Pantai Manakarra

Pantai Manakarra

Desa Rimuku, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat 91515, Indonesia.

16 Ulasan

Indonesia memang memiliki kekayaan yang begitu melimpah, begitu juga dengan keindahan alamnya. Selain sebagai negara agraris, Indonesia juga merupakan negara kepulauan yang tentu saja banyak memiliki pesisir pantai yang indah.

Ada banyak pantai yang dimiliki Indonesia, tersebar di seluruh penjuru negeri dari Sabang hingga Merauke. Setiap pantai memiliki keindahan dan keunikan-nya masing-masing. Pastinya  akan membuat decak kagum siapapun yang mengunjungi-nya.

Kecantikan pantai di Indonesia bahkan dikenal hingga mancanegara. Pulau Bali merupakan salah satu pilihan favorit wisatawan lokal maupun mancanegara karena memiliki banyak pantai yang indah.

Namun tahukah Anda bahwa ada banyak pantai-pantai lainnya di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang tak kalah menariknya dengan pantai-pantai yang ada di Bali.

Dan salah satu pantai yang memiliki panorama indah di pesisir nusantara adalah Pantai Manakarra yang ada di Provinsi Sulawesi Barat.

Pantai Manakarra

Pantai Manakarra Mamuju

Pantai Manakarra merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di Mamuju, Sulawesi Barat. Pantai ini merupakan bagian dari teluk Mamuju, teluk ini juga merupakan sentra perhubungan di Kota Mamuju yaitu Pelabuhan Batu.

Bagi penduduk setempat, Pantai Manakarra merupakan tempat berkumpul-nya para anak muda wanita dan juga pria. Namun bukan hanya para pemuda-nya saja, melainkan banyak orang tua juga yang datang mengunjungi pantai ini.

Pantai ini bahkan ramai dari sore hingga malam hari, hal ini tidak terlalu berlebihan. Karena Pantai Manakarra memang memiliki panorama keindahan alam yang mampu memikat siapa saja yang datang berkunjung ke pantai ini.

Pantai Manakarra juga sering dijadikan tempat penyelenggaraan berbagai event di Sulawesi Barat.  Misalnya untuk perayaan Hari Jadi Kota Mamuju atau acara Peringatan Hari Kemerdekaan pada bulan Agustus.

Pada tahun 2007 yang lalu Pantai Manakarra bahkan pernah menjadi tuan rumah acara pesta ikan bakar dengan jumlah yang sangat besar yakni 8 ton ikan segar. Ikan tersebut di bakar diatas api dengan panjang sekitar 4.300 meter.

Ada berbagai acara lainnya yang pernah diselenggarakan di Pantai Manakarra ini diantaranya adalah acara lomba perahu Sandeq.

Harga Tiket Masuk Pantai Manakarra

Mungkin dikarenakan pantai ini dikelola oleh pemerintah yang berorientasi pada pelayanan publik, maka tiket masuk ke pantai ini tidak bayar alias gratis.

Tidak ditetapkan juga batasan waktu untuk jam buka tutup Pantai Manakarra ini, pantai ini dibuka selama 24 jam waktu setempat.

Rute Menuju Lokasi Pantai Manakarra

Wisata Pantai Manakarra

Rute untuk menuju ke kawasan wisata Pantai Manakarra ini sangatlah mudah. Hal ini didukung dengan jalan fasilitas jalan yang sudah sangat baik. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk sampai di tempat ini.

Anda dapat memulai perjalanan dari Bandara Tampa Padang, Kota Mamuju. Dari bandar udara tersebut dilanjutkan menuju ke arah pantai ini yang akan membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit perjalanan.

Alamat pantai Manakarra ini berada Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Rimuku, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Obyek Wisata Pantai Wanakarra

Pantai Manakarra merupakan sebuah destinasi wisata yang paling banyak dicari oleh wisatawan dari semua tempat wisata yang ada di Kabupaten Mamuju dan sekitarnya.

Berikut adalah beberapa hal  yang membuat Pantai Manakarra memiliki daya tarik yang bisa menarik para wisatawan:

1. Keindahan Pantai

Wisata Pantai Manakarra Mamuju

Pantai Manakarra sering disebut sebagai Losari-nya Mamuju. Hal ini didasarkan akan keindahan pantai ini tidak kalah dengan Pantai Losari. Pantai Manakarra ini memiliki pemandangan alam yang menawan dan juga eksotik.

Dengan latar belakang Pulau Karampuang yang terhampar di setiap sudut penglihatan, kondisi inilah yang membuat Pantai Wanakarra benar-benar memiliki keindahan pantai yang memukau.

Dimalam hari pantai akan dipenuhi cahaya berwarna merah. Cahaya ini berasal dari kapal ferry yang berlalu lalang di Pelabuhan Mamuju.

Kemewahan permainan cahaya malam ini disempurnakan lagi dengan kehangatan kopi yang banyak disajikan oleh warung-warung yang berada di sepanjang pantai Manakarra.

2. Spot Sunset

Sunset Di Pantai Manakarra

Tidak semua pantai yang ada di Indonesia memiliki spot sunset yang indah. Beruntung bagi Anda yang mengunjungi Pantai Manakarra, Anda akan dapat menikmati keindahan sunset di pantai ini.

Wisata Pantai Manakarra memang tempat yang tepat untuk menikmati momen matahari terbenam.

Keadaan ini merupakan salah satu alasan kenapa pantai ini ramai pengunjung menjelang senja. Dikarenakan pada saat matahari terbenam pemandangan pantai Manakarra terlihat lebih eksotis.

Pantai ini menghadap barat daya dan terdapat pulau di depannya. Sebuah kombinasi luar biasa yang menimbulkan sensasi bukan sekedar ‘sunset biasa’. Pantai ini memang tepat bagi Anda yang menyukai panorama indah pantai dengan romantisme sunset-nya.

3. Anjungan Pantai Manakarra

Anjunagn Pantai Manakarra

Keindahan anjungan Pantai Manakarra seakan menyaingi keelokan dari Pantai Losari di Makasar. Anjungan ini merupakan landmark yang diharapkan mampu menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara di Sulawesi Barat.

Anjungan ini diresmikan bersamaan dengan Hari Jadi Mamuju ke 475. Anjungan ini tergolong unik karena berisikan ikon Perahu Sandeq. Perahu Sandeq sendiri merupakan perahu nelayan tradisional nelayan suku Mandar yang merupakan suku mayoritas Sulawesi Barat.

Anjungan yang dibangun di pantai dan berhadapan dengan Pulau Karampuang tersebut melalui proses yang sangat panjang. Dimulai dari reklamasi pantai dan pelebaran jalan sejak tahun 2012. Anjungan ini berdiri diatas lahan seluas 2000 meter persegi dan menelan anggaran mencapai 14 milyar.

Anjungan yang juga merupakan tempat bersantai ini juga cocok bagi Anda yang hobi melakukan olahraga. Tersedia fasilitas untuk jogging track dengan panjang kurang lebih 700 meter.

Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan tentang cuaca panas di pantai ini. Karena terdapat payung hidrolik yang mirip dengan payung yang berada di pelataran Masjid Nabawi Madinah. Payung-payung ini berderet di sepanjang pelataran anjungan Pantai Manakarra.

4. Gong Perdamaian

Gong Perdamaian Pantai Manakarra

Pada anjungan Pantai Manakarra terdapat 6 pilar merah sebagai penanda 6 kecamatan. Dan di tengah-tengah 6 pilar tersebut terdapat gong raksasa yang mempunyai gambar berupa simbol agama.

Simbol ini sebagai penanda kerukunan beragama di Kota Mamuju, dan gong raksasa inilah yang disebut Gong Perdamaian.

Pemerintah Kabupaten Mamuju menyiapkan Gong Perdamaian Nusantara ini sebagai simbol perdamaian. Simbol akan lahirnya keharmonisan antara semua golongan.

Selain itu Gong Perdamaian Nusantara tersebut juga sebagai simbol sebagai penegas bahwa Mamuju telah siap menuju pusat peradaban ekonomi dunia.

Gong ini juga bukan merupakan gong biasa, namun merupakan properti khusus yang di inisiasi oleh The World Peace Committee (WPC) yang berkedudukan di Italia.

Gong ini edisi khusus yang dibuat hanya lima unit yaitu di Yogyakarta, Singkawang, Kupang, Serdang Bedagai dan Palu.

Gong Perdamaian Nusantara dibuat sebagai bentuk kepedulian dan juga tanggung jawab The World Committee Peace sebagai Institute kemasyarakatan internasional terbesar yang memiliki anggota 202 negara.

5. Permainan Anak

Disekitar anjungan pantai terdapat beberapa odong-odong yang berderet rapi di sepanjang pinggir jalan. Setiap gerobak tersebut dihiasi oleh lampu berwarna-warni yang menambah meriah suasana, ditambah pemilihan lagu yang menambah keceriaan pantai di malam hari.

Tak hanya odong-odong, di sekitar pantai juga terdapat penyewaan permainan mobil dan juga sepeda. Odong-odong dan juga permainan anak di area pantai ini merupakan sarana hiburan bagi  anak untuk sebuah obyek wisata keluarga.

6. Spot Foto

Aktivitas melakukan swafoto merupakan kegiatan yang harus dilakukan saat berlibur di tempat wisata. Apalagi di pantai ini Anda akan menjumpai banyak spot foto dengan latar belakang yang bagus untuk kemudian  di posting di media sosial.

Terdapat gong perdamaian yang artistik dengan formasi 6 pilar-nya, ada juga perahu tradisional yang berada di kolam kecil di sisi tengah anjungan. Atau berfoto dengan mengambil latar belakang payung hidrolik yang mirip dengan payung Masjid Nabawi.

Pilihan yang paling menarik tentu saja berfoto saat matahari tenggelam dengan sempurna dibalik Pulau Karampuang  yang merupakan latar paling tepat untuk berfoto.

Fasilitas di Pantai Manakarra

Fasilitas pendukung yang ada di lokasi wisata ini cukup lengkap, dimana tersedia banyak kios penjual makanan serta minuman. Kios-kios ini memanjakan wisatawan dengan berbagai menu masakan khas Sulawesi, dan kios-kios ini tersebar di sepepanjang bibir pantai.

Pantai ini sangat ramai di kunjungi oleh wisatawan apalagi waktu sore hari sekitar pukul 16.30 sampai pukul  24.00 WITA.

Dan apabila Anda datang di bulan Agustus dan September maka Anda akan bisa menikmati durian di sepanjang pantai. Hal ini di karena pada bulan-bulan tersebut adalah masa panen durian di Sulawesi.

Meskipun Pantai Manakarra merupakan tempat berkumpul-nya anak muda namun dengan fasilitas yang ada tempat ini juga  merupakan wisata keluarga.

Anak-anak juga bisa dengan leluasa bermain di luasnya hamparan pantai, dengan para orang tua yang mengawasi di pinggir pantai sembari menikmati pemandangan alam Pantai Manakarra.

Nah demikian penjelasan seputar obyek wisata Pantai Manakarra yang ada di Kota Mamuju Sulawesi Barat. Jika Anda berkunjung ke kota Mamuju, jangan lupa untuk singgah ke pantai yang indah ini atau ke pantai Lombang-Lombang.

16 Ulasan untuk Pantai Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat

  1. Pantai Manakarra merupakan salah satu tempat jalan sore bagi warga mamuju. Disana ada mainan mobil2an untuk anak2,kalau sore hari kita bisa lihat keindahan terbenamnya matahari. Ya.. Kami senang mengunjungi tempat ini..

  2. Tempat nongkrong yang bagi tiap anak muda mamuju serta memiliki berbagai spot foto menarik dengan latar belakang pulau karampuang dan hamparan pegunungan rangas serta terdapat gong perdamaian penanda keberagaman penduduk mamuju..

  3. Tempat ini sangat luar biasa keistimewaan.. Dimana disini semua persatuan di satukan di gong pantai ini.. Selain itu pantai ini menyimpan kengan yang indah kawa

  4. Tempat yang recommended buat zona fotografi, tapi disayangkan karena fasilitas yang ada masih kurang ramah terhadap teman** difabel.😣😑

  5. Tempanya bagus untuk bersantai apa lagi kalau liburan sama keluarga…banyak penjual d sepanjang jalan.

  6. Anjungan Pantai Manakarra Fasilitas lengkap diapik Hotel n mall, resto dan masih banyak pedagan kaki 5 n permainan anak2 cocok untuk bersantai menghabiskan malam betsama keluarga

  7. Mmnk best lh.luas Tpi syg hujan thu hari kami datang thu lh nda bnyk org

  8. tempatnya baik dan bersih tetapi kurang fasilitas publik seperti tempat duduk dan toilet umum, saat malam tidak terdapat penerangan yang memadai

  9. Pantai manakarra biasa juga disebut anjungan mamuju.tempatnya asik buat jadi salah satu destinasi wisata.banyak pilihan menu makanan tradisional yang dijajakan pedagang kaki lima di sepanjang pantai manakarra.bahkan di anjungan para bocah bisa bermain wahana mobil-mobilan yang disewakan disana.pada hari libur terkadang diselenggarakan car freeday di anjungan manakarra sehingga para pengunjung bebas beraktifitas tanpa harus khawatir dengan lalu lalang kendaraan yg ada.intinya pantai manakarra bisa dijadikan pilihan untuk sekedar melepas penat yang disebabkan oleh rutinitas kesehariaan so selamat bersenang-senang guys😊😊😊

  10. Tempatnya bersih…bagus pemandangan…lantai keramik motif kotaknya bagus… Pemandangan di baliknya adalah perbukitan… Mungkin saran bagi pemerintah setempat…dipasang lampu sorot mengarah ke landmark tulisan pantai manakarra, supaya kalau malam dilihat dari jalanan, tulisan terlihat…dan semakin terang, ga ada potensi tempat untuk …begituan

  11. Kawasan Pantai Manakarra merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di Kota Mamuju, Ibukota Sulawesi Barat. Pantai ini adalah bagian dari Teluk Mamuju. Teluk ini juga sebagai sentra perhubungan di Kota Mamuju yaitu sebagai pelabuhan Batu.. . Bagi masyarakat di sekitar pantai, Pantai Manakarra merupakan tempat berkumpulnya anak muda, pria dan wanita. Tetapi sebenarnya, tidak hanya para anak muda saja yang berkunjung ke pantai ini, tetapi banyak juga para orang tua yang datang ke sini. Entah hanya sekedar duduk menikmati keindahan pantai. Pantai ini ramai pada jam 4 sore sampai 12 malam waktu Indonesia setempat.. . Data. . Lokasi : Pantai Manakarra terletah di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Indonesia. . Jam Buka : Setiap hari 24 jam. . Fasilitas :. Tersedia berbagai kios makanan serta minuman yang bakal memanjakan anda dengan berbagai menu masakan khas pantai Manakarra. Kios-kios tersebut tersedia berjejer disamping bibir pantai manakara. . Akses :. Dari bandara Tampa Padang yang terletak dikota Mamuju kemudia anda melanjutkan langsung menuju pantai Manakarra dengan menggunakan kendraan pribadi atau umum dengan waktu tempuh sekitar 30menit. . Tips :. Di Pantai Manakarra masih belum tersedia penginapan baik itu Losmen ataupun Hotel. Bagi anda yang berencana untuk tinggal 1 atau 2 hari sembari berlibur di Pantai Manakara hendaknya mencari penginapan di Kota Mamuju yang berjarak sekitar 30km dari pantai Manakarra. Namun untuk anda yang sekedar ingin menikmati terbitnya matahari (sunrise) atau terbenamnya matahari ( sunset ) hendaknya membawa perlengkapan tenda untuk berkemah disekitar Pantai tersebut.

  12. Pantai manakarra seperti halnya pantai losari, disana merupakan tempat orang bersantai, terdapat banyak penjual jajanan yang dibuka sore hari sambil menunggu sunset, dan juga terdapat gong perdamaian di depan pantai manakarra

  13. Lokasi bagus jika di kunjungi sore hari, sebab tempat terbuka sehingga kalau sore sudah sejuk. Kekurangan saat ini sedang ad bongkaran lantai.

  14. Lokasi luar biasa…. Sangat menakjubkan… Layak untuk dikembangkan. . Banyak – banyak lah buat fasilitas penunjang pariwisata, pemerintah harus berperan aktif. Tidak banyak daerah punya alam semenarik ini. . Masyarak harus ambil bagian terutama masalah kebersihan yang sangat perlu diperbaiki, contohnya banyaknya sampah di permukaan air

  15. Indah…bersih….jajanan juga banyak…sore hari adalah saat yg paling tepat untuk berkunjung ke tempat ini sambil menunggu matahari terbenam…

  16. Tempatna sejuk udaranya dingin, cocok buat nongkrong di waktu sore. Tapi jangan lupa bawa jaket,

Tinggalkan Balasan