Pantai Lombang-Lombang

Pantai Lombang-Lombang

Desa Sinyonyoi, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat 91561, Indonesia.

14 Ulasan

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang saat ini cukup digemari wisatawan. Selain menyenangkan, berlibur ke pantai juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Liburan dipercaya mampu menurunkan tingkat stress yang dimunculkan disaat bekerja. Dengan berlibur di pantai pastinya dapat meningkatkan energi positif, hal tersebut karena wilayah pantai tentunya sangat berbeda dengan apa yang dilihat sehari-hari.

Banyak sekali destinasi wisata pantai yang bisa menjadi tempat referensi untuk Anda pergi berlibur. Diantaranya pantai yang ada di kabupaten Mamuju Sulawesi Barat.

Daerah Mamuju tidak hanya terkenal dengan pantai Manakarra saja. Namun terdapat Pantai Lombang-Lombang yang memiliki pemandangan yang indah juga. Silahkan simak ulasan mengenai keindahan pantai di Mamuju ini.

Pantai Lombang-Lombang

Pantai Lombang Lombang Mamuju

Mamuju memiliki garis pantai yang membentang kurang lebih 425 kilometer, garis pantai ini terletak di sebelah barat Sulawesi. Dan salah satu pantai yang terletak di dalam pesisir barat tersebut adalah Pantai Lombang-Lombang.

Tepatnya terletak di kawasan Sinyoyoi, Kecamatan Kaluku, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang indah di pandang mata.

Pantai Lombnag-Lombang merupakan pantai tujuan favorit yang ada di Kota Mamuju. Berjarak 30 kilometer dari Kota Mamuju, pengelolaan Pantai ini dilakukan secara bersama oleh pemerintah dan juga dan juga warga sekitar.

Pantai yang terkesan sangat alami ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai sekaligus menghilangkan penat. Pemandangan alami yang ada di Pantai Lombang-Lombang mungkin tidak akan Anda temukan di Pantai Sulawesi lainnya.

Pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam namun begitu halus. Pasir ini terhampar kurang lebih 5 kilometer panjangnya. Kondisi ini memberikan ruang gerak bagi para pengunjung  yang datang berlibur ke Pantai ini.

Pantai ini cukup digemari oleh masyarakat Mamuju. Hal ini membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal.

Karena suasana pantai yang masih asri inilah membuat Pantai Lombang-Lombang pada hari Minggu atau hari libur lainnya biasanya dipenuhi oleh para pengunjung.

Harga Tiket Masuk Pantai Lombang-Lombang

Wisata Pantai Lombang Lombang

Untuk dapat menikmati pemandangan alam dan serta fasilitas di Pantai Lombang-Lambang ini, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 5000 saja untuk bisa masuk ke ke kawasan wisata ini.

Jam operasional Pantai ini sendiri tidak dibatasi yang artinya Anda dapat mengunjungi pantai ini ini selama 24 jam.

Rute Menuju Lokasi Pantai Lombang-Lombang

Untuk menuju ke obyek lokasi wisata Pantai ini Anda dapat memulai perjalanan dari Bandara Mamuju.

Apabila Anda telah berada di Bandara Mamuju, Sulawesi Barat sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi. Namun anda juga dapat menggunakan kendaraan umum yang siap mengantarkan Anda sampai ke tempat tujuan Anda dengan selamat.

Jarak tempuh yang dibutuhkan dari pusat Kota Mamuju sendiri sekitar kurang lebih 30 menit.Untuk akses jalan menuju ke pantai ini cukup bagus dan telah beraspal. Area parkir juga cukup luas, cukup untuk menampung banyak kendaraan.

Obyek Wisata Pantai Lombang-Lombang

Selama di pantai ini Anda dapat melakukan banyak aktivitas menarik untuk menikmati obyek wisata yang ada di pantai Lombang-Lombang ini. Silahkan simak aktivitas-aktivitas yang dapat Anda lakukan di sini.

1. Menikmati Pemandangan Alam

Wisata Pantai Lombang Lombang Mamuju

Pantai Lombang-Lombang memiliki  keunikan-nya sendiri sebagai daya tarik wisata diantaranya yaitu luas pantainya. Banyaknya tumbuhan bakau yang tumbuh di sekitar pantai, kejernihan air laut-nya dan juga fasilitas penunjangnya.

Di Pantai ini, Anda bisa dengan mudah menyusuri hamparan pasir yang berwarna hitam dan halus sepanjang 5 kilometer dan memiliki lebar kira-kira 50 meter. Disini Anda juga dapat melakukan jelajah pantai bersama dengan kerabat karena pantai memiliki ukuran yang sangat luas.

Keunikan lainnya dari Pantai ini yaitu banyaknya tanaman bakau di sebelah kiri dan kanan pintu gerbang masuk yang dimanfaatkan sebagai tempat pembibitan tanaman bakau.

Belum lagi suguhan tanaman pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang Pantai Lombang-Lombang dimana daun-nya melambai menggoda.

Selain itu buah kelapa yang bisa langsung dipetik dari pohonnya juga merupakan pertunjukan tersendiri yang cukup menarik dari para wisatawan. Ditambah lagi perahu-perahu yang berjejer di bibir pantai juga bisa menjadi salah satu spot menarik untuk berfoto.

2. Bermain Pasir

Pantai Lombang Lombang Yang Indah

Anda bisa lebih leluasa bermain pasir dengan membangun istana-istana pasir atau permainan pasir lainnya. Bahkan dengan memanfaatkan luas dari pantai ini, Anda bahkan bisa bermain bola voli pantai atau sepakbola disini.

Malas untuk melakukan aktivitas, Anda juga bisa sekedar duduk-duduk di atas pasir hitamnya sekedar untuk menikmati pemandangan alam. Anda dapat juga menikmati sunrise dan juga sunset di Pantai Lombang-Lombang ini.

3. Berenang

Sunset Di Pantai Lombang Lombang

Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga membuat pantai ini cocok untuk melakukan aktivitas seperti berenang atau menyelam.

Namun bagi Anda yang belum mahir berenang namun tetap ingin bermain air maka Anda bisa memanfaatkan penyewaan pelampung yang telah disediakan di pantai ini. Pelampung ini terbuat dari ban dan harga sewa yang ditawarkan adalah Rp 5000.

4.Kuliner

Bagi Anda yang suka berburu kuliner maka terdapat banyak pedagang yang menjual dagangan mereka berupa makanan atau minuman di sekitar pantai.

Anda dapat membeli berbagai ikan segar yang dimasak sesuai keinginan seperti ikan bakar atau goreng yang dimasak khas ala Mamuju.

Fasilitas Pantai Lombang-Lombang

Di Pantai Lombang-Lombang terdapat beberapa fasilitas yang telah tersedia diantaranya gazebo yang dibangun oleh pemerintah untuk wisatawan beristirahat, aula pertemuan, musholla, toilet dan juga bale-bale yang disewakan oleh masyarakat lokal untuk bersantai.

Ada banyak warung-warung yang menjual makanan berat ataupun ringan, bahkan ada juga warung yang juga menyediakan tempat karokean.

Untuk biaya penyewaan bale-bale maka Anda harus merogoh kocek tambahan sebesar Rp 30.000 di hari-hari biasa untuk satu tempat. Jika menyewa pada saat hari Sabtu, Minggu atau hari besar lainnya maka biaya sewanya mencapai Rp 50.000 per bale-bale.

Dan untuk penggunaan toilet dikenakan biaya Rp 2000 untuk mandi dan Rp 1000 untuk buang air kecil. Di Pantai Lombang-Lombang ini belum ada penginapan untuk Anda yang menginginkan bermalam di pantai ini.

Tapi sebagai opsi lain, Anda bisa menggunakan bale-bale, atau Anda dapat membawa tenda untuk bisa bermalam di pantai ini.

Pantai Lombang-Lombang ini memiliki potensi yang bagus bila dikelola dengan lebih baik lagi. Kondisi pantai yang masih kurang memadai jika dilihat dari kurang terawat-nya beberapa fasilitas pendukung hingga kondisi kebersihan pantai yang kurang terjaga.

Namun begitu kunjungan Pantai Lombang-Lombang tidak mengalami penurunan sejauh ini. Banyaknya pengunjung Pantai ini sangat dipengaruhi dengan letaknya yang strategis sebagai tempat persinggahan.

Demikian ulasan seputar wisata Pantai Lombang-Lombang yang ada di Mamuju Sulawesi Barat. Jika Anda singgah di Kota Mamuju, jangan lupa singgah di pantai Lombang-Lombang ini.

14 Ulasan untuk Pantai Lombang-Lombang, Mamuju, Sulawesi Barat

  1. saat merantau ke sulawesi & berkunjung ke mamuju, mencari pantai ini jauh sekali dari bandara. Miskomunikasi bahasa terkadang membuat arah belok jadi rancu, namun bila sudah sampai..,ketenangan & pemandangan alam yang disuguhkan oleh ciptaanNYA sungguh tidak dapat dilupakan.

  2. Tempat ini sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga maupun kegiatan sekolah atau yang lainnya

  3. Fasilitas kurang lengkap, toilet, rest area dan fasilitas penunjang lain harap di tingkatkan. Dan penarikan karcis sangat mahal trims.

  4. Pantainya Indah Dan nayaman banget adem LAGI. Kapan kesini

  5. Suasana matahari terbenam sungguh luar biasa

  6. Asik bnget, anginnya sepoi2

  7. Tempatnya yang indah, tersedia kuliner tradisional, nyaman untuk liburan keluarga.

  8. Terlalu gersang dan kotor. Perlu pengelolaan dari pihak yg berwajib..

  9. Kawasan Wisata Pinggir Pantai, cocok buat bakar bakar ikan, bermain pasir dengan anak, main Volley Pantai, bola dan olahraga lainnya, berendam di air asin juga menyenangkan, jika membawa anak kecil harap pengawasan orang tua, karena belum ada Penjaga Pantai

  10. Kasi Bintang satu. Pantainya Kotor Dan tidak terawat

  11. Makan baupiapi palinh cocok di lidah saya yg bukan asli Sulawesi

  12. Destinasi unggulan untuk wilayah kalukku, Dimana kita bisa membuang penat , refreshing pikiran, sambil cuci mata ๐Ÿ˜

  13. pantai ini menyenangkan untuk dikunjungi bagi warga Mamuju dan sekitarnya. Butiran pasir yang halus dan ombak yang kecil menjadikan tempat ini cukup ideal untuk bermain anak-anak.

  14. Tempat ini sangat cocok untuk kalian yang ingin menghabiskan waktu libur bersama keluarga๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Tinggalkan Balasan