Pantai Malalayang

Pantai Malalayang

Desa Malalayang Dua, Kecamatan Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara 95163, Indonesia.

13 Ulasan

Berbicara objek wisata pantai pasti tak luput dengan pesona keindahan pulau Bali, hal ini menjadi rahasia umum baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Untuk memperluas pariwisata selain pulau bali, maka pemerintah juga berupaya tidak hanya mengenalkan berbagai macam pantai yang tersebar di Indonesia.

Hal ini menjadi tantangan bagi suatu objek wisata dengan gagasan bagaimana menciptakan sekolah menjadi Bali Baru di setiap provinsi yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, di Manado juga ditetapkan sebagai Bali baru.

Tepatnya yaitu objek wisata Pantai Malalayang yang merupakan satu dari 10 zona yang masuk sebagai Bali Baru di tahun 2020. Lantas, apa yang menyebabkan pantai ini masuk dalam kategori tersebut ya? Silahkan simak ulasan berikut

Sejarah Pantai Malalayang

Sejarah Pantai Malalayang

Pantai Malalayang memiliki pasir dan juga batuan. Berbeda dengan pantai lain, menurut suku Bantik yang berada di kawasan Malalayang ini batuan tersebut sangat berarti. Menurut sejarah, Terdapat 4 batu yang sangat berpengaruh yaitu batu Niopo, batu Buaya, batu Kuangang dan batu Lyarna. 

Batu Niopo merupakan batu yang dipercaya sebagai tempat bertemu tuhan secara spiritual dengan suku Bantik. Menurutnya, Orang-orang berdoa di tempat ini. Oleh karena itu, batu ini menjadi sangat di keramat-kan.

Situs berikutnya yaitu batu Buaya atau Bihuayang yang terletak di dekat batu Niopo. Batu ini disebut batu buaya dikarenakan bentuknya menyerupai badan buaya. Batu ini juga dipercaya untuk melindungi suku Bantik saat masa penjajahan. Sampai saat ini, masyarakat  masih memberikan sesaji dan memasang lampu Situs

Selanjutnya adalah batu Kuangang. Batu Kuangang dipercaya merupakan sebuah permainan anak yang dibuat oleh seorang bapak dengan bentuk congklak atau dakon. Batu ini dibuat untuk menghibur sang anak, dengan menatah sebuah batu sebagai bentuk yang bisa digunakan untuk permainan dakon. 

Situs batu terakhir yaitu batu Lrana. Batu ini merupakan bekas telapak kaki leluhur yang terletak di pesisir pantai. Terdapat dua telapak kaki di batu Lrana. Pada zaman dahulu, leluhur ini bertugas sebagai penjaga perbatasan dari serangan para musuh.

Harga Tiket Masuk Pantai Malalayang

Pantai ini terbuka bagi umum, selama 24 jam, dengan harga tiket masuk hanya Rp 5.000 per orang. Oleh karena itu, para wisatawan bisa leluasa mengatur waktunya kapan akan mengunjungi pantai ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Malalayang

Rute Pantai Malalayang

Pantai Malalayang terletak di Jalan Laut Sulawesi, Malalayang Dua, Malalayang, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Untuk menuju ke Pantai Malalayang Anda dapat menempuh dari kota Manado dengan waktu 10 menit dengan menggunakan kendaraan umum. Dari pusat kota, Jaraknya hanya sekitar 4 kilometer saja.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi mengingat aksesnya cukup dekat dari pusat kota dan mudah ditempuh. Anda juga bisa menggunakan aplikasi google maps sebagai penunjuk jalan terbaik.

Objek wisata Pantai Malalayang

Mengingat pantai ini adalah sebuah pantai yang masuk dalam 10 zona Bali baru, maka aktivitas yang ditawarkan yaitu :

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Objek Wisata Pantai Malalayang

Ketika berada di Pantai Malalayang, Anda akan disuguhkan berbagai keindahan yang dimiliki. Pemandangan dengan keindahan Pantai yang begitu mempesona.

Selain itu, Anda juga dapat melihat pemandangan kota Manado yang tampak seperti background atau latar belakang pantai. Anda juga bisa melihat Pulau Bunaken dan Manado Tua juga sangat jelas terlihat. 

2. Berkeliling Pantai

Objek Wisata Pantai Malalayang 2

Kondisi ombaknya yang tidaklah besar menjadikan para wisatawan yang datang akan mengelilingi kawasan pantai. Menjelajah kawasan pantai ini bisa dilakukan dengan menggunakan perahu yang disewakan dan tersedia di kawasan ini.

Berkeliling kawasan pantai ini sangatlah menarik karena bisa menemukan berbagai keindahan lain, yang pastinya ditambah tetap dengan sajian pesona alam pantai yang begitu menawan.

3. Melihat Sunset

Sunset Di Pantai Malalayang

Daya tarik lain dari Pantai Malalayang yaitu adanya sunset. Perpaduan matahari tenggelam dengan warna oranye akan menambah indah panorama ketika senja tiba.

Anda bisa menikmati suasana ini bersama dengan teman ataupun keluarga. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan momen ini kedalam lensa kamera Anda, pastinya akan terlihat begitu natural namun cantik.

4. Diving

Fasilitas Pantai Malalayang

Aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah diving. Anda bisa menyelam dengan menemukan keindahan alam yang tersembunyi di bawah laut.

Dikarenakan, pantai ini memiliki dasar laut yang datar, luas dan arus air laut yang tidak begitu kencang. Hal ini menjadikan tekstur dasar laut yang seperti ini cocok bagi kegiatan para penyelam.

Bahkan, dapat dilakukan oleh banyak orang secara bersama-sama dalam satu waktu. Maka, tak heran bila sering dilakukan kegiatan besar yang melibatkan para penyelam, diselenggarakan di pantai Malalayang ini. 

5. Spot Foto

Pantai Malalayang Manado

Sebenarnya ada banyak sekali spot foto yang bisa Anda gunakan. Berikut saya coba berikan objek yang paling umum.

Tugu Boboca, Tugu ikan purba Coelacanth Indonesia (Latimeria menadoensis), Signage Kota Manado

Fasilitas di Pantai Malalayang

Adapun berbagai fasilitas yang terdapat di pantai ini seperti :

1. Area Parkir

Fasilitas pendukung berupa lahan parkir sudah disediakan bagi para pengunjung yang membawa kendaraan. Tak perlu dagu karena area parkir ini cukup luas menampung kendaraan Anda.

Area parkir ini juga memiliki keamanan karena ada penjaga atau tukang parkir. Nah bagi Anda yang berparkir, jangan lupa juga ya untuk memberi jasa pada petugas parkir di pantai ini.

2. Kamar Mandi dan Toilet

Pantai Malalayang juga sudah dilengkapi dengan fasilitas berupa toilet. Anda bisa menggunakan fasilitas toilet ini, namun kami menyarankan agar tetap menjaga kebersihan toilet ya, supaya toilet ini tetap nyaman digunakan walaupun dipakai oleh para wisatawan yang berganti-ganti.

3. Warung Makan

Ketika berlibur di pantai ini pun tidak perlu khawatir. Dikarenakan terdapat warung makan yang siap melayani para pengunjung yang lapar.

Warung makan ini berjajar di sepanjang Pantai Malalayang. Berbagai macam hidangan laut dapat ditemukan di warung ini, bahkan terdapat berbagai macam makanan khas Manado, Anda juga bisa mencicipi pisang goreng khas Manado di warung ini.

4. Penginapan

Mengingat letak pantai berada di dekat dengan pusat kota, maka ada berbagai pilihan penginapan yang tersedia. Anda bisa memilih hotel yang ada di sekitar kawasan pantai.

Uniknya lagi, Anda bisa memilih penginapan yang memiliki kamar dengan view langsung menghadap ke kawasan pantai. Pastinya sangat indah yaa.

Demikian info lengkap tentang wisata Pantai Malalayang di kota Manado. Jika berada di Manado, sempat-kan untuk mengunjungi pantai ini. Mengingat pantai Malalayang merupakan pantai yang masuk dalam destinasi wisata baru yang tentunya memiliki keunikan tersendiri. 

13 Ulasan untuk Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara

  1. Tempat nongkrong anak muda, tua juga.. terletak di pinggiran kota Manado Selatan berbatasan dengan kabupaten Minahasa. Menikmati sajian pisang goreng dengan sambal roa khas Manado menjadi pilihan yang sangat cocok sambil menikmati suasana angin pantai yang sejuk. Disaat weekend biasanya ramai dengan pengunjung hingga menyebabkan sedikit kemacetan. Kesimpulannya, asik lah buat nongkrong sambil menikmati suasana pantai.

  2. Bagi kalian yg suka tongkrong sambil menikmati angin pantai di malam hari dsini tempatnya… tersedia juga berbagai makanan khas manado dan minuman

  3. Pemerintah kurang memperhatikan tempat wisata ini, harusnya bisa dipenuhi sarana dan prasarana tempat wisata ini, sayang sekali!! Padahal bisa menjadi salah sayu daya tarik wisata pantai ditengah kota MANADO

  4. Jika saya di manado pasti ke pantai malalayang kenapa? karna di sini lokasi yg tepat melihat keindahan laut, pulau bunaken dan nyaman nya mendengar deburan obak di tambah dengan menikmati pisang goroho dan es kacang merah beuh mantap jiwa deh.. . Beberapa kali ke sini untuk menikmati pemandangan birunya laut, manado tua, bunaken dan tepian kota manado, sambil menikmati favorit saya pisang goroho (dengan sambal khasnya) dan minuman hangat. Ngobrol santai sama teman2. Wah santai….. Nongkrong sore dan malam hari bersama kawan2.. Tidak terlalu jauh dari kota Manado dan terletak di jalan perlintasan ramai.. Yang perlu dijaga disini baik bagi pemerintah atau masyarakat setempat adalah kebersihan lingkungan dan keteraturan/penataan warung2nya, ini 2 point penting yang harus dijaga maupun ditingkatkan, jangan sampai menurun kondisinya.

  5. Pantai Malalayang, lokasinya mudah terjangkau, strategis. Sepanjang pinggir pantai dijajaki penjual gorengan ada pisang goreng, tahu isi dan tempat tempat buat ngopi. Paling enak kalau ke pantai malalayang siang pagi atau sore hari, dibawah pohon yang rindang sambil makan gorengan diriingi suara ombak di tepi pantai. Tapi kalau mau mengunjungi malam hari bakal disuguhi oleh pemandangan kerlap kerlip dari kota manado yang terlihat dari pantai malalayang. Nah, apalagi kalau ditemani si pacar atau keluarga tercinta pasti tambah seru. Jadi kalau mau ke manado, wajib berkunjung ke pantai malalayang. Hehe

  6. Tempat yang cocok buat nyantai, dibawah rimbunnya pepohonan sambil menikmati pisang goreng, stik pisang, es kelapa muda, jagung rebus…pokoknya maknyusss.

  7. Fasilitasnya kurang menunjang ya…semua dibatasi karena pemerintah. Agak heran juga saya pada tempat ini yang jualan sepanjang jalan menu dagangan sama semua. Dan pas lagi ngobrol dengan penjual mrka bilang bgtu. Tidak ada listrik dan air juga. Sampah dibuang ke tepi pantai. Ga bgt lah menurut gue.

  8. Tempat yg sangat nyaman…untuk bersantai bersama keluarga

  9. Nikmatnya singgah di tepi pantai malalayang bersama keluarga mkan bersama sambil makan pisang goreng. Poq’e maantulll😍👍🏼

  10. Pantai Malalayang merupakan salah satu tempat rekreasi penduduk kota Manado dan sekitarnya yg tidak membutuhkan biaya yang mahal ut dijangkau dan dikunjungi kuliner yg ditawarkan di sepanjang pinggiran pantai juga sangat terjangkau oleh masyarakat bawah namun mestinya tempat ini dapat ditata ut lebih kelihatan rapi, bersih, dan estetik

  11. Tempat paling bagus untuk menikmati pantai di kota Manado sembari menyantap pisang goreng goroho dengan dicocol sambal roa.

  12. Cocok untuk jadikan tempat santai di sore hari menikmati pisang gore tpi tidak nyaman untuk di jadikan tempat Mandi bagi anak2 krn berbatu…

  13. Sangat indah suasana di pinggir pantai sambil menikmati kopi dan pisang goreng.
    Dan harganya cukup terjangkau

Tinggalkan Balasan