Pantai Sivalenta

Pantai Sivalenta

Desa Lende Ntovea, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah 94355, Indonesia.

21 Ulasan

Mari sejenak menengok indahnya alam Indonesia dari Sabang hingga Merauke yang menyimpan banyak keindahan. Banyak sekali kekayaan alam yang tersebar di seluruh penjuru nusantara dari gunung hingga laut-nya.

Wisata alam kini memang sedang diminati oleh para traveller salah satunya adalah wisata alam pantai di Indonesia. Dan bukan hanya wisatawan lokal yang menikmati indahnya lukisan alam di bumi nusantara ini. Namun juga wisatawan mancanegara turut mengagumi kemolekan pantai di Indonesia.

Di antaranya adalah wisata Pantai Sivalenta yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah. Provinsi ini adalah salah satu wilayah yang memiliki wisata pantai dengan pemandangan indah dan menarik.

Pantai Sivalenta

Pantai Sivalenta

Obyek wisata Pantai Sivalenta adalah satu destinasi wisata yang bisa dijadikan rujukan alternatif  liburan Anda di akhir pekan. Pantai ini terletak di Desa Lende Ntovea, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Keindahan Pantai Sivalenta sendiri masih sangat alami dan belum terlalu familiar di telinga masyarakat Palu dan sekitarnya. Area wilayah ini bisa dibilang sebagai obyek wisata yang menghadirkan nuansa pantai yang indah dan juga eksotis.

Suasana alamnya yang damai dan juga tenang adalah salah satu hal yang disukai wisatawan perkotaan saat pergi berlibur.

Pada masa yang akan datang Pantai Sivalenta ini dipastikan akan menjadi primadona yang bakal dikagumi selain Pantai Kaluku dan Pantai Tanjung Karang di wilayah Kabupaten Donggala.

Harga Tiket Masuk Pantai Sivalenta

Tidak harus mengeluarkan biaya mahal untuk mendapatkan obyek wisata yang cantik dan juga menarik seperti halnya di Pantai Sivalenta ini. Menurut informasi yang beredar, Anda tidak akan mengeluarkan biaya sepeser-pun untuk membayar tiket masuk ke pantai ini.

Dengan kata lain tidak ada pungutan biaya tiket masuk untuk bisa menikmati semua keindahan atau fasilitas yang ada di Pantai Sivalenta ini. Anda hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Rute Menuju Lokasi Pantai Sivalenta

Pantai Sivalenta Donggala 1

Seperti yang telah dijelaskan bahwa Pantai Sivalenta ini berada di Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Apabila Anda datang dari arah ibukota Provinsi Sulawesi Tengah yaitu kota Palu, maka Anda harus menempuh perjalanan sejauh 93 kilometer. Waktu tempuh sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan.

Jalan menuju ke arah lokasi wisata belum sepenuhnya sempurna. Bisa dikatakan Anda akan melewati akses yang cukup sulit terutama menjelang beberapa kilometer menuju lokasi.

Anda akan sedikit lebih mudah saat mengakses-nya di musim kemarau dengan kendaraan roda empat. Namun beda lagi jika Anda melakukannya saat musim hujan tiba, akses jalan ini akan lebih sulit lagi untuk dilalui.

Namun di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan indah selat Makasar dengan pesona air laut-nya yang berwarna biru, karena lokasi jalannya yang persis berada di tepi pesisir.

Obyek Wisata Pantai Sivalenta

Selama berlibur di Pantai Sivalenta ini Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas-aktivitas menyenangkan yang menjadi kisah tersendiri untuk Anda nantinya. Aktivitas-aktivitas menarik itu diantaranya:

1. Pemandangan Alam Pantai Sivalenta

Wisata Pantai Sivalenta

Di bagian pesisir terbentang pasir putih yang membentang dari ujung ke ujung membuat pemandangan nampak cantik. Ditambah lagi pepohonan yang rindang dan tinggi menjulang membuat pantai ini memiliki nuansa yang romantis.

Di beberapa sudut pantai terlihat batu-batuan karang yang berwarna hitam yang bertengger kokoh, yang cocok dipergunakan untuk latar belakang Anda yang hobi photo-photo.

Tak jarang wisatawan yang berdatangan ke pantai ini rela memanjat bukit karang untuk mendapatkan hasil gambar terbaik.

2. Berenang dan Bermain Pasir

Pantai Sivalenta Donggala

Ombak Pantai Sivalenta yang tergolong tenang dan juga memiliki air yang jernih serta memiliki kontur tanah yang landai membuat siapa saja akan tergoda untuk menceburkan diri menikmati kesegaran air laut Sivalenta ini.

Pihak pengelola juga telah menyediakan kamar mandi bilas agar para wisatawan bisa dengan mudah membersihkan diri setelah berenang di laut. Anda bisa menggunakan kamar mandi bilas yang telah disediakan dengan hanya membayar biaya sebesar Rp 5000 saja.

Hamparan pasir putihnya seakan menggoda para pengunjungnya untuk menghabiskan waktu bermain pasir di Pantai ini. Berjalan-jalan di pesisir-nya atau sekedar bersantai dan bermain istana pasir akan menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan untuk Anda khususnya anak-anak.

3. Berkemah

Berkemah Di Pantai Sivalenta

Berkemah adalah salah satu kegiatan menyenangkan  yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke pantai, terutama di Pantai ini. Dengan kontur tanah yang landai akan memudahkan Anda saat mendirikan tenda.

Apalagi di kawasan wisata ini belum terdapat penginapan, maka satu-satunya hal yang harus Anda lakukan adalah bermalam di pantai dengan berkemah.

Menghangatkan diri dengan kayu bakar, ditemani semilir-nya angin laut dan deburan ombak akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk Anda.

4. Snorkeling dan Diving

Snorkeling Di Pantai Sivalenta

Anda dapat melihat keindahan alam bawah laut Sivalenta dengan melakukan kegiatan snorkeling dan juga diving.

Kondisi air yang jernih dengan permukaan yang dangkal akan memudahkan Anda melihat keindahan biota laut dan terumbu karang laut Sivalena ini.

5. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Sivalenta

Anda juga bisa menikmati keindahan senja di Pantai Sivalenta yang akan membuat Anda takjub. Siluet sinar matahari yang  berwarna oranye berpadu dengan hamparan pasir putih akan membuat suasana pantai ini bertambah romantis.

Jangan lupa mengabadikan momen-momen indah serta eksotisme Pantai Sivalenta ini ke dalam jepretan kamera Anda. Kemudian hasilnya dapat Anda upload ke akun media sosial Anda.

Fasilitas di Pantai Sivalenta

Kesan yang pertama Anda dapatkan saat pertama kali menginjakkan kaki di Pantai Sivalenta ini adalah suasana yang tenang dan juga damai. Suasana seperti ini akan menjadi terapi yang positif untuk Anda karena jauh dari kebisingan suara motor atau riuh-nya aktivitas perkotaan.

Nama Pantai Sivalenta yang belum populer seperti pantai lain yang ada di Sulawesi Tengah, membuat pantai ini jarang dikunjungi wisatawan. Sehingga pantai ini cocok sekali untuk Anda yang berlibur dengan tujuan menenangkan diri.

Di area Pantai Sivalenta Anda akan melihat kondisi laut yang bersih dan juga air yang sangat jernih. Anda juga akan melihat gradasi warna laut-nya yang memukau. Ombak-nya tergolong tenang karena berada di wilayah Teluk Balesang.

Sementara itu telah tersedia beberapa sarana dan prasarana yang telah tersedia di Pantai Sivalenta ini. Pengelola pantai telah menyediakan fasilitas pendukung seperti toilet untuk Anda membersihkan diri.

Di sekitar pantai juga tersedia juga warung-warung penjual makanan dan juga minuman. Anda tak perlu khawatir akan kelaparan saat berkunjung ke obyek wisata ini.

Ada berbagai macam makanan dari makanan ringan hingga mie instan dengan harga yang cukup terjangkau. Anda bahkan diperkenankan membawa bekal sendiri dari rumah.

Ada juga gazebo yang bisa wisatawan manfaatkan untuk bersantai mengobrol sambil menikmati keindahan Pantai Sivalenta. Tempat parkir-nya yang luas dan juga teratur membuat pantai ini semakin layak sebagai destinasi favorit ke depannya.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Sivelenta di Donggala yang indah ini. Jika Anda belum memutuskan kemana Anda akan pergi berlibu, maka Pantai Sivalenta dapat dijadikan pilihan liburan Anda.

21 Ulasan untuk Pantai Sivalenta, Donggala, Sulawesi Tengah

  1. Pasir putih. Baik buat kemping keluarga. Ada air bersih untuk bilas. Tempat aman. Ada sinyal buat Hp.

  2. Sangat indah. Tapi kalo lagi musim hujan jangan sekali” berani bawa kendaraan sendiri soalnya jalannya Masi terjal menurut aku hehehe

  3. Pantai nya sangat bagus, hanya saja jalan saat memasuki kawasannya sedikit terjam dan kurang baik.

  4. Pantainya bagus bangeeet💙💙💙, jauh dari kota palu tapi gak sia-sia datang kesini. Disini ada orang jualan mie,pisang goreng sama kopi so gak akan kelaparan, tips aja kalo mau minuman dingin bawa cold box ya. Pas kesini gak sempet buat nginep, tapi rekomen banget bagi kalian yang mau nginep sama keluarga atau temen-temen tinggal bawa tenda sendiri. Bayar parkir 5.000/ mobil ( kalo gak nginep). Sunsetnya keren banget, dan banyak banget spot buat foto atau selfie. Pas kesana cuma buat berenang dan ombaknya luar biasa seru, buat mandi 5.000/orang. Bagi kalian cari tempat buat liburan ke pantai gak perlu jauh-jauh ke bali yaa hehe. Happy Holiday 🌴🌴🌴

  5. Pantai dgn pasir putih yang bersih dan memiliki keindahan yang luar biasa..rekomended buat yang pecinta pantai..!!

  6. Airnya jernih pasirnya putih…cm jalannya yg horor

  7. Sekitar 2 jam dari kota palu. Pantainya bersih selalu terawat, gazebonya lumayan bagus dan tempat parkir nya jg luas. Air? Jngn khawatir, di sana banyak wc dan air tapi tetap harus bayar. Jangan mengeluh dengan jalan jeleknya, karna untuk menikmati sesuatu tidak selalu instan😎😎. #sokbijak

  8. Ini pantai yg indah dan ombak.nya besar mungkin di sulawesi tengah pantai ini obak.nya paling besar

  9. Pantainya bagus tapi akses ya sulit karena belum aspal atau beton apalagi kalau hujan, resiko longsor juga

  10. Mantap mantul betul, pantainya bagus tapi semenjak kejadian bencana gempa bumi dan tsunami menyebabkan beberapa akses jalan kesini rusak juga tempatnya tidak terkelola karena pengelolaannya sibuk menyelamatkan diri pantai ini sangat recommended apalagi buat anak-anak muda yang hobi mantai pantainya bersih wahana nya banyak ya tapi wahana apa ya hahaha intinya enaklah buat berliburan murah meriah sama hitung-hitung ngebantu perekonomian masyarakat lokal senang bisa berkunjung ke sini semoga bisa kesini lagi lagi lagi Dan lagi

  11. Mantap mantul betul, pantainya bagus tapi semenjak kejadian bencana gempa bumi dan tsunami menyebabkan beberapa akses jalan kesini rusak juga tempatnya tidak terkelola karena pengelolaannya sibuk menyelamatkan diri pantai ini sangat recommended apalagi buat anak-anak muda yang hobi mantai pantainya bersih wahana nya banyak ya tapi wahana apa ya hahaha intinya enaklah buat berliburan murah meriah sama hitung-hitung ngebantu perekonomian masyarakat lokal senang bisa berkunjung ke sini semoga bisa kesini lagi lagi lagi Dan lagi

  12. Sangat bagus pemandangannya, ada wc nya airnya jga lancar jadi sangat nyaman

  13. Berada si desa lende tovea…pantai barat donggal, 90km dari palu. Dimana dalam satu desa banyak objek pantai yg bisa di kunjungi….pantai labuana dan pantai selapene yg letaknya agak private anda hrs menggunakan perahu milik warga jika anda ingin ke pantai selapene

  14. Good place!! Wajib main kesini

  15. Pantai yang indah dan tempatnya sangat cocok untuk liburan bersama teman dan keluarga.. . Rekomendasi yang baik untuk liburan..

  16. Sangat Bagus Tempatnya….Tapi Sayang, Penjual Makanan Atau Minuman Tidak Tersedia

  17. Enak banget tempatnya. Pantai yang bisa dibilang salah satu yang paling bagus di daerah palu. Wajib bgt kesini

  18. Pemdanya gak peduli banget ya..dibuat dunk akses yg bagus ke pantai ini…pdhal pantainya ngalahin pantai2 di Bali

  19. Tempatnya asik.. sayang masih kurang fasilitas dan jalan menuju kesini cukup susah dan tidak mendapat perhatian pemerintah Kab. Donggala

  20. Sangat senang waktu pertamakali main kesini, pantainya asri, dan pantainya juga bersih. Akses jalannya semoga semngkin baik sehingga mobil bisa masuk.

  21. Masih sangat alami, bisa buat dirikan tenda , biaya masuk murah tapi akses menuju pantainya jelek

Tinggalkan Balasan