Pantai Gili Labak

Indonesia termasuk ke dalam jajaran negara kepulauan terbesar di dunia. Meskipun dari belasan ribu pulau yang ada tidak semua berpenghuni, namun keindahan alamnya tidak dapat diragukan lagi. Keelokannya mampu menyedot perhatian wisatawan dari mancanegara. Bahkan jumlah kunjungannya selalu meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut juga berbanding lurus dengan banyaknya wisata baru yang dibuka.

Tempat Wisata yang saat ini marak dibuka adalah wisata Pantai. Pengembangan Wisata Pantai di Indonesia agaknya terlihat tidak terlalu sulit, mengingat negeri ini, terbentuk dari pulau-pulau yang terbentang sejauh mata memandang. Tak hanya pulau besar, akan tetapi Pulau-Pulau kecil seperti Kepulauan Maluku, Bangka Belitung, hingga Pulau Madura dan sekitarnya malah justru menjanjikan Wisata Pantai luar biasa.

Pantai Gili Labak Madura adalah salah satu destinasi Wisata Pantai yang akan memikat siapa saja yang mendatanginya. Keindahannya patut diperhitungkan, meskipun Pantai ini belum termasuk ke dalam bagian rekomendasi destinasi utama Wisata Madura. Mungkin saja hal ini disebabkan oleh letaknya yang berada di Luar Wilayah Pulau, sehingga perlu akses tambahan untuk mencapainya.

Harga Tiket di Pantai Gili Labak Madura

Memasuki sebuah tempat pariwisata umunya akan dikenakan tarif tiket masuk, tidak terkecuali untuk wisata Pantai Gili Labak Madura ini. Sebenarnya tidak harga pasti untuk tiket masuknya, karena pada umumnya wisatawan yang datang selalu menggunakan paket Wisata yang disediakan oleh agen biro perjalanan. Harganya bervariasi, paket lengkap mulai dari Rp 200.000,00 sampai jutaan tergantung servis dan pilihan.

Sekarang ini di Surabaya sudah banyak agen perjalanan yang menyediakan paket wisata khusus menuju Pantai Gili Labak Madura. Jika diperhitungkan harganya pun akan lebih murah dan menguntungkan. Apabila melakukan perjalanan solo dengan kapal kecil biasanya dikenakan biaya Rp 500.000,00 per 10 penumpang. Jika tidak sampai 10, maka harganya dibagi rata sejumlah banyaknya penumpang.

Rute Menuju ke Lokasi Pantai Gili Labak Madura

Lokasi Pantai Gili Labak berada di ujung Pulau Madura, sebuah pulau terpisah yang masih termasuk dalam lingkup Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya yang berada di tengah lautan membuat para wisatawan memakan sedikit lebih banyak waktu dan usaha untuk mencapainya. Akan tetapi, segalanya akan terbayar jika sudah menikmati suguhan keindahan alamnya.

Rute pertama yang bisa diakses wisatawan yaitu Surabaya – Sumenep, Anda bisa menggunakan penerbangan lokal yang hanya memakan waktu sekitar setengah jam dari Bandar Udara Juanda menuju Bandar Udara Trunojoyo. Jika memilih menggunakan transportasi darat, Anda bisa menggunakan Bus AKAS. Untuk selanjutnya, Anda bisa menggunakan ojek untuk mencapai pelabuhan menuju Pulau Gili.

Rute lain yang bisa digunakan adalah Rute Kalianget. Dari Surabaya, ambil rute yang melewati Jembatan Suramadu. Setelah jembatan, lurus saja sampai di pertigaan yang apabila belok kiri sampai daerah Bangkalan. Anda belok kanan, ikuti jalan melewati Kota Sampang, kemudian Kota Pamekasan. Selanjutnya akan sampai di Pelabuhan Kalianget dan menyebrang dengan kapal menuju Gili Labak.

Objek Wisata di Pantai Gili Labak Madura

Objek Wisata Pantai Gili Labak menawarkan begitu banyak hal yang bisa dilakukan sembari menikmati keelokannya. Aneka aktivitas Pantai yang bisa dilakukan di tempat ini antara lain:

1. Fotografi Keliling Pantai

Pantai ini sangat cocok untuk melakukan kegiatan fotografi, dan nantinya akan memukau semua orang apabila hasilnya diunggah di media sosial . Selain pemandangan sekitarnya yang sangat cantik, hamparan pasir putih dan jernihnya biru air di Pantai ini bisa menjadi latar belakang sempurna yang menyegarkan bagi penikmatnya.

2. Snorkeling / Diving Bawah Laut

Tidak hanya di darat, keadaan bawah laut sekitar Pantai ini sangat mempesona dan jernih. Jika Anda memiliki hobi snorkeling atau diving, maka aktivitas ini sangat dianjurkan untuk dilakukan. Di sana telah tersedia penyewaan alat menyelam dan para nelayan biasanya dengan senang hati Anda tumpangi menuju spot menyelam yang Anda inginkan.

3. Kemah Pantai Gili Labak

Jika Anda ingin berkemah dan bersedia membawa peralatannya sendiri maka Anda diperbolehkan. Yang paling terpenting adalah, tetap menjaga kebersihan Pantai dan tetap berhati-hati jikalau air sedang pasang. Bisa menikmati Pantai pada malam hari bersama taburan bintang adalah salah satu keuntungannya. Anda juga bisa menikmati sunset dan sunrise bila bermalam di tempat ini.

4. Susur Pantai di Sepanjang Pulau Gili Labak

Pulau Gili Labak tidaklah besar, Anda bisa melakukan kegiatan menyusuri Pantai sambil sesekali berhenti dan bermain pasir bersama teman atau saudara. Anda juga bisa sekedar berjalan-jalan di sepanjang bibir Pantai sembari mengobrol bersama. Tentu saja sajian pemandangan di sekitar Pantai ini akan memberikan ketenangan dan kesejukan tersendiri yang tidak dapat Anda dapatkan di kota.

5. Berperahu Ria Mengelilingi Pulau

Jika Anda ingin berperahu ria mengelilingi pulau, maka itu sangat mungkin untuk dilakukan. Anda bisa menyewa perahu atau kapal kecil milik nelayan. Aktivitas ini juga bisa menjadi alternatif jika Anda tidak mau berbasah-basah menyelam demi menikmati keindahan lautnya. Air Pantai Gili Labak sangat jernih, berada di atas kapalpun masih memungkinkan Anda melihat ikan-ikan dan karang di dalamnya.

Demikianlah aktivitas-aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan di Pantai Gili Labak. Pantai ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu untuk melakukan wisata Pantai. Meskipun lokasinya tidak mudah untuk dicapai dan memakan waktu yang lebih lama namun keelokannya pantas disebut sebagai surga tersembunyi Indonesia.

Ulasan Pengunjung

  • Ahmad Nafii
    dalam minggu terakhir
    menurut saya ini tempat paling bagus di madura sih... suasananya masih alami #dulu gak tau sekarang katanya sudah banyak warung dan fasilitas lain yang memadai untuk berwisata, dulu gak ada fasilitasnya sama sekali kalo mau snorkling harus bawa peratalan sendiri, bilas dan mandi harus numpang di sumur warga sekitar
  • Bebe Blue
    seminggu yang lalu
    Hidden paradise of salt island. Gila air nya jernih bgt. Mesti coba tempat yg 1 ini. Keliling pulau nya cm cukup setengah jam. Tp utk ninggalin tempat ini butuh setengah hati guys. Berat rasanya. Eksotis pulau nya bikin mendem kangen..
  • Donny Fatah
    seminggu yang lalu
    Pernah camping disana, aman dan nyaman. Mau snorkling tinggal loncat aja. FASILITAS: warung banyak, penginapan ada, akses mudah. I will come back
  • Aris Wibowo
    2 minggu yang lalu
    Tak bisa dianggap remeh, tempatnya enak buat nyantai dan camping, berenang tanpa khawatir ombak kencang, biota laut juga cukup banyak, beragam kuliner juga tersedia dengan harga ramah dikantong, penduduk juga ramah, puas dan pengen lagi bermain dan bersantai disana, serasa pantai pribadi
  • Willy Singgih Chandrasasmita
    2 bulan lalu
    My friend said "seperti mutiara ditengah lautan" Menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dari pelabuhan sumenep, Madura, pulau gili labak tampak cantik didepan. Jangan duduk didekat mesin perahu, bau solar memberikan peluang mabuk lebih besar. Spot untuk snorkling terlihat cantik, dengan ikan-ikan yg berdatangan waktu saya melemparkan remah remah roti. Lokasi snorkling berbatasan dengan palung laut, tetapi ditandai oleh kapal yg ditambatkan. Cantik dan aman. Pulau dengan pantai pasir yang putih bersih. Beberapa warung makan tersedia disana, saya memesan nasi telur mie - Rp 10.000,- dan es kelapa muda - Rp 12.000,- adalah harga yg sangat bersahabat. Pantai gili labak tidak terlalu landai, tapi aman untuk digunakan berenang. Bagaimanapun, waspadalah selalu. Anda dpt menginap disini dengan menyewa cottage" yg tersedia. Pemandangan sunset dan sunrise nya , amazing :)