Pantai Mabak

Pantai Mabak, Cilegon, Banten

Java Sea, Mekarsari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon, Banten, Indonesia, Cilegon, Banten

19 Ulasan

Banten adalah provinsi di Jawa Barat yang berdekatan dengan Ibu Kota Jakarta dan memiliki banyak destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi di akhir pekan atau saat waktu berlibur. Salah satunya adalah Pantai Mabak, walaupun namanya belum familiar terdengar namun pantai ini sudah sering dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Lokasi pantai ini terletak di area Merak, Banten. Lokasi pantai yang dekat dengan Pelabuhan Merak menjadikan tempat ini dipilih oleh wisatawan untuk berlibur. Pantai ini juga dekat dengan pulo merak kecil yaitu pulau kecil  di Merak dan sekaligus berhadapan langsung dengan Pantai Mabak. Anda hanya memerlukan waktu 4 hingga 5 jam untuk menempuh perjalanan darat dari Jakarta menuju ke area wisata air ini.

Harga Tiket Masuk di Pantai Mabak

Pantai yang memiliki hawa yang segar dengan pemandangan yang indah ini tidak dipungut biaya sama sekali, namun Anda yang membawa kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000,- sedangkan kendaraan roda empat dengan biaya Rp 10.000,-. Walaupun tidak ada biaya retribusi tiket, namun Anda selaku pengujung ke Pantai Mabak ini harus berkontribusi dengan membayar sejumlah biaya parkir yang  sangat terjangkau tersebut.

Akses dan Rute Menuju Lokasi ke Pantai Mabak

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Pantai Mabak yang terletak di kawasan Pelabuhan Merak ini, Anda tidak perlu memikirkan mengenai hambatan dalam perjalanannya karena perjalanan menuju pantai ini sudah lancar dan dapat diakses melalui Jakarta ke Banten dengan tol. Apabila sudah memasuki ke area Pantai Mabak, sudah banyak petunjuk jalan yang bisa Anda ikuti.

Namun jika Anda kesulitan untuk memahami petunjuk jalan yang ada, Anda dapat memanfaatkan fasilitas google maps di ponsel Anda. Apabila Anda berasal dari Jakarta, Anda dapat mengawali perjalanan dari pusat kota Jakarta ke Serang melalui jalan tol, dan menuju kea rah Pelabuhan Merak. Untuk rute ke Pelabuhan Merak sudah akan terlihat jelas dari papan jalan di sepanjang jalan Jakarta-Serang. Jika Anda sudah berada di dekat Pelabuhan Merak, tandanya Anda sudah dekat dengan area Pantai Mabak. Kurang lebih Anda hanya memerlukan waktu 40 menit untuk sampai di destinasi yang dituju.

Obyek Wisata di Pantai Mabak

Walaupun banyak wisatawan yang kurang puas dengan keindahan Pantai Mabak karena sudah mulai banyak sampah yang berada di kawasan pantai, namun masih ada wisatawan yang tetap ingin berkunjung ke pantai ini untuk sekedar menghabiskan waktu akhir pekan atau pun mengadakan acara bersama teman-teman. Berikut beberapa kelebihan dan beberapa aktivitas di Pantai Mabak yang dapat Anda manfaatkan selama berada disana :

1. Spot untuk hunting foto

Spot Foto Pantai Mabak

Walaupun sebagian wisatawan beranggapan bahwa Pantai Mabak ini memiliki banyak sampah dan mengurangi kenikmatan dalam berlibur, di sisi lain banyak fotografer yang tetap ingin datang ke pantai ini untuk hunting foto, baik fotografer amatir maupun professional. Hal ini karena di pantai Merak ini memiliki banyak spot unik yang dapat dimanfaatkan untuk background foto.

2. Adanya penginapan di area pantai

Jika Anda berasal dari luar kota Banten dan tidak mempersiapkan tenda untuk didirikan di tepian pantai, jangan khawatir karena di area pantai ini memiliki banyak penginapan yang dapat Anda sewa. Harganya pun variatif tergantung dari fasilitas yang ditawarkan.

3. Spot untuk menuju Pulo Merak Kecil

Salah satu kelebihan dari pantai ini adalah disini merupakan tempat yang dilewati oleh banyak nelayan atau banyak wisatawan yang hendak menuju ke Pulo Merak Kecil yang lokasinya bertepatan dengan Pantai Mabak. Jadi bagi Anda yang ingin berwisata di dua tempat sekaligus, berkunjung lah ke Pantai Mabak setelah itu Anda dapat menyeberang dan melanjutkan perjalanan Anda ke Pulo Merak Kecil.

4. Spot tepat untuk berburu sunset

Sunset Pantai Mabak

Sunset adalah momen yang biasa pengunjung incar untuk menyaksikan matahari tenggelam. Tentunya pantai ini sangat bisa dan seringkali dimanfaatkan wisatawan datang di siang hari dan pulang di malam hari karena ingin menyaksikan matahari tenggelam dari pesisir Merak ini.

5. Spot untuk menyeberang dengan kapal

Selain menyeberang ke Pulo Merak Kecil, destinasi wisata yang berdekatan dengan Pantai Mabak adalah Pantai Mori. Setiap harinya 10 hingga 15 orang yang menyeberang dengan kapal laut menuju ke Pantai Mori. Jadi Pantai Mabak dapat dikatakan sebagai pantai kecil yang menghubungkan untuk menuju ke Pantai Mori maupun Pulo Merak Kecil. Namun jika Anda hendak mengadakan acara atau hanya sekedar ingin menikmati Pantai Mabak saja, Anda dapat menyewa kapal ini hanya untuk mengelilingi pesisir pantai saja.

Sampah-sampah yang berada di area pantai tidak seharusnya berada disana, karena bagaimana pun juga Pantai Mabak adalah destinasi wisata yang seharusnya bisa dinikmati oleh pengunjung. Dengan banyaknya sampah di sepanjang pantai sudah kerap kali menjadi obrolan bibir para pengunjung, karena akan sangat mengganggu penciuman atau bahkan keestetikan dari pantai itu sendiri. Namun sampai sekarang banyaknya aspirasi dari pengunjung belum juga ditindak lanjuti oleh pengelola setempat.

Walaupun kebersihan pantai ini masih sangat tidak baik dibanding pantai pasir putih lainnya yang terletak di Banten, namun sampai sekarang Pantai Mabak masih banyak pengunjung. Jadi apabila kelak Anda dan teman-teman atau pun keluarga berkunjung ke pantai ini, diharapkan jangan menambah sampah yang ada karena sudah selayaknya wisatawan harus menjaga kebersihan alamnya.

19 Ulasan untuk Pantai Mabak, Cilegon, Banten

  1. Pantai mabak,Pantai yang sejuk bagus indah,terdiri dari pulau kecil,terdiri dari kafe dan rumah makan pondok Dahar,pokonya di jamin joss

  2. Tempat bermain masa kecil saya di awal tahun 1990-an. Dulu masih bersih tapi sekarang kotor……..

  3. Dulu mah bersih bngt skrng lumaayan kotor

  4. Kalo bisa di perbaharui biar enak di pandang 😊😄

  5. Numpang lewat bae

  6. Naik perahu

  7. Mabak seneng ada kafe sold out nya. Bisa liat ombak dri kafe nya. Cuma untuk kafe nya terbatas di menu makanan saja belum lenglap

  8. Pantai y bagus tp kurang terawat & fasilitas minim, smoga kedepan y lebih baik..

  9. Pantainya ok

  10. Lumayan… Murmer

  11. Pantai kecil yg lumayan menghibur di kawasan merak dan akses menuju ke pulau merak besar dan merak kecil. Tp sayang tempatnya kurang perhatian banyak sampah di lokasinya. Semoga kedepannya bisa bersih supaya lebih indah dan nyaman.

  12. Bisa nyebrang ke pulau merak kecil yang indah…..

  13. Hidangan laut di rumah makan pondok dahar menggugah selera,, bikin pengen balik lagi

  14. Pantai gratiss di wilayah merak., tempat nelayan memarkirkan perahu perahunya.,

  15. Pantai kecil yang letaknya di belakang Polsek Pulomerak. Banyak berbagai pedagang makanan disini. Banyak juga perahu nelayan yang singgah disini. Pantai ini digunakan untuk sarana penyeberangan menuju ke Pulau Merak Kecil dan Pulau Merak Besar. Toilet dan Mushola oke. Ada juga hotel di area pantai ini. Harga jajanan juga terjangkau.

  16. tempat istirahat tepi pantai berhadapan dengan pulau kecil dan pulau besar merak dengan biaya penginapan sederhana yang murah sangat terjangkau buat perorangan,pasangan maupun keluarga

  17. Mantebs klo nyebrang ke Pulau, Jangan lupa bawa autan wkwkwkw

  18. Lokasi bagus tp tidak terawat, jg semuanya serba bertarif. Jk dikelola dg baik akan sngat berpotensi

  19. Pantai nya bagus 99% dari sampah,airnya jernih bgt…. Ikannya bagus keliatan dari atas ongkos naek pariwisata nya murah sangat bawa duit ngepas juga bisa puas… Gak kecewa kesini, perjalanan juga deket cuma 2 jam dari jakarta ….. . Kl hotel nya harga nya variasi kisaran 250 ribuan… . Next kesitu lagi….

Tinggalkan Balasan