Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan

Desa Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45113, Indonesia.

10 Ulasan

Sudah bukan hal yang asing lagi apabila Cirebon terkenal dengan gemerlapnya kota metropolitan, hotel-hotel mewah, Kesultanan Cirebon hingga sajian makanan khas-nya.

Makanan khas Cirebon seperti empal gentong, nasi jamblang, mi koclok, docang, tahu gejrot dan masih banyak lagi.

Makanan tradisional ini banyak dijual di alun-alun dan pinggiran kota Cirebon dan menjadikannya sebagai kota tujuan wisata kuliner yang menggugah selera.

Namun di samping gemerapnya kota industri, pelabuhan hingga kota kuliner tradisional yang khas, kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini juga menyimpan berbagai wisata alam yang natural.

Pantai Kewajanan Cirebon

Sebut saja salah satunya Pantai Kejawanan yang merupakan surga tersendiri di kota yang akhir-akhir ini makin padat dengan bangunan mall dan gedung-gedung perkantoran.

Pantai yang terletak tidak jauh dari pelabuhan dan memiliki spot sunset terindah ini seringkali dijadikan lokasi wisata favorit warga yang ingin sejenak lepas dari rutinitas yang membosankan.

Mitos Pantai Kejawanan

Bukan hanya dengan sekadar menikmati gemuruh ombak laut, cuitan burung camar, bermain air, bersandar di bawah pohon, berjemur di hamparan pasir hingga bercengkrama dengan keluarga, kerabat dan warga sekitar.

Terletak di pinggir kota udang, Pantai Kewajanan ternyata memilik mitos yang hingga saat ini masih dipercayai warga sekitar.

Mitos bagi warga Cirebon adalah bahwa air laut yang ada di pantai Kewajanan dipercayai dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit,

Mulai dari penyakit diabetes, asam urat hingga stroke dengan membasuh diri atau sekadar berkumur menggunakan air laut tersebut.

Namun tetap, hal itu semua tak lepas dari anugerah Tuhan dan usaha manusia tergantung kepercayaan mereka pada mitos ini.

Harga Tiket Masuk di Pantai Kejawanan

Tarif yang dikenakan untuk dapat memasuki dan menikmati keindahan sunset dan nuansa lain di pantai ini yaitu hanya sebesar Rp 1.000 per orang. Harga yang fantastis bukan!

Untuk karena harga nya yang murah meriah namun tetap bermutu dan berkualitas.

Kesadaran warga harap ditekankan untuk tidak membuang sampah sembarangan demi menjaga ekosistem dan keasrian di Pantai Kewajanan serta kenyamanan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Kejawanan

Terletak tidak jauh dari Pelabuhan Cirebon, secara detail lokasi Pantai Kejawanan ini berada di Desa Yos Sudarso yang juga tidak terlalu jauh dari Ade Irma Traffic Garden di Cirebon.

Bagi pengunjung yang datang dari dalam Cirebon dapat langsung menaikki kendaraan pribadi atau umum dengan mengikuti papan petunjuk arah menuju pelabuhan.

Bagi pengunjung yang datang dari Jakarta dapat mengambil Jalan Raya Pantura atau Tol Jakarta – Cikampek dan Tol Cipali sejauh 215.5 km atau setara dengan 3 setengah jam.

Sementara pengunjung dari Jawa Tengah terkhusus dari ibukota Semarang dapat mengambil Jalan Raya Pantura Semarang sejauh 246.1 km atau setara dengan lebih dari 5 jam dan jalur yang sama untuk pengunjung dari Jawa Timur.

Obyek Wisata di Pantai Kejawanan

Selama berada di pantai Kewajanan Cirebon ini, Anda dapat menikmati berbagai obyek wisata diantaranya:

1. Spot sunset

Sunset Pantai Kejawanan

Bukan rahasia umum lagi apabila warga lokal kerap menjadikan Pantai Kejawanan ini sebagai lokasi liburan akhir pekan bersama keluarga.

Pantai ini sering juga dijadikan pelarian liburan panjang warga ibu kota dan sekitarnya karena terkenal dengan spot sunsetnya yang menakjubkan dan luar biasa bak berlibur di Pulau Hawaii.

2. Sewa perahu

pantai-kewajanan

Di Pantai Kejawanan ini pengunjung juga dapat menyewa perahu untuk sekadar menikmati indah-nya lautan biru bermandikan cerah nya awan dengan ombak yang mendayu-dayu.

Sambil naik perahu keindahan sunset yang tiada tara dapat dinikmati lebih dekat. Tarif sewa perahu kayu dan karet hanya sebesar Rp 5.000 per orang selama satu jam dan itu pun masih bisa ditawar.

3. Spot foto

Sangat disayangkan apabila pengunjung tidak memanfaatkan momen. Eksotisme sunset, jajaran pohon rindang, perahu-perahu sewa hingga hewan-hewan kecil di daratan menjadikan pantai ini memiliki banyak spot foto yang luar biasa.

Ditambah lezat nya olahan makanan laut dan makanan khas Cirebon yang disediakan rumah makan terdekat sehingga ajang eksis jadi lebih mantap.

4. Air ajaib

Pantai Kejawanan ternyata memilik mitos yang hingga saat ini masih dipercayai warga sekitar dimana air laut yang ada di pantai ini dipercayai dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Penyakit yang dapat disembuhkan seperti diabetes, asam urat hingga stroke dengan membasuh diri atau sekadar berkumur menggunakan air laut tersebut.

5. Tanggul dan pohon rindang

Banyaknya pohon yang mengitari pantai ini membuatnya lebih adem dan nyaman. Selain itu banyaknya tanggul juga dapat dijadikan warga sebagai tempat paling santai untuk menikmati sunset.

Terlepas dari sibuknya kota dan pelabuhan Cirebon, hadirnya Pantai Kejawanan ini menjadikan hiburan tersendiri bagi warga lokal untuk melepas sejenak dari rutinitas dengan menatap indahnya sunset.

Fasilitas di Pantai Kejawanan

Tidak hanya unggul dalam pemandangan alam yang indah, Pantai Kewajanan ini juga dilengkap berbagai fasilitas umum lainnya.

Fasilitas-fasilitas itu diantaranya:

  • Mushola
  • Area parkir yang luas
  • Kamar Mandi dan Toilet
  • Gazebo
  • Pedagang Souvenir dan Cinderamata
  • Pedagang Makanan Khas Cirebon
  • Rumah Makan yang menyajikan makanan laut

Pantai ini tentu tidak hanya menghadirkan biru ombak yang merdu, jajaran pohon dan hamparan pasir, namun juga detaran rendah yang mengelilingi pantai ini menjadikannya lebih eksotis.

Selain itu, kebersihan di wisata ini juga patut diacungi jempol berkat usaha pemerintah setempat.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Kejawanan Cirebon. Jika Anda berkunjung ke kota Cirebon, janagn lupa untuk singgah di pantai yang indah ini.

10 Ulasan untuk Pantai Kejawanan, Cirebon, Jawa Barat

  1. Pantai Kejawanan Cirebon merupakan salah satu dari pantai yang berada di wilayah Cirebon,Jawa Barat,Indonesia.. Pantai Kejawanan Cirebon merupakan tempat Wisata Pantai, tempat pengelolaan ikan dan Wisata Terapi.. Berlokasi di Jln.Yos Sudarso Kota Cirebon ini terletak dekat dengan Pelabuhan Ikan dan Ade Irma Traffic Garden Cirebon. . Tarif masuknya pun hanya lima ratus rupiah saja, bagi para pengguna kendaraan pribadi sepeda motor, sedangkan untuk para pejalan kaki tidak dipungut tarif masuk.. . Di Pantai Kejawanan selain kita bisa menikmati terbitnya matahari dengan posisi yang bagus, yaitu tepat ditengah-tengah pantai. Di sana juga kita bisa berwisata keliling pantai dengan menggunakan perahu motor milik nelayan, dengan tarif yang cukup murah yaitu seharga lima ribu Rupiah saja per orang, yang bahkan bisa di tawar hingga sebesar tiga ribu rupiah saja. Selain itu, disana juga banyak disewakan perahu karet dengan tarif mulai seharga lima ribu Rupiah hingga sepuluh ribu Rupiah per perahu setiap satu jamnya,saat libur lebaran/jika sedang beruntung kita bisa melihat kapal nelayan/kapal tunda karena letaknya dekat dengan Pelabuhan Cirebon dan kita bisa berfoto di atas perahu dan melihat nelayan membawa hasil laut.. Kondisi Pantai Kejawanan yang landai dan dangkal menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung, terutama anak-anak. Karena mereka dapat bermain air hingga agak ketengah pantai. Walaupun demikian, pengunjung juga tetap dituntut untuk selalu berhati-hati.. Jika Kita Lapar dipinggir pantai kita bisa makan seafood dengan view ke arah laut.

  2. Air pantainya lumayan bersih, tapi cukuplah utk refreshing & main2 di pantai..disini ada warung2 penjual makanan, fasilitas WC Umum, ada penyewaan perahu karet dan ada beberapa perahu nelayan yg disewakan utk sekedar muterin bibir pantai (klo gak salah harga tiketnya 5ribu atau 10ribu, sowry agak lupa).

  3. Lumayan buat ngilangin stres , tmpat prlu prbaikan lg supaya lbih nyaman trus jgn banyak parkir liar nya klw bsa d atur lg

  4. Perhatikan lagi fasilitas umum dan juga kebersihan nya, banyak sampah berserakan. Serta perlu ditingkatkan lagi keamanannya karena beberapa orang melakukan pungutan liar kepada pengunjung

  5. Masih kurangnya kebersihan, sampah masih berserakan kemana-mana, masih kurangnya tertib parkir, dan tata kelola pantai masih kurang baik, intinya pemerintah kota cirebon segera memperbaiki fasilitas yang ada di pantai kejawanan.. Terima kasih.

  6. Belum Ada fasilitas yang memadai… Pemda setempat harus lebih membangunnya, sangat disayangkan, untuk wisata yang masih minim pantai ini bisa dilestarikan Dan dikembangkan, karena pantainya landai bisa untuk bermain

  7. sering kesini kalo buat sekedar foto dan nenangin pikiran apalgi cuma bayar parkir 3 ribu doang jangan berharap lebih,maklum wisata murah orang Cirebon,waktu foto ini pas penggarapan drama untuk tugas untuk yg mau nyewa prahu juga bisa yah bayarnya cuma 5 ribh keliling

  8. Potensi laut Cirebon yang masih amat bisa diolah jadi lebih baik lagi. . Semoga jadi lebih bersih . (Mohon disediakan petugas kebersihan). . Semoga jadi lebih tertib. Supaya warung warung tidak menutup sisi pantai nya. . Hiks

  9. Ada kapal kolekting yg siap mengangkut ikan 200 ton kawaan

Tinggalkan Balasan