Pantai Boneoge

Pantai Boneoge

Desa Boneoge, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah 94351, Indonesia.

15 Ulasan

Sulawesi Tengah menyimpan banyak sekali keindahan alamnya, mulai dari kepulauan-nya, gunung hingga wisata bahari-nya. Dan wisata bahari merupakan salah satu unggulan dari Provinsi Sulawesi Tengah ini.

Salah satu kabupaten yang menyimpan banyak wisata bahari dengan pemandangan indah adalah Kabupaten Donggala.

Kabupaten tertua di Provinsi Sulawesi Tengah ini memang memiliki wilayah yang dikelilingi oleh lautan sehingga banyak menghasilkan pantai yang cantik. Salah satu pantai yang indah adalah pantai Boneoge.

Pantai Boneoge

Pantai Boneoge

Nama Pantai Boneoge mungkin bukan nama yang asing bagi masyarakat di Kabupaten Donggala. Meski nama Pantai Tanjung Karang telah lebih banyak dikenal wisatawan lokal hingga mancanegara, namun Pantai Boneoge juga memiliki keindahan yang tidak kalah indahnya.

Kawasan wisata Pantai Boneoge sendiri berada di Desa Boneoge, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

Pantai ini dikenal akan keindahan sunset-nya. Bahkan banyak masyarakat lokal dan luar yang berlibur atau singgah ke tempat ini hanya untuk menyaksikan keindahan sunset di pantai ini.

Dulunya kawasan Boneoge hanya merupakan sebuah perkampungan atau pedesaan nelayan yang pada tahun 1998 Boneoge berubah menjadi sebuah kelurahan di Kecamatan Banawa.

Selang berjalannya waktu kawasan ini mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan yang mulai menyadari akan keindahan pantainya.

Harga Tiket Masuk Pantai Boneoge

Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam saat memasuki kawasan wisata Pantai Boneoge ini. Anda cukup dengan membayar harga tiket sebesar Rp 2500.

Dengan biaya yang murah ini maka Anda sudah bisa memasuki obyek kawasan wisata Pantai Boneoge ini dan menikmati segala keindahan dan fasilitasnya.

Pengelola pantai tidak menetapkan jam batasan buka tutup pantai yang berarti Anda bisa mengunjungi Pantai Boneoge selama 24 jam

Rute Menuju Pantai Boneoge

Pantai Boneoge Donggala

Waktu yang Anda butuhkan untuk tiba di lokasi pantai adalah sekitar 45 menit perjalanan dari pusat Kota Palu. Akses menuju ke arah Pantai Boneoge juga sudah bagus, dimana jalan menuju ke lokasi Boneoge ini telah di aspal.

Dan saat Anda mulai memasuki desa di kawasan pantai tersebut, Ada akan disambut dengan deretan pohon kelapa yang berjejer di sepanjang kanan dan kiri jalan.

Obyek wisata Pantai Boneoge

Pantai Boneoge sejatinya merupakan sambungan garis pantai dari Pantai Tanjung Karang. Bedanya pantai Boneoge lebih panjang di bandingkan dengan Pantai Tanjung Karang.

Di kawasan ini juga terdapat perkampungan nelayan yang lumayan padat, pada waktu sore hari Anda bahkan mungkin bisa melihat nelayan yang baru pulang dari melaut.

Setiap harinya Pantai Boneoge ini kerap dikunjungi para wisatawan atau masyarakat lokal untuk berlibur. bahkan pengunjung hanya sekedar bersantai sambil menikmati keindahan alam Pantai Boneoge serta menunggu momen sunset yang indah.

Banyak kegiatan menyenangkan yang dapat Anda lakukan di Pantai Boneoge ini. Berikut aktivitas-aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan ketika berlibur ke pantai ini.

1. Menikmati Keindahan Pantai

Wisata Pantai Boneoge

Pantai Boneoge memiliki keindahan yang memukau, memiliki hamparan pasir putih yang panjang dengan tekstur yang lembut sehingga Anda bisa melakukan aktivitas tanpa mengkhawatirkan apapun.

Belum lagi pinggir pantai yang ditumbuhi oleh pepohonan yang rimbun membuat pantai ini memiliki suasana yang teduh dan sejuk. Laut-nya yang terlihat membiru seakan ter-gradasi dengan putihnya pasir pantai yang menghasilkan paduan yang indah jika dipandang oleh mata.

Di ujung pantai ini juga  terdapat batu-batuan besar dimana wisatawan dapat menjelajahinya dan bisa dijadikan tempat untuk melakukan swa-foto.

2. Berenang dan Bermain Pasir

Wisata Pantai Boneoge Donggala

Dengan laut-nya yang biru serta memiliki air yang jernih membuat pantai ini seakan menggoda kita untuk menceburkan diri untuk merasakan kesegaran airnya.

Apalagi Pantai Boneoge memiliki ombak yang kecil serta kontur pantai yang dangkal membuat pantai ini cocok untuk dijadikan tempat berenang.

Memiliki hamparan pasir yang luas dengan tekstur pasir yang lembut sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain pasir. Misalnya membuat patung dari pasir atau bahkan mengubur diri dengan pasir akan membuat pengalaman yang tidak terlupakan untuk Anda.

Bagi Anda yang ingin bersantai, Anda bahkan bisa berjemur atau sekedar duduk di tepian laut sembari menikmati deburan ombak laut Boneoge. Selain itu Anda bisa menyusuri pesisir pantai Boneoge ini dengan berjalan kaki dari ujung ke ujung.

Tak berhenti sampai disitu, bahkan wisatawan yang datang banyak yang memanfaatkan hamparan pasir putih ini dengan mengadakan fun game, atau melakukan sport pantai seperti voli dan kegiatan menyenangkan lainnya.

3. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Boneoge

Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Boneoge ini hanya untuk menikmati momen tenggelam-nya matahari yang memang memukau. Anda akan dapat melihat indahnya sunset di Pantai Boneoge saat cuaca sedang bagus dan tidak mendung.

Siluet cahaya matahari yang dipadukan dengan hamparan pasir putih pantai Boneoge akan menjadi perpaduan yang sangat indah. Jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen berharga ini ke dalam jepretan kamera Anda untuk di upload di media sosial Anda.

4. Ground Camping

Berkemah Di Pantai Boneoge

Kontur pantai yang landai didukung dengan hamparan pasir putihnya yang lembut membuat  wisatawan banyak yang berkemah di pantai ini. Di samping itu pihak pengelola juga menyewakan tenda bagi Anda yang ingin berkemah di area pantai ini.

Anda dapat memanfaatkan rimbun-nya pohon untuk mendirikan tenda di bawahnya. Dengan suasana siang yang teduh dan indahnya malam di Pantai Boneoge ini akan menjadi satu pengalaman yang menarik untuk Anda.

Fasilitas di Pantai Boneoge

Seperti yang telah diceritakan bahwa Pantai Boneoge sebelumnya merupakan perkampungan nelayan. Perkampungan ini akhirnya dibuka menjadi kawasan wisata pada tahun 1998.

Mengenai fasilitas di Pantai Boneoge ini masih bisa dibilang minim, namun telah tersedia beberapa kamar mandi, toilet dan juga warung makanan itupun hanya beberapa saja. Anda juga bisa membawa perbekalan dari rumah untuk memuaskan kebutuhan konsumsi Anda.

Tersedia gazebo di tepian pantai sangat cocok untuk anda bersantai sembari menikmati keindahan alam Pantai Boneoge. Bahkan tersedia juga beberapa cottage yang bisa Anda sewa untuk beristirahat atau bermalam di obyek wisata Boneoge ini.

Pemandangan yang dimiliki Pantai Boneoge ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain yang ada di provinsi Sulawesi.

Jika Anda berkunjung ke Donggala jangan lupa untuk singgah ke pantai Boneoge ini. Anda juga dapat mengunjungi pantai lainnya seperti Pantai Sivalenta.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Boneoge di Donggala yang sangat indah. Apabila Anda belum memiliki tujuan wisata untuk akhir pekan nanti, maka Pantai Boneoge sepertinya layak untuk menjadi alternatif destinasi wisata Anda selanjutnya.

15 Ulasan untuk Pantai Boneoge, Donggala, Sulawesi Tengah

  1. Pantai yg indah dengan hamparan pasir putih nan lembut air laut yg hangat . dihari libur pun tempat ini tdk terlalu ramai . biaya masuk hanya 5000 utk 2 orang. disediakan jug penginpan sederhana dengan tarif Rp.250.000. cocok utk liburan bersama keluarga

  2. Lokasi yang paling pas melihat bulan terbenam, bulan nya berwarna kemerahan.

  3. Sangat luar biasa

  4. Recomended menghabiskan waktu weekend bersama saudara,kerabat dan keluarga.

  5. Tempat ini adalah salah satu tempat liburan favorit pilihan masyarakat sekitar. Karena pemandangannya yang indah dan suasana yang sejuk dapat memanjakan setiap pengunjung yang datang. Dengan Tepi pantai yang luas sehingga orang bisa bermain bola bersama. Lokasinya strategis sehingga dapat dijangkau .

  6. Pantainya lumayan bersih. Dan cottage cukup bagus.

  7. Pasir putih dan banyak perahu nelayan… Pemandangan alami

  8. 6 April 2019. Tiket masuk untuk berkemah. 20K permotor sudah termasuk lahan kemah, air untuk mandi dan parkir motor. Suasananya enak, aman dan view sunsetnya sangat indah (jika cuaca sedang bagus bagusnya)

  9. Sosialisasi pinjaman/pembiyaan dana bergulir LPMUKP di Kelurahan Boneoge Kab. Donggala.

  10. Pantainya bagus tapi kurang di kebersihan..

  11. Tempatnya sangat menyenangkan. Cocok untuk liburan bersama keluarga

  12. Kamar mandi dan toilet umum tidak terpelihara dg baik, pantai banyak sampah, cottage yg tersedia terbatas, malam penerangan sangat minim, banyak tenda disewakan, tempat jual makanan dan minuman cuma 1 kedai, umumnya kurang memuaskan untuk org yg baru kesini

  13. Bagus untuk orang2 yg mau menikmati Alam, Tanpa harus terganggu dengan terlalu banyak nya pengunjung

  14. Tempat yg cocok untuk piknik keluarga,kantor atw kegiatan kegiatan organisasi

  15. tempatnya keren buat liat sunset

Tinggalkan Balasan