Pantai Slopeng

Alamat: Jl. Raya Slopeng, Trebung Ghetteng, Sema"an, Dasuk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69454, Indonesia

(4.8/5) Baca ulasan

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Tak heran apabila Jawa Timur menjadi salah satu pilihan destinasi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pada tahun 2017 saja, Jawa Timur menerima kedatangan 700 ribu wisatawan mancanegara. Jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat pada tahun ini, karena pemerintah sedang gencar untuk terus mengembangkan potensi-potensi wisata.

Salah satu obyek wisata yang dimiliki Jawa Timur adalah Pantai Slopeng yang letaknya tidak jauh dari Madua. Pantai yang membentang sejauh 6 kilometer ini terletak di bagian utara Kabupaten Sumenep tepatnya di Jalan Raya Ambunten Kilometer 17, Desa Samaan, Kecamatan Dasun. Pantai Slopeng berada sekitar 22 Kilometer dari pusat Kabupaten Sumenep.

Harga Tiket di Pantai Slopeng

Salah satu pertimbangan dalam menentukan destinasi wisata adalah masalah biaya. Anda tidak perlu khawatir apabila memilih Pantai Slopeng sebagai tujuan liburan selanjutnya. Untuk berkunjung ke Pantai ini, Anda hanya dikenai tiket masuk sebesar Rp. 5.000.-/ orang.

Apabila Anda membawa kendaraan ketika berlibur kesini, Anda akan dikenai tarif parkir sebesar Rp.5.000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000,- untuk mobil. Dengan harga yang relatif murah, Anda sudah bisa mendapatkan liburan yang menyenangkan di Pantai Slopeng.

Rute Menuju Ke Pantai Slopeng

Untuk menuju ke Pantai Slopeng sebenarnya ada beberapa jalan alternatif yang bisa dipilih. Apabila Anda berada diluar Pulau Madura adalah melalui jalur Tol Suramadu. Setelah keluar dari pintu tol, Anda hanya perlu mengikuti Jalan Raya Suramadu. Ketika menemukan tempat makan Pentol Suramadu, belok ke kiri ke Jalan Raya Burneh.

Setelah itu Anda akan sampai di Bunderan Burneh. Selanjutnya adalah Anda mengambil arah Jalan Raya Tanjung. Dari sini Anda hanya perlu lurus dan mengambil Jalan Pemuda Kaffa. Setelah itu Anda akan sampai di pertigaan. Selanjutnya Anda ambil jalur kanan ke Jalan Kapten Syafiri. Dari sini Anda lurus dan setelahnya ambil jalur kiri ke Jalan Pertahanan.

Selanjutnya Anda akan sampai di perempatan besar. Anda harus belok ke kanan ke Jalan Raya Bancaran. Setelah itu Anda akan masuk ke Jalan Raya Gebang. Ketika menemukan perempatan, Anda lurus masuk ke Jalan Raya Lajing.

Di lampu merah pertama, anda jalan lurus ke Jalan Raya Klampis. Setelah itu ambil Jalan Raya Sepuluh dan lurus terus ke Jalan Raya Tanjung Bumi. Setelah sampai di Jalan Raya Macajah, Anda ambil arah ke Jalan Raya Pasongsongan. Setelah itu Anda akan sampai di Jalan Raya Ambunten. Tibalah Anda di Pantai Slopeng.

Apabila Anda dari Pusat Kota Sumenep, ambilah Jalan Doktor Soetomo dari Taman Adipura Kota Sumenep. Dari sana Anda harus belok kiri ke Jalan Raya Sumenep. Ketika menemukan pertigaan, Anda belok ke kiri mengambil Jalan Jendral Sudirman.

Setelah itu belok kanan ke Jalan Pendekar. Ketika sampai lampu merah kedua, Anda ambil jalur kiri dan belok ke Jalan Kartini. Ketika menemukan Warung Man Nyaman Ibu Wiwik Anda harus belok kanan ke Jalan Halim Perdana Kusuma. Setelah sampai di Taman Bunga Pamolokan, Anda belok ke kiri mengambil Jalan Saluran Air.

Setelah berjalan sekitar 800 meter, Anda akan sampai di perempatan. Anda harus belok kiri ke Jalan Raya Manding. Kemudian Anda akan masuk ke Jalan Raya Dasuk. Dari pertigaan Manding, Anda belok ke kiri, masuk ke Jalan Raya Ambunten. Anda hanya perlu berjalan sekitar 700 meter lagi untuk sampai ke Pantai Slopeng.

Namun, apabila Anda dari arah Lombang pertamakali yang harus dilakukan adalah masuk ke Jalan Raya Batang-Batang Batu Putih. Dari jalur itu Anda akan sampai di pertigaan. Beloklah ke kanan menuju Jalan Raya Dasuk. Ketika melihat Puskesmas Dasuk, Anda belok ke kanan. Setelah sampai di pertigaan Manding, belok ke kiri. Sampailah Anda di Pantai Slopeng.

Objek Wisata di Pantai Slopeng

Lantas apa saja yang dapat dilakukan ketika mengunjungi Pantai Slopeng ? Berikut ini adalah beberapa rekomendasi bagi Anda ketika berwisata ke Pantai ini.

1. Berenang di Pantai Slopeng

Hal yang pertama kali dilakukan ketika berwisata ke Pantai tentu saja adalah berenang. Anda tidak perlu khawatir, karena Pantai Slopeng memiliki arus ombak yang cukup tenang. Hal itu bisa Anda bisa Anda manfaatkan untuk berenang atau sekedar bermain air bersama keluarga.

Anda juga bisa menyewa pelampung dan ban untuk menambah keseruan berenang. Ketika Anda berencana untuk berenang, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti dari rumah. Namun apabila lupa membawa pakaian ganti, Anda bisa membeli dari penjual yang menjajakan pakaian disini. Di Pantai ini juga telah disediakan pemandian umum dan kamar mandi untuk keperluan pengunjung. Untuk mengggunakan fasilitas tersebut Anda harus membayar sebesar Rp.2.000,-/ orang.

2. Berkuda di Sepanjang Pantai

Lelah mengitari Pantai dengan berjalan kaki?. Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menikmati keindahan Pantai Slopeng dengan tanpa merasa kelelahan. Cara itu adalah dengan dengan mengendarai kuda. Terdapat kuda-kuda yang bisa disewa disepanjang Pantai ini. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.10.000 untuk berkuda di Pantai.

3. Berfoto di Bukit Pasir

Salah satu perbedaan yang dimiliki Pantai Slopeng dengan Pantai lain adalah Pantai ini memiliki hamparan pasir yang menyerupai gurun pasir. Biasanya Pantai-Pantai dihiasi oleh pohon kelapa atau pohon mangrove.

Namun bukit pasir ini dihiasi dengan tumbuhnya pohon cemara udang yang membuat pemandangannya menjadi semakin indah. Anda bisa berfoto bersama rekan atau keluarga dengan puas disini. Selain itu Anda juga bisa memutuskan untuk beristirahat saja di bawah pohon cemara udang sambil menikmati keindahan pesona Pantai Slopeng.

4. Wisata Kuliner Di Sepanjang Pantai

Setelah mengitari pantai dan bermain air, Anda tidak perlu khawatir ketika perut keroncongan. Ada banyak warung-warung yang menyediakan berbagai macam makanan. Seperti mie rebus, bakso, mie ayam, pecel, pentol, rujak dan soto. Harga yamg ditawarkan bisa dibilang cukup terjangkau. Apabila Anda membutuhkan sesuatu yang menyegarkan, jangan lupa untuk membeli kelapa muda segar yang bisa dinikmati dengan harga Rp. 6.000,-saja.

5. Memburu Sunset Di Pantai Slopeng

Hal terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berlibur kesini adalah menikmati keindahan sunsetnya. Pemandangan yang disuguhkan Pantai Slopeng akan semakin indah ketika sore hari. Langit yang berwarna orange dan detik-detik tenggelamnya matahari bak dimakan Laut Jawa bisa Anda saksikan disini. Keindahan sunset Pantai Slopeng tidak kalah kerennya apabila dibandingkan dengan pemandangan Sunset di Pantai-Pantai lain.

Itulah salah satu objek wisata yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Timur. Pantai Slopeng bisa menjadi salah satu pilihan alternatif liburan Anda selanjutnya. Liburan Anda akan semakin terasa menyenangkan apabila sambil mengajak pacar, teman atau keluarga.

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Slopeng

  1. Pantai Slopeng merupakan destinasi Wisata Alam yang menyajikan pemandangan ke laut jawa. Selain hamparan pasir putihnya yang memanjakan para wisatawan. Hamparan bukit pasir putih yang memanjang sejauh 6 KM menjadi keunggulan Pantai yang terletak di Kecamatan Dasuk, sekitar 21 km dari pusat kota Sumenep atau berjarak sekitar 180an km dari kota Surabaya, atau dapat ditempuh dalam waktu sekitar 6 jam perjalanan melalui Jembatan Suramadu.. . Di Bukit Pasir tersebut juga terdapat ratusan pohon Cemara Udang yang mendambah suasana sejuk ditengah teriknya matahari yang menyinari pantai Slopeng. . . Selain bermain pasir dan mandi di pantai, ada banyak alat permainan yang dapat digunakan anak anda. Ada juga para penyedia jasa kuda, yang dapat mengantar anda berkeliling pantai slopeng, dengan harga Rp10 Ribu Saja.. . Anda juga dapat menyewa perahu milik nelayan untuk merasakan sensasi bertualang di tengah laut, maupun sekedar melihat keindahan pantai Slopeng dari tengah laut. . . Untuk kuliner, dipantai Slopeng tersedia banyak penjual Dean (Kelapa Muda) yang langsung di petik dari pohon.Hanay dengan Rp5 ribu – Rp10 Ribu. Ada juga penjual Rujak khas Madura (sumenep) untuk mengisi perut kosong anda. . . Jangan ragu untuk berwisata ke pantai slopeng. Disarankan anda menikmati keindahan pantai slopeng dari pagi hari hingga sore hari, mengignat belum tersedianya penginapan di sekitar lokasi pantai Slopeng. Dan Hotel terdekat berada di Pusat Kota Sumenep.

    1 September 2015, 22:30 WIB

  2. Pantai yang terkenal dengan gunung pasirnya (dune). Jaga ekositem pantai ini sebagai bentuk Syukur kepada Allaah SWT

    19 Agustus 2016, 00:53 WIB

  3. pantai slopeng itu seru asik lagi😁 apa lagi pemandangannya beeee gak usah ditanya dah pasti indah dan bagus

    3 November 2016, 04:07 WIB

  4. Airnya biru dan jernih. Cocok buat snorkling ,, tidak sia2 datang jauh2 dari jkt.. siiippp

    28 Juni 2017, 06:04 WIB

  5. Sangat bagus, sepi.

    23 Juni 2018, 03:45 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Slopeng

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *