Pantai Jikumerasa

Alamat: Pulau Buru, Maluku, Jikumerasa, Lilialy, Kabupaten Buru, Maluku, Indonesia

(4.3/5) Baca ulasan

Apabila Anda berencana atau bahkan sedang mengunjungi Pulau Buru dan mencari destinasi wisata di kawasan ini. Maka Pantai Jikumerasa akan menjadi tempat pertama yang muncul di mesin penelusuran. Kepopuleran pantai ini memang sudah diketahui banyak orang, jaraknya juga tidak jauh dari pusat Kota Namlea, yaitu hanya 27 Km saja sehingga sayang kalau dilewatkan.

Memasuki area sekitar pantai, Anda akan langsung disambut oleh nyiuran pohon kelapa yang melambai dan bentangan lautan lepas dengan warna air biru muda terang. Sudah pasti hal tersebut akan langsung membuat mata takjub dan membuat siapapun enggan beranjak pergi. Satu lagi, kalau datang ke Pantai Jikumerasa, maka jangan lupa untuk mencicipi rujak khas ala Maluku.

Harga Tiket Masuk Pantai Jikumerasa

Apabila Anda berkunjung pada hari biasa alias bukan musim liburan, maka tidak akan dikenakan tarif masuk sepeserpun. Selain karena lokasinya yang sangat strategis, karena berada tepat di pinggir jalan besar rute Namlea ke Airbuaya, tempat ini juga masih dikelola oleh penduduk setempat. Tentunya ini menjadi bonus tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Jikumerasa.

Rute Menuju Lokasi Pantai Jikumerasa

Pantai Jikumerasa berada di Desa Jikumerasa, Lilialy, Pulau Buru, Maluku. Apabila Anda sedang berkunjung ke Pulau Buru, maka sangat direkomendasikan untuk datang kesini. Kalau datang dari arah Kota Namlea, maka jarak yang harus ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor hanya sekitar 27 Km, atau kurang lebih 1 jam. Disarankan Anda membawa kendaraan pribadi.

Obyek Wisata di Pantai Jikumerasa

1. Kencan Romantis

Pantai Jikumerasa memang sangat populer dikalangan masyarakat lokal, khususnya bagi para muda-mudi yang menghabiskan akhir pekan dengan nongkrong di tempat ini. Tentunya sangat romantis sekali bisa berduaan dengan pacar ditemani suara deru ombak dan pemandangan laut lepas, bukan? Jadi, tidak ada salahnya apabila Anda juga ikut join.

2. Berburu Sunrise

Fenomena matahari terbit di pantai memang sangat mengagumkan. Jika kebetulan Anda sedang berada di Namlea dan bingung memutuskan ingin hunting sunrise dimana, maka bisa menjadikan Pantai Jikumerasa sebagai pilihan utamanya. Sunrise disini terkenal sangat indah, karena sinar matahari tidak langsung turun melainkan menyinari bukit terlebih dahulu.

3. Surfing

Bagi pencinta olahraga air seperti surfing atau berselancar, maka sangat direkomendasikan untuk mencoba kebolehannya di Pantai Jikumerasa. Tempat ini memiliki ombak yang cukup tinggi sehingga pasti akan langsung menguji adrenalin para peselancar. Di bulan-bulan tertentu, pantai ini bisa penuh dengan surfer yang sengaja datang untuk surfing.

4. Piknik

Jikumerasa memang cocok dijadikan sebagai tempat piknik bersama kekasih, teman, atau pun keluarga. Jajaran pepohonan kelapa di sekitar pantai membuat suasana membuat area sekitar menjadi rindang. Bukan hanya itu, pesona air laut berwarna kebiruan yang sangat jernih juga seakan menghipnotis pengunjung, sehingga dijamin Anda akan betah disini.

5. Snorkeling

Pantai ini juga cukup bagus dijadikan sebagai spot untuk melakukan kegiatan jelajah bawah air seperti snorkeling. Namun, karena tidak ada tempat sewa peralatan, maka wisatawan harus membawa perlengkapan sendiri. Selain itu, hindari snorkeling jika datang pada bulan Desember hingga Februari, karena biasanya ombak di pantai ini sangat ganas.

6. Fenomena Danau Air Asin

Di pantai ini, Anda akan disuguhi dengan sebuah keunikan alam yang pastinya membuat mata menjadi semakin takjub. Yaitu adanya danau kecil, yang mana ketika air laut pasang akan penuh oleh air. Namun ketika air surut, danau tersebut tidak kering. Warnanya juga sangat indah, yakni turqoise karena efek dari tumbuhan alga hijau yang ada di dalamnya.

7. Memancing

Pada sore hari, Jikumerasa akan dipenuhi oleh anak-anak penduduk lokal yang sibuk memancing di area pinggiran pantai. Dan tentunya, wisatawan juga diperbolehkan apabila ingin bergabung. Dengan syarat, Anda harus membawa peralatan memancing sendiri karena disini tidak ada tempat persewaan. Selain itu, Anda bebas untuk datang memancing.

8. Pre-wedding

Hamparan pasir putih halus di Pantai Jikumerasa memang sangat mendukung untuk berlangsungnya moment pre-wedding. Air laut tenang dengan warna biru menawan ditambah dengan background bebukitan, pasti akan membuat hasil foto menjadi lebih bagus dan mengesankan. Oleh karena itu, maka sangat worth it untuk pre-wedding disini.

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk liburan ke Pulau Buru, jangan sampai melewatkan Pantai Jikumerasa dalam itinerary Anda. Selain menikmati keindahan alam, tentunya ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan disini.

9 Ulasan dari Pengunjung Pantai Jikumerasa

  1. Pantai dengan pasir putih yang sangat bersih dan indah serta air laut yang berwarna biru bening. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini yaitu saat pagi hari untuk menikmati matahari terbit.

    2 Maret 2018, 16:09 WIB

  2. Pantai pasir putih. Mudah ditemukan. Sangat indah. Tempat liburan akhir pekan bersama keluarga.

    20 April 2018, 18:50 WIB

  3. pantai masih bersih, minim tempat sampah, makan pisang goreng deng sambal..mamae..su paleng enak e

    20 Juni 2018, 19:43 WIB

  4. Pantainya super sepi, super bagus, cuma ada sampah-sampah sedikit.

    21 Juni 2018, 22:31 WIB

  5. Tempat rekreasi sejuk, enak di pandang mata.

    5 Agustus 2018, 03:36 WIB

  6. Gak usah ragu soal wisata bahari kalo di Maluku semua pantainya bagus yah salah satunya di pantai jikumerasa ini

    22 Agustus 2018, 03:31 WIB

  7. Sepenggal syurga yang jatuh di bumi nusantara bagian timur. Salah satu pantai terindah di Maluku. Pasir putih halus dan ombak yang tenang dilengkapi dengan gradasi warna biru laut yang mempesona.

    4 September 2018, 06:33 WIB

  8. pantai bersih berwarna biru toska campuan air laut sama air tawar bagus bgt buat foto2 dan pasir nya halus tentu masih alami .

    25 September 2018, 00:33 WIB

  9. …ok lah..

    5 Oktober 2018, 13:18 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Jikumerasa

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *