Pantai Kolbano

Pantai Kolbano

Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur 85563, Indonesia.

11 Ulasan

Para wisatawan tentunya sudah tidak asing lagi dengan Pantai Kolbano yang menjadi objek wisata alami primadona di Kolbano. Nah, pantai yang satu ini wajib dikunjungi saat Anda bepergian ke Kupang untuk mengeksplorasi Pulau Timor.

Dulunya pulau ini sepi, tetapi namanya sekarang ini sudah terkenal sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi-nya.

Lokasinya yang tidak begitu jauh dari perkotaan membuat banyak wisatawan semakin mudah mengunjungi Pantai Kolbano. Pantai ini terlihat mempesona dan memukau dari banyaknya kerikil cantik yang berwarna-warni di bibir pantai.

Bukan hanya terlihat indah karena hamparan pasir hitam dan putih, tetapi batu-batuan atau Fatu Un yang menjadi ciri khas tempat wisata ini. Tak heran banyak wisatawan luar daerah yang tertarik mengunjungi-nya meskipun lokasinya jauh.

Pantai Kolbano

Pantai Kolbano

Pantai Kolbano terletak di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Jika ingin mengunjungi-nya para wisatawan juga bisa melakukan pencarian di Google Maps.

Jarak Pantai Kolbano dari perkotaan yaitu sekitar 135 km, tepatnya dari bu Kota Kupang. Para wisatawan membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk sampai pantai yang cantik dan unik ini.

Keindahan Pantai ini juga dilengkapi dengan adanya landmark yang berupa sebuah batu raksasa yang disebut Fatu Un, bentuknya terlihat seperti kepala singa dari sisi samping.

Wisatawan diperbolehkan untuk menaiki batu tersebut melihat keindahan panorama Pantai Kolbano dari ketinggian, sehingga dapat melihat pesona Samudera Hindia dengan kombinasi keindahan pantai biru-nya air laut serta hamburan batu-batuan kerikil warna-warni.

Harga Tiket Masuk Pantai Kolbano

Harga tiket masuk (HTM) Pantai Kolbano sangatlah murah yaitu Rp 2000 sampai Rp 5000 saja. Dengan harganya yang terjangkau, di Pantai Kolbano memang belum terdapat fasilitas lengkap.

Tetapi, keindahan pesona pantainya dapat membuat para wisatawan penasaran untuk mengunjungi-nya. Selain itu, di pesisir pantai juga terdapat Gazebo yang dapat digunakan untuk menikmati pesona alam Pantai Kolbano yang indah.

Tak perlu budget mahal untuk melihat keindahan batu “Fun Un” dan kerikil warna-warni yang dapat dijadikan sebagai spot foto instagramable.

Rute Menuju Lokasi Pantai Kolbano

Rute Pantai Kolbano Ntt

Para wisatawan tertarik untuk mengunjungi Pantai Kolbano, Silahkan ketahui akses jalan paling mudah dari rute yang dapat ditempuh.

1. Rute Kota Kupang – Pantai Kolbano

Jika para wisatawan ingin datang ke Pantai Kolbano maka harus mengetahui bahwa akses untuk menuju ke tempat ini terbilang cukup sulit, karena transportasi umum yang belum memadai. Tetapi, jangan khawatir karena pengunjung dapat menyewa kendaraan dari Kota Kupang.

Saat melewati rute ini maka para wisatawan akan melewati tanjakan yang cukup memacu adrenalin. Tak perlu khawatir, saat menyusuri perjalanan para pengunjung akan menikmati panorama alam yang sangat indah.

2. Rute Pedesaan Kawasan Kolbano

Rute yang kedua para wisatawan dapat lewat jalan pedesaan kawasan Kolbano yang jalanan-nya cukup variatif. Lewat jalan ini, pengunjung akan melewati jalanan desa, sehingga dapat melihat keindahan alam yang beragam mulai dari sawah dan ladang penduduk desa.

Tak hanya itu, para wisatawan juga akan melihat hamparan bukit dan tebing yang menjulang tinggi, serta ada rumah adat khas setempat yang indah.

3. Rute dari Kota Kolbano

Anda juga bisa menggunakan akses jalan atau rute dari kota Kolbano yang memiliki jarak kurang lebih 135 KM dari kota. Pengunjung akan sampai di pantai dalam jangka waktu sekitar 4 jam.

Meskipun membutuhkan waktu yang lama, tetapi para pengunjung akan merasa terpesona dengan keindahan antara biru air laut dan hamparan batuan kerikil berwarna-warni yang cukup memukau.

Obyek Wisata Pantai Kolbano

Para wisatawan tentunya ingin mengetahui obyek wisata di Pantai Kolbano NTT yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung, berikut ini ulasannya.

1. Batu Kerikil Warna-Warni

Pantai Kolbano Nusa Tenggara Timur

Salah satu objek wisata di Pantai Kolbano NTT yang menjadi tujuan atau daya tarik wisatawan ingin mengunjungi-nya. Di pantai ini terdapat batu kerikil warna warni yang sangat indah. Saat diambil spot fotonya tentu akan menghasilkan foto yang sangat instagramable.

Tak heran banyak wisatawan muda yang tertarik untuk mengunjungi, sebagian besar orang mengenali-nya sebagai batu akik karena batunya yang bagus bisa dijadikan varian cincin batu akik.

Batu kerikil ini menjadi elemen favorit para pengunjung saat sampai di pantai, melihat pemandangan kerikil warna-warni yang indah sudah cukup membayar perjalanan yang sudah cukup jauh ditempuh.

2. Batu Fun Un

Batu Fun Un Pantai Kolbano

Berikutnya, obyek di tempat wisata Pantai Kolbano NTT yang menjadi daya tarik para pengunjung, yaitu adanya batu “Fun Un” yang bentuknya hampir mirip kepala singa saat dilihat dari samping.

Para wisatawan bisa naik ke batu “Fun Un” untuk melihat hamparan laut Pantai Kolbano yang luas. Air laut-nya yang jernih akan menjadi spot foto sangat indah apabila pengunjung foto dari atas.

Tak heran banyak pengunjung menjadikan batu “Fun Un” sebagai spot foto yang sangat instagramable, karena dari atas sini bisa melihat pemandangan yang cukup memukau.

3. Panorama Laut yang Indah

Pantai Kolbano Ntt

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Pantai Kolbano memiliki hamparan air laut yang jernih dan bersih serta kerikil warna-warni yang sangatlah indah, sehingga membuat panorama pantai yang satu ini sangatlah indah.

Ketahuilah bahwa para wisatawan bisa menikmati pemandangan di sekitar pantai dengan duduk-duduk di sekitar bibir pantai bersama keluarga terdekat, sambil menikmati kuliner bekal makanan lezat di dekat pantai.

4. Gazebo di Pinggir Pantai

Wisata Pantai Kolbano Ntt

Selanjutnya, para pengunjung juga dapat duduk duduk di gazebo yang ada di pinggir pantai. Jadi, gazebo terdapat di bibir pantai dalam jumlah banyak yang memang disediakan untuk menikmati pemandangan hamparan laut yang luas.

Tetapi, di sekitar pantai memang belum ada penjual makanan, sehingga mengharuskan wisatawan untuk membawa bekal makanan sendiri.

Oleh karena itu, Pantai Kolbano ini sangat direkomendasikan dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga.

5. Pasir Putih yang Eksotis

Wisata Pantai Kolbano

Terdapat pula objek pasir putih yang eksotis sehingga membuat pantai satu ini menjadi terlihat menarik. Perpaduan warna pasir putih dengan kerikil warna-warna membuat nuansa di sekitar pantai menjadi sangat bagus apalagi saat dijadikan sebagai spot foto instagramable.

Perpaduan antara warna pasir dan kerikil akan memperindah pemandangan ditemani dengan suara deburan ombak yang tenang.

Ketahuilah bahwa deburan ombak di Pantai Kolbano tidaklah besar, sehingga suara gemuruh-nya sangatlah halus.

Fasilitas di Pantai Kolbano

Para pengunjung yang hendak berwisata ke Pantai Kolbano disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri dikarenakan di sekitar pantai ini masih sangat sepi, bahkan tidak terdapat penjual makanan dan minuman.

Para wisatawan dapat mengeksplorasi keindahan alam di Pulau Timor, Pantai Kolbano untuk menjadi destinasi wisata yang wajib untuk dilindungi.

Meskipun, belum ada fasilitas yang lengkap di pantai ini tetap memikat para wisatawan dengan adanya batu-batu kerikil unik dan menarik.

Demikian ulasan mengenai harga tiket masuk, rute, fasilitas di obyek wisata Pantai Kolbano Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memang memiliki pemandangan indah sehingga sangat memikat hati para wisatawan.

11 Ulasan untuk Pantai Kolbano, Timur Tengah Selatan, NTT

  1. Pantai dengan batu-batu kerikil yg halusnya mantap… suka aja liat warganya pada ngumpulin batu2… kalo mau nikmati pantainya sepertinya belum ada fasilitasnya… secara warga sekitar sibuk kumpulin batu… kalo ke Area TTS, rugi aja nda kesini.. 😁. Btw… pas kesini, sempat liat buaya Muara di dekat dermaga… sengaja kasi 🌟5, soalnya sy suka pantai… dan pantai seperti ini jarang di temui di Indonesia.

  2. Di kolbano ada sebuah batu yang berbentuk seperti wajah seorang manusia, pantainya bersih dengan bebatuan putih yang memperindah pantai ini.. Teman-teman harus coba kunjungi tempat ini.

  3. Pemandangan bagus namun tidak terawat. Kotor dan sampah plastik berserakan.kamar mandi rusak dan tempat beristirahat tidak ada. Kurang perhatian dari pemerintah daerah. Sarana penunjang seperti warung makan juga terbatas.

  4. Salah satu pantai di NTT yg alami pantai yg fantastik…bersih….pinggir pantai bukan pasir tapi bebatuan …….benar2 fantastik

  5. Pantai indah banget, biru lautnya beda, bali ato gili trawangan kalah segi lautnya tapi menang segi pantainya karena kolbano pantai batu bukan pasir putih

  6. Pantai yg sangat indah dan biru, sekitar 3 jam perjalanan dari pelabuhan tenau, kalau ke pantai ini lebih baik pilih alternatif jalan yang menggunakan mobil, karena jika memilih alternatif jalan yang menggunakan motor, prediksi waktu tempuh memang lebih singkat, tapi medan yg ditempuh banyak yg belum diaspal, apalagi kalau sedang musim hujan tidak direkomendasikan memilih jalan alternatif untuk sepeda motor yaa teman2, karena jalannya licin. Waktu itu saya berangkat dari oehala jam 1 siang, sampai di Kolbano menjelang maghrib, karena salah memilih jalan alternatif. Jadi saran saya, pilih jalan alternatif yang diperuntukan untuk mobil

  7. Pantai nya masih alami dan bersih..
    Sekitar 4jam dari kota kupang..
    Akan tetapi tak terasa smpai disana karena suguhan warna yg menarik seperti lukisan.

    Kami baru pertama kesana..dan kapan lagi bisa kesana kembali.

  8. Tidak ada toilet umum, anak2 yg tawarkan jasa tak ada yg awasi. Udah di kasih Rp.100rb atas jasa klik foto, masih ngejar ke mobil minta tambah 20rb

  9. Pantai yang bersih dan unik, sehabis bermain di pantai kaki tidak kotor seperti bermain di pantai pada umumnya krn pantai dipenuhi batu batu berwarna warni bukan pasir.
    Yok yang belum pernah kudu harus ke pantai kolbano TTS NTT yaaa

  10. Sekali lagi bersyukur masih bisa menemukan kepolosan dan budi pekerti yg luhur dari bocah2 NTT ditambah lagi pantai berbatu yang unik dan menarik..semoga makin maju

  11. pantai di pesisir selatan Pulau Timor yang terkenal akan keindahan batuan hiasnya. Batu-batu ini meyelimuti permukaan pantai di Kolbano. Terdapat sebongkah batu besar, bisa dinaiki tapi harus hati-hati

Tinggalkan Balasan