Pantai Dato

Pantai Dato

Desa Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat 91412, Indonesia.

13 Ulasan

Pantai merupakan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia dengan segala keindahan serta keunikan-nya. Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang tidak diragukan lagi dengan banyak pantai yang tersebar di seluruh penjuru negeri,

Dari Sabang hingga Merauke tersebar keindahan pantai-pantai yang ada di nusantara. Dari pantai yang telah dikenal di mancanegara hingga pantai yang masih tersembunyi keindahannya.

Seperti Pantai Kuta Bali yang tidak seorangpun meragukan keindahannya, bukan hanya wisatawan lokal bahkan wisatawan asing menjadikan Bali sebagai destinasi utama mereka untuk berlibur disini.

Namun tahukah Anda bahwa masih banyak pantai-pantai di Indonesia yang bahkan belum banyak yang mengetahui keindahannya. Salah satunya adalah Pantai Dato yang ada di Majene, Sulawesi Barat.

Pantai Dato Majene

Wisata Pantai Dato

Sebagai daerah pesisir, Kabupaten Majene yang ada di Provinsi Sulawesi Barat memiliki deretan pantai yang menjadi obyek wisata di daerah ini. Dan salah satunya adalah Pantai Dato yang terletak di Dusun Pangale, Kelurahan Baurung, Kecamatan Bangae Timur, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat.

Pantai Dato sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit oleh masyarakat Majene. Pantai ini menyuguhkan pemandangan indah khas pasir putih dan memiliki tebing karang yang memberi kesan lembut serta tangguh di pandangan mata.

Kawasan wisata Pantai Dato sendiri dibuka sejak tahun 1998, dan sejak saat itu pemerintah setempat terus berupaya membenahi kawasan wisata ini untuk menambah keindahan dan kenyamanan para wisatawan saat berkunjung di kawasan wisata ini.

Ditambah pantai ini masih sangat alami dan juga terjaga dengan baik sehingga menarik wisatawan yang datang berkunjung terutama disaat weekend atau hari-hari libur lainnya.

Sebagai pantai yang tergolong masih jauh dari sorotan, Pantai Dato memiliki potensi yang luar biasa besar dan layak untuk menjadi rujukan baru bagi wisatawan. Potensinya bukan saja dari destinasi wisata alam namun juga sejarah serta budayanya.

Pantai ini masih terbatas mendapat kunjungan wisata lokal dari Majene dan sekitarnya. Namun kedepan-nya dengan potensi yang sangat bagus diharapkan pantai ini lebih dikenal bukan hanya dikalangan masyarakat lokal namun juga masyarakat luar bahkan mancanegara.

Harga Tiket Masuk Pantai Dato

Untuk dapat memasuki kawasan wisata ini bahkan menikmati semua keindahan alam yang ada didalamnya, Anda akan dikenakan rincian harga tiket untuk orang dewasa adalah Rp 3000 dan untuk anak-anak Rp 2000.

Pantai Dato juga dibuka selama 24 jam, yang artinya Anda dapat mengunjungi pantai ini kapan saja tanpa mengkhawatirkan jam buka tutup saat Anda tiba di pantai ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Dato

Pantai Dato Majene

Rute untuk menuju ke pantai ini melewati jalur darat relatif mudah, dengan akses jalan yang baik Anda akan dapat menempuhnya dengan waktu kira-kira 15 menit dari pusat Kota Majene.

Sepanjang perjalanan akan menyaksikan pemandangan yang indah berupa hutan dan kebun milik penduduk setempat yang masih terlihat asri.

Tidak ada penerbangan langsung menuju ke daerah ini, namun Anda dapat memilih penerbangan dari Tampa Padang di Mamuju atau Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar Sulawesi Selatan.

Sesampainya di Bandara Tampa Padang, Anda harus menempuh perjalanan selama 3 jam menuju Majene.

Sedangkan untuk jalur laut, Anda harus mengaksesnya dari Kalimantan Timur atau Kalimantan Selatan, tujuannya adalah Pelabuhan Palippi di Kecamatan Sendana atau Pelabuhan Majene yang ada di Kecamatan Banggal.

Obyek Wisata Pantai Dato

Selama di pantai ini, Anda dapat menikmati berbagai obyek wisata yang ada. Anda juga dapat melakukan aktivitas-aktivitas menarik untuk mengisi liburan Anda.

1. Pemandangan Alam

Keindahan Pantai Dato Majene

Pantai Dato terbagi atas dua bagian yaitu pantai yang beralaskan karang dan pantai yang berpasir halus. Anda dapat menikmati pemandangan pantai dari atas tebing dengan menaiki tangga menuju batu karang raksasa.

Kontur pantai yang berkarang dan menjorok ke laut menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Dato. Di pantai ini terdapat banyak batu karang dengan ukuran besar, selain itu Anda juga bisa menikmati pemandangan warna air laut dari pantai yang berwarna hijau hingga biru tua.

Perpaduan antara pasir yang lembut dan bongkahan karang semakin menjadi daya tarik pantai ini. Uniknya karang di Pantai Dato ini terbentuk secara alami karena hempasan ombak yang secara terus  menerus selama ratusan tahun.

2. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Dato

Anda juga dapat menikmati juga suasana senja hari di pantai ini dengan melihat tenggelam-nya matahari atau sunset dari atas tebing Pantai Dato.

Ada juga keunikan lainnya yakni di sepanjang garis Pantai Dato yang merupakan rumah dari berbagai jenis kepiting dan juga kerang  serta beragam jenis ikan laut. Selain itu perairan lepas pantainya juga relatif tenang sehingga pantai ini cocok untuk segala jenis wisata

3. Snorkeling

Snorkeling Di Pantai Dato

Anda dapat melakukan aktivitas snorkeling di Pantai ini. Kondisi bawah laut pantai yang masih terjaga baik dengan terumbu karang alami akan memanjakan mata Anda. Berbagai ikan warna-warni akan dengan mudah Anda temukan disini.

4. Berenang

Karakter ombak di Pantai Dato Majene yang relatif tenang membuat pantai ini cocok dijadikan tempat untuk berenang .Namun tetap berhati-hati untuk anak-anak agar tetap berenang dan bermain air di pinggiran pantai saja.

5. Bermain Pasir

Pantai Dato memiliki karakter pasir putih dengan tekstur yang lembut sehingga sangat cocok jika Anda melakukan aktivitas bermain pasir di pantai ini. Membuat istana pasir, benteng dari pasir atau permainan pasir yang lainnya.

6. Swa Foto

Pantai Dato Majene Yang Indah

Bagi Anda yang hobi berfoto maka jangan khawatir karena di Pantai ini banyak memiliki area spot foto yang menarik dengan latar belakang keindahan pantai dengan bebatuan karang. Anda dijamin akan merasa betah dan puas saat berwisata ke tempat wisata ini.

7. Melihat Acara Tradisional

Dan juga di bulan tertentu seperti bulan Agustus dan juga September biasanya di Pantai Dato terdapat acara rutin yang menarik, yakni lomba perahu tradisional Suku Mandar, yang dikenal dengan sebutan Sandeq Race.

Perahu Sandeq sendiri merupakan perahu bercadik yang mengandalkan tiupan angin untuk bisa bergerak di lautan.

Fasilitas di Pantai Dato

Wisata Pantai Dato Majene

Untuk fasilitas yang ada di Pantai Dato belumlah selengkap seperti ditempat lain, jadi jangan berharap mendapatkan fasilitas-fasilitas yang Anda inginkan.

Namun sejak beberapa tahun terakhir pemerintah setempat terus mengeluarkan anggaran untuk menyiapkan sejumlah fasilitas di kawasan wisata ini.

Selain memperbaiki akses jalan menuju pantai yang mana harus menuruni tebing yang memiliki kedalaman 70 meter, pemerintah setempat juga membangun jembatan kayu yang memanjang diatas permukaan laut.

Jembatan ini dibangun untuk memudahkan pengunjung menikmati keindahan alam Pantai Dato dengan menyusuri setiap sudut pantainya. Tak ketinggalan juga sejumlah gazebo juga disiapkan baik yang berada di tepi pantai atau yang berada di atas bebatuan karang.

Hal ini untuk menciptakan kenyamanan pengunjung agar betah untuk berlama-lama untuk menghabiskan waktu berwisata di Pantai Dato ini.

Jika Anda merasa lapar jangan khawatir karena di Pantai Dato telah banyak tersedia sejumlah pedagang  yang menawarkan berbagai macam kuliner menu khas tradisional daerah ini.

Di sekitar Pantai Dato juga sudah terdapat fasilitas beberapa penginapan yang dapat menjadi pilihan bagi para wisatawan yang ingin bermalam di kawasan pantai.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Dato yang ada di Majene, Sulawesi Barat ini. Jangan lupa menyiapkan segala sesuatunya agar liburan Anda menjadi semakin berkesan dan juga menyenangkan.

13 Ulasan untuk Pantai Dato, Majene, Sulawesi Barat

  1. Salah satu wisata pantai yang indah di majene. Cuma perlu pengelolaan yang baik biar pengunjung ramai…bukan hanya warga majene tapi dari luar majene juga. Lumayan kan untuk pendapatan daerah. . Pertama kesini tahun 2007…terpesona dengan pasir putihnya tapi sayang belum ada pengelolaan. Terakhir kesini pantai nya kotor banyak sampah popok bayi. Padahal kan masuknya bayar…sayang skali kalo pantai secantik ini tidak dijaga kebersihannya.

  2. Pemandangan alam yang sangat luar biasa. Perpaduan langit, laut, dan bukit-bukit sangat indah dan menghilangkan kepenatan dan kelelaham mata. Air laut yang jernih berpadu pasir putih yan menghampar menjadikan lokasi ini sebagai destinasi wisata yang sangat direkomendasikan.

  3. Woow disini airnya jernih bngt ! Bagus buat snorkelling juga ,bagus buat relaxing,murah tiketnya ,Cuman sayangnya toiletnya sudah tidak terawat ,tidak Ada air , Kering Dan juga Gak Ada tempat sampah nya ๐Ÿ™ .by the way, 2 minggu Di majene hampir 7 Kali kesini hehehe recommended bngt guys:)

  4. Tempat yg eksotis untuk pecinta pantai, beragam spot untuk foto bagi insagramable. cukup membayar biaya masuk Rp2000. Dan uang parkir yg sama. Kereen pokoknya..

  5. Pantai dengan pesona karang menjorok ke laut.. Disekitaran terdapat bentangan pasir putih yang memanjakan mata.. Layak menjadi persinggahan ketika anda melintasi kota Majene Sulawesi Barat.. Hanya berjarak 4 km dari pusat kota Majene, dan memiliki akses jalan yang cukup baik.

  6. Pantai Dato Majene adalah salah satu obyek wisata pantai tropis diย wilayah Sulawesi Barat dan juga wisata ini telah menjadi salah satu wisata andalan di Dusun Pangale Kelurahan Baurung Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat. . . Pantai dan laut hingga saat ini masih menjadi obyek wisata andalan Kabupaten Majene baik sebagai komoditas pariwisata maupun sebagai sektor perekonomian.. . Pantai Dato Majene ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri berbeda dengan pantai-pantai lain di wilayah Pulau Sulawesi. Selain memiliki panorama alam pantai tropis yang sangat indah, pantai ini juga tergolong masih alami dan terjaga dengan baik. . . Oleh karena itu, Pantai Dato Majene ini menjadi salah satu lokasi berwisata keluarga yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan terutama pada saat akhir pekan dan hari libur.. . Pantai yang bersih, wisata bahari yang recomended. Remember Save Our Seas!. . Jam Buka,. Tidak ada batas waktu Khusus untuk jam buka (24 Jam).

  7. pantai dato adalah salah satu destinasi pantai yg keren di sulawesi barat kita bisa melihat indahnya pantai pasir ptih dan bisa bermain air laut dan main pasir ptih saya suka ke pantai dato ini jika sore menjelang matahari terbenam kita bisa melihatnya dan sangat indah

  8. Tempatnya sangat bagus lautnya biru ada tebing-tebingnya bisa dibilang tempat ini Balinya Polewali mandar pemandangan di tempat ini sangat bagus.. cocok untuk foto-foto tema alam..

  9. Pantai pasir putihnya bersih dengan perpaduan gradasi warna biru lautnya sangat memukau. Ditambah pesona dermaga kombinasi gazebo di sepanjang pesisir pantai untuk bisa menikmati keindahan batu karang terkikis ombak.

  10. Pantai Dato merupakan salah satu destinasi favorit di Majene. Lokasinya tidak jauh dari kota. Pantainya cantik, pasirnya putih, banyak karang besar sehingga menjelajahi pantai ini harus banyak naik turun tangga tapi sudah banya akses penghubung yang di tata oleh pemerintah. Penjual cemilan pun di tata di 1 lokasi sehingga terlihat lebih rapi.

  11. Destinasi wisata di Majene, spertinya sdh dikelola dgn baik.

    Karcis masuk 2.000 rupiah, untuk menikmati suasana laut yg khas dan tebing karang majene.nAda jembatan n beberapa spot foto di tebing yg tdk kalah dengan pantai terkenal lain di indonesia.nMgkn masih minim promosi dan peningkatan fasilitas sehingga blm nampak secara nasional keindahannya. ๐Ÿ˜

  12. Tempat wisata pantai dan tebing yang berada di Sulawesi barat ini merupakan salah satu destinasi terbaik jntuk menikmati sunset sambil duduk dengan santai menikmati angin pantai dan lamunin si dia๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜โœŒ

  13. Untuk spot foto masih kurang. Trus villa nya juga tidak rekomended . Kyk kos”an apa gitu ๐Ÿคฃ

Tinggalkan Balasan