Pantai Muara Beting

Alamat: Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat 17730, Indonesia

(4.4/5) Baca ulasan

Siapa bilang kota Bekasi, Jawa Barat, ini hanya khas dengan kepadatan lalu lintas, kejenuhan pikiran hingga cuaca panas yang sering dijadikan bahan bullion netizen sebagai planet yang paling dekat dengan matahari bahkan sebelum planet meskurius. Well, apabila anda masih hanya mengetahui kota Bekasi hanya dalam batas tersebut berarti anda tidak benar-benar mengenal kota ini dari kacamata keindahannya.

Bekasi memang dikenal dengan suasana panas akibat padatnya kendaraan dan perindustrian sebagai bonus dari ibukota Jakarta, namun syukurnya kota ini juga dikelilingi berbagai Pantai yang mampu menghibur baik warga lokal hingga inter lokal dalam menikmati kesejukan dan sepoi-sepoi angin Pantai dan salah satu Pantai tersebut adalah Pantai Muara Beting. Pesona Pantai ditambah dengan biru ombak laut, hamparan pasir cokelat yang bersih dan halus serta rimbun nya pepohonan yang menghiasi Pantai ini membuat orang sulit percaya bahwa di salah satu kota yang terkenal karena kemacetan ini terdapat wisata alam yang begitu menakjubkan dengan Panorama yang elok dan cantik membuat Pantai Muara Beting ini disebut sebagai mutiara kota Bekasi.

Pantai Muara Beting ini menjadi tempat pelarian yang cocok pagi para penghuni kota Bekasi mau pun dari wilayah lain yang ingin sejenak lari dari rutinitas terutama kejenuhan suasana kota dengan hanya menginjakan kaki di bibir Pantai yang sekilas mirip Pantai-Pantai terpencil di wilayah Timur Indonesia dimana Pantai-Pantai tersebut layaknya Pantai Muara Beting seperti jarang dijamah umat manusia. Karena lokasi nya jarang dikunjungi, Pantai yang umum nya didatangi para pemuda pemudi serta pelancong ini tidak memiliki banyak fasilitas umum sebagaimana Pantai lain yang terdapat fasilitas plus seperti, namun terbilang cukup karena sudah dilengkap hanya mushola, kamar mandi hingga berbagai warung makan yang menjual aneka makanan khas laut serta berbagai tempat duduk kayu ala vintage.

Harga Tiket Masuk di Pantai Muara Beting

Harga tiket yang ditawarkan guna memasuki wisata alam ini terbilang murah yaitu cukup dengan hanya Rp 20.000 untuk dapat memasuki wisata yang merangkap tiga keistimewaan mulai dari Pantai, hutan lindung migrasi burung hingga konservasi hutan mangrove. Harga tiket masuk dari setiap pengunjung tentu akan diakumulasikan sebagai perawatan tempat wisata serta pelestarian hutan lindung dan mangrove. Apabila ingin mengunjungi hutan mangrove pengunjung juga hanya akan dikenai tariff yang sama seperti harga tiket masuk yaitu Rp 20.000 guna membayar ongkos perahu sebagai satu-satu nya akses ke hutan mangrove tersebut.

Rute Menuju Lokasi Pantai Muara Beting

Akses jalan menuju kawasan ini tidak sulit karena jalan nya yang halus. Pantai ini dapat ditemui dengan jarak sekitar 2 jam dari pusat kota dengan sedikit bantuan GPS. Bagi pengunjung yang datang dari luar kota dapat mulai memasuki wilayah Bekasi dan meluncur sekitar 2 jam dari pusat kota baik menggunakan kendaraan pribadi mau pun kendaraan umum.

Obyek wisata di Pantai Muara Beting

1. Suaka Burung Imigran

Fasilitas alam nya tidak hanya menyediakan Pantai eksotis yang jauh dari keramaian serta udara sejuk dan ombak menakjubkan saja, namu Pantai Muara Beting ini juga merupakan rumah bagi hutan bakau dengan luas tanah kurang lebih 70 ha serta lokasi nya sebagai habitat burung laut yang singgah dalam perjalanan migrasi yang menjadikan Pantai ini juga sebagai kawasan hutan lindung yang ditetapkan pemerintah. Para pengunjung akan makin dimanjakkan apabila berkunjung pada rentan dari bulan November hingga Februari karena pada masa itu lah migrasi burung dari Samudera Pasifik dan Laut China Selatan menghiasi cakrawala Pantai Muara Beting ini dimana tentu ada larangan keras bagi siapa saja yang tega memburu burung-burung nan elok ini.

2. Konservasi Hutan Mangrove

Tidak hanya itu saja, Pantai ini juga dihiasi dan dilengkapi oleh konservasi hutan mangrove yang membyat suasana nya lebih sejuk dan damai dimana untuk mencapai lokasi ini diperlukan perahu motor yang disediakan penduduk lokal dengan tarif yang murah dan terjangkau untuk wisata bersejarah di Pantai dengan bonus wisata alam ini.

3. Jajaran batu karang putih

Selain kawasan hutan lindung bagi burung imigran, konservasi hutan mangrove dan hamparan pasir cokelat yang bersih dan jernih nya air laut, pengunjung juga akan semakin dimanjakkan dengan jajaran batu karang dan ombak sedang yang tidak berbahaya sehingga dapat dinikmati dan dijadikan sebagai spot foto terbaik terutama bagi para penikmat dunia fotografi atau hanya untuk berselfie ria.

4. Sabana

Sabana memang identik dengan daerah pegunungan namun di akibat rimbun pepohonan di Pantai Muara Beting orang-orang tidak percaya bahwa tempat seperti sabana ini terletak di kota Bekasi dengan cuaca Panas yang khas dan menjadikannya sebagai salah satu wisata yang paling ingin dituju di tahun 2018 ini berkat rerimbunan pohon yang juga disebut sebagai saban Pantai.

5. Spot bermain air yang pas

Tidak seperti Pantai-Pantai lain, Pantai Muara Beting ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga aman dibuat bermain di sekitaran bibir Pantai bahkan oleh anak-anak sekalipun.

Pantai Muara Beting tidak hanya menampilkan keindahan Pantai yang asri namun juga rumah bagi jutaan burung yang bermigrasi serta konservasi hutan mangrove yang membuat nya tampak lebih asri dan nyaman.

10 Ulasan dari Pengunjung Pantai Muara Beting

  1. semuanya bilang “TERSEMBUNYI”, semuanya bilang “POTENSI”, semuanya bilang “ABRASI”, semuanya bilang “TERISOLIR”, semuanya bikin video “MEMPRIHATINKAN” kondisi disana, . . tapi kq ngga ada yg share dgn jelas cara menuju kesana, ngga ada yg share bagaimana cara ikutan kegiatan tanam mangrove disana, ngga ada yg share dgn jelas biaya perjalanan kesana… apakah harus naik perahu atau bisa dengan roda dua? atau roda empat? banyak yang ingin kesana tapi takut tersasar. . . padahal kalau banyak yang berkunjung kesana maka otomatis pemerintah akan membuat akses jalan kan? Bila warga mau bekerjasama demi desanya, tentunya akan ada pendapatan dari sektor wisata (wisata pantai & wisata edukasi) yg bisa dimanfaatkan untuk kelestarian mangrove & lutung jawa, perlahan² abrasi akan teratasi, selain itu juga warga bisa berjualan makanan & oleh², serta menyediakan penginapan.

    20 November 2017, 21:44 WIB

  2. Nikmatilah, maka kau dapati nikmat yg tak dapat kau pukiri. Terutana utk pengunjung daerah Bekasi itu sendiri khususnya utk pengunjung yg tumbuh besar di jantung industri kawasan Asia Tenggara

    17 Januari 2018, 00:59 WIB

  3. Kab bekasi punya potensi yang besar untuk sektor wisata Pantai. Ya cuma gitu JALANYA Kurang bagus 😢

    26 Februari 2018, 02:04 WIB

  4. Sebagai warga Bekasi, mau banget Bekasi jadi salah satu destinasi wisata. Pantai ini kalau di perlakukan lebih baik lagi, bisa jadi destinasi yg menarik

    10 April 2018, 03:50 WIB

  5. Kotor tdk trawat…

    7 Juni 2018, 21:24 WIB

  6. Pernah kesini cukup puas karena pantai masih natural karena belum ada pengelola khusus pantai tersebut, disarankan lebih baik naik motor, jika bawa mobil parkir dikecamatan/polsek muara gembong , untuk motor bisa parkir di rumah yang menyediakan jasa nyebrang ke pantai nya , harga 20-25 per org untuk nyebrang ke pantai , dipantai ada satu warung yg lumayan buat yg laper ga bawa bekal hehehe itu aja yg bisa saya kasih info, tetap hati hati ombak lumayan besar

    29 Juni 2018, 13:41 WIB

  7. Saya pernah kesini, sesudah lewatin jembatan gantung itu memang jalannya rusak parah tanah merah semua… Tapi pas udah sampe rasanya gamau pulang, betah banget. Ga kapok malah pen lagiiiiiiii

    7 Juli 2018, 21:14 WIB

  8. Pemandangannya sangat indah. Tolong sekali pantai ini di jaga kebersihan dan keindahannyaa dan kalau bisa di kelola oleh pemerintah bekasi supaya jalan akses menuju pantai tsb mudah di akses dan mudah di jangkau😊😉

    9 Juli 2018, 01:22 WIB

  9. tempat nya cukup nyaman ya meskipun sedikit panas karena lokasi yang gak jauh dr jakarta ini…cocok buat refrensi buat warga jabodetabek dan sekitarnya untuk berakhir pekan

    26 Juli 2018, 00:02 WIB

  10. Aman yaman cukup utk libur keluarga atw lepas penat sambil sapari mancing disekitar pantai alhamdulillah pulang bakar ikan. Tlng utk pemerintah akses jalanya di bagusin lg supaya wisatawan lebih mudah.

    12 September 2018, 13:45 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Muara Beting

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pantai Keren Lainnya