantai Labuana ini dikelola oleh pemerintah desa, namun begitu Pantai Labuana dilengkapi fasilitas yang masih standar, hanya tersedia dua kamar kecil. Belum ada cottage atau semacamnya untuk bersantai para wisatawan.

Dari segi akses jalan, jalur ke tempat kawasan wisata ini perlu untuk lebih ditata. Lokasi Pantai Labuana ini berjarak kurang lebih 5 kilometer dari Jalur Trans Sulawesi poros Palu-Tolitoli, Kabupaten Toli-Toli.

Hampir separuh rute yang menyisir pantai ini masih berupa jalan tanah dan terdapat dua titik yang cukup membahayakan pengendara berupa tanjakan dan turunan sejauh 50 meter. Rute tersebut agak sulit dilewati jika hujan turun.

Kabarnya sejumlah titik di pantai barat termasuk Pantai Labuana akan lebih dikembangkan menjadi destinasi wisata oleh dinas setempat maupun pihak ketiga agar lebih berkembang.

Di Pantai ini Anda bisa memilih beragam fasilitas dengan memanfaatkan hamparan pasir putihnya serta jernihnya air laut Pantai Labuana.

Jika Anda sedang berada di Donggala, jangan lupa untuk singgah di pantai Labuana ini. Anda juga bisa mengunjungi wisata Pantai lainnya seperti Pantai Pantai Sivalenta.

Demikian ulasan tentang obyek wisata Pantai Labuana di Donggala ini. Bagi Anda yang belum menentukan tujuan wisata untuk untuk liburan Anda maka Pantai Labuana ini bisa menjadi destinasi Anda selanjutnya.

13 Ulasan untuk Pantai Labuana, Donggala, Sulawesi Tengah

  1. Is the best….. untk wisata pantai dengan hamparan pasir putih air yang jernih serta gugusan bebatuan yang menghiasi hamparan pantai sekelilingnya…. Sangat pas buat para selfyloverssss…..

  2. Pantainya sangat indah, masih alami, kondisi masih bersih (semoga bersih selalu) . Namun perlu dapat perhatian pemerintah Kabupaten Donggala, khususnya perbaikan jalan masuk ke lokasi pantai tsb. Dan sarana air tawar (Bilas) untuk pengunjung di sediakan. 😍😍😍

  3. Libur lebaran haji kmrin. Breng tmn2 nyantai2 d.pantai labuana yg indah… hmmp tp dermagax musti d.rehap. biar pngunjung mkin tmba banyak…

  4. Layak untuk d kunjungi apa lagi buat yg suka kamping & traveling

  5. Pantainya sangat Indah, tenang, bersih.. Berasa Di pantai pribadi.

  6. Rekreasi keluarga akan menyenangka di tempat ini

  7. The best sea lah 😎

  8. Pasca bencana gempa bumi dan tsunami

  9. Walau akses jalan msh jelek……sebanding deh sama view nya……anda jg bisa ke pantai selapene menggunakan perahu nelayan dr pantai ini

  10. Amazing place! Tergolong jauh dari pusat kota, untuk sampai di pantai harus naik gunung yang disampingnya sudah jurang dan lepas pantai, tapi sebanding dengan yang didapat setelah sampai di tempat. Pantai yang masih sepi dan bersih. Masyarakat juga ramah dan terbuka, sepertinya masyarakat juga mendukung terjaganya lingkungan pantai. Air lautnya tergolong tenang dan mendukung untuk bermain hingga berenang. Ada dermaga dari kayu yang bagus untuk spot foto atau sarana untuk lompat ke laut bermain air.

  11. keren parah, pasir putih airx berwrn hijau….sayangnya jalanan menju ksana mengerikan

  12. KEREN SEKALIIIII

Tinggalkan Balasan