Pantai Kubu

Pantai Kubu

Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah 74181, Indonesia.

15 Ulasan

Provinsi Kalimantan memang sangat terkenal akan keindahan alamnya yang begitu luar biasa indahnya serta masih sangat alami. Salah satu objek wisata yang cukup menakjubkan yaitu berada di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Apabila Anda mencari obyek wisata pantai dengan pemandangan yang tak biasa dan memanjakkan mata, cobalah datang ke Pantai Kubu yang berada di Kotawaringin Barat.

Di Pantai ini, Anda akan menemukan banyak hal yang menjadi area-area kesukaan bagi para wisatawan saat berkunjung kesini. Nantinya Anda tidak semata-mata menemukan hamparan pasir putih juga suara dari gemuruhnya ombak yang mengenai bibir pantai.

Bersamaan dengan itu masih ada lagi daya tarik dari destinasi wisata Pantai Kubu. Yuk simak deskripsi singkat mengenai Pantai Kubu di bawah ini.

Pantai Kubu Pangkalan Bun

Pantai Kubu Pangkalan Bun

Salah satu pantai yang memiliki pemandangan indah di Pulau Kalimantan adalah Pantai Kubu. Kubu sendiri merupakan sebuah nama desa yang terletak di kawasan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.

Pantai Kubu ini sudah menjadi tempat favorite bagi para wisatawan setempat, dikarenakan keindahan pantainya serta pinggiran pantai yang dihiasi dengan pasir putih.

Bahkan dengan keindahan view-nya dari pantai ini, ternyata memiliki cerita yang sangat memilukan karena mempertahankan wilayah Kumai. Menurut cerita warga setempat, dahulu rakyat Indonesia berusaha mempertahankan kawasan Kumai ini dari bangsa Belanda yang berbendera Australia.

Pertumpahan darah pun tak terelakkan, sampai akhirnya kemerdekaan penuh didapatkan warga Indonesia. Hasil dari pertempuran tersebut menjadi sebuah peninggalan yaitu berupa meriam dan kuburan para pahlawan, nah dari sinilah disebut dengan Desa Kubu.

Adapun diseberang Pantai Kubu terdapat pulau kecil yang bernama tanjung keluang, artinya yaitu keluar dan datang. Soalnya pada saat itu para penjajah datang dan keluar lewat dari tanjung keluang ini.

Namun saat ini, tanjung keluang sudah menjadi kawasan bagi penangkaran penyu.

Harga Tiket Masuk Pantai Kubu

Pantai Kubu adalah salah satu destinasi wisata murah yang tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk biaya tiket masuk kedalam objek wisata bahari ini.

Anda hanya perlu membayar Rp 2.000 saja dan sudah bisa menikmati pemandangan indah dari pantai ini. Namun ada tambahan untuk pengguna roda dua yaitu sebesar Rp 1.000 dan untuk mobil sebesar Rp 3.000.

Pantai ini dibuka selama 24 jam penuh, dimana artinya Anda dapat mengunjungi pantai ini kapanpun.

Rute Menuju Lokasi Pantai Kubu

Pantai Buku Kotawaringin

Lokasi Pantai Kubu ini tepatnya berada di Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.

Untuk bisa tiba ke lokasi pantai di Kalimantang Tengah ini, maka Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih sepanjang 30 kilometer dari pangkalan Bun yaitu sebuah ibukota di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Pangkalan Bun ini sering dijuluki sebagai Kota Manis yang dimana adalah singkatan dari Minat, Aman, Nikmat, Indah serta Segar.

Akses masuk menuju ke kawasan pantai ini ditandai dengan terdapat patung pada pintu masuknya dan memiliki dua pintu masuk yaitu pintu masuk buaya dan kepiting.

Pintu masuk buaya ini ialah sarana serta fasilitas untuk Anda rekreasi seperti, penyewaan perahu, restoran yang menyiapkan hidangan seafood dan lain sebagainya.

Lalu, pintu masuk kepting adalah pintu masuk bagi Anda yang ingin menikmati dan melihat panorama indah pantai yang menghadap ke laut lepas.

Pintu ini diawali dengan adanya dermaga kayu yang memiliki panjang 300 meter dari bibir pantai dan menghadap ke arah laut.

Transportasi yang dapat digunakan untuk bisa menuju ke kawasan Pantai Kubu sangat mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil maupun motor atau merental kendaraan.

Selama di perjalanan untuk menuju ke lokasi pantai ini, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang indah dan memanjakkan mata.

Objek Wisata Pantai Kubu

Selama berada di pantai Kubu Anda bisa menikmati obyek wisata bahari dan melakukan aktivitas yang menarik disana. Berikut beberapa obyek wisata yang dapat Anda lakukan selama berada di Pantai Kubu.

1. Berenang di Pantai Kubu

Ada yang kurang rasanya apabila datang ke sebuah objek wisata bahari pantai tetapi tidak berenang.

Soalnya Pantai di Kalimantan Tengah ini memiliki permukaan yang landai atau tidak terlau curam, jadi sangat pas untuk berenang di pantai ini. Pasir dari Kubu beach memiliki tekstur yang nyaman serta warna pasir putih sedikit kecoklatan.

 Airnya yang berwarna putih serta bergradasi kecoklatan serta segar menambah kesan untuk berlama-lama di pantai tersebut. Warna dari pantai ini disebabkan karena adanya pengaruh dari hutan gambut yang berada tidak jauh dari pantai Kubu tersebut.

Maka dari itu, sangat cocok apabila Anda membawa keluarga untuk sekadar berenang ataupun bermain air di pinggiran pantai.

2. Naik Banana Boat

Pihak pengelola Pantai Kubu ini menyediakan fasilitas berupa banana boat yang dapat Anda sewa untuk berkeliling di perairan pantai tersebut.

Tak perlu khawatir mengenai harganya, soalnya harga yang diberikan pun tidak akan membuat kantong langsung bolong.

Hanya saja, wahana banana boat ini memiliki jumlah yang terbatas, jadi saat sedang ramai terpaksa Anda harus mengantri untuk menaiki wahana satu ini.

3. Menikmati Pemandangan Pantai Kubu Toboali

Selain dari kegiatan berenang dan menaiki banana boat, pantai ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat dari keramaian dan pekerjaan kantor.

Pemandangan indah juga mengagumkan yang diberikan dari pantai ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Pasalnya Anda dapat menikmati keindahan laut di dermaga kayu maupun bersantai di pondok-pondok yang telah disediakan di tepian pantai sambil meminum air kelapa muda.

Banyak para wisatawan yang datang berkunjung untuk menikmati pemandangan menakjubkan dari pantai dengan hamparan pasir putih kecoklatan yang membentang di sepanjang bibir pantai tersebut.

4. Berburu Sunset

Tenggelamnya matahari merupakan fenomena yang paling di nanti-nantikan saat berkunjung ke sebuah objek wisata bahari pantai, terlebih lagi pantai Kubu ini menawarkan keindahan yang tiada tara.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pengunjung untuk datang kesini sambil menikmati segelas kopi dan menyaksikan maha karya alam yang begitu indah ini.

5. Wisata Kuliner

Saat datang ke Pantai Kubu, jangan lupa Anda untuk berwisata kuliner yang disediakan disini.

Di pantai ini banyak sekali menyediakan hidangan khas laut (seafood). Tentunya baik ikan maupun udang dan jenis lainnya yang dijual di pantai ini masih terbilang segar. Soalnya langsung diambil dan dibeli dari para nelayan.

Pantai Kubu merupakan pantai yang memberikan view langsung menghadap laut Jawa dan salah satu kebanggan bagi masyarakat sekitar.

Selama Anda berlibur ke Kotawaringin Kalimantan, selain pantai Kubu ini, Anda dapat juga mengunjungi pantai Ujung Pandaran yang juga selalau ramai.

Demikian ulasan mengenai deskripsi dari wisata bahari Pantai Kubu, Kotawaringin Barat, provinsi Kalimantan Tengah.

15 Ulasan untuk Pantai Kubu, Kotawaringin, Kalimantan Tengah

  1. Tidak terlalu jauh dari kota P.bun, sekitar 40 menit. Pantai dengan ombak yang tenang dan pasir yang lembut walau tidak berwarna putih dan airnya tidak terlihat biru namun sudah cukup buat anak-anak bermain pasir dengan senang. Terdapat susunan beton penahan abrasi ombak dan bangunan peneduh menjadikan tempat yang nyaman untuk oranh tua duduk sambil mengawasi anaknya bermain pasir di pantai. Terdapat juga playground yang menyediakan ayunan dan perosotan buat anak bermain. Namun sayang untuk perosotannya terlihat sedikit berbahaya karena terlalu tajam sudut meluncurnya dan permukaannya kasar serta banyak pasirnya. Kamar mandi untuk bilas juga bersih.

  2. Salah satu pantai yang sangat populer bagi masyarakat Pangkalan Bun dan sekitarnya, tempat nya mulai tersusun dari sebelumnya.

  3. Tidak hanya di Jambi ada Kubu, di Kalteng juga ada,.. Mau liat orangutan tinggal nyebrang aja

  4. Destinasi wisata daerah yg murah meriah . Sebagai tempat rekreasi pantai kubu terus berbenah .

  5. Perahu penyeberangan tidak teratur, harga tidak sama satu perahu dan lainnya. Pantai kotor.

  6. Pantai kubu kalau masih pagi suasananya nyaman dapat melihat pemandangan sunrise yang bagus, ketika siang kita dapat berwisata kuliner seperti seafood yang rasanya enak juga, ketika sore kita dapat bersantai dan minum air kelapa muda sambil menikmati udara pantai.

  7. Pantai kubu adalah pantai yg tenang, dengan ombak dan angin yg khas laut kalimantan.. nyaman sekali berada dsana dgn keluarga apalagi dgn hadir nya warung seafood di atas permukaan air laut menambah keindahan kubu… Warung seafood dgn harga standard dan masakan yg enak…

  8. Salah satu tujuan wisata di kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah yang sedang dikembangkan oleh pemerintah daerah. Merupakan wisata pantai dan kuliner sea food yang cocok untuk dikunjungi bersama orang orang terkasih diakhir pekan. Juga sering diadakan pesta music dengan menghadirkan artis ibukota

  9. Sekarang kok d pagerin yah..? Apakah ada pembagian wilayah?? Trus masih kurang terawat, pondok2 bekas RM yg sudah ga dipakai dibiarkan rusak, baikknya yg udah ga digunain sekalian dibongkar aja daripada dibiarkan seperti itu. Merusak pemandangan.

  10. Pantai kubu…wisata pantai yg paling dekat jaraknya dengan pangkalan bun..sampai kesana. Hnya memerlukan waktu paling lama kurang lebih 30 menit saja…meski pantainya memiliki warna air yg coklat pekat karena teluk. Tetapi angin pantai n suasananya cukup santai untuk weekend bersama keluarga..kalo ke pangkalan bun jangan lupa berkunjung ke pantai kubu yaa…😘😘

  11. Ya lumayan lah buat santai2 menghilangkan stres, tapi kalo untuk bermain air dipantai pikir2 dulu, pantainya berlumpur, kotor sekali

  12. Menu dengan berbagai ariant…. Cocok untuk pertemuan .. Relasi. Atau keluarga. Maupun kantor

  13. Pantai kubu, pemandangan teluk dan pantai xg banyak memiliki nilai sejarah, serta terdapat penangkaran penyu dan pasir putih di tengah laut, keindahan batu karang yang sangat mempesona.

  14. Pantai terdekat yang bisa dicapai dari kota Pangkalan Bun, pantainya cukup bersih fasilitas cukup lengkap. Namun meskipun cukup lengkap fasilitas tersebut kurang terawat, seperti mushola diarea pantai yang tidak dapat di gunakan (pintu terkunci dan air tidak menyala) lalu pusat informasi Pantai Kubu tidak ada penjaganya, mungkin bisa lebih ditingkatkan lagi terkait pelayanannya. Mengingat pantai kubu ini merupakan salah satu akses untuk menuju Tanjung Keluang, sehingga fasilitas untuk para wisatawan pun harus dibenahi.

  15. Pantai kubu adalah salah satu icon dan wisata pantai yg ada di Pangkalan Bun. Banyak tersedia warung makan yg menu menyediakan hasil laut. Rame dikunjungi saat hari-hari besar dan hari libur cocok berkunjung bersama keluarga. Sering juga buat tujuan finis goes atau trabas. 👍👍

Tinggalkan Balasan