Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran

Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah 74363, Indonesia.

9 Ulasan

Keindahan alam Indonesia sudah tersebar di seluruh penjuru negeri ini dari Sabang hingga Merauke pulau timur di Indonesia. Banyak terdapat wisata pantai yang menjadi daya tarik serta keunggulan bagi negara Indonesia.

Salah satu pulau yang mempunyai wisata bahari pantai mempesona dan indah adalah pulau Borneo yang tepatnya di Provinsi Kalimantan. Salah satu destinasi wisatanya yaitu Pantai Ujung Pandaran.

Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran Sampit

Pulau Kalimantan adalah pulau yang telah terkenal di mancanegara akan hutan tropisnya yang sangat subur dan rindang.

Walaupun begitu di Kalimantan juga tersimpan akan pantainya yang sangat indah dan mempesona tepatnya berada di Pulau Borneo ini yaitu Pantai Ujung Pandaran.

Masyarakat yang berada di Desa Ujung Pandaran, Kabupaten Kotawaringin Timur wajib bangga atas pemandangan alam wisata bahari yang mempesona dari Pantai Ujung Pandaran dengan airnya bersih serta berwarna biru bergradasi hijau.

Pantai ini berada di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Dimana jarak pantai dari Kota Sampit Selatan adalah 80,5 kilometer.

Pantai Ujung Pandaran sendiri merupakan destinasi wisata bagi masyarakat lokal hingga luar daerah.

Harga Tiket Masuk Pantai Ujung Pandaran

Melepaskan penat dari pekerjaan atau berlibur tidak selalu dengan budget yang mahal-mahal.

Pasalnya Anda dapat menikmati wisata murah tanpa mengocek kantong dalam-dalam untuk bisa mendapatkan liburan yang berkesan dan menyenangkan.

Pantai ini merupakan salah satu contoh wisata murah yang dapat Anda coba bersama keluarga ataupun rekan-rekan kerja.

Untuk tiket masuk kedalam kawasan destinasi wisata ini hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp 5.000 saja Anda sudah langsung bisa menikmati suasana adem serta meikmati keindahan pantai ini.

Penambahan biaya ini bisa terjadi jika Anda menyewa fasilitas-fasilitas yang tersedia di pantai tersebut seperti villa, penginapan maupun menikmati beragam kuliner.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ujung Pandaran

Pantai ini berlokasi di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.

Lokasinya sekitar 80,5 kilometer dari Kota Sampit Selatan menuju ke pantai dengan keindahan alamnya yang mempesona.

Jarak tempuh ini tidak terlalu jauh, soalnya bisa ditempuh menggunakan transportasi apa saja dan banyak cara.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi lainnya yang sudah disediakan. Apabila datang dari luar kota, Anda bisa menjadikan terminal palangkaraya sebagai acuannya untuk menuju pantai ini.

Ketika Anda berangkat dari Kota Palangkaraya, Anda bisa transportasi pribadi atau bus dengan jurusan Palangkaraya-Sampit di terminal Palangkaraya.

Nah, setelah tiba di Sampit Anda transit menggunakan bus jurusan ke arah Teluk Sampit yang dimana lokasi dari Pantai Ujung Pandaran.

Jalan yang dilalui untuk menuju ke Pantai Ujung Pandaran terbilang cukup baik, meskipun masih ada jalan berbatu.

Namun setelah melewati perjalanan yang panjang, Anda akan langsung disuguhkan oleh pemandangan mempesona nan asri juga memanjakkan mata dari pantai satu ini.

Obyek Wisata Pantai Ujung Pandaran

Selama berada di Pantai Ujung Pandaran ini Anda dapat menikmati obyek wisata menarik disana.

Berikut beberapa obyek menarik yang ditawarkan oleh Pantai Ujung Pandaran dengan pemandangan indah yang bisa Anda coba.

1. Hamparan Pasir Putih

Destinasi wisata pantai Ujung Pandaran yang ada di pulau Bornoe ini terkenal akan pasir putihnya yang memanjang di sepanjang pantai serta indah dan mempunyai tekstur nyaman.

Dengan begitu Anda dapat melakukan aktivitas berjalan-jalan di bibir pantai sambil menikmati indahnya pemandangan dari pantai ini.

Jika bersama keluarga, maka Anda dapat melakukan aktivitas seperti bermain istana pasir, bermain bola, bermain voli pantai dan sekedar sunbathing. Kegiatan yang sangat menyenangkan dan berkesan di Pantai Ujung Pandaran ini.

2. Bersantai dan Relaksasi

Pantai adalah tempat terbaik untuk melepaskan lelah dari dunia pekerjaan ataupun sekedar merelaks-kan pikiran. Dengan suguhan panorama alamnya yang indah juga elok, siapa saja yang melihatnya membuat penat langsung hilang.

Meskipun Pantai Ujung Pandaran ini dapat dikatakan sebagai pantai yang banyak dikunjungi pengunjung baik dari luar daerah dan dalam daerah, bukan berarti Anda tidak dapat melakukan relaksasi.

Sebab, pantai ini memiliki fasilitas yang mendukung dalam memperlihatkan panorama yang indah. Nah, dari sinilah Anda dapat bersantai di spot-spot yang telah disediakan sambil ditemani dengan suara deburan ombak serta angin sepoi-sepoi.

3. Menikmati Sunset

Pantai Ujung Pandaran di Pulau Borneo ini, memiliki pemandangan yang eksotis juga indah pada saat fenomena sunset ini atau tenggelamnya matahari.

Suasana sunset dari pantai ini menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh para wisatawan sembari duduk-duduk di gazebo-gazebo.

Warna langit yang kuning dengan bergradasi keemasan cocok dijadikan background foto Anda yang instagramable.

4. Ritual Simah Laut

Selain dari pemandangannya yang indah dikala sunset, Anda juga bisa menyaksikan ritual atau upacara adat yang bernama Simah Laut yang biasanya diselengarakan di Pantai Ujung Pandaran ini.

Ritual Simah Laut merupakan upacara tolak bala yang biasanya dilakukan oleh nelayan-nelayan sekitar di daerah Ujung Pandaran ini sebelum melaut, hal ini agar selamat saat melaut dan mendapatkan ikan yang sangat banyak.

Biasanya upacara Simah Laut diadakan pada tanggal 10 Syawal, dengan pembukaan dari gubernur yang dihadiri ribuan peserta dimana terdiri dari 14 kabupaten juga Kota di Kalimantan Tengah ini.

Saat upacara berakhir, gubernur dan bupati akan dibawa oleh rombongan-rombongan yang mengenakan baju adat khas Kotawaringin Timur untuk menuju ke rumah panggung di tepi Pantai Ujung Pandaran.

Kemudian rombongan putra serta putri tadi akan naik ke rumah panggung sambil mengelilingi miniatur yang beradai di rumah betang (rumah khas suku Dayak) serta menaiki perahu sepanjang 1,51 meter dengan lebar 0,51 meter.

Dimana dalam perahu tersebut disajikan sebuah kue-kue tradisional seperti bubur merah, wajik, telur sampai kepala kerbau.

Nah, jangan lupa untuk Anda mengambil momen-momen tersebut saat berkunjung ke Pantai Ujung Pandaran pada tanggal 10 Syawal.

Fasilitas di Pantai Ujung Pandaran

Pantai Sampit terbilang lengkap dalam hal fasilitas soalnya pantai ini sangat dikelola oleh dinas pariwsiata dan pemerintah setempat. Hal inilah yang membuat pantai ini terlihat tidak kumuh, masih asri dan mempesona.

Di pantai ini sudah terdapat fasilitas umum bagi kenyamanan para wisatawan. Fasilitas-fasilitas itu seperi:

  • Kamar Mandi
  • Mushola
  • Tempat Parkir
  • Warung makan dan jajanan
  • Penginapan

Fitur menarik lainnya dari Pantai Ujung Pandaran ini yaitu keberadaan sebuah makam ulama dari Syekh Abu Humaid yang ada di kawasan sekitaran pantai ini.

Terdapat juga penginapan di pantai Ujung Pandaran dengan harga kamar yang bervariasi.

Namun, di pantai ini juga menyediakan Villa Tess yang terbilang cukup besar dan luas, sehingga sangat cocok apabila Anda berlibur sambil mengajak keluarga besar dan bermalam disana dengan nyaman.

Adapun fasilitas dari Villa Tess cukup lengkap yaitu diantaranya, ada tempat bermain anak, gazebo, tempat beribadah dan lain sebagainya.

Demikian ulasan mengenai deskripsi dari Pantai Ujung Pandaran di Kalimantan yang memiliki pemandangan indah dan pesonanya sendiri bagi para pengunjung yang datang.

9 Ulasan untuk Pantai Ujung Pandaran, Kotawaringin, Kalimantan Tengah

  1. Perlu penataan sesuai standar kelayakan tempat wisata

  2. Dari pantainya sudah baik, tapi layanan untuk publiknya yang masih jauh dari kata layak. Toilet gak terurus, sampah dimana mana dan jalan akses yang masih kurang layak

  3. lumayan

  4. Asik nih liburan nya

  5. Bagus untuk pantai di Kalimantan… sayang jauhnya

  6. Perjalanan ke sana nyaman menggunakan monil maupun motor, tempatnya bagus dan sejuk, hanya saja airnya tidak terlalu biru, tetapi pemandangan di sana sangat bagus

  7. Pantainya bersih dengan pemandangan yang indah, walaupun air lautnya tidak biru. tersedia beberapa villa dan sarana watersport sayang lokasinya cukup jauh dari kota Sampit.. but Worth it…

  8. Sangat luar biasa ini pantai

  9. Lokasinya cukup jauh dari kota sampit, memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan jika naik sepeda motor & 3 jam jika menggunakan mobil. Sepanjang perjalanan ada akan di suguhkan pemandangan pohon kelapa, sawit & juga sawah. Di daerah teluk sampit jalan sedikit rusak sehingga pengguna jalan di wajibkan berhati-hati dan apabila malam tidak ada lampu penerangan jalan.. Kondisi pantai sendiri cukup bersih namun tanah di sekitar mengalami abrasi apabila air laut pasang

Tinggalkan Balasan